
Beda SUV, MPV dan Wagon
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Beda SUV, MPV dan Wagon
Prends, mau tanya dunk. Perbedaan utama antara SUV, MPV dan Station Wagon apa yah? Soalnya saat ini banyak banget produk yg perpaduan dari beberapa tipe mobil. Jadi binun sendiri. 

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
kalo dari kepanjangannya sih kan ketauan, suv, sport utility vehicle, ini mobil buat cocok buat keperluan sport seperti maen di lumpur (off roader), kalo mpv multi perpose vehicle, cocok buat mobil keluarga karena bisa dipake apa aja maksudnya buat jalan-jalan tdk direkomen buat kegiatan offroad, kalo station wagon, itu adalah bentuk dari mobil yg dibuat seolah olah bentuk wagon (kereta) shg kapasitasya lebih banyak.
Jadi bedanya adalah beda kegunaan mobil itu sendiri. Kalo sekarang pabrikan cenderung membelokkan arti aslinya hanya buat keperluan marketing aja, masa' crv dibilang suv (kalo aslinya oke karena sudah 4x4) kan di sini crv cuman penggerak 2 roda
Jadi bedanya adalah beda kegunaan mobil itu sendiri. Kalo sekarang pabrikan cenderung membelokkan arti aslinya hanya buat keperluan marketing aja, masa' crv dibilang suv (kalo aslinya oke karena sudah 4x4) kan di sini crv cuman penggerak 2 roda
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Mmmm... masih rada binun.
Bedanya SUV ama jip apa ya? en trus bedanya MPV ama station wagon?
Kalu suv utk offroad, khan udah ada istilah jip. Trus kalu MPV mobil keluarga yg tujuannya utk macem-macem termasuk bawa barang, khan station wagon juga utk keluarga juga dan bawa bisa barang juga.
Bedanya SUV ama jip apa ya? en trus bedanya MPV ama station wagon?
Kalu suv utk offroad, khan udah ada istilah jip. Trus kalu MPV mobil keluarga yg tujuannya utk macem-macem termasuk bawa barang, khan station wagon juga utk keluarga juga dan bawa bisa barang juga.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Mas anjas, Jeep itukan hanya istilah sebelum keluar istilah SUV,
berhubung sekarang merk Jeep udah masuk ke Indonesia yang diusung sama Daimler Chrysler+General Motor
Untuk MPV dengan station wagon hmmm contoh station wagon yg aku tau
mazda vantrend misalnya .. ..
nahh udah bisa mikir kan kira2 bedanya gimana
CMIIWDY
berhubung sekarang merk Jeep udah masuk ke Indonesia yang diusung sama Daimler Chrysler+General Motor
Untuk MPV dengan station wagon hmmm contoh station wagon yg aku tau
mazda vantrend misalnya .. ..
nahh udah bisa mikir kan kira2 bedanya gimana

CMIIWDY
Last edited by Equalizer on Mon Jun 16, 2003 7:35, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Kalu jip yg daku tau dulunya diambil dari singkatan GP = general purpose. Dulu dibuat utk kendaraan tentara amrik. Lama-lama karena pengucapan (JIPI), akhirnya menjadi Jeep (baca: jip).
Utk mpv dgn station wagon jadi lebih kebentuknya ya? Kalu sation wagon aslinya sedan yg dipanjangin ya? Sedangkan mpv cenderung lebih tinggi. Tapi dgn munculnya mobil-mobil baru yg berbadan bongsor terkadang sedan dgn mpv (yg ngaku mpv maksudnya) bisa-bisa tingginya hampir sama. Apalagi kalau dengan mpv berbadan mungil. Misalnya Altis dengan Aerio.
Jadi istilah penggunaan mpv atau wagon mungkin lebih kearah untuk menarik daya jualnya saja ya?
Utk mpv dgn station wagon jadi lebih kebentuknya ya? Kalu sation wagon aslinya sedan yg dipanjangin ya? Sedangkan mpv cenderung lebih tinggi. Tapi dgn munculnya mobil-mobil baru yg berbadan bongsor terkadang sedan dgn mpv (yg ngaku mpv maksudnya) bisa-bisa tingginya hampir sama. Apalagi kalau dengan mpv berbadan mungil. Misalnya Altis dengan Aerio.
Jadi istilah penggunaan mpv atau wagon mungkin lebih kearah untuk menarik daya jualnya saja ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Maksud daku nyebut altis adalah ngebandingin antara sedan dgn mpv. Sedan yg dipanjangin khan disebut station wagon. Nah kalu ada mpv yg tingginya sama atau malah kalah tinggi sama sedan, namanya bukan mpv dunk.
Kayak aerio itu ketauan juga belangnya. Setelah muncul NextG, keliatan deh wagonnya....
Ngakunya doank mpv. Padahal bahkan mungkin gak cukup tepat disebut wagon. Baleno Hatchback mungkin?
Kayak aerio itu ketauan juga belangnya. Setelah muncul NextG, keliatan deh wagonnya....



Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Susah juga yah jelasin nya ... Tapi kalau udah liat dari modelnya, saya tau itu SUV, MPV atau STATION WAGON.
Contoh : KIA Sorento, BMW X5, Mercy M-Class, Hyundai Santa Fe, Ssang Yong Rexton, Porsche Cayenne (SUV)
KIA Carnival / Sedona, HYUNDAI Trajet, Mercy Vito, VW Caravelle (MPV)
Aerio, peugeot 307 SW (Station Wagon)
Contoh : KIA Sorento, BMW X5, Mercy M-Class, Hyundai Santa Fe, Ssang Yong Rexton, Porsche Cayenne (SUV)
KIA Carnival / Sedona, HYUNDAI Trajet, Mercy Vito, VW Caravelle (MPV)
Aerio, peugeot 307 SW (Station Wagon)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
nge-up thread para tetua.
...............................
1. ingin tau history nya...siapa yg memperkenalkan masing istilah itu utk 1st time...dan knp alasannya.
2. maksdunya, kenapa inova disebut Van, gak boleh disebut MPV...pdhal moncongnya juga udah "menyusut" ...mgkin ntar lama2 kijangs series moncongnya jd bener2 sependek MPV umumnya.
atau krn skrg ini dia masih RWD (dg mesin membujur, shg moncong gak bisa pesek2 amat), maka nggak boleh disebut MPV ?
(sbnernya gak bole disebut pesek siih..soalnya "si pesek" tuh udah jd trademarknya Landie Series... hehehe)
3. wacana yg bro y_anjasrana lontarkan di atas itu: IMO, dulunya Combi disebut Van ...tp mgkin skrg kalau dikeluarin New Combi, pasti dsebut MPV deh...krn harga mahalnya. ....
begitu bukan, bro'ss ?
** AFAIR, sebenarnya nama asli Combi adlh VW Transporter ...nah transporter ini berevolusi menjadi Transporter yg skrg ini, dan mencabang menjadi nama Caravelle di beberpa pasar tertentu.
** AFAIR, bahkan dulunya MPV itu stands for Multi Purpose Van...sblm "bergeser" menjadi Multi Purpose Vehicle, utk memperluas cakupan dan dlm rangka "menyandingi" Sport Utility Vehicle.
4. Hyundai H-1 utk cargo pun menyebut dirinya Van....sedangkan MPV-nya disebut Wagon
gmana konsistensi pengkatagorian itu ?
5. memang kl SW itu utk Sedan panjang.... kadang dulu ada yg nyebut Estate, utk pasar tertentu.
tp gimana asal muasalnya tambahan kata Station itu, yg menjadikannya jadi berbeda dg Wagon (saja) ?
6. nampaknya, keluarga MPV malah lebih dekat ke Van dan Minibus... jd kenapa threadnya digabungin sama SUV yah ?
7. utk D-cab... memang siih, pickup..... tp umumnya kan mlh diperuntukkan buat Lifestyle.. semacam dg SUV.
(utk perkotaan loh ya... kl di tambang sih, TLC full spec jg emanng buat kerja)
nah, kenapa ini di SM masuk pembahasan di thread pick-up ya ?.... kenapa gabung bahasannya bukan SUV & D-cab aja ya ?
toh banyak jg SUV yg based on D-cab spt Everest & Fortuner.
8. sedangkan Pick-Up yg dimaksud di board yg ada skrg itu, mgkin lebih tepat disebut Pick-Up Niaga kali ya....
9. kenapa carry dkk itu lbh srg disebut minibus ? kenapa bukan microbus (spt pada STNK nya ya) ?
bukannya Metro Mini itu lbh tepat disebut Minibus...di jogja, itu Bus Kota dulunya disebut Bis Mini.
sedangkan bus gede, itu baru disebut Bus.
Musti dicermati bahwa katagori ini kan proprietary negara2 miskin spt indonesia ini...krn di negara principalnya gak dipasarkan Microbus..krn itu, IMO, nggak salah juga kl org dulunya lbh srg menyebutnya Station....spt di Jawa org bilang Colt Stesiyen utk Mitsu Colt T120 Neptune Engine....tp Station disini ini lalu "dilarang" krn mau "dikembalikan ke asalnya", yaitu dipakai oleh SW spt Merc or Volvo... yg secara kelas, nggak boleh disamakan dg Colt Station itu.
10. so...... sebenarnya pertanyaan inti gw adlh no 1 itu....
ini bukan ingin meribut-ribetkan istilah2 itu....tp wacana yg mgkin asik buat knowledge.
dg menggali history, maka kita akan bs menghubungkan, seberapa besar pengaruh marketting matters (positioning), dlm hal-ihwal pengkatagorian2 itu ?
(maksdunya ttg positioning, contohnya >>> pokoknya: MPV gak boleh "disandingkan" dg Van..krn "kelasnya" beda)
(juga misalnya, sejak kpan GP berubah jadi Jeep, lalu itu menjadi Merk.... seadangkan GP itu berevolusi menjadi SUV)
dg menggali history, kita bs mengkatagorikan dg lbh objective, bukan mengkatagorikannya dg cara cuma "feeling" doang, stlh melihat dari model atau bentuknya.
.............
.............
...............................
1. ingin tau history nya...siapa yg memperkenalkan masing istilah itu utk 1st time...dan knp alasannya.
2. maksdunya, kenapa inova disebut Van, gak boleh disebut MPV...pdhal moncongnya juga udah "menyusut" ...mgkin ntar lama2 kijangs series moncongnya jd bener2 sependek MPV umumnya.
atau krn skrg ini dia masih RWD (dg mesin membujur, shg moncong gak bisa pesek2 amat), maka nggak boleh disebut MPV ?
(sbnernya gak bole disebut pesek siih..soalnya "si pesek" tuh udah jd trademarknya Landie Series... hehehe)
3. wacana yg bro y_anjasrana lontarkan di atas itu: IMO, dulunya Combi disebut Van ...tp mgkin skrg kalau dikeluarin New Combi, pasti dsebut MPV deh...krn harga mahalnya. ....

** AFAIR, sebenarnya nama asli Combi adlh VW Transporter ...nah transporter ini berevolusi menjadi Transporter yg skrg ini, dan mencabang menjadi nama Caravelle di beberpa pasar tertentu.
** AFAIR, bahkan dulunya MPV itu stands for Multi Purpose Van...sblm "bergeser" menjadi Multi Purpose Vehicle, utk memperluas cakupan dan dlm rangka "menyandingi" Sport Utility Vehicle.
4. Hyundai H-1 utk cargo pun menyebut dirinya Van....sedangkan MPV-nya disebut Wagon
gmana konsistensi pengkatagorian itu ?
5. memang kl SW itu utk Sedan panjang.... kadang dulu ada yg nyebut Estate, utk pasar tertentu.
tp gimana asal muasalnya tambahan kata Station itu, yg menjadikannya jadi berbeda dg Wagon (saja) ?
6. nampaknya, keluarga MPV malah lebih dekat ke Van dan Minibus... jd kenapa threadnya digabungin sama SUV yah ?
7. utk D-cab... memang siih, pickup..... tp umumnya kan mlh diperuntukkan buat Lifestyle.. semacam dg SUV.
(utk perkotaan loh ya... kl di tambang sih, TLC full spec jg emanng buat kerja)
nah, kenapa ini di SM masuk pembahasan di thread pick-up ya ?.... kenapa gabung bahasannya bukan SUV & D-cab aja ya ?
toh banyak jg SUV yg based on D-cab spt Everest & Fortuner.
8. sedangkan Pick-Up yg dimaksud di board yg ada skrg itu, mgkin lebih tepat disebut Pick-Up Niaga kali ya....
9. kenapa carry dkk itu lbh srg disebut minibus ? kenapa bukan microbus (spt pada STNK nya ya) ?
bukannya Metro Mini itu lbh tepat disebut Minibus...di jogja, itu Bus Kota dulunya disebut Bis Mini.
sedangkan bus gede, itu baru disebut Bus.
Musti dicermati bahwa katagori ini kan proprietary negara2 miskin spt indonesia ini...krn di negara principalnya gak dipasarkan Microbus..krn itu, IMO, nggak salah juga kl org dulunya lbh srg menyebutnya Station....spt di Jawa org bilang Colt Stesiyen utk Mitsu Colt T120 Neptune Engine....tp Station disini ini lalu "dilarang" krn mau "dikembalikan ke asalnya", yaitu dipakai oleh SW spt Merc or Volvo... yg secara kelas, nggak boleh disamakan dg Colt Station itu.
10. so...... sebenarnya pertanyaan inti gw adlh no 1 itu....
ini bukan ingin meribut-ribetkan istilah2 itu....tp wacana yg mgkin asik buat knowledge.
dg menggali history, maka kita akan bs menghubungkan, seberapa besar pengaruh marketting matters (positioning), dlm hal-ihwal pengkatagorian2 itu ?
(maksdunya ttg positioning, contohnya >>> pokoknya: MPV gak boleh "disandingkan" dg Van..krn "kelasnya" beda)
(juga misalnya, sejak kpan GP berubah jadi Jeep, lalu itu menjadi Merk.... seadangkan GP itu berevolusi menjadi SUV)
dg menggali history, kita bs mengkatagorikan dg lbh objective, bukan mengkatagorikannya dg cara cuma "feeling" doang, stlh melihat dari model atau bentuknya.
.............

Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
Kalo mau jeli liat asal usul platformnya...jangan bodinya...bodi sih bisa dibikin suka2 aja.
Contohnya, Innova yang truck-based (Hilux) sebenernya platformnya lebih kuat/durable dibandingkan car-based SUV/CUV seperti Harrier (basis Camry). Antara Wagon dan Car-based SUV/CUV/MPV tidak banyak beda, hanya ketinggian bodi...makanya ada cibiran bahwa CUV itu tidak lebih dari sebuah tall wagon - tapi gesit dan sedan-like comfort and handling.
Dalam hal ini kasus Innova sebenernya unik, bodi MPV diatas platform truck. Makanya Innova handling tidak gesit dan bodi berat - soalnya Innova itu sebenernya small truck. Kasi Innova ban besar dan 4-wheel drive, udah siap kerja berat beban berat...because platform-wise it is a Toyota Hilux.
Truck-based
=========
Basically, platform truck yg dikasi bodi dan pernik2 penumpang: Ford Everest (Ranger), Chevy Tahoe/Caddilac Escalade (GMT900 platform - Silverado, Sierra), Landcruiser Prado (Tacoma), Innova/Fortuner (Hilux)
Car-based
=======
Platform sedan, bodi di naikkan: CR-V (Civic), Harrier (Camry), X-Trail (Nissan FF-S platform - Nissan Almera, Nissan Bluebird, Nissan Primera, Nissan Sunny), Ford Escape (Ford CD2 platform, antara lain dipake di Mazda6)
Contohnya, Innova yang truck-based (Hilux) sebenernya platformnya lebih kuat/durable dibandingkan car-based SUV/CUV seperti Harrier (basis Camry). Antara Wagon dan Car-based SUV/CUV/MPV tidak banyak beda, hanya ketinggian bodi...makanya ada cibiran bahwa CUV itu tidak lebih dari sebuah tall wagon - tapi gesit dan sedan-like comfort and handling.
Dalam hal ini kasus Innova sebenernya unik, bodi MPV diatas platform truck. Makanya Innova handling tidak gesit dan bodi berat - soalnya Innova itu sebenernya small truck. Kasi Innova ban besar dan 4-wheel drive, udah siap kerja berat beban berat...because platform-wise it is a Toyota Hilux.
Truck-based
=========
Basically, platform truck yg dikasi bodi dan pernik2 penumpang: Ford Everest (Ranger), Chevy Tahoe/Caddilac Escalade (GMT900 platform - Silverado, Sierra), Landcruiser Prado (Tacoma), Innova/Fortuner (Hilux)
Car-based
=======
Platform sedan, bodi di naikkan: CR-V (Civic), Harrier (Camry), X-Trail (Nissan FF-S platform - Nissan Almera, Nissan Bluebird, Nissan Primera, Nissan Sunny), Ford Escape (Ford CD2 platform, antara lain dipake di Mazda6)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
Iseng ikut nimbrung ah....
JIP... = 4x4 , 2 pintu depan, 1 pintu di belakang, tempat duduk belakang : kanan dan kiri saling menghadap. karena sempitnya tempat didalam, ban serep selalu diluar.
perkembangan selanjutnya.... jok belakang mulai menghadap kedepan.
untuk memberi kenyamanan penduduk belakang... munculah "long chassis".... dengan 5 pintu. Pintu belakang (tail gate) ada tiga pilihan... 2 bagian atas bawah, 2 bagian kanan-kiri atau 1 bagian saja.
untuk tambah kenyamanan seluruh penumpang...suspensi dibuat lebih lunak dan ada pilihan monocoque.... jadilah SUV.... dengan pilihan... ban serep bisa di luar belakang, luar bawah atau bisa didalam. Senderan jok belakang bisa dilipat untuk mendapat ruang bagasi yang besar apabila diperlukan. Untuk mereka yang ingin menghemat sedikit bahan bakar... muncul 4x2..
Ada juga SUV yang berasal dari Pick Up.. seperti Nissan Terrano... / Pathfinder... yang sempat juga membuat monocoque.. tapi sekarang kembali ke ladder frame.
Jeep Wrangler JK... meskipun long chassis tetapi tetap bukan SUV... karena semua kemampuan masih seperti Jeep Wrangler yang lain... kalau SUV/CUV/crossover nya... sudah ada Grand Cherokee, Patriot,... dll
VAN = asalnya angkutan orang >8 penumpang.. digunakan urusan kantor, shuttle bus dsb...
Sebetulnya VW kombi masih masuk kategori ini....
Muncul MiniVan yang pelopori Chrysler. Jumlah penumpang lebih sedikit (7 orang) tetapi jok bisa di atur macam-2.... sampai ada yang mudah dicabut dan dipasang lagi... jadilah Multi Purpose Vehicle.
Station Wagon = asalnya sedan yang bagasinya dijadikan satu dengan kabin... jadi meskipun 4 pintu tetapi belakang bisa dibuka... kebanyakan 1 bagian atas dan bawah. Di Eropa sangat terkenal untuk piknik. Di Amerika juga ada station wagon yang besar-2. Pada waktu itu belum kepikiran jok belakang bisa dilipat... sampai akhirnya ... muncul ide jok belakang bisa dilipat rata, semua dilipat jadi vertikal.... akhirnya bisa untuk membawa macam-2... jadi MPV lagi....
Sesuai perkembangan pasar... semua coba digabung... SUV 7 seater, suspensi ala sedan.. dan seterusnya..
JIP... = 4x4 , 2 pintu depan, 1 pintu di belakang, tempat duduk belakang : kanan dan kiri saling menghadap. karena sempitnya tempat didalam, ban serep selalu diluar.
perkembangan selanjutnya.... jok belakang mulai menghadap kedepan.
untuk memberi kenyamanan penduduk belakang... munculah "long chassis".... dengan 5 pintu. Pintu belakang (tail gate) ada tiga pilihan... 2 bagian atas bawah, 2 bagian kanan-kiri atau 1 bagian saja.
untuk tambah kenyamanan seluruh penumpang...suspensi dibuat lebih lunak dan ada pilihan monocoque.... jadilah SUV.... dengan pilihan... ban serep bisa di luar belakang, luar bawah atau bisa didalam. Senderan jok belakang bisa dilipat untuk mendapat ruang bagasi yang besar apabila diperlukan. Untuk mereka yang ingin menghemat sedikit bahan bakar... muncul 4x2..
Ada juga SUV yang berasal dari Pick Up.. seperti Nissan Terrano... / Pathfinder... yang sempat juga membuat monocoque.. tapi sekarang kembali ke ladder frame.
Jeep Wrangler JK... meskipun long chassis tetapi tetap bukan SUV... karena semua kemampuan masih seperti Jeep Wrangler yang lain... kalau SUV/CUV/crossover nya... sudah ada Grand Cherokee, Patriot,... dll
VAN = asalnya angkutan orang >8 penumpang.. digunakan urusan kantor, shuttle bus dsb...
Sebetulnya VW kombi masih masuk kategori ini....
Muncul MiniVan yang pelopori Chrysler. Jumlah penumpang lebih sedikit (7 orang) tetapi jok bisa di atur macam-2.... sampai ada yang mudah dicabut dan dipasang lagi... jadilah Multi Purpose Vehicle.
Station Wagon = asalnya sedan yang bagasinya dijadikan satu dengan kabin... jadi meskipun 4 pintu tetapi belakang bisa dibuka... kebanyakan 1 bagian atas dan bawah. Di Eropa sangat terkenal untuk piknik. Di Amerika juga ada station wagon yang besar-2. Pada waktu itu belum kepikiran jok belakang bisa dilipat... sampai akhirnya ... muncul ide jok belakang bisa dilipat rata, semua dilipat jadi vertikal.... akhirnya bisa untuk membawa macam-2... jadi MPV lagi....
Sesuai perkembangan pasar... semua coba digabung... SUV 7 seater, suspensi ala sedan.. dan seterusnya..
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
dan sebagai orang indonesia, saya patut berbangga..... krn ada orang indonesia yg kreatif menemukan istilah utk jenis mobil hasil penggabungan dan pencampuran utilitasnya itu.... yaitu: Campuran Utility Vehicle (CUV).€lj€p€ wrote:Sesuai perkembangan pasar... semua coba digabung...
hehehehe... Crossover
*...kabooor

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
"Crossover" itu apa kata dunia... bukan hasil ciptaan orang Indonesia..... heheheeeee....
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
sundul........
gmn para sesepuh, melihat perkembangan produk2 mobil yg baru2 ini muncul di pasar.
apakah Station Wagon better than MPV?
1. ane liat MPV dan Station Wagon sama2 pny fasilitas jok di baris 2 yg bs direbahkan
tdk (terbatas) spt sedan.
2. bagasinya relatif setara utk MPV & Station Wagon.
yg ane mksd "better" dsini adl kenyamanan berkendara dan jg kapasitas angkut barang bawaan.
gmn para sesepuh, melihat perkembangan produk2 mobil yg baru2 ini muncul di pasar.
apakah Station Wagon better than MPV?
1. ane liat MPV dan Station Wagon sama2 pny fasilitas jok di baris 2 yg bs direbahkan
tdk (terbatas) spt sedan.
2. bagasinya relatif setara utk MPV & Station Wagon.
yg ane mksd "better" dsini adl kenyamanan berkendara dan jg kapasitas angkut barang bawaan.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
Kalau sasis Carry/ Hijet lalu diopasangin mesin dong feng buat manen padi masuk kategori apa yaksss
Produk Indonesia Asli

Produk Indonesia Asli

http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu May 17, 2012 23:58
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
masih bingung ama Suzuki Aerio n SX-4. Waktu awal2 iklan Aerio disebut MPV, kayaknya lebih cocok station wagon, apalagi tempat duduknya cuman 2 baris (biasanya MPV kan 3 baris ya?). SX-4 juga klo di AutoBild pernah dibilang kelas mini SUV, rasanya kurang cocok
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
Aerio tuh luas banget makanya bisa dibilang MPV tapi emang lebih tepat station wagon sih,
Aerio legroom nya lega, tempat duduknya lebar
pas kecil, mobil fav gua tuh

Aerio legroom nya lega, tempat duduknya lebar
pas kecil, mobil fav gua tuh


Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
all new jazz, grand avega gitu masuknya station wagon yaa??
bukanya all new jazz masuk jenis hatchback yaa?
kalau di STNK, grand avega masuk golongan minibus...
maaf SMers, kalau newbie belum paham, harap maklum
bukanya all new jazz masuk jenis hatchback yaa?

kalau di STNK, grand avega masuk golongan minibus...
maaf SMers, kalau newbie belum paham, harap maklum

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Wed Mar 13, 2013 11:02
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
Up lagi ah...
Jadi kendaraan itu dibagi jadi beberapa tipe, SUV, sedan, sama MPV/van yg notabene susah dibedainnya.
Tapi kalau sekarang sudah banyak lagi Evolusinya, (emangnya charles darwin
)
Sedan family: Sedan: ada bagasinya dibelakang, contoh Vios, altis, civic, camry, toyota crown . Hatchback: Sedan yang disunat buntut alias bagasinya, contoh jazz dan yaris, campuran city car dan sedan. Hot Hatch: mirip hatchback, biasanya lebih mahal harganya, contoh: Mini cooper, vw scirocco. Coupe: Gabungan antara convertible dan sedan, pintunya 2 dan ruang baris 2 lebih kecil dari sedan. Contoh: Mercedes c class coupe, E class coupe. Convertible: mobil yg mirip2 sportcar, contoh: Mazda mx 5. Cabriolet: Mobil atap terbuka. Contoh Mercy E class cabriolet. Sport car: mirip convertible/coupe/cabriolet. Contoh: Ferrari, lamborghini.
SUV: Kendaraan berground clearance tinggi yang umumnya berchasis ladder frame, namun ada juga yang campuran kayak Grand vitara, rush. Dan umumya 4x4 + low gear. Contoh: Jeep wrangler, Pajero sport, Fortuner, Ford Everest.
Crossover: Campuran antara keluarga sedan (Hatchback, s wagon, coupe, dll) Chasisinya biasanya monokok/campuran dan penggeraknya AWD, meski ada beberapa crossover yg masih 4WD.
Contoh: Xtrail, CRV, ford escape, dll.
City car: Mobil perkotaan, lincah dan irit bbm. Contoh: Suzuki Karimun, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Daihatsu Ayla, Toyota Agya.
City car 50:50 Crossover: Gabungan antara crossover dengan city car, contohnya Nissan Juke, Suzuki sx4, Geely panda cross.
MPV/Minibus 50:50 SUV: Ini dia, MPV yang memiliki ketangguhan mirip SUV dan bahkan bisa melebihi crossover, karena chasisnya ladder frame
dan bisa dimodif Offroad, Kaki2nya kuat. Contoh: Kijang termasuk Innova, Mitsubishi Kuda, dan Isuzu Panther.
Pickup 50:50 SUV : Biasanya dibilang DCAB, pickup setangguh SUV, bahkan bisa lebih, penggerak 4x4, Biasanya ada 2 kabin + bak dibelakangnya, tapi ada juga yang kabinnya + bak besar. Contoh: Mitsubishi Triton, Ford Ranger, Toyota Hilux, Isuzu Dmax.
Pickup 50 : 50 Minibus: Pikap angkutan biasa, basicnya dari minibus, murahan. Contoh: Daihatsu Granmax pickup, Suzuki carry pickup, Mitsubishi colt t120.
Minibus/van: Mobil niaga, kenyamanan buruk. Contoh: Suzuki Carry, Daihatsu zebra, daihatsu gran max, Mitsubishi colt t120
Mpv 50:50 van: Daya angkut besar, banyak dijadikan mobil keluarga dan mobil jemputan sekolah, kenyamanan sih beda-beda setiap mobilnya. Contoh: Daihatsu Luxio, Suzuki APV, Nissan Evalia, Hyundai H1.
MPV: Mobil nyang memiliki kepraktisan dan daya angkut mumpuni, kenyamanan cukup memuaskan. Contoh: Toyota Avanza, Suzuki Ertiga.
MPV 50:50 sedan (medium): MPV dengan rasa pengendaraan senyaman sedan, enak dikendarai dan cukup nyaman. Contoh: Honda Freed, Mitsubishi Grandis, subaru Exiga (BUKAN ERTIGA).
MPV 50:50 sedan (besar): MPV berbodi besar dengan kenyamanan tinggi setara sedan mewah, tapi lebih nyaman disupirin daripada nyetir sendiri. Contoh: Toyota Alphard, Nissan Serena, Nissan Elgrand, VW Carravelle, dll.
MPV 25:75 sedan: Mpv dengan kenyamanan tinggi tapi tetap asyik dikendarai seperti sedan, Bodinya cenderung lebih rendah dari MPV biasa. Contoh: Nissan Grand Livina, Mazda 8, Honda Oddyssey.
Sorry kalo kepanjangan ya
Jadi kendaraan itu dibagi jadi beberapa tipe, SUV, sedan, sama MPV/van yg notabene susah dibedainnya.
Tapi kalau sekarang sudah banyak lagi Evolusinya, (emangnya charles darwin

Sedan family: Sedan: ada bagasinya dibelakang, contoh Vios, altis, civic, camry, toyota crown . Hatchback: Sedan yang disunat buntut alias bagasinya, contoh jazz dan yaris, campuran city car dan sedan. Hot Hatch: mirip hatchback, biasanya lebih mahal harganya, contoh: Mini cooper, vw scirocco. Coupe: Gabungan antara convertible dan sedan, pintunya 2 dan ruang baris 2 lebih kecil dari sedan. Contoh: Mercedes c class coupe, E class coupe. Convertible: mobil yg mirip2 sportcar, contoh: Mazda mx 5. Cabriolet: Mobil atap terbuka. Contoh Mercy E class cabriolet. Sport car: mirip convertible/coupe/cabriolet. Contoh: Ferrari, lamborghini.
SUV: Kendaraan berground clearance tinggi yang umumnya berchasis ladder frame, namun ada juga yang campuran kayak Grand vitara, rush. Dan umumya 4x4 + low gear. Contoh: Jeep wrangler, Pajero sport, Fortuner, Ford Everest.
Crossover: Campuran antara keluarga sedan (Hatchback, s wagon, coupe, dll) Chasisinya biasanya monokok/campuran dan penggeraknya AWD, meski ada beberapa crossover yg masih 4WD.
Contoh: Xtrail, CRV, ford escape, dll.
City car: Mobil perkotaan, lincah dan irit bbm. Contoh: Suzuki Karimun, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Daihatsu Ayla, Toyota Agya.
City car 50:50 Crossover: Gabungan antara crossover dengan city car, contohnya Nissan Juke, Suzuki sx4, Geely panda cross.
MPV/Minibus 50:50 SUV: Ini dia, MPV yang memiliki ketangguhan mirip SUV dan bahkan bisa melebihi crossover, karena chasisnya ladder frame
dan bisa dimodif Offroad, Kaki2nya kuat. Contoh: Kijang termasuk Innova, Mitsubishi Kuda, dan Isuzu Panther.
Pickup 50:50 SUV : Biasanya dibilang DCAB, pickup setangguh SUV, bahkan bisa lebih, penggerak 4x4, Biasanya ada 2 kabin + bak dibelakangnya, tapi ada juga yang kabinnya + bak besar. Contoh: Mitsubishi Triton, Ford Ranger, Toyota Hilux, Isuzu Dmax.
Pickup 50 : 50 Minibus: Pikap angkutan biasa, basicnya dari minibus, murahan. Contoh: Daihatsu Granmax pickup, Suzuki carry pickup, Mitsubishi colt t120.
Minibus/van: Mobil niaga, kenyamanan buruk. Contoh: Suzuki Carry, Daihatsu zebra, daihatsu gran max, Mitsubishi colt t120
Mpv 50:50 van: Daya angkut besar, banyak dijadikan mobil keluarga dan mobil jemputan sekolah, kenyamanan sih beda-beda setiap mobilnya. Contoh: Daihatsu Luxio, Suzuki APV, Nissan Evalia, Hyundai H1.
MPV: Mobil nyang memiliki kepraktisan dan daya angkut mumpuni, kenyamanan cukup memuaskan. Contoh: Toyota Avanza, Suzuki Ertiga.
MPV 50:50 sedan (medium): MPV dengan rasa pengendaraan senyaman sedan, enak dikendarai dan cukup nyaman. Contoh: Honda Freed, Mitsubishi Grandis, subaru Exiga (BUKAN ERTIGA).
MPV 50:50 sedan (besar): MPV berbodi besar dengan kenyamanan tinggi setara sedan mewah, tapi lebih nyaman disupirin daripada nyetir sendiri. Contoh: Toyota Alphard, Nissan Serena, Nissan Elgrand, VW Carravelle, dll.
MPV 25:75 sedan: Mpv dengan kenyamanan tinggi tapi tetap asyik dikendarai seperti sedan, Bodinya cenderung lebih rendah dari MPV biasa. Contoh: Nissan Grand Livina, Mazda 8, Honda Oddyssey.
Sorry kalo kepanjangan ya

Suka mobil dari sudut pandang apa?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 18&t=18743
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 18&t=18743
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
waahhh.... jd terharu trit taun 2003 ane msh berlanjut.... udah ampir 10 taunn....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Beda SUV, MPV dan Wagon
emang sekarang udah gede gitu om?MonSTER_GTR wrote:Aerio tuh luas banget makanya bisa dibilang MPV tapi emang lebih tepat station wagon sih,
Aerio legroom nya lega, tempat duduknya lebar
pas kecil, mobil fav gua tuh![]()

"The Power of ren-Dreams"

