amfibi wrote:Kalo ane perhatiin, yang nggak punya mobilio ngomongnya -monyong-, sedangkan yg punya ngomongnya -lio- ya...

Salah satu alesan saya sih efisiensi. Ngetik Lio 75% lebih efisien daripada ngetik Monyong atau Mobilio

.
Selain itu untuk membantu para pencari informasi karena ngetik "mobil lio" dengan "mobil monyong" di google hasilnya beda jauh (boleh dicoba sendiri).
montirangin wrote:
irit amat om dogar...
nice cerita perjalanannnya om
Yup menurut saya untuk kelas family car sangat irit (irit di dompet juga soalnya pake premium terus hehe).
Memang penumpang cuman 3 orang (saya+anak+istri) tapi row 3 harus dilipet untuk naro cooler, 1 dus air mineral,
beberapa koper baju, bensin cadangan 10 liter di jerigen, air ledeng 5 liter di jerigen, tool set, pompa ban elektrik, towing, kabel jumper,
dan seabreg oleh-oleh.
WongZo wrote:
@Om Dogar: Selama 17 jam tuh pegel" gak om?
Ngga pegel tuh. Tapi saya emang pasang lumbar support yg dibeli di Ace Hardware, yg paling murah itu juga (jenis jaring-jaring gitu,
bukan yg busa) cuman 80 ribuan kalo ga salah. Kalo ngga pake itu biasanya pinggang suka pegel.
Barangnya persis kayak gini:
Satu lagi tips supaya nyetir jauh ngga pegel adalah dengan menegakkan sandaran kursi 90 derajat sehingga posisi
tubuh tidak "rebah". Saya sering liat di tayangan WRC para pereli itu nyetirnya tegak bener, malah posisi setir sama dada
deket banget. Ternyata posisi itu memang tidak bikin badan pegel dan meningkatkan konsentrasi, karena kalo posisi duduk agak rebah
tanpa disadari tulang punggung dan kedua tangan kita sebenarnya "menahan" beban ber jam-jam dan itu yg bikin pegel.
Transmisi CVT juga sangat membantu konsentrasi nyetir karena ngga perlu mikirin lagi kapan mesti pindah gigi.
Yang repot itu nahan kantuk. Badan sih nga cape, tapi kelopak mata pengennya rapet mulu. Biasanya saya kasih obat tetes mata.
Kalo masih ngga mempan minggir dulu ke pom bensin, cuci muka, boost dgn sebotol kratingdaeng+sebatang marlboro, jalan lagi deh.
Dulu saya skeptis dgn CVT, jangan-jangan repot kalo di tanjakan atau mau nyalip.
Tapi kemaren itu terbukti kalo CVT nya si Lio tidak mengecewakan. Mau nyalip atau melibas tanjakan ngga ada masalah samasekali.
Kick down sama responsifnya dgn geared matic (saya juga pake Yaris matic), saya malah jarang taro di posisi S kecuali pas di
tol Cipularang yg banyak tanjakan panjang itu. Moga-moga aja durability nya juga bagus.
Kebetulan HU udah saya ganti pake HU dgn operating system Windows CE yg program GPS nya bisa kita ganti-ganti sesuka kita.
Dan GPS iGO Primo v 2.4 merupakan navigator yg bisa diandalkan.
Bukan cuman bisa memperlihatkan di mana posisi tikungan maut berada (saya jadi bisa antisipasi kapan mesti deselerasi),
tapi lokasi pom bensin sepanjang Lampung-Palembang juga sangat akurat, padahal rute yg saya lalui relatif baru dibanding lintas
timur atau lintas tengah.
Sori saya ngga samarkan merk-merk nya ya, samasekali ngga niat promosi apa-apa wong saya cuman end user.
Sekedar informasi aja barangkali berguna buat yg lain.