5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
leecf16
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Aug 03, 2014 10:51
Location: Surabaya
Daily Vehicle: L15Z1

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by leecf16 »

ChZ wrote:
Turboman wrote: Penjualan mobil di Jepang volumenya besar tapi kenapa jalanan gak mampet spt di Jakarta ?
1. Saat subway / kereta beroperasi maka orang2 akan prefer naik kereta (ini yg ane perhatikan di Osaka)
2. Kalau di atas jam 11 malam kereta2 dah pada Off, nah jalanan mulai padat dah, tapi deket Umeda station yg bikin padat adalah Taxi
3. Ingat bahwa mobil2 JDM yg di-export oleh Trading companies itu juga ter-registrasi sebagai penjualan domestik (yg cerita ex pemain CBU di Jkt)

Kalau yg ane perhatikan waktu th 2012 ke Osaka, terus terang aja yg ane lihat di jalanan sana sehari2 mobil2-nya enggak "se-wah" di Jkt kok, memang sih banyak mobil2 unik JDM yg gak ada di Indo, tapi kalau bicara mobil2 yg cc gede / Premium cars malah lebih banyak kelihatan di jalanan di Jkt.

Alphard / Vellfire di Jkt lebih sering terlihat dibanding di Osaka, ya mungkin akibat faktor biaya parkir / harga BBM yg tinggi + Public transportation yg sangat bagus, jadi mobil jarang jalan.
di Osaka sih mobil mewah cukup rare... yang C63 AMG, Lambo Murcielago, Alfa Giuletta itu di Osaka oom. kemaren bahkan sempet nemu Infiniti M56S.

tapi kalau dibandingin sama Tokyo sih masih jauh yak. Tokyo sih cukup banyak mobil-mobil "aneh". Beemer, Mercedes, dan Audi di Tokyo surprisingly cukup pasaran, nggak kalah sama Japanese middle-class cars
mobil luksuri disana mah emang "aneh2". setir kiri juga ada. cuman lucu juga speed gw jalan kaki lebih cepet drpd si banteng waktu di ginza.
:ngacir:
feel the power of "lampu merah" di setiap perempatan :big_smoking:
ChZ wrote:
leecf16 wrote:membenarkan saja, saya 2012 juga tur ke japan. kalau mengenai mobil sih...

1. HYBRIDS! HYBRIDS EVERYWHERE!
2. kalo denger2 dari tur guide gw, mobil sih murah, tp pajaknya itu... yg pertama dikasi 3 tahun, lalu extend dikasi 2 tahun, kalau mau extend lagi cuma dikasi 1 tahun, dst
3. tambahan yang nomer 1, PRIUS EVERYWHERE!
4. parkir... kalo 200 yen sejam mungkin agak pinggiran ya? kapan hari di shinsaibashi osaka sempet ketemu 200 yen per 30 menit

duh, jadi pengen kesana lagi, tapi ogah kalau summer :big_childish:
behold of hybrids and priuses..... :big_slap:

tapi yang best selling nya sekarang Toyota Aqua sih.... 19.812 unit di bulan 6 :big_slap: belom K-cars yang 10 besarnya malah diatas 10ribu unit, best sellingnya Daihatsu Tanto.... guess how much? 21.323 unit :big_slap: tapi koq ngga macet... itu yang ane heran :big_slap:

sedangkan kita baru Avanza dan Monyong yang tembus 10ribu unit aja udah macetnya bukan main :ngacir:

soal parkir itu harganya 24Times sih, malah yang 30 menitan lebih mahal mereka.

yup, harganya bervariasi tergantung penyedia jasa nya.

nah, jangan pas summer dan jangan pas high season oom... :ungg: waktu summer panasnya naujubilah.... untung ane udah terbiasa dengan panasnya Surabaya dan Semarang :big_slap:
sandal wrote:Nice trip om ChZ....
Surga hybrid bener di Jepang :ngacir:

Btw, porsche boxster 986 favorit ane di sebelah kanan warna biru :big_grin: :mky_02:
hehehe thank you oom :mky_01:

favorit ane malah Rangie di belakangnya :ungg:

iya nih om, waktu 2012 si aqua belum banyak, mungkin masih baru launching ya. prius ama kei cars sih uda kayak duo kaleng...
summernya aji gile... berasa sunbathing aja disana :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by amfibi »

Hybrid nggak pusssy kok, tp dia memang diciptakan buat orang yang pake mobil sebagai alat bantu sehari2, bukan penikmat mobil...
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by Felixz_Yaris »

amfibi wrote:Hybrid nggak pusssy kok, tp dia memang diciptakan buat orang yang pake mobil sebagai alat bantu sehari2, bukan penikmat mobil...
Mantab +1
Hybrid juga salah satu pilihan reasonable ditengah kelangkaan bbm..
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by ChZ »

leecf16 wrote: mobil luksuri disana mah emang "aneh2". setir kiri juga ada. cuman lucu juga speed gw jalan kaki lebih cepet drpd si banteng waktu di ginza.
:ngacir:
feel the power of "lampu merah" di setiap perempatan :big_smoking:

iya nih om, waktu 2012 si aqua belum banyak, mungkin masih baru launching ya. prius ama kei cars sih uda kayak duo kaleng...
summernya aji gile... berasa sunbathing aja disana :ngacir:
bahkan pejalan kakinya pun kena lampu merah dan harus menaati lampu merah :ngacir:

yang lucu kagak ada pejalan kaki main terobos, merah ya berenti. kalo orang Indonesia udah nggak sabar pengen nerobos *including me*.... kalo jalan di lampu merah jepun bawaannya "ini udah kosong kenapa kagak ijo-ijo? meh."

Aqua sekarang menempati ranking teratas penjualan mobil non K-car di Jepun.... :big_slap: keren sih mobilnya... sayangnya it's puss... errr... hybrid... :big_slap: andaikan ada opsi enjin petrolnya.......... dan pake 1NZ-FE yang legendaris :ngacir: :ngacir:

oh iya statement ane dan madcat tidak berlaku untuk Porsche 918 dan McLaren P1 :ngacir: :ngacir:
Last edited by ChZ on Mon Aug 04, 2014 14:35, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by ChZ »

madcat015 wrote:*tiba2 pengen liburan ke Jepun...* :ungg: :ungg: :ungg:
hayukkk kibarkan bendera SM di TMS.... :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by amfibi »

Felixz_Yaris wrote:
amfibi wrote:Hybrid nggak pusssy kok, tp dia memang diciptakan buat orang yang pake mobil sebagai alat bantu sehari2, bukan penikmat mobil...
Mantab +1
Hybrid juga salah satu pilihan reasonable ditengah kelangkaan bbm..
Yes... :D

Asal pakenya nggak lebih dari 8 tahun aja, lebih dari itu ngeri2 sedap ongkos ganti batrenya... :upss:
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by batumakam »

Felixz_Yaris wrote:
amfibi wrote:Hybrid nggak pusssy kok, tp dia memang diciptakan buat orang yang pake mobil sebagai alat bantu sehari2, bukan penikmat mobil...
Mantab +1
Hybrid juga salah satu pilihan reasonable ditengah kelangkaan bbm..
Ngomongin soal hybrid jadi inget nasib mobil kesayangan James May si Fiat Panda yg dituker sama BMW i3 :ungg: Bakal dibully sama si Clarkson gak ya? :upss: Secara tau sendiri clarkson bijimane :upss:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by ChZ »

amfibi wrote: Yes... :D

Asal pakenya nggak lebih dari 8 tahun aja, lebih dari itu ngeri2 sedap ongkos ganti batrenya... :upss:
battery nya itu yang not-so-environment-friendly dan not-so-wallet-friendly.... :big_slap:

konon limbah batrenya lebih berbahaya dampaknya terhadap lingkungan. CMIIW.

yah ane sendiri appreciate usaha orang Jepun untuk menjaga lingkungan (salah satunya) dengan membeli Prius :upss: walaupun i still don't like hybrid besides P1, 918, and i8 :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by amfibi »

ChZ wrote:
amfibi wrote: Yes... :D

Asal pakenya nggak lebih dari 8 tahun aja, lebih dari itu ngeri2 sedap ongkos ganti batrenya... :upss:
battery nya itu yang not-so-environment-friendly dan not-so-wallet-friendly.... :big_slap:

konon limbah batrenya lebih berbahaya dampaknya terhadap lingkungan. CMIIW.
Kan lg masa development juga, dikembangkan batre yg lebih ramah lingkungan dari yg sekarang...

Dan kalo buat efisiensi, pake mobil hybrid selama misal 5 tahun (masa pakai mobil2 di negara maju) jatohnya ya ngirit... :D
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by ChZ »

klw di Indon mah lebih realistis diesel :mky_03:

mau dibikin kenceng bisa, mau irit juga bisa :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by amfibi »

Daan disini mindsetnya : Pakai mobil selama mungkin... Scrap is impossible :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by Turboman »

soal hybrid banyak yg pake itu gak lepas dr kollaborasi produsen dan pemerintah sono juga

Sudah menjadi rahasia umum sejak dulu kalau produk2 produsen sana yg ter-advance mereka fokus utk pasarkan dalam negeri dulu, jadi pasar domestik menjadi "laboratorium skala raksasa" buat menguji produk produk ter-advance..........tentu produsen juga mem back up dgn segala warranty / support spy nyenengin konsumen.......produsen juga kerjasama ama Pemerintah utk regulasi2 yg memudahkan penjualannya

Di negara2 maju orang ngebuang mobil jika udah berusia 10 tahun ya karena biaya reparasinya dah gak worthed, jika dibandingkan mereka beli mobil baru dimana bunga kredit juga sangat kecil

Ane lihat paradigma ini juga spt nya mau dicoba diterapkan oleh produsen / ATPM di Indonesia, BeRes2 dah cenderung main ganti assy instead of service jika ada slow moving psrts yg rusak........produsen berharap "jangan pelihara mobil lama2, gantilah jika sudah menua / mulai banyak jajan"

Yah itulah kapitalisme........hehehehe

cMIIW

@madcat dan rekan2 yg tertarik ke Jepun :
Bisa coba dgn vacation ke Osaka, since tiket ke Osaka suka ada promo dan lucunya harga tiket ke Osaka sering lebih murah drpd ke Seoul

Landing di KAnsai Int airport bisa naik Kereta lgs menuju Osaka, dr Kansai nanti naik kereta yg menuju stasiun di rel kereta ring road / Osaka loop (kalo ga salah Tennoji st) then ganti kereta nah naik kereta yg rel ring road / loop dan tinggal menuju daerah tujuan

Buat yg demen wisata kuliner nah Osaka sih cocok dah........."bening2"-nya di sana cukup mooy juga, juga ada Koreantown cukup besar di Osaka, kuliner BBQ Korean style.

Universal studio Osaka........tempat wisata keluarga / bening2 / mahmud......

Konon sedang digodok pembebasan visa bagi WNI yg mau wisata ke Jepun, rumornya akan disahkan bulan Sept ( katanya)

Kebijakan Abenomics membuat jatuhnya Yen, bebas visa bagi bbrp negara tertentu memang menghidupkan pariwisata Jepun
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by sandal »

ChZ wrote:klw di Indon mah lebih realistis diesel :mky_03:

mau dibikin kenceng bisa, mau irit juga bisa :ngacir: :ngacir:
Dibikin mobil diesel balap juga bisa, diesel badak juga bisa :ngacir: :ngacir:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by HouseOfDetailing »

Klo ngga salah sistem dealership Jepang itu menerapkan efisiensi.Betul dealer mereka ngga besar amat karena biaya sewa tanah mahal.Itu sebabnya rata-rata automakers Jepun membagi dealership mereka menjadi beberapa kelompok,dan beroperasi sesuai target pasar di wilayah penjualan.Contoh Indomerot di Indo menyediakan produk yang mudah di jual sesuai mayoritas demand penduduk setempat.Di Jepun setiap kelompok para dealership memiliki list berbeda untuk mobil yang mereka jual.Kalau Hando dulunya punya kelompok Verno,Primo,Clio dealerships yang unit jualannya berbeda dan tidak ada yang sama antara satu dengan yang lain.Ntah kalau sistem kelompok sudah berubah,yang pasti sekarang Hando mengoperasikan Hando small store yang dedicated untuk penjualan Kei Cars...

Sporty Hando are dead :ngacir:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by axala »

sebenernya......ane juga tertarik sama hybrid karena eksklusivitasnya juga :ngacir:

bisa jd tontonan khalayak awam ramai pas ane jalan pk EV mode

bisa juga untuk mnyetir diam2 untuk kabur dengan EV mode yg sunyi :ngacir: :ngacir:



dan....acnya bisa nyala tanpa nyalain mesin....serasa ac rumah aja langsung pencet :upss:
itu kalo di priuses ya....kalo yg lain ndak tahu :ngacir:
Pursuit of Perfection
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by Turboman »

axala wrote:sebenernya......ane juga tertarik sama hybrid karena eksklusivitasnya juga :ngacir:

bisa jd tontonan khalayak awam ramai pas ane jalan pk EV mode

bisa juga untuk mnyetir diam2 untuk kabur dengan EV mode yg sunyi :ngacir: :ngacir:
Justru bahayanya EV / HEV ya di sini, pada mode full EV mobil bergerak dengan noise yg sangat kecil, pejalan kaki / tuwilers bisa nggak aware ada mobil di dekatnya.

Pernah ada wacana EV / HEV dipasang semacam buzzer saat bergerak scr full electric

kalau di airport Changi mobil listrik di dalam airport ada buzzer-nya saat berjalan......supaya orang2 aware.

Prius / Leaf dikasih buzzer melodi promonya "Es Krim Medan" atau "Sari Roti" yg penjual keliling itu gimana ya kira2
:mky_01:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by amfibi »

HouseOfDetailing wrote:Klo ngga salah sistem dealership Jepang itu menerapkan efisiensi.Betul dealer mereka ngga besar amat karena biaya sewa tanah mahal.Itu sebabnya rata-rata automakers Jepun membagi dealership mereka menjadi beberapa kelompok,dan beroperasi sesuai target pasar di wilayah penjualan.Contoh Indomerot di Indo menyediakan produk yang mudah di jual sesuai mayoritas demand penduduk setempat.Di Jepun setiap kelompok para dealership memiliki list berbeda untuk mobil yang mereka jual.Kalau Hando dulunya punya kelompok Verno,Primo,Clio dealerships yang unit jualannya berbeda dan tidak ada yang sama antara satu dengan yang lain.Ntah kalau sistem kelompok sudah berubah,yang pasti sekarang Hando mengoperasikan Hando small store yang dedicated untuk penjualan Kei Cars...

Sporty Hando are dead :ngacir:
Ini kalo di Toyota sana kyk Toyopet store, Toyota store gitu ya ... :D
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by amfibi »

Turboman wrote:
axala wrote:sebenernya......ane juga tertarik sama hybrid karena eksklusivitasnya juga :ngacir:

bisa jd tontonan khalayak awam ramai pas ane jalan pk EV mode

bisa juga untuk mnyetir diam2 untuk kabur dengan EV mode yg sunyi :ngacir: :ngacir:
Justru bahayanya EV / HEV ya di sini, pada mode full EV mobil bergerak dengan noise yg sangat kecil, pejalan kaki / tuwilers bisa nggak aware ada mobil di dekatnya.

Pernah ada wacana EV / HEV dipasang semacam buzzer saat bergerak scr full electric

kalau di airport Changi mobil listrik di dalam airport ada buzzer-nya saat berjalan......supaya orang2 aware.

Prius / Leaf dikasih buzzer melodi promonya "Es Krim Medan" atau "Sari Roti" yg penjual keliling itu gimana ya kira2
:mky_01:
Kayak RC ane aja ada buzzernya gt :mky_03:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by sandal »

amfibi wrote:Kayak RC ane aja ada buzzernya gt :mky_03:
Buzzer apaan om fib? :ungg:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
detektifkonan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Apr 12, 2014 11:37

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by detektifkonan »

Turboman wrote:
axala wrote:sebenernya......ane juga tertarik sama hybrid karena eksklusivitasnya juga :ngacir:

bisa jd tontonan khalayak awam ramai pas ane jalan pk EV mode

bisa juga untuk mnyetir diam2 untuk kabur dengan EV mode yg sunyi :ngacir: :ngacir:
Justru bahayanya EV / HEV ya di sini, pada mode full EV mobil bergerak dengan noise yg sangat kecil, pejalan kaki / tuwilers bisa nggak aware ada mobil di dekatnya.

Pernah ada wacana EV / HEV dipasang semacam buzzer saat bergerak scr full electric

kalau di airport Changi mobil listrik di dalam airport ada buzzer-nya saat berjalan......supaya orang2 aware.

Prius / Leaf dikasih buzzer melodi promonya "Es Krim Medan" atau "Sari Roti" yg penjual keliling itu gimana ya kira2
:mky_01:

Berarti Ispan Safety nya tinggi dong? :mky_03:

:ngacir:
Sheer Driving Pleasure

Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait

Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah :big_love:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: 5-days Japan Trip : Motoring Culture and Japanese Life.

Post by imingwahyudi »

Nice trip brooo :mky_03:

Gaya hidup sana beda sama sini yak...kebetulan saya mungkin menjadi satu diantara segelintir yang tidak terlalu mengidolakan gaya hidup orang Jepang dan living environmentnya. Noting the hybrids, they can be good looking. GE8 RS Hybrid contohnya. Aqua juga...

Others...errr....missing my noughties' JDM stars... S15s, R34s, JZ161s :ungg: