
Mitsubishi Lancer SL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Mitsubishi Lancer SL
(orang yg ngga punya mitsu) ikut nyimak........ 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mitsubishi Lancer SL
ane gak terlalu khusus koq om. SL mobil yang tahan banting.hendrra wrote:ternyata pemasangan termostat harus jd utama.
om marmut kalo ane ganti fan yg manual dgn yg elektrik berarti dudukan fan tetep pake yg lama dtambah pemasangan motor fan yah???
kirain om kopat mau berbagi ciri2 collant yg dipake sl nya.. heheh
kalo mau menggantikan fan aslinya, sepertinya cuman perlu tarik kabel dan pasang autoswitch nya aja. dudukan tinggal dipasang di radiator.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Thu Jun 28, 2012 3:45
Re: Mitsubishi Lancer SL
siap om,
makasih banyak informasinya, sekarang tinggal cari waktu yg tepat buat ke bengkelnya...hehe
makasih banyak informasinya, sekarang tinggal cari waktu yg tepat buat ke bengkelnya...hehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
saya juga ngga punya mitsu....hariy wrote:(orang yg ngga punya mitsu) ikut nyimak........

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
thermostat itu wajib hukumnya.hendrra wrote:ternyata pemasangan termostat harus jd utama.
om marmut kalo ane ganti fan yg manual dgn yg elektrik berarti dudukan fan tetep pake yg lama dtambah pemasangan motor fan yah???
kirain om kopat mau berbagi ciri2 collant yg dipake sl nya.. heheh
bilah kipas fan lama dilepas tidak dipakai lagi dan baut pulley diganti dengan yang lebih pendek untuk tetap mengikat pulley ke waterpump. lalu cari electric fan dari mobil lain yang ukurannya cukup di ruang mesin SL.
pemasangannya nempel di radiator. dan harus ada sedikit modifikasi radiator untuk dudukan thermoswitch (berfungsi sebagai saklar on/off electric fan).
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon Feb 03, 2014 12:05
Re: Mitsubishi Lancer SL
@adhira: setelah di cek relay wipernya oke, coba cek konektor yg berada di dalam tutup gigi motor wipernya, disitu terdapat 2 conector yg berpungsi sebagai sensor manual(warna kabel dari soketnya hijau bintik merah dan hijau polos),conectornya pas berada pada posisi conect,pastikan juga pompa washer berfungsi, karena ini berhubungan dengan pompa washer,examp: sekali semprot washer,sekali menyapu wipernya secara otomatis,..
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Jan 06, 2014 4:37
Re: Mitsubishi Lancer SL
selamat malam semuaa
kemaren abis dari bengkel rencana ganti booster
karena sebelon2'nya bunyi terus kaya vakum bocor
ternyata itu rem boster msh kondisi normal ga ada rusak ato sobek
cuma kotor aj katanya
setelah dibersihin ilang suaranya
juga ganti cap distributor
pernya habis kegencet
sekarang langsamnya caem dah
hhe
kemaren abis dari bengkel rencana ganti booster
karena sebelon2'nya bunyi terus kaya vakum bocor
ternyata itu rem boster msh kondisi normal ga ada rusak ato sobek
cuma kotor aj katanya
setelah dibersihin ilang suaranya
juga ganti cap distributor
pernya habis kegencet
sekarang langsamnya caem dah
hhe
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jul 19, 2014 15:40
Re: Mitsubishi Lancer SL
Malam semuanya..saya pengguna lancer sl 82..
Maaf mau nanya terkait bunyi klep yg lumayan kenceng meskipun sudah distel berapa kali tetap aja disaat dipake kenceng pasti akan bunyi lagi kecuali kl jalan santai..
Kemudian stelan klep kl dipake lari kenceng juga slalu berubah stelannya, barangkali ada yg pernah ngalami serupa...apakah hrs turun mesin kah atau ?....
Kalo utk sl bisa pake shockbreaker apa utk pasnya kl di ceperin..tks
Maaf mau nanya terkait bunyi klep yg lumayan kenceng meskipun sudah distel berapa kali tetap aja disaat dipake kenceng pasti akan bunyi lagi kecuali kl jalan santai..
Kemudian stelan klep kl dipake lari kenceng juga slalu berubah stelannya, barangkali ada yg pernah ngalami serupa...apakah hrs turun mesin kah atau ?....
Kalo utk sl bisa pake shockbreaker apa utk pasnya kl di ceperin..tks
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jul 19, 2014 15:40
Re: Mitsubishi Lancer SL
Malam smuanya
Pengen nanya2 dong terkait bunyi klep yang buat saya kurang nyaman..klep tsb sdh brp kali disetel tp pada saat dipake kenceng pasti akan bunyi lagi n stelanpun jadi berubah tdk spt pada saat ditel..nah utk pelatuk klep n sulingnyapun sdh pernah diganti tp tetep aja msh slalu menimbulkan bunyi yg buat sy kurang nyaman bahkan kadang malah jadi pincang..mohon masukannya barangkali ada rekan2 yg pernah ngalami
Satu lagi terkait shockbreaker..kira2 pake shock apa kl cocok atau bs dipotongkah as shocknya spy lebih pendek..mohon saran n masukannya..tks
Pengen nanya2 dong terkait bunyi klep yang buat saya kurang nyaman..klep tsb sdh brp kali disetel tp pada saat dipake kenceng pasti akan bunyi lagi n stelanpun jadi berubah tdk spt pada saat ditel..nah utk pelatuk klep n sulingnyapun sdh pernah diganti tp tetep aja msh slalu menimbulkan bunyi yg buat sy kurang nyaman bahkan kadang malah jadi pincang..mohon masukannya barangkali ada rekan2 yg pernah ngalami
Satu lagi terkait shockbreaker..kira2 pake shock apa kl cocok atau bs dipotongkah as shocknya spy lebih pendek..mohon saran n masukannya..tks
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mitsubishi Lancer SL
hmm... setelan berubah itu maksudnya jarak klep ya?danilmalik wrote:Malam smuanya
Pengen nanya2 dong terkait bunyi klep yang buat saya kurang nyaman..klep tsb sdh brp kali disetel tp pada saat dipake kenceng pasti akan bunyi lagi n stelanpun jadi berubah tdk spt pada saat ditel..nah utk pelatuk klep n sulingnyapun sdh pernah diganti tp tetep aja msh slalu menimbulkan bunyi yg buat sy kurang nyaman bahkan kadang malah jadi pincang..mohon masukannya barangkali ada rekan2 yg pernah ngalami
Satu lagi terkait shockbreaker..kira2 pake shock apa kl cocok atau bs dipotongkah as shocknya spy lebih pendek..mohon saran n masukannya..tks
trus bunyinya kayak apa?
untuk mendekin maksudnya biar ceper ya? biasanya yang dipotong bukan shock breaker, tapi per. tapi cara memendekkan dengan pemotongan per tidak disarankan. lebih baik cari per yang lebih pendek. kalo ditanya per apa, ane kurang tahu...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jul 19, 2014 15:40
Re: Mitsubishi Lancer SL
Ya yang bunyi klepnya dan stelan atau jarak celah pelatuk klepnya berubah, malah ada yang rapat dan renggang..bunyinya seperti klep aja mas..kletek-tek-tek..justru kalo sudah disetel ulang bunyi itu akan hilang, tapi ya ga akan lama kalo dipake kenceng apalagi menggunakan RPM tinggi langsung bunyi itu muncul lagi...nah apakah kondisi setingan cilinderhead rubah atau klep yang sudah tipis, saya belum berani untuk turun setengah karena masih belum yakin permasalahan dari sana.
Nah kalo mendekin hanya potong per saja atau ganti dengan ukuran per yang lebih pendek rasanya kurang nyaman dikarenkan panjang shock breaker ori yang buat per tidak ngeplak pada dudukannya atau dengan kata lain per akan longgar serta shock breaker sering bocor atau rusak karena jarak maen as shock yang jadi pendek..Saya sudah coba dengan potong per dan ganti shock yang lebih pendek hanya saja belum dapat shock breaker yang pas
Nah kalo mendekin hanya potong per saja atau ganti dengan ukuran per yang lebih pendek rasanya kurang nyaman dikarenkan panjang shock breaker ori yang buat per tidak ngeplak pada dudukannya atau dengan kata lain per akan longgar serta shock breaker sering bocor atau rusak karena jarak maen as shock yang jadi pendek..Saya sudah coba dengan potong per dan ganti shock yang lebih pendek hanya saja belum dapat shock breaker yang pas
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mitsubishi Lancer SL
hm... ane gak bisa jawab om.. kita tunggu yang lain aja ya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jul 19, 2014 15:40
Re: Mitsubishi Lancer SL
Ok makasih sdh bs berbagi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
masalah bunyi seputar klep, nggak ada urusan dengan klep tipis. Kemungkinan terbesar dari bos rocker arm atau suling klep yang sudah aus karena umur.
Jalan pintas ngilangin bunyi biasanya stelan klep dibikin lebir rapet, yang tadinya 0,25 dibikin 0,15 atau 0,10. Bunyi dijamin hilang atau setidaknya jauh berkurang, tapi tarikan jadi berat.
Kalo setelan sering berubah biasanya mur di baut setelan klep kurang kenceng. Atau bisa jadi baut setelan klepnya yang sudah minta diganti.
Jalan pintas ngilangin bunyi biasanya stelan klep dibikin lebir rapet, yang tadinya 0,25 dibikin 0,15 atau 0,10. Bunyi dijamin hilang atau setidaknya jauh berkurang, tapi tarikan jadi berat.
Kalo setelan sering berubah biasanya mur di baut setelan klep kurang kenceng. Atau bisa jadi baut setelan klepnya yang sudah minta diganti.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jul 19, 2014 15:40
Re: Mitsubishi Lancer SL
Ok thank..tp terkait rocker arm, pelatuk klep & baut stelan klep smuanya sdh pernah diganti, tp ya gt hanya berumur pendek krn setelah 3 bln kembali lg bunyi klep tsb terdengar lg.
Memang kl dibuat stelan lebih rapat spt 0,20 utk ex & 0,10 utk in disaat panas atau lebih kecil lg akan berkurang bunyi yg timbul n itupun tdk membuat bunyi itu hilang, krn pd saat mobil mulai dipake kencang selain terasa berat tarikannya bunyi kleppun akan terdengar lg, serta msh ada beberapa stelan klep yg berubah, bahkan ada yg sgt rapat..biasanya celah klep yg sering berubah yakni utk in pelatuk no 2 & 4, sdgkan utk ex pelatuk no 3 & 4..ya kejadian ini sdh cukup lama sih terjadi, nah apakah hal ini jg ada pengaruhnya krn pemakain exaust custom..tks
Memang kl dibuat stelan lebih rapat spt 0,20 utk ex & 0,10 utk in disaat panas atau lebih kecil lg akan berkurang bunyi yg timbul n itupun tdk membuat bunyi itu hilang, krn pd saat mobil mulai dipake kencang selain terasa berat tarikannya bunyi kleppun akan terdengar lg, serta msh ada beberapa stelan klep yg berubah, bahkan ada yg sgt rapat..biasanya celah klep yg sering berubah yakni utk in pelatuk no 2 & 4, sdgkan utk ex pelatuk no 3 & 4..ya kejadian ini sdh cukup lama sih terjadi, nah apakah hal ini jg ada pengaruhnya krn pemakain exaust custom..tks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
seharusnya nggak masalah pakai exhaust custom....
oom danil yakin rocker arm sehat? begimana dengan kondisi suling rocker arm-nya? untuk lebih pasti dibongkar aja supaya bisa diperiksa lebih teliti bos rocker arm, suling rocker arm, camshaft, dan dudukan camshaft yang di cylinder head. ada keausan apa enggak.
dan penyakit mekanik senengannya ngencengin baut saat stel klep sampe over tightening. baut setelan klep sering rusak drat-nya gara-gara terlalu kenceng dan berakibat saat penyetelan berikutnya jadi sulit. karena sulit jadi nyetelnya asal-asalan..... dulu saya sering ngalamin seperti ini, dan saya nggak mau pusing, saya ganti baru baut stelan klepnya.
oom danil yakin rocker arm sehat? begimana dengan kondisi suling rocker arm-nya? untuk lebih pasti dibongkar aja supaya bisa diperiksa lebih teliti bos rocker arm, suling rocker arm, camshaft, dan dudukan camshaft yang di cylinder head. ada keausan apa enggak.
dan penyakit mekanik senengannya ngencengin baut saat stel klep sampe over tightening. baut setelan klep sering rusak drat-nya gara-gara terlalu kenceng dan berakibat saat penyetelan berikutnya jadi sulit. karena sulit jadi nyetelnya asal-asalan..... dulu saya sering ngalamin seperti ini, dan saya nggak mau pusing, saya ganti baru baut stelan klepnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22
Re: Mitsubishi Lancer SL
betul om, dulu pernah lihatin mekanik (udah tua) di bengkel langganan nyetel klep di charade bokap. dia ngasih tau nyetel klep jangan asal kenceng, jangan asal-asalan....nikmat juga llihat tu mekanik nyetel pake bilah-bilah kayak pisau tipis itu yak....marmut wrote:seharusnya nggak masalah pakai exhaust custom....
oom danil yakin rocker arm sehat? begimana dengan kondisi suling rocker arm-nya? untuk lebih pasti dibongkar aja supaya bisa diperiksa lebih teliti bos rocker arm, suling rocker arm, camshaft, dan dudukan camshaft yang di cylinder head. ada keausan apa enggak.
dan penyakit mekanik senengannya ngencengin baut saat stel klep sampe over tightening. baut setelan klep sering rusak drat-nya gara-gara terlalu kenceng dan berakibat saat penyetelan berikutnya jadi sulit. karena sulit jadi nyetelnya asal-asalan..... dulu saya sering ngalamin seperti ini, dan saya nggak mau pusing, saya ganti baru baut stelan klepnya.
kebayang, mekanik jaman sekarang di Beres...apa masih mau nyetel klep atau skiir klep...?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
@ Mastermax, namanya feeler blade.
mobil jaman sekarang (tahun 90an juga sudah ada beberapa) nggak pake baut stelan klep lagi, digantikan dengan hidrolik/HLA (sudah dipake holden sedari tahun 70an dan beberapa mobil amerika lain) dan "koin benggol" seperti toyota corolla twin cam. kalopun stel klep paling 2 atau 3 tahun sekali.
skir klep itu harus dilakukan apabila terjadi kebocoran antara klep dan dudukannya.
mobil jaman sekarang (tahun 90an juga sudah ada beberapa) nggak pake baut stelan klep lagi, digantikan dengan hidrolik/HLA (sudah dipake holden sedari tahun 70an dan beberapa mobil amerika lain) dan "koin benggol" seperti toyota corolla twin cam. kalopun stel klep paling 2 atau 3 tahun sekali.
skir klep itu harus dilakukan apabila terjadi kebocoran antara klep dan dudukannya.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jul 19, 2014 15:40
Re: Mitsubishi Lancer SL
Makasih nih masukannya om marmut..tp saya sih yakin rocker arm sehat krn 3 bln lalu sy sendiri yg bongkar & ganti rocker arm berikut pelatuknya, hanya sj untuk baut stelan klep memang sy ganti yg dirasa udah kurang enak aj utk distel..kemudian ujung stang klepb yg beradu dgn pelatuk jg sy ratakan dgn gerinda sedikit krn sdh ada yg mulai kemakan..hanya sj waktu itu blm sampai bongkar dgn noken as krn sy fikir noken as msh bagus n pada nok di noken as jg msh bersih, hy sj sy blm yakin bos penjepit noken as dr dudukan rocker arm apa sdh presisi/ngeplak atau blm..sebelumnya jg terus terang sy sdh 2 kali pula ganti rocker arm berikut pelatuknya dr th 2005..memang waktu 3 bln yg lalu sy bongkar rocker arm sdh mulai cacat & bos pada pelatukpun sdh mulai kemakan..yang jd saya bingung adalah bunyi tsb spt ada 1 atau 2 pelatuk sj yg bunyi tek..tek nya & itu bunyinya rada nyaring sehingga buat ga nyaman..
stelan untuk klep sy kasih ukuran 0,25 utk ex & 0,15 utk in pada saat panas..kl liat di manual yg pernah sy baca stelan dilakukan saat dingin dgn ukuran 0,17 ex & 0,07 in...itu jg sdh sy lakuin..ya memang sih saat ini meskipun bunyi klep yg kenceng tdk membuat keder krn mobil msh bisa diajak lari sampe 140 km/jam..hanya sj agak kurang enak dengernya kl bunyi tek..tek..tek..mungkin itu om marmut
stelan untuk klep sy kasih ukuran 0,25 utk ex & 0,15 utk in pada saat panas..kl liat di manual yg pernah sy baca stelan dilakukan saat dingin dgn ukuran 0,17 ex & 0,07 in...itu jg sdh sy lakuin..ya memang sih saat ini meskipun bunyi klep yg kenceng tdk membuat keder krn mobil msh bisa diajak lari sampe 140 km/jam..hanya sj agak kurang enak dengernya kl bunyi tek..tek..tek..mungkin itu om marmut
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
rocker arm dan pelatuk sama aja oom.
buka tutup klep trus nyalain mesin, coba didenger lebih teliti pake stetoskop pelatuk mana yang bunyi.
bikin stetoskop sederhana bisa dari selang air dengan diameter dan panjang yang disesuaikan.
kalo dugaan saya, sistem pelumasan udah perlu di flush dan pompa oli harus diperiksa dan dibersihin. mengingat umur mesin yang udah lebih dari 20 tahun. setelah itu pake oli yang 15w50 atau 15w40.
buka tutup klep trus nyalain mesin, coba didenger lebih teliti pake stetoskop pelatuk mana yang bunyi.
bikin stetoskop sederhana bisa dari selang air dengan diameter dan panjang yang disesuaikan.
kalo dugaan saya, sistem pelumasan udah perlu di flush dan pompa oli harus diperiksa dan dibersihin. mengingat umur mesin yang udah lebih dari 20 tahun. setelah itu pake oli yang 15w50 atau 15w40.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Dec 05, 2013 7:05
Re: Mitsubishi Lancer SL
Mohon bantuannya om..sl saya kalo jalan pelan sering ndut2an..kalo ditambah rpm nya ilang tuh ndut2an
karburator udah dicek ga ada masalah
kemaren dicoba tmn 1 klub saya katanya coba cek cross joint mungkin kering..
ada yg pernah kyk gini jg?
kalo mounting gearbox berapaan ya harganya?
Mounting saya sobek karetnya
Makasih sblmnya
karburator udah dicek ga ada masalah
kemaren dicoba tmn 1 klub saya katanya coba cek cross joint mungkin kering..
ada yg pernah kyk gini jg?
kalo mounting gearbox berapaan ya harganya?
Mounting saya sobek karetnya
Makasih sblmnya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
Jalan pelan berapa km/h pada RPM berapa dan gigi berapa? Ndut2an ga ada urusan sama cross joint.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jul 19, 2014 15:40
Re: Mitsubishi Lancer SL
ok om marmut thanks sharingnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12
Re: Mitsubishi Lancer SL
Pagi semua,ada yang tau g / punya pengalaman klo AC on mesin mobil jd ndut ndutan?sharing donk ,makasih semua
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
@ slmaroon, sudah periksa karburator dan sistem pengapian?