
Drift
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
aga sulit bro soalnya untuk ngedrift kan harus ngebuang bagian belakang mbl baru kemudian di injek deh tuh pedal gas biar spin.
kalo 4wd pada saat injek pedal gas itu, roda depan akan ikut menarik mobil sehingga titik berat mobil yg tdnya berada di depan jadi berubah (bergeser lg ke belakang)
hasilnya mobil tidak berjalan sideways tp cenderung lurus ke depan.
Kecuali pada saat mau masuk tikungan (ngedrift) kecepatan mobil cukup kencang dan kecepatan belok cukup tinggi baru deh bisa ngedrift
intinya sih diperlukan tenaga mbl dan usaha yg lebih besar dgn mbl 4wd dibandingkan dengan mbl rear wheel drive
point plusnya adalah utk mbl 4wd lebih mudah menghindari mobil spin akibat over power di roda belakang sehingga kalo uda mau nabrak
lebih gampang ngendaliin mblnya.
wah tertarik mau beli evo nih ya??
blh ni di pm wakakakaka

kalo 4wd pada saat injek pedal gas itu, roda depan akan ikut menarik mobil sehingga titik berat mobil yg tdnya berada di depan jadi berubah (bergeser lg ke belakang)
hasilnya mobil tidak berjalan sideways tp cenderung lurus ke depan.
Kecuali pada saat mau masuk tikungan (ngedrift) kecepatan mobil cukup kencang dan kecepatan belok cukup tinggi baru deh bisa ngedrift
intinya sih diperlukan tenaga mbl dan usaha yg lebih besar dgn mbl 4wd dibandingkan dengan mbl rear wheel drive
point plusnya adalah utk mbl 4wd lebih mudah menghindari mobil spin akibat over power di roda belakang sehingga kalo uda mau nabrak

wah tertarik mau beli evo nih ya??
blh ni di pm wakakakaka



-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
- Location: SoErAbAjA
BiSAaAa...
Oi oi mobil 4WD bisa dibuat ngedrift... asal kmu rela ngorbanin penggerak depannya... di OMS Surabaya ada LanEvo yang dikorbanin penggerak depannya jadi RWD bwat drift... (jadi kaya' LanEvonya Sean FFTD)
Sebenernya mobil FWD jg bisa dibuat drift, tapi jatuhnya biaya lebih mahal, soalnya dijadi'in 4WD dulu dengan pemasangan gardan belakang cangkokan dari mobil lain, trus mati'in yang depan.
Klo mau, coba aja dateng ke OMS Jl. semarang. ktemu cak indar... ato WW sidoarjo juga ok... itu klo Enkei ada di surabaya... kalo dijakarta aq ga' tau, khe2...
Sebenernya mobil FWD jg bisa dibuat drift, tapi jatuhnya biaya lebih mahal, soalnya dijadi'in 4WD dulu dengan pemasangan gardan belakang cangkokan dari mobil lain, trus mati'in yang depan.
Klo mau, coba aja dateng ke OMS Jl. semarang. ktemu cak indar... ato WW sidoarjo juga ok... itu klo Enkei ada di surabaya... kalo dijakarta aq ga' tau, khe2...
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
Tolong...
Tolong ajarin aku ngedrift yang baik dong....aku tinggal di sby bung drifthinking.he...he... Waduh apa di delta plaza tidak kesempitan parkirannya tuk ngedrift...kok g ada ya sekolah ngedrift d sby... he...he...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
- Location: SoErAbAjA
AjArin?!?
ajarin? khehehe... aq drifting jg masi belajar, drifting tu naluri kok, cieh!!!
Yah, sejauh ini aq tau teori dan dipraktekkan sesering mungkin, kalo udah dapet feelnya baru de...
Mungkin bulan2 deket ini bakal ada club drift di surabaya, jadi qta bisa belajar dari satu sama lainnya...
Interest? ditunggu aj ya...
Yah, sejauh ini aq tau teori dan dipraktekkan sesering mungkin, kalo udah dapet feelnya baru de...
Mungkin bulan2 deket ini bakal ada club drift di surabaya, jadi qta bisa belajar dari satu sama lainnya...
Interest? ditunggu aj ya...
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
hai, masih anak baru nih
btw FF juga bisa di ajak ng-drift, tapi cara nya beda n biar lebih gampang tekanan ban belakang musti dinaikin sekitar 8--12 psi
btw FF juga bisa di ajak ng-drift, tapi cara nya beda n biar lebih gampang tekanan ban belakang musti dinaikin sekitar 8--12 psi
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
- Location: SoErAbAjA
BeDa...
Yup, caranya mang beda... kaya' yg dijelasin alvika99, mobil FWD sama ama 4WD, narik mobil untuk jalan kedepan, sedangkan RWD mendorong mobil untuk bergerak kedepan.
Tapi bedanya roda belakang FWD ga' bergerak, jadi bisa dilock pake' handbrake sambil menjalankan mobil. sedangkan RWD menggunakan spin roda belakang untuk mempertahankan drift.
Jadiiii, untuk mobil FWD harus nahan Handbrake+countersteer+power yg besar untuk narik mobil yang kelock ban blakangnya biar bisa ngedrift...
dengan syarat kecepatan harus tinggi. kalo kecepatan rendah, mobil cenderung cuma spin, ato berhenti.
thats the different FWD&RWD
Tapi bedanya roda belakang FWD ga' bergerak, jadi bisa dilock pake' handbrake sambil menjalankan mobil. sedangkan RWD menggunakan spin roda belakang untuk mempertahankan drift.
Jadiiii, untuk mobil FWD harus nahan Handbrake+countersteer+power yg besar untuk narik mobil yang kelock ban blakangnya biar bisa ngedrift...
dengan syarat kecepatan harus tinggi. kalo kecepatan rendah, mobil cenderung cuma spin, ato berhenti.
thats the different FWD&RWD
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
Re: AjArin?!?
Ya tertarik bgt tapi lek boleh tanya, yang mao buka klub drift tuh sapa n kira - kira dmana?DriFtHiNkiNg wrote: Mungkin bulan2 deket ini bakal ada club drift di surabaya, jadi qta bisa belajar dari satu sama lainnya...
Interest? ditunggu aj ya...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
sejauh yang bs gue dapet dari internet (susah, kebanyakan isi nya sama semua) mobil FWD cenderung understeer, ini yang membedakan dari mobil RWD yang cenderung oversteer.... kalo mobil RWD emang memerlukan tenaga besar biar slide-nya jalan terus, tapi kalo mobil FWD, drift-nya akan canceled ketika mobil "ketarik" k depan sewaktu digas... apalagi dengan tenaga besar, mobil FWD bakal kesulitan ng-drift
ini yang terjadi ketika gue nyoba drift jazz gue (emang masih standard sih), uda nikung pake handbrake n nge-gas yang terjadi malah mobil jadi lambet, padahal uda jalan sekitar 80an kph...
ini yang terjadi ketika gue nyoba drift jazz gue (emang masih standard sih), uda nikung pake handbrake n nge-gas yang terjadi malah mobil jadi lambet, padahal uda jalan sekitar 80an kph...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
Mohon Penjelasan
Kalo mobil seperti Station Wagon beroda belakang seperti kuda dll tuh emang bisa ngedrift ta?oh ya Kalo misal ngedrift gitu pake mobil sedan ato station wagon, apa ada gejala untuk ngguling ato terbalik?pernah sih, aku dicritain adikku, de e naik Avanza terus pas belok dengan kecepatan 80km/h, setir malah ngunci n dasarnya Avanza tuh enteng sampe2 terbalik deh jadi tempe penyet..he..he..gejala ngunci diatas itu termasuk oversteer ato understeer? bisa tolong dijelaskan arti dari oversteer n understeer. Sori aku masih kolot dalam hal2 ngedrift kek gini. aku pernah tanya org tapi lupa lagi. thanks yo kawan2 sekalian...



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
gak terlalu ngerti juga sih, ketika "pantat" mobil lari ke depan mobil disebut sedang oversteer (kondisi paling parah mobil spin), sedangkan understeer terjadi kalo mobil terus melaju lurus walaupun steering wheel digerakkan, umumnya dalam posisi miring (kondisi paling parahnya adalah mobil nabrak pohon di pinggir jalan sewaktu nikung)
ada gambar nya sih tapi gue gak ada, coba liat di brosur all new civic 2006 deh, di bagian penjelasan VSA ato apalah itu stability assist
trus kejadian avanza itu ya, apes banget, tapi jelas banget kalo liat titik gravitasi dari avanza yang gk cocok banget buat drift, malah berbahaya walaupun buat nyalip di atas 100an kilo
mobil2 yg dimodif buat drift titik gravitasinya udah direndahin dengan nambahin beban di bagian paling dasar mobil, trus jarak antar roda nya (depan2 belakang2) juga mesti jauh... nah itu avanzenia uda sempit, tinggi lagi, resiko kebaliknya tinggi banget...
trus stir ngunci maksudnya gimana gue gk ngerti, maksudnya gak bisa diputar atau walaupun diputar gak belok?
kalo gak bisa diputar uda parah banget, tapi kalo uda diputar tapi gak belok berarti tu avanza understeer
kalo sedan kayaknya gk mungkin lah bisa kebalik, tapi kabarnya pernah ada mercy yg guling ya?
kalo ada salah tolong di ralat ya, terutama dari DK-san, hehe
ada gambar nya sih tapi gue gak ada, coba liat di brosur all new civic 2006 deh, di bagian penjelasan VSA ato apalah itu stability assist
trus kejadian avanza itu ya, apes banget, tapi jelas banget kalo liat titik gravitasi dari avanza yang gk cocok banget buat drift, malah berbahaya walaupun buat nyalip di atas 100an kilo
mobil2 yg dimodif buat drift titik gravitasinya udah direndahin dengan nambahin beban di bagian paling dasar mobil, trus jarak antar roda nya (depan2 belakang2) juga mesti jauh... nah itu avanzenia uda sempit, tinggi lagi, resiko kebaliknya tinggi banget...
trus stir ngunci maksudnya gimana gue gk ngerti, maksudnya gak bisa diputar atau walaupun diputar gak belok?
kalo gak bisa diputar uda parah banget, tapi kalo uda diputar tapi gak belok berarti tu avanza understeer
kalo sedan kayaknya gk mungkin lah bisa kebalik, tapi kabarnya pernah ada mercy yg guling ya?
kalo ada salah tolong di ralat ya, terutama dari DK-san, hehe
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
REPLY
maksudnya ngunci tuh pas waktu mo belok kiri setir malah belok ke kanan n g bisa dibelokan ke kiri lalu pada saat tuh avanza nabrak trotoar n kebalik deh...he...he...wah anda pencinta honda bgt ya...klo gt sama seperti temen saya yang pecinta honda. dia juga ikut forum ini. Namanya Yusaku. makasih bgt lo jawabannya. jawaban anda sangat membantu saya....oh ya satu lagi, anda omg bahwa titik gravit rendah karena ditambahin beban di dasar mobil.disini saya mo menanyakan, beban seperti apakah itu?Apakah mungkin mobil harus juga diceperin/ ceper std tanpa bodi kit sampe 80-90% gitu sehingga cambernya juga negatif gitu? Katae temenku, klo bannya bercamber negatif gt malah enak buat ngedrift ya?apa bener ya?thanks a lot before... 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
wah, kedengeran nya parah banget deh... masa bisa sih samp ngunci gitu segala, udah di luar jangkauan gue lah
Yusaku itu ya, wuehe, kayak iklannya Sony Walkman deh "...there is someone out there, just like me..." hehe
gue gk meratiin samp sedetil gitu karena di luar jangkauan kondisi gue sekarang sih (dilarang modif mobil sama bokap, huh), ntar gue bc2 lagi lah ya
kalo yang ngerendahin titik gravitasi itu termasuk ceperin mobil, trus jok belakang dibuang ditambah reinforcement steel, ban serep juga dicopotin, apa yg gak perlu dibuang lah sehingga bobot mobil berkurang. plus biar lebih stabil ditambahin beban gitu, lupa bahannya apa tapi kalo gak salah tangki bensin dipindah ke titik itu ya (mohon ralatnya)
yg sekarang gue coba masih settingan standar abis, cuman tekanan ban gue naikin depan 33 belakang 40(std 32-30), mobil gue jadi lebih oversteer. belon pernah drift yg sebenarnya sih, baru tau teori doang. terakhir gue nyoba yg namanya "scandivanian flick/feint drift", haha, hampir nabrak trotoar karena mobil malah kebawa u-turn coz countersteernya telat.
Yusaku itu ya, wuehe, kayak iklannya Sony Walkman deh "...there is someone out there, just like me..." hehe
gue gk meratiin samp sedetil gitu karena di luar jangkauan kondisi gue sekarang sih (dilarang modif mobil sama bokap, huh), ntar gue bc2 lagi lah ya
kalo yang ngerendahin titik gravitasi itu termasuk ceperin mobil, trus jok belakang dibuang ditambah reinforcement steel, ban serep juga dicopotin, apa yg gak perlu dibuang lah sehingga bobot mobil berkurang. plus biar lebih stabil ditambahin beban gitu, lupa bahannya apa tapi kalo gak salah tangki bensin dipindah ke titik itu ya (mohon ralatnya)
yg sekarang gue coba masih settingan standar abis, cuman tekanan ban gue naikin depan 33 belakang 40(std 32-30), mobil gue jadi lebih oversteer. belon pernah drift yg sebenarnya sih, baru tau teori doang. terakhir gue nyoba yg namanya "scandivanian flick/feint drift", haha, hampir nabrak trotoar karena mobil malah kebawa u-turn coz countersteernya telat.
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
tanya
oh ya saya mo tanya (StRaDe Jazz), apakah anda udah bekerja ato belum, ato masih kuliah gt. soalnya rata rata di forum ni orang2nya udah bekerja mua n pny mobil sdr. Rs e aku sendirian tok yang masih kuliah di forum ini... he..he.. emang yusaku seneng bgt deh sama HP merk Sony Ericson...he..he... thx.. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
uda kerja, gaji dari orang tua hehe alias masih makan duit jajan(istilah anak esde)
mahasiswa kok, ada temen nih ceritanya
hehe
mahasiswa kok, ada temen nih ceritanya

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
terutama di wrc, namun trek emang mendukung karena mereka lari di tanah nan berdebu, grip nya kecil
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
Gronholm ama Ford Focus nya menang di trek salju Swedia kemaren (huehe, ngopi dari Kompas
)

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32
nah ini nih yg pernah juara udah angkat suaraTakumi wrote:Soal pertanyaan Mobil 4wd Ngedrift ..
gampang .. liat ajah Rally2 .., banyak yang ngedrift gak?..
berarti bisa gak?.., bisa asal kecepatanya tinggi , trus Settingan Suspensi , LSD nya pas pasti bisa..
cuman gak seenak RWD intinya..

Std abis
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
kalo FF musti diapain aja tuh? Jazz
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
dari sononya emang uda gak pake abs, jadi gue uda oke2 aja lah, tapi gak bisa ngerem seenak jidat
handbrake jazz larinya ke tromol parking tuh, ada cara gak ngakalin nya? biar handbrake ngunci cakram belakang...
handbrake jazz larinya ke tromol parking tuh, ada cara gak ngakalin nya? biar handbrake ngunci cakram belakang...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
