[Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short WheelBase

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

[Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short WheelBase

Post by billyd1773dz »

intro
=================================

Tahun 90an pasar tanah air di serbu beberapa SUV yang dianggap iconic di dunia,sebut saja seperti landcruiser HDJ80, jeep cherokee dan wrangler,landrover defender dan mitsubishi pajero. Well salah satu yang paling santer terdengar berkat prestasinya di ajang rally dunia yaitu mitsubishi pajero.

Tercatat tak kurang dari 12 piala juara umum telah dibawa pulang mobil ini dari pajero generasi pertama tahun 1985 hingga 2007 yang sudah menggunakan basis pajero evolution. Jauh lebih banyak dari jumlah piala yang dibawa lancer evolution di WRC sebanyak 4 kali.

Image
Pajero 1997 dakar champion

Berkat kesuksesan pajero di ajang rally dakar, pajero dianggap sebagai the most successful vehicle in the Dakar Rally. kini kedua nama itu seakan menjadi melekat satu sama lain..... setiap ngomong dakar pasti inget pajero, ngomong pajero inget dakar..... efeknya tentu sampai ke tim marketing, yang terbukti berhasil menjual mobil ini. bahkan tetap sukses setelah di sematkan ke beberapa lineup suv mitsubishi lain.

Asal nama pajero sendiri berasa dari kucing liar di argentina selatan, lucunya di kawasan amerika latin malah sering diganti menjadi montero karna menurut bhs spain, its mean m*********s

Di tahun 90an mitsubishi indonesia sempat menjual pajero generasi ke-2 dalam bentuk Longwheelbase 3000cc V6 hingga saat ini masih banyak yang beredar di jalanan. Versi diesel tidak pernah dijual secara resmi terlebih yang short wheelbase tentu selain melewati IU.

Nah beberapa waktu lalu TS dapet kesempatan langka nyicip salah satu varian paling langka, yaitu pajero ShortWheelBase 2.800cc TDI AT. Di masa produksi pajero gen 2 ini mitsubishi berhasil dapat 4 piala juara umum dakar pada tahun 92-93 dan tahun 97-98 dimasa itu masih pakai pajero produksi SWB, blm beralih ke pajero evolution jadi bisa dibilang ini lineup paling dekat dengan unit produksi yang di pakai pada rally dakar. *tentu bukan bearti speknya sama ya*

Image

So Meski waktu sempit gw bela-belain untuk TD dan foto-foto mengapresiasi salah satu legenda motoring. Well its rare occasion after all and very rare car with huge legend behind it, this is real thing THE REAL PAJERO.

The Looks
=================================


Image

Dengan wheelbase 2420mm panjang 4140mm lebar 1781mm dan tinggi 1819, pajero terlihat ringkas jika di banding suv populer seperti daihatsu rocky independen, pajero 40mm lebih panjang,30mm lebih lebar namun memiliki wheelbase 100mm lebih pendek. Lucunya wheelbase ini masih lebih pendek 30mm dari cucu jauhny mitsubishi mirage. So terbayang betapa nikmatnya menggunakan suv ini di perkotaan.. seriously indonesian need more swb suv like this.

Image

Styling exterior kucing generasi ke 2 ini di hantui beberapa doppelganger yg bikin err krisis identitas jika pajero adalah purebred cat ada kucing pernakannya. yang pertama paras depanya mengingatkan pada keponakan jauhnya mitsubishi kuda awal yang sekilas terinspirasi dari pajero ini. Kemudian ada dwarf versionnya pajero IO atau pinin atau mini atau err sho’un . Dan masih ada satu kucing kampung lain yang the bastard child atau err “step bastard child” bravo “pajero” panther

Image

Woke let’s focus to this car styling. Paras depan mulai dari lambang tiga berlian berwarna merah, headlamp rounded dgn square frame yang berbeda dengan versi indonesia *i like it*, ada washer dan sebuah winch yang tertanam rapih di balik bemper. Bukan winch orisinil, namun saya suka desain bempernya yang memungkinkan di jadikan tempat duduk winch dengan rapih. Di hood terdapat lubang udara untuk top mounted intercooler yang nunjukin jika ada keong ajaib di mbl ini. Desain airscoop asymetris mirip L200 strada well like it or hate it.... actually posisinya yang dipiggir imho lebih baik dari hilux vigo awal yang err tanggung tidak ditengah juga tidak di pinggir. Meski imho lebih prefer yang pas di tengah berukuran besar kaya vigo last gen dan khasnya pabrikan bintang biru sebelah.

Image

Disamping di dominasi overfender berukuran besar yang di isi ban berukuran 33x10.5” yg bisa masuk dengan lift minimal, tampa menjadi terlihat ceper. Sticker berukuran besar yg nunjukin powerplan kucing ini mendominasi bagian samping. Di belakang ada tirehanger besar yg bisa ngegendong oversize tire berukuran 33”. juga ada wiper blkng dan tow hook

Image

The Build
=============================================

Setelah puas memandangin bagian luar giliran mengupas jeroanya.
Under the hood, sebuah mesin mitsubishi 4M40T 4cyld bertenaga 125hp 295Nm indirect injection, lengkap dengan top mounted intercooler yang tertata apik di atas mesinya... ini adalah mesin ke-2 yang di gunakan di mobil ini.. yg pertama sdh tewas dan di putuskan mengganti unit baru. Mesin ini tidak pernah masuk secara resmi kepasar indonesia, close relativenya ada d triton 2.8 namun itu berjenis non turbo.

Image

Transmisi menggunakan Automatic 4speed V4AW2 gb ini mengingatkan matic 4AT d triton. Pilihannya ada L-2-D-N-R-P dan overdrive off untuk memilih gigi 3 sebagai gigi maksimal.
Transmisi ini di kawinkan dengan transfercase Super Select 4x4 *SS4*, dijaman nya transmisi ini di gembor-gemborkan dapat melakukan shift ke 4x4 sambil jalan atau shift on the fly pada speed <100kmh.... well the truth is even daihatsu taft juga bisa seperti itu. Jadi apa yang special? Transfercase ini memilki mode AWD atau Fulltime. Berbeda dengan 4x4 konvensional yang haram di gunakan untuk berbelok di jalan aspal, pada SS4 bisa di gunakan dengan aman di jalan aspal sekalipun berkelok-kelok, atau berkendara cepat di jalan tanah *err rally* di mode AWD juga memberikan handling lebih baik. Berbeda dengan mode Fulltime 4x4 di Jeep Cherokee yang membuat center differential open. Di SS4 center diff tetep dibantu LSD Viscous Coupling untuk menjaga torquesplit tidak berubah terlalu jauh dari default 50:50.
Begitu rintangan jadi berat ada mode untuk mengunci center differential dan masih ada pilihan low gear. Low gear yang digunakan memiliki ratio 1:1.9 sebenernya ini tergolong kurang rendah jika di banding suv sekelas seperti toyota n taft 1:2.32 jeep 1:2.7. lowgear rendah di perlukan sebagai torque booster cadangan saat offroad berat. Juga untuk memudahkan mobil merayap dengan smooth dan steady.

Image

Setelah transfercase, kini part penerus daya di salurkan ke 2 buah gardan depan dan belakang. Ratio finalgear 1:4.9 pretty low maybe to compensate low gear tadi. Gardan d kucing ini diwariskan ke pajero sport. Dimasanya pajero memiliki salah satu axle paling kuat dengan diameter as roda depan 29mm dan belakang 33.5mm lebih besar dari prado/hilux dimasa itu, hingga di update pada prado 120 dan hilux vigo yg lebih kuat, dan pajero justru menjadi IRS.

Sarana pengereman menggunakan discbrake twinpiston caliper 276mm di depan dan disc brake 315mm single piston caliper.

Image
Front double wishbone Independen Suspension,Swaybar,Ball and Nut/Recirculating ball Steering House

kaki kucing ini berjenis Independen Front Suspension atau IFS. Bagian depan double wishbone independen di topang batang torsi dan di bagian belakang berjenis 3 link rigid axle. Shockbreaker standarnya memiliki 3 mode pengaturan Soft-Med-Hard yang di kontrol secara elektronik di dalam kabin, sayang sudah tewas dan di ganti oldman emu yang berkarter lebih soft. Jika di perhatikan desain suspensi blkng ini mirip dengan yang di gunakan pada pajero sport,

Image
Tangki bahan bakar di lengkapi skidplate pelingdung

sama-sama menggunakan 2 long-arm utama dengan 2 titik bolt untuk mengikat axle di masing-masing arm. Dudukan shock dan sway bar pun tampak mirip. Sedikit perbedaan ada di titik trackbar yg posisiny terbalik. Perbedaan yg kentara di bracket mounting arm ke sasis yang di pajero ini berjenis tusuk dengan bushing. Sedangkan di pajero sport berjenis gelung/bulat.

Image
Long Rear radius lower Arm,Swaybar dan shockbreaker,Rear Rigid Axle

Image
independen front axle dengan batang torsi melintang berukuran panjang

Desain 2 long arm seperti ini tergolong rigid dan kaku , swaybar/stabillizerbar yang terpasang di suspensin depan blkng, juga braket model tusuk yg seharusnya dapat bersinergi untuk menahan boryroll seakan nunjukin trahnya sebagai dirt runner yang piawai.

Image
Batang torsi dari suspensi depan bertemu dengan radius lower arm suspensi blkng dengan braket model tusuk :D

Usai mengamati *jeroan* nya, this cat should be well performed on road and especially for running. . karna berapa bagian suspensi banyak yang dibuat untuk meningkatkan rigiditas suspensi well this is as far as rigid axle goes for on road/highspeed manner, tentu masih blm tandingan suspensi independen ya. Low gir pun di buat tidak terlalu rendah sehingga masih bisa di pke lari.

Di sisi lain, penggunaan suspensi yang dibuat kaku seperti ini justru kurang baik untuk offroad berat, karna yang di butuhkan justru kelenturan suspensi agar dapat mengikuti kontur jalan extrime, Seperti yang diberikan suspensi berjenis 4-5 link atau 3link with a-arm, pada jeep JK, rear axle LC100-200,prado dan fortuner

Well this is a pajero, they built it as a runner not a crawler.
Lets see when we rolling :D

The Cabin
============================================

Image

Oke usai memandangin cover dan mechanical partnya, skrng masuk ke kabinnya. Bgtu TS duduk di bangku pengemudi pandangan langsung tertuju ke cluster berdesain classic ini, lucunya di banding pajero NM-NP/pajero gen 3 sya malah lebih suka cluster pajero gen 2 ini hehehe... :D

Image

di cluster ini ada tampilan penunjuk penggerak, normal lampu berwarna hijau menyala di kedua ban belakang yang bearti sedang jalan dengan mode 4x2, jika masuk ke fulltime ke 4 ban nyala, masuk ke mode partitme kotak di tengah nyala berwarna kuning nunjukin centerdiff sudah ngunci.

Image

Di sebelah kananya ada simbol S-M-H ini nunjukin kekerasan suspensi, switch nya ada di center console.
Posisi pengemudi tinggi layaknya sebuah suv tulen, dengan blind spot yg minim. Airscoop di kiri yang terlihat jelas dari pengemudi bagi TS 170cm memang sedikit ngehalangi bagian kiri,but not much.

Jok berlapis kulit empuk, somehow memeluk halus badan XL saya dgn pas... headroom lega sekalipun memiliki sunroof. Duduk di first row sekalipun kita ber2 XL tidak terasa sempit :D i like it , its so spacious :D for suv this size.

Image

Centerconsole bagian atas ada errr “MID analog”..... sebuah altimater atau penunjuk ketinggian, clinometer nunjukin kemiringan analog, dan compass + suhu digital. Penempatan meter ini somehow familier di L200 strada, dan quantum leap modernnya didakar yg terakhir.. untung trio meter ini tidak lebih tinggi dari cluster hood sehingga tidak sampai menjadi blindspot. blm ada avg FC di mobil ini.

Image

AC sudah menggunakan digital komplit dengan rear air vent... ada tombol untuk ECO sepertinya ini membuat ac bekerja seminimal mungkin,meringankan beban mesin.

Image

Kebawah lagi ada transmisi 4ATnya dimana mode overdrive off menggunakan tombol di tuas, sebelah kanannya tuas transfercase dengan pilihan 2H(4x2) geser kedepan 4H(4x4 Fulltime),geser kanan depan 4HLC(4x4 partime centerdifflock), terakhir tekan dan dorong depan masuk ke 4LLC(4x4 Low)

Image

Di belakang tuas transmisi ada tombol AT-MODE , tombol ini merubah karakter transmisi ada 3 mode, Power dimana mesin akan mencoba menjaga rev tetap tinggi dgn memilih gigi lebih rendah, Hold mode eco gearbox akan mencoba shift up secepat mungkin untuk jaga rev tetap rendah, terakhir auto yg membiarkan transmisi menilai mode terbaik... fitur ini sekarang di gantikan fuzzy logic yg bisa nentuin shift scheme terbaik, meski gw pribadi lebih suka pakai tombol gini hehe fuzzy logic sering terlalu lambat bereaksi jika driving style atau roadnya berubah2 atau terlalu bodoh untuk mencari map terbaik. hehe.... bnyk mbl highend yg tetep memiliki tombol drive profile seperti ini.

Dashboard sendiri all hardplastic yang durable thats what we need in this kind of car, tak lupa ada pegangan tangan di dashboard depan. Pegangan tangan ini khas hampir selalu ada kelas suv seperti ini.
Skrng pindah ke 2nd Row, akses ke baris ke2 bisa dilakukan melalui bangku penumpang depan atau pengemudi, dengan mereclining ke depan sandaran bangkunya, sandaran bisa nilap kira-kira hingga 50derajat kedepan memudahkan akses ke 2ndrow, jika dibanding suv 2door lain seperti taft/rocky senderan hanya bisa di reclining ke depan kira-kira kurang dri 30derajat so akses tidak semudah pajero... nah d jeep wrangler YJ, passengger seat dapat di dorong maju dan ada mekanisme untuk menilap kedepan sehingga akses masuk ke 2ndrow jadi paling leluasa.

Image

Duduk di bangku belakang sebuah suv SWB rasanya tidak bisa berekspektasi banyak, terbiasa di bangku belakang wrangler YJ yang mengerikan seperti 3rd row mpv err hatch +2 itu... :D well ternyata saya salah 2ndrow pajero NJ ini terasa spacious.. lebar dan besar menompang hingga ujung dengkul dgn legroom lega. Wrangler sih jangan di anggap jauh sekali 2nd rownya,rival 3door yg lebih manusiawi seperti daihatsu rocky F75 masih lebih sempit dgn busa keras sedangkan rocky F78 independen yg kini jd lebih lebar dgn sandaran lebih rebah, namun masih blm selega pajero. Memang berbeda dgn suv LWB yg didesain untuk 3orang, di suv SWB konfigurasinya di desain untuk 2 orang sehingga paling nyaman untuk duduk 2 orng di bangku blkng dengan handrest terbuka. namun masih tetep enak di isi ber3 dengan handrest tertutup.

Image

Di console tengah ada controller rear airvent yang ventnya terletak di bawah jok depan. Rada kepikiran juga bagaimana jika offroad dan kemasukan air... airvent nya bisa kebanjiran....

Image

Ban serep digendong di pintu blkng, dengan bagasi berukuran ya errr segede hatchback kecil... kira-kira ¾ dari kapasitas daihatsu rocky F78. ta lupa di bagian blkng ada power outlet juga

Image

The Drive
==============================

Ok ini saat yg paling saya tunggu. :D :D :D
Kunci sudah di tangan and start the engine....... :D
Bruummmmm drrtdrrttdrtttt suara khas indirect injection 90an terdengar, sekilas suara starting n idle mengingatkan pada kudis,namun getaranya... errrr imho pling keras di banding kudis,tokidis,taft atau hilux KZ. Apalagi di banding generasi commonrail.. sedikit lebih keras dri 4JA1 awal, is everything allright ? well show must go on... shift to D n we began to rolling.......

Keluar dari garasi yang sempit.... radius putar pajero ini surprisingly small... sya ke tkp menggunakan mirage yg imut, pindah ke kucing liar ini tidak terasa jomplang untuk bermanuver.... :D memang masih jauh bedanya jika dgn mirage yg turning circle 9.2m pajero SWB memiliki turning circle 10.6m, sebagai pembanding ahond RM padang 11.3m mazda cx5 11.2m, pajero ini masih lebih lincah dari city suv diparkiran.. i wish someone sell more swb suv in indoesia... :D :D

Image

Sejalan rev naik jalan getaran tadi hilang kini mesin jadi halus dengan suara mesin yang sayup-sayup terdengar... ummm sepertinya idle revnya terlalu rendah ni, getaran pling kerasa saat di D dan di rem.... ngomong-ngomong soal rev..... sayang sekali tachometer sedang out of service,speedo juga tidak. jadi selanjutnya based on feeling aja hehehe :D

Image

bgtu jalan rada kosong, tdk sabar langsung coba kickdown.......dimulai dari desingan spool-up turbo yg terdengar merdu di ikuti response transmisi melakukan downshift, dan dengan sigap hentakan keluar cukup kuat dengan spontan minim gejala turbo lag atw gb lag..... well ntah di rev brapa, my guess arround 2K-3K,foot stil flat out i’m waiting surge-pull menjelang redline seperti karakter diesel mitsu yg familier.... but nope its flat sampai akhirnya shift. well Looks like not a highrev diesel that we usually got on mitsu hehe :D its ok... its good both way

next keramaian kota, lets try how its perform on traffic jam... :D first its low torque very good, mudah saja nyodok pindah tempat di keramaian, GB AT jadul ini juga perform dengan baik, shift terasa cepat dengan halus tampa jerky. timing pindah juga rasany pas.. *again gtw shift d rpm brp* AT mode di biarkan di mode auto. Kebanyakan AT 90an yg TS pernah coba sering shiftnya sudah kasar seperti milik XJ atau VXR, d pajero ini shift masih smooth and seamless. Bebas whinning juga tentunya :D :D

pengereman di bantu 4 discbake di ke4 ban nya terasa lembut,degan braking force bertahap seiring kedalaman tekan. tidak langsung gigit seperti di beberapa boil toyota.

Image

as a famous rally world champions tentu saya ngarep pajero punya handling pengendalian yg mumpuni atleast harus superior dari suv lain di jamannya. Good news is.. sekalipun pakai ban 33” besar yang saya gtw di isi angin brp... shockbreaker menggunakan old man emu yang kebetulan saya familier dgn soft n ayunannya.... body roll masih relatif terkontrol atleast di banding rocky IFS, dan err terios. Perlu di ingat juga SWB not in favor interm of handling. Imho bodycontrol Masih di bawah jeep XJ terlebih suv fiss modern. Peredaman goncangan terasa lembut dengan ayunan ringan tampa harsh crash,. nyaman for leisure drive and offroad but not a kind of suspension that be expected from a rally breed suv yang saya pikir akan stiff atau kaku.

Sayang bodycontrolnya ternodai oleh steeringnya yang... err karet... awal saya tidak tahu jenis steering apa yang di gunakan, saya beranggapan sebuah rack n pinion setidaknya seperti mitsu kuda. Sampai saya mengendarai beberapa meter... stir terasa ngambang dengan connected feel antar stir ke roda seperti dihubungkan oleh karet, feedback tidak ada di redam karet tadi,also slow steering, and some steering play or speleng yang cukup membuat manuver di mobil ini terasa insecure..... ughhh jangan-jangan.... right a way bgtu bisa berhenti ngolong dan tampak sebuah steering house ball and nut bertengah di singgasananya... :D wowh... we met again....



actually this type of steering house masih cukup umum di gunakan di suv periode 90an. beberapa bahkan dipakai hingga sekarang *JK Defender n GKlass*. famous for its durability dan kemampuannya menyerap getaran dan benturan di roda.... err *ngilangin feedback* untuk offroad berguna ketika melewati jalan batuan berjam-jam.. stir bisa tetap tenang tidak bergetar terus2an yang melelahkan, also for safety of your finger. And the weakness is lack of direct or connected feel between steering and tire, also miskin feedback even thou using so called HPS. tentu ada yang rubbish ada yang baik juga, bahkan pabrikan sedan mewah eropa ada yg baru beralih ke rack pinion di awal abad 21. Selain itu ball n nut memang perlu di setel ulang untuk ngurangin speeleng/rubbery feel setelah berumur

so jika di bawa ke perang suv modern yang sudah menggunakan rack n pinion stir ini terasa rub.. errr not good, tp di jamannya hampir semua suv menggunakan jenis stir ini, so lets compared it dgn beberapa suv di periode yang sama. First The rubbery steering atau bhs montirnya “speleng“ atw steering play, di kucing liar ini tergolong sedang sebanding dengan hilux KZ, yang lebih buruk daihatsu Taft F75 sedangkan yang lebih baik Jeep XJ and YJ. mungkin kira-kira ada kosong 10-15derajat stir di belokin ban baru geser.... taft sampai 15-30derajat... XJ pling direct cukup 5-10derajat meski tidak sedirect rack n pinion.. Kemudian steering ratio, seberapa banyak stir harus di putar untuk belok yang sama.... taft ifs paling lambat,di ikuti hilux KZ, taft rigid, pajero dan paling cepat XJ. Lock to lock pajero 3.7-4x, XJ cukup 2.8x-3x, Taft rigid 3x-3.2x tp ini karna radius putarnya rubbish,hilux KZ di atas 4x. terakhir feedback semuanya minim jika di banding stir modern,lack of direct feel. pajero steernya sedikit kerasa saat melewati jalan rusak bgtu juga kemiringan jalan, Terburuk justru XJ lewat jalan ancur bebatuan juga stir minim geter dan tetep diam sekalipun minim play... taft dgn huge play g kerasa juga, hilux KZ somewhere in between.. bwat penggunaan oprut tentu lebih enak dan nyaman yang minim feedback dgn dampeningnya baik. Bwat on road bisa jadi lebih baik yg lebih terasa feedbacknya.

Image

sayang selain waktu yang terbatas, bisa di bilang lumpur adalah hal yang tabu bagi kucing ini hehehe :D meski bergaya offroad, winch pun terlihat masih top notch virgin, bgtu juga underbody masih kelihat mulus :D so wacana test it on offroad track mesti di gusur dulu. meski bgtu SS4 punya mode fulltime yang baik di gunakan di jalan aspal, sekalipun tuas transfercase jarang di gunakan tuasnya terasa empuk dan mudah di pindah, indikator 4x4 nyala dengan centerdiff unlock.. stir pun jadi lebih berat tanda front axle ikut narik n mantap berbelok tajam dan tidak keluar gejala understeer seperti jika menggunakan mode partime. :D yah well just short date dgn ss4. actually for car this rare... miris klw lihat di siksa di trek berat. hehe keep it for leisure drive sampai lightoffroad hot date saja :D

The Verdict
=================================


Image

Sebuah mobil SUV iconic yang memiliki nama besar di dunia. Very practical dengan fitur lengkap, turning radius kecil,mudah parkir, wheelbase lebih pendek dari beberapa city car sub compact, namun kabin masih terasa lega dengan headroom luas,comfortable seat, engine cukup kuat dan irit dgn transmisi yg baik dan transfercase cerdas. Sangat cocok sebagai city cruiser hingga tangguh untuk offroad menengah. Some combination that rarely available in today indonesian market. Di indonesia yg resmi kendaraan 4x4 antara besar atau sangat besar.... :D 3door? Errr evoque mini and keluarga IU

Suv yg sudah berumur 16 tahun ini memang ada beberapa bagian yang sudah terasa tertinggal,paling terasa steering yang unresponsive,dull and slow juga memiliki steeringplay/speleng moderate khas sistem steering jenis ini. enjin juga terasa kasar dan bergetar. Juga hunting sparepart tidak semudah varian yg populer dan masuk resmi.

Populasinya sangat terbatas,dengan harga yang sering suka-suka yang jual,juga history dan legenda kuat di ajang kompetisi dunia yang memiliki penggemar fanaticnya sendiri hingga tetap ada di model-model turunannya. Tentu tidak sembarang mobil yang bisa membuat orng lain melambatkan mobilnya hanya untuk melihat mobil ini lebih dekat dan lama, apalagi sampai ngikutin dan menawar, yes that was a few story from ownership of this cat. :D mobil seperti ini harus dilihat whole package bukan hanya unitnya tp juga its legend dibelakangnya. Its a pride, a collector item,and not for everyone. Buy because you love it not because you need it.

What i like
+ Super Select 4x4 with Fulltime mode
+ impressive turning radius
+ practical for city driving
+ fitur kumplit dijamanya
+ Comfortble seat
+ suspensi lembut dgn bodyroll relatif rendah dikelasnya dan jamanya(though not the best).
+ Spacious cabin for SWB
+ Very rare
+ Beefy mid torque
+ Smooth auto gearbox
could be better
- Steering is old for today standard, unresponsive, slow, lack of direct feel and got some steering play
- Getaran mesin cukup keras bahkan dibanding mbl dijamannya.
- Sparepart tidak sebanyakan model yang masuk resmi
- Lowgear lebih baik jika ratio lebih rendah lagi.
- Swaybar rear n front and arm design limit articulation for heavy off road used
- hard to find and Expensive

Image

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10470
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by ak4ng »

pertamax dulu aahhh,. :big_grin: :mky_02: ,.
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ibethdotcom
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Jun 27, 2014 9:19

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by ibethdotcom »

Wah review yang sangat bagus dan detail, gambarnya pun keren, serasa membaca review dari sebuah majalah bertaraf internasional.
w4rlock
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Fri Dec 28, 2012 4:36

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by w4rlock »

Mobil yg langka n keren :big_exellent: ... ada yg jual tuh om bill di fjb
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by Kaleng »

Super sekali reviewnya. Wajah depannya masih terlihat sangat keren dan macho untuk zaman sekarang. Keliatannya mobilnya super terawat.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by madcat015 »

Billyyyyy... a marvelous ripiu as usual... :mky_02: :cupss: benar2 sangat mendetail dan passionate... plus2 poto2 kelas dewa... :mky_02:

*meski ente sampe skr masih utang ripiu Sipik FB yak. Dari jaman jebot* :big_slap:


Nah, this is it. The real Pajero... the real Dakar warrior... tanpa embel2 Sport... seingat ane, model namenya ini Pajero Super Exceed yak? :ungg:

MID analog nya mengingatkan ane dgn TAFT jebot ane... and speaking of which, why dont you make a TAFT ripiu? Ente ada dua unit tuh... :mky_02:





*ngibrit sebelum disiram lumpur...* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by maskopat »

thanks om bil... mantap nih reviewnya sampe ke level jeroan yang terpasang... :big_exellent:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by Turboman »

wewwwwww.....mantap bener nih barang.........TD - AT dan body kompak

Tinggal dicemplungin mesin & metic-nya Dakar aja........

Cuman body parts masih gampang ngga yaa
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by DigitALL »

Reviewnya bagus sekali bro billy :frm_tumbright: :frm_tumbleft: Pembahasannya sangat terperinci satu per satu disertai foto yg pengambilannya profesional :off_good_job:
Asik deh bacanya :mky_08:

Di luar ada versi terbaru the real Pajero 4x4 SWB:

Image

Image

Image

Image

Image

Image

:e-drool: :e-drool: :e-drool:
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 510
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by glendotan »

Review yang sangat superb....dan ini baru the real Pajero :big_exellent: :big_exellent:

ane terpukau di jamannya fiturnya sdh selengkap ini biarpun SWB :off_good_job: :frm_salut:

Nyimpen ginian udah kayak nyimpen harta karun :mky_02:
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by WongZo »

Nice review om billy :big_exellent: , pendek amat yh cmn 4,14m, cmn spanjang habanjah :big_smile] .
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by axala »

Hebat....:big_chicken: :big_chicken: SWB ada juga yg 2.8 ya

soal part...buat yg ini kudu ke supplier part CATerpillar...ada salah satu alat mereka yg pk 4M40 ini :upss:

rear airvent....buat SWB...unexpected, apalagi yg LWBnya...airvent di setiap atas pintu..kaya alphard :mky_03:

Memang terbuktilah sudah pajero yg paling innovative di jajaran mobil jepang dahulu...sayang gabanyak orang yg tahu

btw...nice review om billy...Tapi ane tetep lebih suka versi LWB 3.0 V6nya...macam punyanya om gmx :upss:

Sayang om gmx udh gaperna kelihatan lagi :ungg:




Sayang DiD gen3 swb gaperna keliatan disini :ungg:
Pursuit of Perfection
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by ChZ »

wow... good review kak billy :mky_02:

and what a rare car !

*masih berusaha mencerna setiap detil dari mobil ini*

jadi... mobil ini lebih cocok untuk di aspal daripada di oprut ? even udah dikasih ban sebesar itu :ungg:

memang DNA mitsu dari dulu setan jalanan.... :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by montirangin »

nah ini baru di asli pajero..bukan si itu yg banyak dijalanan skrg.
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by ALX7 »

:e-clap:
WOWW...

Speechless sama review nya bro billy, ane dari yg buta sama sekali ttg mobil off-road jd nya ngerti fungsi dan jenis2 nya... :big_exellent:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by imingwahyudi »

:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:


gw demen pencahayaannya...so [cencored] mamennnnn :e-dance: :e-dance: :e-dance: :e-dance: :cupss:


Pictures explained how good this car does, and ye textwork, perfecting it :big_grin:



nais nais naiiissss :cupss: :cupss: :cupss:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by AD74YA »

One of the best review on SM. Pengetahuan di otak cemen ane bertambah.

Thank you mr. Billy. Salute.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by ola_comoesta »

super great nice review om billy....satu yg tak disangka, fitur suspension setting-nya...omg...belum lagi full fitur argghh!. nice!

btw, dulu pas ane ke batam, ada salah satu pajero gen 1 / gen 2 (ane kurang tau termausk yg mana), tahun 1990-an, itu katanya menggunakan mesin 4G63, entah apakah benar atau tidak.

superbb salute om billy!
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by ricz »

Berry nice ripiu kak... :mky_02:

Maunya ini pajero NJ dibikin kembali ama KTB... plus mesin Dakar 178 PS + 5 speed auto tranny...

Jadi setan jalanan beneren pasti... :mky_03:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by WongZo »

ricz wrote:Berry nice ripiu kak... :mky_02:

Maunya ini pajero NJ dibikin kembali ama KTB... plus mesin Dakar 178 PS + 5 speed auto tranny...

Jadi setan jalanan beneren pasti... :mky_03:
Ntar mlah terbalik di jalan :big_slap: .
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by billyd1773dz »

ibethdotcom wrote:Wah review yang sangat bagus dan detail, gambarnya pun keren, serasa membaca review dari sebuah majalah bertaraf internasional.
waah makasih om... :D :D majalah apa nih hehehe :D :mky_01: :mky_01: makasih banget loh hehe :D
w4rlock wrote:Mobil yg langka n keren :big_exellent: ... ada yg jual tuh om bill di fjb
iya bro warna putih yah.. mintanya 3xx wkwkwkwkw :D yg itu masih fabric dan umurnya lebih tua hehe tp headlampnya uda kaya NJ LWB yang biasa.. bingung juga.
Kaleng wrote:Super sekali reviewnya. Wajah depannya masih terlihat sangat keren dan macho untuk zaman sekarang. Keliatannya mobilnya super terawat.
makasih om kaleng :mky_01: iya nih ngiler bangettt....... uda kaya barang pusaka aja om tu mbl jadi ane nyicipnya g bole di aniyaya hahaha :D
madcat015 wrote:Billyyyyy... a marvelous ripiu as usual... :mky_02: :cupss: benar2 sangat mendetail dan passionate... plus2 poto2 kelas dewa... :mky_02:

*meski ente sampe skr masih utang ripiu Sipik FB yak. Dari jaman jebot* :big_slap:


Nah, this is it. The real Pajero... the real Dakar warrior... tanpa embel2 Sport... seingat ane, model namenya ini Pajero Super Exceed yak? :ungg:

MID analog nya mengingatkan ane dgn TAFT jebot ane... and speaking of which, why dont you make a TAFT ripiu? Ente ada dua unit tuh... :mky_02:





*ngibrit sebelum disiram lumpur...* :ngacir:
haaaaa FB apah sinih sinihh..
Image


:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:


iya om this is the real pajero... sekaligus basic pengembangan pajero sport first n second gen.. :D hehe

super exceed itu kebiasaan mitsubishi ngasih nama bwat trim tertinggi aja om :D


yuuupppppppp mirip taft jebott wkwkwk :D clinometer and voltage meternya ajah... :D
err di pajero ini malah g ada voltmeter nih.. hehehe :D

wowhh duo taft? ripiu mobil jadul lagi hehehehe :D kalem om :D :D
maskopat wrote:thanks om bil... mantap nih reviewnya sampe ke level jeroan yang terpasang... :big_exellent:
makasih om kopat.. try my best, biar berguna repiunya :mky_01:
Turboman wrote:wewwwwww.....mantap bener nih barang.........TD - AT dan body kompak

Tinggal dicemplungin mesin & metic-nya Dakar aja........

Cuman body parts masih gampang ngga yaa
muantap tu om turbo..... :D :D :D
klw enjinya k.o lagi di komporin 4D56 vgt dokar aja ya..... sparepart jg bisa jd lebih populer di sini wkwkwkw :D bisa ngacir bener ni.

steeringracknya mesti sekalian di bawa :mky_02: :mky_02:

uda gtu di boil langka gini batinnya perang antara modip upgrade atau modip restore keep it ori :big_think:


klw kondisi std, di banding PS exceed bawah-tengahnya ini jauh lebih kuat.... cuma atasny flat euy surgenya g kerasa. meski ini kondisi ban 33" ya hehe :D


bodypart sih kya bemper lampu yg sama dgn LWB, atau yang lazim ada copotan luar sih mestinya masih bisa di temui... hehehe :D klw yg aneh2 bngt yaa gtu deh. harus sabar n telaten
DigitALL wrote:Reviewnya bagus sekali bro billy :frm_tumbright: :frm_tumbleft: Pembahasannya sangat terperinci satu per satu disertai foto yg pengambilannya profesional :off_good_job:
Asik deh bacanya :mky_08:

Di luar ada versi terbaru the real Pajero 4x4 SWB:

Image
:e-drool: :e-drool: :e-drool:
beuuhh ngilerrr :D pajero NT SWB yg ini 3.2ltr 200ps 450nm :mky_02: :mky_02: Compact SUV +FISS + cleaver SuperSelect 4x4 and Traction control kombinasi mantapp :D

makasih om... hehehe :D sambil bljr foto mobil ni om hehe :D :mky_01:
glendotan wrote:Review yang sangat superb....dan ini baru the real Pajero :big_exellent: :big_exellent:

ane terpukau di jamannya fiturnya sdh selengkap ini biarpun SWB :off_good_job: :frm_salut:

Nyimpen ginian udah kayak nyimpen harta karun :mky_02:
yes very well equipped :D :D sekalipun dgn suv dijamanya :D :D :D :D

makasih om :D
WongZo wrote:Nice review om billy :big_exellent: , pendek amat yh cmn 4,14m, cmn spanjang habanjah :big_smile] .
iya om.. :D sepertinya ukuran sgtu ama sanggul kondenya... :D klw g pke itu,it should be easily under 4m hehe :D

wbnya jauh lebih pendek 2421 vs 2655 :mky_03:

suv sekelas yg lebih kecil dri pajero NJ tu wrangler YJ :mky_03: dgn kabin yg emang kecilnya ga bohong and fitur jauh lebih dikit
makasih ya broo hehe :D
axala wrote:Hebat....:big_chicken: :big_chicken: SWB ada juga yg 2.8 ya

soal part...buat yg ini kudu ke supplier part CATerpillar...ada salah satu alat mereka yg pk 4M40 ini :upss:

rear airvent....buat SWB...unexpected, apalagi yg LWBnya...airvent di setiap atas pintu..kaya alphard :mky_03:

Memang terbuktilah sudah pajero yg paling innovative di jajaran mobil jepang dahulu...sayang gabanyak orang yg tahu

btw...nice review om billy...Tapi ane tetep lebih suka versi LWB 3.0 V6nya...macam punyanya om gmx :upss:

Sayang om gmx udh gaperna kelihatan lagi :ungg:




Sayang DiD gen3 swb gaperna keliatan disini :ungg:
kak alpin :big_comfort: makasih bangett yaa :D :D

dulu kurang agresif sepertinya ya.. yg di masukin cuma 1 pilihan enjin n gb aja di priode 90an ini...... coba dri dulu masukin diesel 4D56 aja hehe :D

eh ada dink pajero diesel resmi 90an..
Image


4m40 sih triton glx juga mesin itu :mky_01: hehe sentra onderdil cat dmn ya :big_think:

wah pajero NM SWB? wuihh ngiler pisan.. :D :D
ChZ wrote:wow... good review kak billy :mky_02:

and what a rare car !

*masih berusaha mencerna setiap detil dari mobil ini*

jadi... mobil ini lebih cocok untuk di aspal daripada di oprut ? even udah dikasih ban sebesar itu :ungg:

memang DNA mitsu dari dulu setan jalanan.... :ngacir: :ngacir:
makasih kak cris :D :D


imho sih.. desain engineeringnya memang nunjukin fokusnya ke rally atau runner :D seperti swaybar tebal di gardan depan dan belakang, desain long arm 3link,kelenturan suspensi dibatasin untuk lebih fokus ke bodycontrol highspeed, ratio low gear yang tidak terlalu rendah n masih bisa di bawa lari *kaya low gear nya subaru di beberapa model lama*

imho ini lebih kompromi.. masih nyiapin lowgear, masih rear rigid axle yg siap offroad, tapi tetap harus mantap untuk lari. jadi tetap megang heritagenya sebagai kendaraan yg besar di medan rally, baru generasi berikutnya yang lebih fokus ke arah lain yang jadi fiss... itu pun berusaha ga ninggalin offroad purposenya.

cmiiw...feel very di bahas :D hehehe :D
montirangin wrote:nah ini baru di asli pajero..bukan si itu yg banyak dijalanan skrg.
si itu siapa :big_chicken: wkwkwkw :D :D

bukti nama pajero tetep ampuh di jual di varian blasterannya wkwkwk :D
ALX7 wrote::e-clap:
WOWW...

Speechless sama review nya bro billy, ane dari yg buta sama sekali ttg mobil off-road jd nya ngerti fungsi dan jenis2 nya... :big_exellent:
makasih bngt bro ALX7... :D alhamdullilah klw coret2nya bermanfaat hehehehe :D
imingwahyudi wrote::mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:


gw demen pencahayaannya...so [cencored] mamennnnn :e-dance: :e-dance: :e-dance: :e-dance: :cupss:


Pictures explained how good this car does, and ye textwork, perfecting it :big_grin:



nais nais naiiissss :cupss: :cupss: :cupss:
bro mingkiii :D :D itu yg di sensor apaan :mky_03: :mky_03: :mky_03: hahahah :D suhu besar [cencored] nii.... :D :D :mky_04:

makasih bngt brooo :D :D masih sama2 bljr ni hehe :D.. very lovee car photograph especially klw ada model nya yg [cencored] dan [cencored] wkwkwkw :D
AD74YA wrote:One of the best review on SM. Pengetahuan di otak cemen ane bertambah.

Thank you mr. Billy. Salute.
waduh makasih om go :mky_01: :mky_01: ane yg bnyk dapat ilmu dari tulisan om go ni...
ane blm ada apa2nya :D :big_childish:
ola_comoesta wrote:super great nice review om billy....satu yg tak disangka, fitur suspension setting-nya...omg...belum lagi full fitur argghh!. nice!

btw, dulu pas ane ke batam, ada salah satu pajero gen 1 / gen 2 (ane kurang tau termausk yg mana), tahun 1990-an, itu katanya menggunakan mesin 4G63, entah apakah benar atau tidak.

superbb salute om billy!
iya om.... ada profile suspensinya kereenn.. sayang di makan jaman uda ga aktif fiturnya :big_childish: g bisa nyoba deh....

wahh yg pke mesin epoh menurut mbah wiki sih, sampai pajero gen 1 aja ada yg turbo ada yg tidak.. hehe :D gen1 jarang juga ni di indo.

pajero gen 1 trahnya di lanjutin ke pajero io/mini
pajero gen 2 trahnya di lanjut ke pajero sport
both ada beberapa kesawaan di kaki2 terutama axle share same partnumber

makasih bngt om ola :D :D :mky_02:
ricz wrote:Berry nice ripiu kak... :mky_02:

Maunya ini pajero NJ dibikin kembali ama KTB... plus mesin Dakar 178 PS + 5 speed auto tranny...

Jadi setan jalanan beneren pasti... :mky_03:
haha :D di india pajero gen 2 versi faceliftnya yaitu NL masih di jual dengan nama pajero SFX.... sayang LWB only dan penjualanya berdampingan dgn pajero sport n pajero gen 4.

di beberapa negara ya di replace oleh PS hehe :D

PS NJ SWB swap 4D56 dakar+piggy? wowh.... pocket rocket hehehe :D

ini juga uda mayan sih bro.. setidakny masih lebih ngacir dri ipah std.............. wkwkwkwk :D

makasih ya bro :D :D



cmiiw all :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
asunu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by asunu »

Hail to the real Pajero, king of dirt. Nice review om. One of a kind.
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
puteraadrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Wed May 21, 2008 18:03

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by puteraadrian »

Om billy, angkat tangan sama reviewnya... Superb!!!!!!!
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by haristk7 »

mantap banget bro bil !

MID analognya mengingatkan ama FJ Cruiser yah, gw demen nih review dan foto2nya juga bagus, keep those 4x4 review coming brother :mky_02:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review]Mitsubishi Pajero NJ 1998 2.8 TDI AT Short Wheel

Post by billyd1773dz »

asunu wrote:Hail to the real Pajero, king of dirt. Nice review om. One of a kind.
makasih om asunu :mky_01:
puteraadrian wrote:Om billy, angkat tangan sama reviewnya... Superb!!!!!!!
haha :D makasih ya om :D
haristk7 wrote:mantap banget bro bil !

MID analognya mengingatkan ama FJ Cruiser yah, gw demen nih review dan foto2nya juga bagus, keep those 4x4 review coming brother :mky_02:
hehe makasih bngt om har :D

yes lovely classic Analog MID hehe :D siap om... :D

i try my best :mky_01: :mky_02:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz