Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by amfibi »

Siang SMers... :mky_01:

Mau nanya, kira2 mobil sedan tuwir yg bagus dgn budget max 30-35jt (ngga termasuk biaya benah2) apa ya? :mky_01:

Penggunaannya kira2 cuma buat hari2 dgn jarak 5-10km aja, dan ngga jadi mobil utama...
Maunya sih yg ngga tukang jajan, FC di atas 1:6 dalkot, ngga gampang overheat, & spareparts gampang didapet...
Buat tahun, model, or ukuran bebas aja...
Syukur2 dapet yg cakep modelnya & cukup nyaman... :mky_01:

Pilihan yg terlintas di otak sih :
-Corona Twincam '90
-Nissan sentra genesis '91
-Nissan sentra SGX '89
-Ford laser kotak (yg biasa dipake taxi)

Gimana ya mobil2 di atas? Ato ada saran lain kah? :mky_01:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by artoodetoo »

Twin Cam 90 bisa dapat 35 jt? :big_think:
Setahu saya hampir menyentuh 40 lho. Etapi gak tau ding kalo kondisi sekarang.
Kalau memang dapat, Twin Cam saja.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by amfibi »

artoodetoo wrote:Twin Cam 90 bisa dapat 35 jt? :big_think:
Setahu saya hampir menyentuh 40 lho. Etapi gak tau ding kalo kondisi sekarang.
Kalau memang dapat, Twin Cam saja.
Dapet om... :mky_01:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by artoodetoo »

Ups sori, kebacanya Corolla. Kalo Corona mah pasti dapat.
Wah, kalau dapat ya menang jauh lah dibanding kompetitor yg ente tulis di atas.
Vote Corona Twin Cam :big_exellent:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by arton »

vote corona..tapi biasanya sudah minta ganti : kopling set,,kaki2..
doortrim sudah pada disco..

engine umumnya masih tokcer..

yang nissan dan ford umumnya enginenya sudah pada "kena"..harus hunting dengan super teliti..
Ceban Me if I'm Wrong..
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by amfibi »

artoodetoo wrote:Ups sori, kebacanya Corolla. Kalo Corona mah pasti dapat.
Wah, kalau dapat ya menang jauh lah dibanding kompetitor yg ente tulis di atas.
Vote Corona Twin Cam :big_exellent:
Corona ya... Sip :mky_01:
arton wrote:vote corona..tapi biasanya sudah minta ganti : kopling set,,kaki2..
doortrim sudah pada disco..

engine umumnya masih tokcer..

yang nissan dan ford umumnya enginenya sudah pada "kena"..harus hunting dengan super teliti..
Kopling set, kaki2 toh... Tp kyknya ngga gitu mahal ya komponen2 si corona :mky_01:

Kalo doortrim dsb udh pada disco bs dimaklumi lah, mobil tahun segini... :mky_03:

Engine corona ini 3S-FE injeksi ya? Kalo gt persis RAV4 ane enjinnya... di rav itu g ada masalah sih dgn engine :mky_01:

Jd nissan ama ford nya g worth to buy om?
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by hariy »

Vote Corona Twincam '90. nissan & ford lebih susah sparepart(s) nya..opsi lain: daihatsu classy, suzuki amenity /esteem, honda civic LX. 4 opsi itu setau saya harganya di rentang segitu, om fib...
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by amfibi »

Hmmm corona ya om hariy...

Esteem classy ngga deh, rata2 kondisinya ex jatoh dari helikopter... :big_slap:

Civic LX... Kaki2nya agak lemah ya? :ungg:
User avatar
trilala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jun 25, 2014 11:13

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by trilala »

dengan kriteria mobil yang dicari seperti itu kalo ane vote corona twincam om
:mky_01:

kalo mau ambil corona twincam berarti ambilnya corona twincam yang 1600cc, kalau ga salah soalnya ada juga yang 2000cc
terus selain lebih irit bbm dibanding yg 2000cc, yang 1600cc ini juga mesinnya sama dengan corolla twincam yang karburator artinya sparepart lebih mudah didapat


:mky_01:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by amfibi »

trilala wrote:dengan kriteria mobil yang dicari seperti itu kalo ane vote corona twincam om
:mky_01:

kalo mau ambil corona twincam berarti ambilnya corona twincam yang 1600cc, kalau ga salah soalnya ada juga yang 2000cc
terus selain lebih irit bbm dibanding yg 2000cc, yang 1600cc ini juga mesinnya sama dengan corolla twincam yang karburator artinya sparepart lebih mudah didapat


:mky_01:
Kyknya minatan yg 2000cc om, mesinnya sama kyk RAV4 ane (3s-fe), jd udh lumayan tau lah selah2nya... :mky_01:

Overall plg bagus corona ya... :big_smile]
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by madcat015 »

Dok, pegimane dengan Mazda MX-6 GD series?

Cari yang trim LE atau LX, jangan trim entry level macam DX... 4wheel steering, ABS, electronically adjustable suspension (di tipe GT)...

Bayangkan Dok, 4-wheel steering, ente bisa cornering mengalahkan Freed di tikungan... Lupakan Cornering Bible itu kalau uda pakai MX-6 4WS... :big_smoking:





:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by imsus2c »

Been There Done That...

Image

Apalagi kalau bukan untuk harian, dan mau di modali untuk full restoration...

Spare parts unbelievably affordable :e-dance:
Baik yg ori (valeo) maupun KW
KW-nya pun rata2 masih made in Germany/France/Italy/Spain

Sangat tidak mengecewakan, keren (dibanding mobil seumuran), nyaman, stabil dan kencang... :e-whistle:
Apalagi kalau cuma dibandingkan dgn 4 pilihan di post #1 :e-whistle:

Saya juga ada odyssey ra, tapi kalau buat nyetir jauh dan mau ngebut, saya pribadi milih pakai ini meski 7thn lbh tuwir :upss:

Cuma sayangnya, banyak 405STi yg sudah sering pindah tangan, dan seringnya kepegang sama <*maaf> orang yg belum siap merawat mobil, hanya tergiur harganya yg murmer, akhirnya jadi busuk :e-doh:
Jadi mesti sabar cari atau beli apa adanya tapi mau modali buat restorasi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by amfibi »

imsus2c wrote:Been There Done That...

Image

Apalagi kalau bukan untuk harian, dan mau di modali untuk full restoration...

Spare parts unbelievably affordable :e-dance:
Baik yg ori (valeo) maupun KW
KW-nya pun rata2 masih made in Germany/France/Italy/Spain

Sangat tidak mengecewakan, keren (dibanding mobil seumuran), nyaman, stabil dan kencang... :e-whistle:
Apalagi kalau cuma dibandingkan dgn 4 pilihan di post #1 :e-whistle:

Saya juga ada odyssey ra, tapi kalau buat nyetir jauh dan mau ngebut, saya pribadi milih pakai ini meski 7thn lbh tuwir :upss:

Cuma sayangnya, banyak 405STi yg sudah sering pindah tangan, dan seringnya kepegang sama <*maaf> orang yg belum siap merawat mobil, hanya tergiur harganya yg murmer, akhirnya jadi busuk :e-doh:
Jadi mesti sabar cari atau beli apa adanya tapi mau modali buat restorasi
Nah, ini dia nih, tadinya kepincut berat, tp mikir2 takut rewel gt... :upss:

Kalo mau angkut baiknya yg STi ya om? Trus ciri2 unit yg baik kyk gimana om? :mky_01:

Kyknya menarik buat dimasukin pilihan... :mrgreen:
madcat015 wrote:Dok, pegimane dengan Mazda MX-6 GD series?

Cari yang trim LE atau LX, jangan trim entry level macam DX... 4wheel steering, ABS, electronically adjustable suspension (di tipe GT)...

Bayangkan Dok, 4-wheel steering, ente bisa cornering mengalahkan Freed di tikungan... Lupakan Cornering Bible itu kalau uda pakai MX-6 4WS... :big_smoking:





:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Errrr, nunggu udh punya pohon duit dulu, trus restorasi MX6 sampe jadi raja tikungan :ngacir:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by hariy »

amfibi wrote:Hmmm corona ya om hariy...

Esteem classy ngga deh, rata2 kondisinya ex jatoh dari helikopter... :big_slap:

Civic LX... Kaki2nya agak lemah ya? :ungg:
Yaa...kalo ketemu yg kondisinya mint, oribinal..eh original mendekati 90%, boleh lah jadi konsideran...Tapi setau saya, kondisi istimewah juga punya harga, alias kadang ngga masuk akal...
Corona pilih yg 2.0 saja, lebih ideal buat badan bongsornya, kalo corolla lebih pantes pake 1.6 karena badannya lebih kecil dari corona...
Esteem yg bokongnya tepos alias amenity punya adik sepupu saya , body masih kaleng & cat hampir 100% ori..dalamannya terawat.. kapan2 kalo sempat saya poto & masukkan ke trit sebelah..
Sedan2 yg hampir semuanya FWD kalo sudah berumur, memang rentan di kaki2...adik sepupu saya lainnya yg piara Civic LX sayangnya sudah dimodif, jadi ngga nyaman lagi. dapetnya murah, 34jt..
Image
Image
Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by edward »

Dikisaran harga segitu keluarga Mazda kayaknya menggiurkan juga.Nama2 yg sudah teruji kehandalan dan ketangguhan pada masanya,macam Mazda Astina,Familia,Interplay....

Gimana Nissan Cefiro 90?kayaknya tangguh juga dan saya yakin dpt dibawah 40..
Asli tahun 90an dulu saya 'hampir' mau ambil Cefiro punya teman dg harga damai waktu itu...

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by imsus2c »

amfibi wrote:
imsus2c wrote:Been There Done That...

Image

Apalagi kalau bukan untuk harian, dan mau di modali untuk full restoration...

Spare parts unbelievably affordable :e-dance:
Baik yg ori (valeo) maupun KW
KW-nya pun rata2 masih made in Germany/France/Italy/Spain

Sangat tidak mengecewakan, keren (dibanding mobil seumuran), nyaman, stabil dan kencang... :e-whistle:
Apalagi kalau cuma dibandingkan dgn 4 pilihan di post #1 :e-whistle:

Saya juga ada odyssey ra, tapi kalau buat nyetir jauh dan mau ngebut, saya pribadi milih pakai ini meski 7thn lbh tuwir :upss:

Cuma sayangnya, banyak 405STi yg sudah sering pindah tangan, dan seringnya kepegang sama <*maaf> orang yg belum siap merawat mobil, hanya tergiur harganya yg murmer, akhirnya jadi busuk :e-doh:
Jadi mesti sabar cari atau beli apa adanya tapi mau modali buat restorasi
Nah, ini dia nih, tadinya kepincut berat, tp mikir2 takut rewel gt... :upss:

Kalo mau angkut baiknya yg STi ya om? Trus ciri2 unit yg baik kyk gimana om? :mky_01:

Kyknya menarik buat dimasukin pilihan... :mrgreen:
Betul kalau mau 405, ambil yg 405 STi (mesin XU-10)

Ngecek motuba gampang2 susah, apalagi kalau umurnya sudah mendekati 20thn. Susah ketauan kalau cuma test drive sebentar.
Kecuali dapatnya bekas fanatik atau hobbyist, pasti tinggal pakai tinggal harganya yg tinggi.
Tapi metode begini saya malah ngga suka, ngga ada tantangannya... :mrgreen:
Saya biasanya ambil yg setengah bahan, menikmati setiap proses restorasi-nya..., maklum buat hiburan dan hobby

Sebenarnya standard saja sih...
Di awal keluar, 405 STi memang terhitung "canggih+rumit", dimana mobil seumuran umumnya masih pakai karburator.
Tapi sekarang, setelah 20thn berlalu, jadi terlihat gampang dan sederhana :D

Tapi buat panduan, silakan buka engine bay-nya
Lihat kondisi aki, kabel, relay2, lelehan oli dan kebersihannya.
Kalau aki sudah ngga standard (aslinya pakai tipe DIN 555-59 55AH), banyak kabel yg dijumper, dan di terminal (+) aki banyak kabel2 yang disatukan ngga jelas, mending dihindari.
Lebih mudah dan murah restorasi mesin daripada elektronik.

Saat mesin nyala, test idle-nya.
Knalpot juga jg jgn berasap.
Temperatur normal, berkisar 80-95 centigrade, dan ini relatif tinggi dibanding mobil jepangan seumur, ditambah rasio kompresi yg juga lebih tinggi. Dikiranya berbahaya (terlalu panas), padahal memang normalnya segitu. Karena phobia, akhirnya sering saya lihat thermostat di copot.
Radiator fan-nya ada 2, pastikan low & speed nya masih berfungsi.
Mesin XU-10 masih 8V, dan memang suaranya khas garing gemeretak, ini normal
Mesin ini juga sudah pakai throttle plastik yg posisinya di depan (exhaust/header knalpot di belakang), sesuatu yang umumnya baru diterapkan pabrikan Jepangan belakangan ini.

Cek juga air radiator, kalau warnanya merah (karat) dan lengket, hindari. Cek dipstik, oli jgn ada gejala kecampur air (berbuih atau kecoklatan)
2 hal ini sih sebenarnya gampang, tinggal turun cylinder head dan ganti top set.
Penyebabnya biasanya umur dan pemakaian air radiator yg ngga bagus jadi bikin cylinder head berkarat/keropos.
Kalau mesin XU-10, ini bisa ditolong, tinggal di tambal dan di bubut (skur) karena bahannya masih besi tuang (cast iron block)
Kalau mesin XU-9 (405 SR/SRi) atau XU-7, alamat mesti ganti mesin karena bahannya aluminum.

Peugeot (405) seharusnya nyaman dan stabil. Meski bodynya bongsor, masih enak buat nyalip dan nyodok :mrgreen: Jadi cek bantingannya apakah masih sesuai kriteria tadi.
Meski belum ABS, kalau di rem mendadak, 405 jarang yg gugup body nya (susah menjelaskan pakai kata-kata)

Berikutnya, cek interior. Apakah masih utuh dan orisinil.
Kalau sdh banyak yg diganti (misalnya setir, shift knob, cat interior), saya hindari.
Pastikan masih berfungsi juga.
Oya, material dashboard-nya empuk

Saya pernah test drive sama mekanik (untuk analisa saat mau di overhaul), dgn kondisi busi mati/bocor 1, cylinder head bocor dan knalpot berasap (gejala oli kecampur air), matic belum pernah dikuras (entah kapan dikuras terakhir kali sama pemilik sebelumnya) pemilik sebelumnya bapak2 hampir pensiun, bukan penghobby otomotif dan lupa kapan terakhir mobil diservis masuk bengkel, dgn kondisi seperti itu, masih bisa masuk 160-170kpj di ruas tol Semarang-Ungaran dan Porong-Waru (Surabaya)
Tapi habis itu speedo langsung putus :mrgreen:

Monggo silaken ditambahi sama penggemar pug lainnya :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by marmut »

405 STI boleh jadi pertimbangan lagi. mesin galak, suspensi udah nyaman dan nggak perlu pusing harus mikir modifikasi. dan kalaupun jadi ambil 405, langsung siapin dana untuk ganti wiring set 1/2 body.
ini salah satu kekurangan mobil perancis (pengalaman piara renault 18TL dan peugeot 505GR), terlalu banyak soket sambungan kabel.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by amfibi »

hariy wrote:
amfibi wrote:Hmmm corona ya om hariy...

Esteem classy ngga deh, rata2 kondisinya ex jatoh dari helikopter... :big_slap:

Civic LX... Kaki2nya agak lemah ya? :ungg:
Yaa...kalo ketemu yg kondisinya mint, oribinal..eh original mendekati 90%, boleh lah jadi konsideran...Tapi setau saya, kondisi istimewah juga punya harga, alias kadang ngga masuk akal...
Corona pilih yg 2.0 saja, lebih ideal buat badan bongsornya, kalo corolla lebih pantes pake 1.6 karena badannya lebih kecil dari corona...
Esteem yg bokongnya tepos alias amenity punya adik sepupu saya , body masih kaleng & cat hampir 100% ori..dalamannya terawat.. kapan2 kalo sempat saya poto & masukkan ke trit sebelah..
Sedan2 yg hampir semuanya FWD kalo sudah berumur, memang rentan di kaki2...adik sepupu saya lainnya yg piara Civic LX sayangnya sudah dimodif, jadi ngga nyaman lagi. dapetnya murah, 34jt..
Image
Image
Image
Duh, miris bener liat Civicnya dibegituin... :ungg:

Sip om, thx sharingnya :mky_01:
edward wrote:Dikisaran harga segitu keluarga Mazda kayaknya menggiurkan juga.Nama2 yg sudah teruji kehandalan dan ketangguhan pada masanya,macam Mazda Astina,Familia,Interplay....

Gimana Nissan Cefiro 90?kayaknya tangguh juga dan saya yakin dpt dibawah 40..
Asli tahun 90an dulu saya 'hampir' mau ambil Cefiro punya teman dg harga damai waktu itu...
Astina udh jarang bgt yang bagus om, sedang familia & interplay masih lumayan lah... :D

Cefiro? kebanyakan udah kacau kondisinya, bekas dipake balap/perawatan ga bener... Ujung2nya jd bahan jagalan buat drift :ungg:
imsus2c wrote:
amfibi wrote:
Nah, ini dia nih, tadinya kepincut berat, tp mikir2 takut rewel gt... :upss:

Kalo mau angkut baiknya yg STi ya om? Trus ciri2 unit yg baik kyk gimana om? :mky_01:

Kyknya menarik buat dimasukin pilihan... :mrgreen:
Betul kalau mau 405, ambil yg 405 STi (mesin XU-10)

Ngecek motuba gampang2 susah, apalagi kalau umurnya sudah mendekati 20thn. Susah ketauan kalau cuma test drive sebentar.
Kecuali dapatnya bekas fanatik atau hobbyist, pasti tinggal pakai tinggal harganya yg tinggi.
Tapi metode begini saya malah ngga suka, ngga ada tantangannya... :mrgreen:
Saya biasanya ambil yg setengah bahan, menikmati setiap proses restorasi-nya..., maklum buat hiburan dan hobby

Sebenarnya standard saja sih...
Di awal keluar, 405 STi memang terhitung "canggih+rumit", dimana mobil seumuran umumnya masih pakai karburator.
Tapi sekarang, setelah 20thn berlalu, jadi terlihat gampang dan sederhana :D

Tapi buat panduan, silakan buka engine bay-nya
Lihat kondisi aki, kabel, relay2, lelehan oli dan kebersihannya.
Kalau aki sudah ngga standard (aslinya pakai tipe DIN 555-59 55AH), banyak kabel yg dijumper, dan di terminal (+) aki banyak kabel2 yang disatukan ngga jelas, mending dihindari.
Lebih mudah dan murah restorasi mesin daripada elektronik.

Saat mesin nyala, test idle-nya.
Knalpot juga jg jgn berasap.
Temperatur normal, berkisar 80-95 centigrade, dan ini relatif tinggi dibanding mobil jepangan seumur, ditambah rasio kompresi yg juga lebih tinggi. Dikiranya berbahaya (terlalu panas), padahal memang normalnya segitu. Karena phobia, akhirnya sering saya lihat thermostat di copot.
Radiator fan-nya ada 2, pastikan low & speed nya masih berfungsi.
Mesin XU-10 masih 8V, dan memang suaranya khas garing gemeretak, ini normal
Mesin ini juga sudah pakai throttle plastik yg posisinya di depan (exhaust/header knalpot di belakang), sesuatu yang umumnya baru diterapkan pabrikan Jepangan belakangan ini.

Cek juga air radiator, kalau warnanya merah (karat) dan lengket, hindari. Cek dipstik, oli jgn ada gejala kecampur air (berbuih atau kecoklatan)
2 hal ini sih sebenarnya gampang, tinggal turun cylinder head dan ganti top set.
Penyebabnya biasanya umur dan pemakaian air radiator yg ngga bagus jadi bikin cylinder head berkarat/keropos.
Kalau mesin XU-10, ini bisa ditolong, tinggal di tambal dan di bubut (skur) karena bahannya masih besi tuang (cast iron block)
Kalau mesin XU-9 (405 SR/SRi) atau XU-7, alamat mesti ganti mesin karena bahannya aluminum.

Peugeot (405) seharusnya nyaman dan stabil. Meski bodynya bongsor, masih enak buat nyalip dan nyodok :mrgreen: Jadi cek bantingannya apakah masih sesuai kriteria tadi.
Meski belum ABS, kalau di rem mendadak, 405 jarang yg gugup body nya (susah menjelaskan pakai kata-kata)

Berikutnya, cek interior. Apakah masih utuh dan orisinil.
Kalau sdh banyak yg diganti (misalnya setir, shift knob, cat interior), saya hindari.
Pastikan masih berfungsi juga.
Oya, material dashboard-nya empuk

Saya pernah test drive sama mekanik (untuk analisa saat mau di overhaul), dgn kondisi busi mati/bocor 1, cylinder head bocor dan knalpot berasap (gejala oli kecampur air), matic belum pernah dikuras (entah kapan dikuras terakhir kali sama pemilik sebelumnya) pemilik sebelumnya bapak2 hampir pensiun, bukan penghobby otomotif dan lupa kapan terakhir mobil diservis masuk bengkel, dgn kondisi seperti itu, masih bisa masuk 160-170kpj di ruas tol Semarang-Ungaran dan Porong-Waru (Surabaya)
Tapi habis itu speedo langsung putus :mrgreen:

Monggo silaken ditambahi sama penggemar pug lainnya :D
Waduuh banyak bener sharingnya, thx berat om imsus :mky_01:
Ane pikir2 dulu 405 ini, menarik :mky_02:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by montirangin »

artoodetoo wrote:Ups sori, kebacanya Corolla. Kalo Corona mah pasti dapat.
Wah, kalau dapat ya menang jauh lah dibanding kompetitor yg ente tulis di atas.
Vote Corona Twin Cam :big_exellent:
mobil mahalan, pas tuanya bisa lebih murah dari adenya..miris jg ya om :mky_07:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by imsus2c »

marmut wrote:405 STI boleh jadi pertimbangan lagi. mesin galak, suspensi udah nyaman dan nggak perlu pusing harus mikir modifikasi. dan kalaupun jadi ambil 405, langsung siapin dana untuk ganti wiring set 1/2 body.
ini salah satu kekurangan mobil perancis (pengalaman piara renault 18TL dan peugeot 505GR), terlalu banyak soket sambungan kabel.
Aha...

Jadi ingat Volvo :mky_01:

Wishlist berikutnya buat otak-atik kalau sdh bosen sama Pug :big_comfort:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by imsus2c »

amfibi wrote: Waduuh banyak bener sharingnya, thx berat om imsus :mky_01:
Ane pikir2 dulu 405 ini, menarik :mky_02:
Jangan sampai pak Jeskoneng ngelihat dan nge-post disini..., ntar tambah dikompori lhorr... :ngacir:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by dream_theater »

Pug 405 STi memang oke om...ane pernah naik di belakang, kalo gak nengok speedo gak percaya udah jalan 160 kpj...masih stabil, handling masih mantap, gak berasa kencang, anteng... :frm_tumbleft:

Alternatif lain, mungkin bisa melirik Toyota Cressida...2000cc 6 silinder injeksi dijamin halus minim getaran...bodi kotak yg timeless...jok beludru merah, speedo digital & fitur lain yg lumayan komplit saat itu...harganya juga masuk.

Image
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by montirangin »

http://www.mobil123.com/dijual-mobil-be ... 50-id.html
1993 155jt toyota cressida..
yg thn 88 hanya 25jt.
knp bisa beda jauhbgt ya
User avatar
trilala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jun 25, 2014 11:13

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by trilala »

montirangin wrote:http://www.mobil123.com/dijual-mobil-be ... 50-id.html
1993 155jt toyota cressida..
yg thn 88 hanya 25jt.
knp bisa beda jauhbgt ya
itu orang ga niat kali jualan masa mobil gituan 155 juta
asal tulis harga kali itu
:mky_04:
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: Mobil sedan dengan budget max 30-35 juta?

Post by aerotourersora »

volvo 740 GLE/TI aja bro :mky_02:


25-40 jutaan buat tahun 89-91, rata2 masih mint condition...


Atau kalo beruntung bisa dapet 960/940 GL 93-94 yang mesinnya B230F 2.3 114hp N/A, punya ane FCnya bisa 1:8-1:9 (91-92 mesinnya 3.0 N/A dan turbo, 95-00 mesinnya 2.3 turbo) dan 91-92/95-00 jarang banget yang harganya dibawah 50 jeteng :mky_01:


:ngacir:
continuously-variable