madcat015 wrote:
Ane sama kayak bokap ane, om. Masih rada ga ngeh piara diesel lagi. Apalg karakter mesin petrol sudah mendekati mesin diesel... low rev torque dan rentang tenaga begitu lebar...

Kalau mesin bensin yg karakter Torsi RPM rendah kayak Diesel dengan CC 1400 - 2000 biasanya mesti beli yang standard-nya udah ada Turbo-nya......terutama yang GDI Turbo - mesin2 Petrol modern
Konsekuensi = BBM RON 95....recommended RON 98
Potensi utk naekkin Hp / Torsi scr signifikan ya bisa utk bbrp mobil (gak semua), tapi kit upgrade-nya muahal / muahal banget, karena upgrade mesin bensin harus hati2 sekali
Suka dengan mesin GDI - Turbo ? Ya, saya pribadi suka juga (favorit ane si 1.4 TSI).......tapi bagi saya pribadi mobil tsb bukan utk Daily driving car (terutama utk kondisi Indonesia)
Ibarat atlet angkat berat, tapi kalau sering diajak makan di warteg aja perut bisa sakit / bahkan mungkin bisa masuk UGD.....makannya harus tempat yg bersih banget.....trus kalo kalau disuru angkat berat2 terus2-an juga bisa berisiko sakit.......
Salah 1 contoh :
http://mobil.otomotifnet.com/read/2014/ ... rame-Jebol
Bukan salah mesinnya, ya gak cocok aja dengan std BBM di Indonesia.
Buat daily Driving yg paling enak adalah TurboDiesel CRD, terutama mesin2 yang Heavy Duty based / Mini Truck based" spt 1 dan 2 KD / Isuzu 4JJ / 4JK dan sebangsanya. Dimana sejak awalnya memang mesin2 tsb didisain utk "tahan siksa" / kerja kayak kuli secara terus menerus.
Upgrade Power sangat mudah & biaya start dari Low cost hingga medium cost aja (kecuali kalo dah extreme kayak si htannis)
Biar Power udah naek 2X lipat, tetep bisa "makan warteg" dan gak mudah sakit perut, jika sakit perut, cukup minum obat sedikit dan sembuh lagi
Diajak kerja berat terus2-an juga hayuk ajah, gak mudah jatuh sakit.
Jadi biarpun sama2 memberikan "Driving pleasure" yang baik, mesin Diesel CRD yg truck based lebih reliable / convenient / hemat di kantong, walau dgn Trade Off = getaran dan suara.........wkwkkwkwkwkwkw
*Sisi pandang pribadi ajah*
*Bukan seles Diesel*
*Udah pernah TD VW 1.4 TSI / BMW twin Power T / MB CGI / Audi TFSI engine / Pug EP 16 CDT engine / Proton 1.6 T*