Apa? Manual lebih hemat...Sh3rlock wrote:Wah, senangnya banyak yg curhat utk Kapal Induk.
Kalo ane memang utk nyari mobkas, liat umur dari faktur ama feel barunya, bau dan ambien. Kerasa kok antara mobil masih "baru" sesuai umur faktur ama mobil hasil rekondisi showroom.
Selain itu cek detail tempat yg tersembunyi (bagian bawah jok, dll yg kadang luput dari rekondisi showroom).
Odometer, mulusnya body dll bisa direkondisi soalnya.
Makanya begitu ada yg bulan akhir 2012, lsg ane cek. Begitu ok lsg ane nego.... Utk tau barang bagus, negonya dilamaaaain aza. Kalo barang bagus biasanya dia agak jual mahal.
Btw, beberapa hari ini, ane nyoba ganti metode nyetir jadi Manual/tiptronic, hasil FC nya kok jadi lebih hemat ya?
7-8 km/l (dengab jumlah ngendon nunggu mesin hidup yg sama).
Apakah full automatic lebih boros emang?
Mohon petunjuk Mod Ketty dan para owner Kapal Induk dimari:p.



*waktunya geser ke M besok...*



Begini om sherlock, ada perbedaan respon throttle dan lock up gear dalam dua mode tersebut:
D/Drive: slip TC lebih besar, throttle respon lebih lembut (baca: lemot), gear shift akan disesuaikan berbagai macam parameter, dan intinya, transmisi akan memprioritaskan rpm rendah. Begitu butuh tambahan tenaga, biasanya jadi boyo, meski 1-2 detik setelahnya, gear lock up dan mobil melesat ke depan. Begitu lepas gas, rpm langsung terkulai lemah di 1000an.
M/Manual: Layaknya nyetir mobil MT... gear langsung lock up dalam kondisi apapun, slip kopling minimal, dan throttle respon lebih instan layaknya mobil no ETC-Electronic Throttle Control... lepas gas, rpm turun layaknya mobil manual yang engine brake dan transmisi akan menjaga enjin tidak stall dengan downshift sesuai parameter.
Demikian pengamatan ane setelah 14ribu km menahkodai kapal induk...

*besok harus pakai mode M saat melaut cari nafkah...*
