Galau F30: 328i VS 320d
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Galau F30: 328i VS 320d
Halo SM.
First post here neh.., hehe..
Salam kenal semuanya.
Ane mau ambil gerobak buat 4-5 taun kedepan.
Berani ambil brand Eropa karena ada Inclusive Service + Warranty.
Setelah 5 taun saatnya resale, F30 kan rencananya ganti model di 2019, jadi pas lha..
Karena C-Class di Indo bentar lagi major change, dan major change-nya keliatan kayak S-Class Opa yang dibonsai...
Sempet pertimbangkan CLA juga, modelnya cakep compact grand coupe nan gagah, sayang interiornya bukan selera ane, walau jok depannya keren beneran.
Ane doyan mobil yang banyak tombolnya, banyak gadgetnya, banyak perintilan fiturnya.
-ketauan kampung nan udiknya-
Jadi pilihan jatuh ke F30 ini dengan layar 8,8 inch Connected iDrive-nya.
Sebenernya Merc lebih robotic buat urusan parkir (dan Biem miskin fitur disini).
A-Class aja dah bisa parkir sendiri, camera parkir fitur standar.
Di Biem buat parkir cuma dibekali sensor parkir belakang doank, even buat 335i.
Padahal tau sendiri bonnet F30 ini panjangnya setara Daihatsu Agya (or Ayla, selalu ketuker2 nama mobil ini).
Main ke showroom inceran ane 320d atau 328i.
Warna putih.
Trim Modern 320d kurang oke warna putihnya karena satined silver gak kontras dicampur putih.
Trim Sport 328i lebih matching poletan black gloss dipadukan warna putih.
Interior oke lha, ane gak complain sama kayu mentahnya 320d, sama bagusnya sama alumunium 328i.
328i over 320d :
Bigger Power
Bigger and Better Looking Rims (this matter)
Adaptive Suspension (this matter)
Harman/Kardon (this matter)
Sunroof
Paddle Shift and Sport Gear Selector (this matter)
Comfort Access (this matter)
Sport Seat (this matter)
Dual Exhaust
Sport+ Mode (fitur ini 320d bisa di-coded)
320d over 328i :
Unique Engine, suara dieselnya lucu (dan lantang), dan lebih lucunya suara idle 328i ngelitik mirip diesel
Bigger Torque
Less Fuel Consumption (this matter)
Roller Sunblind
95 Million Cheaper
So, enaknya adopt yang mana yak?
Main safe di 328i dengan semua fiturnya.
Atau lucu-lucuan dengan 320d tapi kehilangan cukup banyak fitur.
First post here neh.., hehe..
Salam kenal semuanya.
Ane mau ambil gerobak buat 4-5 taun kedepan.
Berani ambil brand Eropa karena ada Inclusive Service + Warranty.
Setelah 5 taun saatnya resale, F30 kan rencananya ganti model di 2019, jadi pas lha..
Karena C-Class di Indo bentar lagi major change, dan major change-nya keliatan kayak S-Class Opa yang dibonsai...
Sempet pertimbangkan CLA juga, modelnya cakep compact grand coupe nan gagah, sayang interiornya bukan selera ane, walau jok depannya keren beneran.
Ane doyan mobil yang banyak tombolnya, banyak gadgetnya, banyak perintilan fiturnya.
-ketauan kampung nan udiknya-
Jadi pilihan jatuh ke F30 ini dengan layar 8,8 inch Connected iDrive-nya.
Sebenernya Merc lebih robotic buat urusan parkir (dan Biem miskin fitur disini).
A-Class aja dah bisa parkir sendiri, camera parkir fitur standar.
Di Biem buat parkir cuma dibekali sensor parkir belakang doank, even buat 335i.
Padahal tau sendiri bonnet F30 ini panjangnya setara Daihatsu Agya (or Ayla, selalu ketuker2 nama mobil ini).
Main ke showroom inceran ane 320d atau 328i.
Warna putih.
Trim Modern 320d kurang oke warna putihnya karena satined silver gak kontras dicampur putih.
Trim Sport 328i lebih matching poletan black gloss dipadukan warna putih.
Interior oke lha, ane gak complain sama kayu mentahnya 320d, sama bagusnya sama alumunium 328i.
328i over 320d :
Bigger Power
Bigger and Better Looking Rims (this matter)
Adaptive Suspension (this matter)
Harman/Kardon (this matter)
Sunroof
Paddle Shift and Sport Gear Selector (this matter)
Comfort Access (this matter)
Sport Seat (this matter)
Dual Exhaust
Sport+ Mode (fitur ini 320d bisa di-coded)
320d over 328i :
Unique Engine, suara dieselnya lucu (dan lantang), dan lebih lucunya suara idle 328i ngelitik mirip diesel
Bigger Torque
Less Fuel Consumption (this matter)
Roller Sunblind
95 Million Cheaper
So, enaknya adopt yang mana yak?
Main safe di 328i dengan semua fiturnya.
Atau lucu-lucuan dengan 320d tapi kehilangan cukup banyak fitur.
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Galau F30: 328i VS 320d
dengan mempertimbangkan cost kepemilikan yang hanya tinggal isi bbm saja.... ane vote for 320d...
untuk urusan practicality sebagai mobil daily use jelas lebih baik.... dan torque matters kalo buat mobil daily use... torsi 320d setara dengan 335i loh..
IMO selisih 95jeteng untuk gimmick itu sangat ga worth.... apalagi 328i doang... kalo 320d dan 335i dgn selisih 95jeteng ya ane pasti vote 335i....
dan ente bakal sering dikangenin sama petugas SPBU saking jarangnya mampir.... karena konon katanya diesel BMW ini terkenal sangat uirit.....
untuk urusan practicality sebagai mobil daily use jelas lebih baik.... dan torque matters kalo buat mobil daily use... torsi 320d setara dengan 335i loh..
IMO selisih 95jeteng untuk gimmick itu sangat ga worth.... apalagi 328i doang... kalo 320d dan 335i dgn selisih 95jeteng ya ane pasti vote 335i....
dan ente bakal sering dikangenin sama petugas SPBU saking jarangnya mampir.... karena konon katanya diesel BMW ini terkenal sangat uirit.....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Galau F30: 328i VS 320d
BMW diesel terkenal irit, temen gw pake 520d F10 aja heran indikator bensin keknya susah turun, torque juga besar dan cocok buat dalam kota, gak usah injek gas menengah-dalam dan tenaga udah muncul di putaran bawah..walaupun di 520d dan 320d itu kehilangan banyak gimmicks..which is matter (untuk ane) kalo melihat mobil yang udah diatas 600jt
kalo mentingin gimmicks dan gak khawatir untuk urusan bensin silahkan pilih 328i, ane juga akan milih 328i F30 dalam kasus ini dan F30 sekarang yang bensin juga udah gak boros kayak pendahulunya walaupun gak bisa seirit Diesel. Memang untuk long term run si 320d pengeluarannya akan lebih kecil dari 328i (bahkan initial cost juga lebih murah diesel) dengan catatan selama 4-5 tahun mobil trouble free
jadi silahkan pilih, gimmicks atau mekanikal..
"Horsepower sells car, Torque win races"
kalo mentingin gimmicks dan gak khawatir untuk urusan bensin silahkan pilih 328i, ane juga akan milih 328i F30 dalam kasus ini dan F30 sekarang yang bensin juga udah gak boros kayak pendahulunya walaupun gak bisa seirit Diesel. Memang untuk long term run si 320d pengeluarannya akan lebih kecil dari 328i (bahkan initial cost juga lebih murah diesel) dengan catatan selama 4-5 tahun mobil trouble free
jadi silahkan pilih, gimmicks atau mekanikal..
"Horsepower sells car, Torque win races"
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Galau F30: 328i VS 320d
diesel lah, kecuali 335i
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Pilihan sulit...
328i pada dasarnya adalah poshed up 320i... dengan ekstra gimmick dan enjin dengan manajemen lebih baik.
320d cukup menarik dengan torsi brutal nya... dan saat menyetir, semua gimmick kurang terasa. Ane saat TD F30 320i ga melototin apa ada paddle shift, apa ada sunroof, atau ada lambang Harman Karton di mobil...
Hanya melintir saja, melihat karakter mobil, how she handles tricky situations. Speaker Hi-Fi cukup bagus, meski HK tentunya lebih baik, sunroof tidak dibutuhkan, dan dalam 99% saat menyetir, ane jarang menyentuh paddle shift.
Ane vote 320d jika solar berkualitas baik mudah ditemukan di kota om andrijet.
Torque creates awesome graffiti on the road...
O iya, kekurangan F30: rem gampang kelelahan. Hanya dalam 5km uda mloyoh alias ga pakem lagi...
328i pada dasarnya adalah poshed up 320i... dengan ekstra gimmick dan enjin dengan manajemen lebih baik.
320d cukup menarik dengan torsi brutal nya... dan saat menyetir, semua gimmick kurang terasa. Ane saat TD F30 320i ga melototin apa ada paddle shift, apa ada sunroof, atau ada lambang Harman Karton di mobil...
Hanya melintir saja, melihat karakter mobil, how she handles tricky situations. Speaker Hi-Fi cukup bagus, meski HK tentunya lebih baik, sunroof tidak dibutuhkan, dan dalam 99% saat menyetir, ane jarang menyentuh paddle shift.
Ane vote 320d jika solar berkualitas baik mudah ditemukan di kota om andrijet.
Torque creates awesome graffiti on the road...
O iya, kekurangan F30: rem gampang kelelahan. Hanya dalam 5km uda mloyoh alias ga pakem lagi...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Wed Dec 19, 2012 5:11
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Kalau baca review2 katanya F30 jadi cupu ya kalau nggak pake adaptive suspension?
Kalau menurut ane si beli mobil eropa naggung kalo nggak banyak mainannya... dan seandainya bisa beli mobil eropa, harusnya juga udah ngga mikir lagi harga pertamax / dex... so vote buat 328i...
on paper torsinya 328i kalau ngga salah cuma beda 30Nm kan sama 320d, plus arriving at 1250 rpm vs di 1750 rpm di diesel. Mesinnya lebih ringan juga. Harusnya si lebih fun to drive 328i
Kalau menurut ane si beli mobil eropa naggung kalo nggak banyak mainannya... dan seandainya bisa beli mobil eropa, harusnya juga udah ngga mikir lagi harga pertamax / dex... so vote buat 328i...
on paper torsinya 328i kalau ngga salah cuma beda 30Nm kan sama 320d, plus arriving at 1250 rpm vs di 1750 rpm di diesel. Mesinnya lebih ringan juga. Harusnya si lebih fun to drive 328i
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Sy adalah salah satu yg pernah mencoba 320d..
This is proper compact sedan you must try to drive, perbedaan torsi 30Nm sangat berpengaruh dalam akselerasi..
What i like from 320d
- superb diesel engine, termasuk besar di kelasnya dengan twin turbo very fun to drive
- very economical, sangat irit untuk ukuran mobil compact sedan
- suara mesin terbaik di kelas diesel, keheningan di dalam mobil terjaga
Kalau ambil 320d dijamin tidak nyesel..
This is proper compact sedan you must try to drive, perbedaan torsi 30Nm sangat berpengaruh dalam akselerasi..
What i like from 320d
- superb diesel engine, termasuk besar di kelasnya dengan twin turbo very fun to drive
- very economical, sangat irit untuk ukuran mobil compact sedan
- suara mesin terbaik di kelas diesel, keheningan di dalam mobil terjaga
Kalau ambil 320d dijamin tidak nyesel..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Galau F30: 328i VS 320d
pernah denger suara idle 520d di kampus... alus bener.... tapi tetep kedengeran kalo diesel... tetep bisa di-notice ini 520d bukan 520iNYoman wrote:Sy adalah salah satu yg pernah mencoba 320d..
This is proper compact sedan you must try to drive, perbedaan torsi 30Nm sangat berpengaruh dalam akselerasi..
What i like from 320d
- superb diesel engine, termasuk besar di kelasnya dengan twin turbo very fun to drive
- very economical, sangat irit untuk ukuran mobil compact sedan
- suara mesin terbaik di kelas diesel, keheningan di dalam mobil terjaga
Kalau ambil 320d dijamin tidak nyesel..
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Wed Dec 04, 2013 9:10
Re: Galau F30: 328i VS 320d
menurut sy sih tergantung penggunaan, kalo buat harian dan macet2an di dalem kota jelas lebih enak 320d krn torsinya lebih besar dan bensin yg lebih irit toh fitur2 kaya sunroof/adaptive suspension bakalan ngga kepake juga. kalo hanya dipakai weekend atau second car ya mending ambil 328i.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Galau F30: 328i VS 320d
coba ikut nimbrung...
dengan perbandingan torsi 350 Nm (258 lb.ft) @ 1,250-4,800 rpm vs 380 Nm (280 lb.ft) @ 1,750-2,750 rpm.
dengan perbandingan power 245 PS (242 bhp) (180 kW) @ 5,000-6,000 rpm vs 184 PS (181 bhp) (135 kW) @ 4,000 rpm
dengan perbandingan bobot 1,505 kg vs 1,495 kg
ane belum ketemu data gear ratio. harusnya di puncak torsi "tendangan jin" nya masih nampol 320d. tapi kalo gear ratio 328i lebih kasar sedikiiiit aja, "tendangan jin" akan berasa di 328i. biasanya gear ratio bensin dan diesel lebih kasar bensin.
satu lagi, 328i akan menikmati puncak torsi di 1,250 rpm selama 3,550 rpm... sedangkan 320d akan menyentuh puncak torsi di 1750 rpm yang cuman bertahan 1,000 rpm...
200 RPM setelah puncak torsi, 328i akan menyentuh puncak power flat selama 1,000 rpm sedangkan 320d butuh 1,250 rpm untuk mencapai puncak power...
dengan data seperti ini.. ane sih pilih....
dengan perbandingan torsi 350 Nm (258 lb.ft) @ 1,250-4,800 rpm vs 380 Nm (280 lb.ft) @ 1,750-2,750 rpm.
dengan perbandingan power 245 PS (242 bhp) (180 kW) @ 5,000-6,000 rpm vs 184 PS (181 bhp) (135 kW) @ 4,000 rpm
dengan perbandingan bobot 1,505 kg vs 1,495 kg
ane belum ketemu data gear ratio. harusnya di puncak torsi "tendangan jin" nya masih nampol 320d. tapi kalo gear ratio 328i lebih kasar sedikiiiit aja, "tendangan jin" akan berasa di 328i. biasanya gear ratio bensin dan diesel lebih kasar bensin.
satu lagi, 328i akan menikmati puncak torsi di 1,250 rpm selama 3,550 rpm... sedangkan 320d akan menyentuh puncak torsi di 1750 rpm yang cuman bertahan 1,000 rpm...
200 RPM setelah puncak torsi, 328i akan menyentuh puncak power flat selama 1,000 rpm sedangkan 320d butuh 1,250 rpm untuk mencapai puncak power...
dengan data seperti ini.. ane sih pilih....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Sebelumnya terimakasih buat respon ngebut dari member SM dan momod-momodnya..
Kalo ngomongin performance, di atas kertas brosur 328i unggul di sprint 0-100kpj (1,3 detik) dan top speed (20kpj).
320d unggul di fuel consumption (6,8km/liter) dan emisi gas buang (30gram/km).
Dengan pertimbangan versatility akhirnya ane pick 328i Sport.
Resiko yang didapat tentu saja kehilangan uniqueness dan experience dari one of the best diesel engine today.
Serta selisih Rupiah buat pengeluaran BBM dari Pertamax Plus VS PertaminaDEX.
Diasumsikan mobil dipakai hingga 100ribu kilometer, 320d bisa jalan 8km lebih panjang per liter, dan harga BBM dihitung 12ribu, selisihnya 40juta rupiah.
Versatility yang ane sebut tadi menyangkut Adaptive Suspension,Sport Seat, berikut paddle shift-nya.
Kalo mau main suspensi bisa dibuat keras, jok bisa dipersempit, dan ngoper bs pk paddle shift.
Full of fun...
Sekalinya santai bawa keluarga, suspensi bisa distel empuk dan jok bisa diperlebar.
Woles...
Gimmick lain yang ane consider adalah velgnya.
Velg 18inch 328i udah keren, jadi saving cost gak perlu ganti velg sm ban RFTnya.
Comfort Access juga dipake tiap hari, fitur ini dah ada di mobil <200 juta lho.., hehe..
Sunroof, Harman/Kardon, dan printilan lainnya oke lha sekedar fitur nice to have.
NB : Insya Allah kl unitnya dah di garasi ane review disini.
Atau barangkali ada member/momod SM yang mau ngajarin ane TD boleh juga.
Hehehe...
Kalo ngomongin performance, di atas kertas brosur 328i unggul di sprint 0-100kpj (1,3 detik) dan top speed (20kpj).
320d unggul di fuel consumption (6,8km/liter) dan emisi gas buang (30gram/km).
Dengan pertimbangan versatility akhirnya ane pick 328i Sport.
Resiko yang didapat tentu saja kehilangan uniqueness dan experience dari one of the best diesel engine today.
Serta selisih Rupiah buat pengeluaran BBM dari Pertamax Plus VS PertaminaDEX.
Diasumsikan mobil dipakai hingga 100ribu kilometer, 320d bisa jalan 8km lebih panjang per liter, dan harga BBM dihitung 12ribu, selisihnya 40juta rupiah.
Versatility yang ane sebut tadi menyangkut Adaptive Suspension,Sport Seat, berikut paddle shift-nya.
Kalo mau main suspensi bisa dibuat keras, jok bisa dipersempit, dan ngoper bs pk paddle shift.
Full of fun...
Sekalinya santai bawa keluarga, suspensi bisa distel empuk dan jok bisa diperlebar.
Woles...
Gimmick lain yang ane consider adalah velgnya.
Velg 18inch 328i udah keren, jadi saving cost gak perlu ganti velg sm ban RFTnya.
Comfort Access juga dipake tiap hari, fitur ini dah ada di mobil <200 juta lho.., hehe..
Sunroof, Harman/Kardon, dan printilan lainnya oke lha sekedar fitur nice to have.
NB : Insya Allah kl unitnya dah di garasi ane review disini.
Atau barangkali ada member/momod SM yang mau ngajarin ane TD boleh juga.
Hehehe...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Mon Jul 15, 2013 7:03
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Galau kelas kakap.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Yah udah ambil keputusan yah om TS
ane yakin koq sebelum bales om TS udah ambil keputusan dari post pertamanya:D
ts dah ngelakuin pr dulu detailll
ane sudah pasti pilih 328
pilihan yang tepat om, untuk daily drive bukan hanya mikirin konsumsi bensin koq, bagi yg ngerti/bisa menikmati fitur2nya bukan hanya gimmick
ane yakin koq sebelum bales om TS udah ambil keputusan dari post pertamanya:D
ts dah ngelakuin pr dulu detailll
Bingung 2 itu pasti untuk daily driveandrijet wrote: Ane mau ambil gerobak buat 4-5 taun kedepan...
Ane doyan mobil yang banyak tombolnya, banyak gadgetnya, banyak perintilan fiturnya.
328i over 320d :
Bigger and Better Looking Rims (this matter)
Adaptive Suspension (this matter)
Harman/Kardon (this matter)
Paddle Shift and Sport Gear Selector (this matter)
Comfort Access (this matter)
Sport Seat (this matter)
320d over 328i :
Less Fuel Consumption (this matter)
So, enaknya adopt yang mana yak?
Main safe di 328i dengan semua fiturnya.
Atau lucu-lucuan dengan 320d tapi kehilangan cukup banyak fitur.
ane sudah pasti pilih 328
pilihan yang tepat om, untuk daily drive bukan hanya mikirin konsumsi bensin koq, bagi yg ngerti/bisa menikmati fitur2nya bukan hanya gimmick
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Galau F30: 328i VS 320d
kalo yg 320 d suspensinya ga bisa di rubah ya um?andrijet wrote: Versatility yang ane sebut tadi menyangkut Adaptive Suspension,Sport Seat, berikut paddle shift-nya.
Kalo mau main suspensi bisa dibuat keras, jok bisa dipersempit, dan ngoper bs pk paddle shift.
Full of fun...
Sekalinya santai bawa keluarga, suspensi bisa distel empuk dan jok bisa diperlebar.
Woles...
kira2 standartnya 320d setara dengan 3281 settingan apa? comfort?
makasih um..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Galau F30: 328i VS 320d
peace wrote:Yah udah ambil keputusan yah om TS
ane yakin koq sebelum bales om TS udah ambil keputusan dari post pertamanya:D
ts dah ngelakuin pr dulu detailll
Bingung 2 itu pasti untuk daily drive
ane sudah pasti pilih 328
pilihan yang tepat om, untuk daily drive bukan hanya mikirin konsumsi bensin koq, bagi yg ngerti/bisa menikmati fitur2nya bukan hanya gimmick
Andai bisa engine swap, hehehe...
Ini lg mikir mau pelihara jerapah, biar sunroofnya bermanfaat sekalinya ngajak peliharaan jalan2.
Iyak.evolution21 wrote: kalo yg 320 d suspensinya ga bisa di rubah ya um?
kira2 standartnya 320d setara dengan 3281 settingan apa? comfort?
makasih um..
320i, 320d, bahkan 328i Luxury suspensinya fixed.
Udah mulai apal spek dan berasa sales BMW..
Not sure, tp kayaknya sedikit lbh soft dari settingan comfort di 328i Sport.
Adaptive Suspension ini yang bisa berubah2 settingan dampernya.
Ketinggiannya fix dan dipangkas 1cm lebih ceper dari 320d.
Bukan air-sus lho yaaak..
Detailnya mungkin bs dijelaskan James May wannabe di SM ini.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Wed Dec 19, 2012 5:11
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Wah baru tahu kalau 328i Sport dapet adaptive suspension + sports seat tapi kalau 328i luxury nggak dapet... nggak worthed dong ya Luxury
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Galau F30: 328i VS 320d
congrats om atas mobil nya... ditunggu review nyaandrijet wrote:Sebelumnya terimakasih buat respon ngebut dari member SM dan momod-momodnya..
Kalo ngomongin performance, di atas kertas brosur 328i unggul di sprint 0-100kpj (1,3 detik) dan top speed (20kpj).
320d unggul di fuel consumption (6,8km/liter) dan emisi gas buang (30gram/km).
Dengan pertimbangan versatility akhirnya ane pick 328i Sport.
Resiko yang didapat tentu saja kehilangan uniqueness dan experience dari one of the best diesel engine today.
Serta selisih Rupiah buat pengeluaran BBM dari Pertamax Plus VS PertaminaDEX.
Diasumsikan mobil dipakai hingga 100ribu kilometer, 320d bisa jalan 8km lebih panjang per liter, dan harga BBM dihitung 12ribu, selisihnya 40juta rupiah.
Versatility yang ane sebut tadi menyangkut Adaptive Suspension,Sport Seat, berikut paddle shift-nya.
Kalo mau main suspensi bisa dibuat keras, jok bisa dipersempit, dan ngoper bs pk paddle shift.
Full of fun...
Sekalinya santai bawa keluarga, suspensi bisa distel empuk dan jok bisa diperlebar.
Woles...
Gimmick lain yang ane consider adalah velgnya.
Velg 18inch 328i udah keren, jadi saving cost gak perlu ganti velg sm ban RFTnya.
Comfort Access juga dipake tiap hari, fitur ini dah ada di mobil <200 juta lho.., hehe..
Sunroof, Harman/Kardon, dan printilan lainnya oke lha sekedar fitur nice to have.
NB : Insya Allah kl unitnya dah di garasi ane review disini.
Atau barangkali ada member/momod SM yang mau ngajarin ane TD boleh juga.
Hehehe...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Oh.. Jd kalo adu comfort yg 328i sport tetep kalah walaupun di set yg comfort ya...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Sat Jan 11, 2014 14:41
Re: Galau F30: 328i VS 320d
wow congrats om andrijet atas mobilnya.
btw kalo boleh dibisikin, dapet diskon brapa ya utk 328i nya? trus ambil di dealer mana?
soalnya ane lagi galau 320i vs 328i dengan perbandingan yg ngiler itu tenaga gede, velg gede, sunroof, paddleshift hahaha.
masih galau dari beberapa bulan yg lalu. padahal nyokap udah ngomel2 suruh urus ambil mobilnya daripada duitnya kepake buat yg gak bener.
btw kalo boleh dibisikin, dapet diskon brapa ya utk 328i nya? trus ambil di dealer mana?
soalnya ane lagi galau 320i vs 328i dengan perbandingan yg ngiler itu tenaga gede, velg gede, sunroof, paddleshift hahaha.
masih galau dari beberapa bulan yg lalu. padahal nyokap udah ngomel2 suruh urus ambil mobilnya daripada duitnya kepake buat yg gak bener.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Lho, masih belum bungkus ya om...musaku wrote:wow congrats om andrijet atas mobilnya.
btw kalo boleh dibisikin, dapet diskon brapa ya utk 328i nya? trus ambil di dealer mana?
soalnya ane lagi galau 320i vs 328i dengan perbandingan yg ngiler itu tenaga gede, velg gede, sunroof, paddleshift hahaha.
masih galau dari beberapa bulan yg lalu. padahal nyokap udah ngomel2 suruh urus ambil mobilnya daripada duitnya kepake buat yg gak bener.
Duid kepake buat yang ga bener...
*feeling ane ga enak...*
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Sat Jan 11, 2014 14:41
Re: Galau F30: 328i VS 320d
blm om. ane masih agak ragu utk ngeluarin semua isi tabungan soalnya hahaha.madcat015 wrote: Lho, masih belum bungkus ya om...
Duid kepake buat yang ga bener...
*feeling ane ga enak...*
udah beberapa kali bawa 320i sih, udah cocok. hasil pinjem sana sini mobilnya hahaha. tapi ya ngiler sama 328i ini. meskipun harus rogoh tabungan lebih dalem.
tapi ya gimana gitu... kalo bisa ngirit 150-200jt kan bisa buat modal usaha. mau buka bengkel + modifikasi motor soalnya
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Galau F30: 328i VS 320d
Nah, pemikiran yg benar om, imho.musaku wrote:blm om. ane masih agak ragu utk ngeluarin semua isi tabungan soalnya hahaha.madcat015 wrote: Lho, masih belum bungkus ya om...
Duid kepake buat yang ga bener...
*feeling ane ga enak...*
udah beberapa kali bawa 320i sih, udah cocok. hasil pinjem sana sini mobilnya hahaha. tapi ya ngiler sama 328i ini. meskipun harus rogoh tabungan lebih dalem.
tapi ya gimana gitu... kalo bisa ngirit 150-200jt kan bisa buat modal usaha. mau buka bengkel + modifikasi motor soalnya
F30 320i menurut ane sudah cukup dan sisa duid bisa buat usaha, dan kl mw ngosongin celengan ayam demi 328i sampe bulu2 nya di cabut, rasa nya agak terlalu dipaksakan...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Galau F30: 328i VS 320d
ntar 5 tahun lagi 328i sama 320i jg paling beda 5 juta yah dhar
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Sat Jan 11, 2014 14:41
Re: Galau F30: 328i VS 320d
iya om, tapi liat 328i pernah parkir depan rumah itu rasanya bikin deg deg serr gitumadcat015 wrote: Nah, pemikiran yg benar om, imho.
F30 320i menurut ane sudah cukup dan sisa duid bisa buat usaha, dan kl mw ngosongin celengan ayam demi 328i sampe bulu2 nya di cabut, rasa nya agak terlalu dipaksakan...
mungkin emg blm hoki aja kali, blm bisa ngeboyong 328i ke garasi rumah. paling tar 320i nya diganti velgnya biar agak gedean hahaha.
overall bawa 320i pun udah cukup puas meskipun tenaganya gak sebesar 328i.. tapi paddle + sunroof nya itu bikin semriwing
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31
Re: Galau F30: 328i VS 320d
kalo omongan orang enthusiast ga bisa digabungin sama orang2 rv omhtannis wrote:ntar 5 tahun lagi 328i sama 320i jg paling beda 5 juta yah dhar
sama saya juga pikiran ga sampe ke orang2 beli mobil eksotik .....itu em eman kegerus sama ban dibawah 10k km paling