Setelah kurang lebih beberapa tahun menjadi silent reader.. Newbie ini juga ingin berkontribusi sedikit

Ane mohon maaf dan mohon dikoreksi kalau ada tulisan yang terlalu subjektif ya kakanda, maklum fanboy honda. dan mazda.

Honda Odyssey Absolute RB1 ini merupakan salah satu mobil idaman sejak ane sma/kuliah. Beberapa bulan cari-cari info tentang mobil yang menurut ane masih lumayan ganteng walaupun udah berumur kurang lebih 10 tahun. Akhirnya dapet unit yang lumayan mulus, dan tipe yang lumayan lengkap.
and i love it. so much.
RB1 banyak banget tipenya, mulai dari tipe M, L, Absolute, Absolute+, Absolute++
perbedaan sekilas :
- M (basic) ditandai dengan interior abu-abu, no bodykit dan banyak sekali fitur yang abstain di sini.
- L (luxury) interior warna beige dengan fitur mirip absolute, speedometer biru (walaupun absolute 2006 keatas juga biru). Suspensi lebih lembut. Tidak ada bodykit, ada lis chrome di sekeliling body.
- Absolute biasa ditandai dengan interior hitam, three spoke steering wheel, bodykit, absolute badge, jok kombinasi fabric dan kulit, AFS, VSA. Tapi tidak ada jok driver elektrik, pelipatan bangku baris ketiga manual, ac single zone, no parking sensor.
- Absolute+ kebalikan Absolute biasa ditambah front sensor.
- Absolute++ seluruh fitur absolute+ ditambah dengan layar navigasi lengkap dengan menu dan tombol-tombol bahasa jepang


Eksterior

BEAUTIFUL !
Look at those Black Amethyst paintjob !

Tak terasa umurnya memasuki 10 tahun, tapi somehow, desainnya masih jauh lebih futuristik dan menarik dibanding mobil-mobil keluaran 2013/2014. Ya mungkin inilah faktor yang membuat honda banyak digemari anak muda. Timeless.. Hal yang sama terjadi di mobil-mobil honda type lainnya.
Ane paling suka big mpv ini karena bodynya yang panjang, menganut paham low slung ditambah ground clearance yang ceper. Kalau tidak salah ane pernah membaca di forum RB1 malaysia kalau inovasi tangki bensin di RB1 ini yang berjasa membuat model yang low slung tapi ruang interior yang luas.

Abis dicuci


Engine & Trannie & Brakes
Mesin K24A2 200hp 232nm
Terasa lebih kencang dari accord CM5 maupun crv RE1. Dan lebih boros

RB1 absolute memiliki hp lebih besar dari tipe L maupun M yang hanya 160hp saja.
Oh i love the way it sounds..
Konsumsi BBM cukup boros, 1 : 6 untuk dalkot. (premium oplos pertamax+ 50:50)
Transmisi ada tiptronic, cukup ampuh untuk salip-menyalip.
Banyak kasus transmisi odyssey RB1 jebol. Tapi yang tipe CVT. Selain memang transmisi CVT honda generasi awal yang kurang durable, ada kasus gara-gara salah ganti oli transmisi.. Yang semestinya menggunakan oli khusus CVT malah diisi ATF/ATFz1

Rem sempat kerasa bergetar ketika lebih dari 80km/jam.. Itu sudah jadi rahasia umum kalau rem accord, civic, odyssey keluaran antara tahun 2004-2007 gampang warped alias tidak rata maupun bengkok. Ane bawa ke GBT untuk dibubut (pakai metode bubut yang tanpa bongkar rem) sekitar 1 jam. Voila ! Getaran hilang sama sekali.
Kebetulan discbrake masih tebal dan masih aman untuk dibubut. Satu hal yang perlu diperhatikan, sebisa mungkin jangan mendongkrak RB1 dalam jangka waktu yang lama. Apalagi dengan posisi ban yang menggantung. Hal ini bisa menyebabkan shockbreaker "ngelock/ngunci". Apabila terpaksa, harus dibantu dengan jackstand di sekitar armnya untuk mengurangi shock fully stretching.
Anehnya, mekanik GBT sudah paham akan hal ini dan melakukan tindakan pencegahan sebisa mungkin. Tapi di BeRes honda (walaupun mereka tahu) tetep aja digantung berlama2

Kalau tidak salah, camry maupun altis juga mudah ngelock.
Interior


Look at that.. Hal lain yang ane suka dari RB1 adalah dashboardnya. Desain yang termasuk modern bahkan sampai sekarang. Please honda, jangan buat dashboard berlaci grand canyon lagi.

Fit & finish yang baik, tombol2 enak ditekan, knob2 halus. Bahannya pun bagus dan awet.
Kebetulan unit ane memiliki dual zone aircon (triple kalau sama belakang). Jok driver saja yang elektrik. Sunroof.
Di setir ada tombol pengaturan audio dan cruise control.
Oh ya, walaupun mobil tua, tapi sudah menganut keyless entry dan keyless starter. Model Kuncinya seperti kartu kredit hanya lebih tebal. Istilahnya "smart card".

Kualitas audio, lumayan enak untuk kuping panci ane. Ada tweeter di dashboard. Selama ane pakai mobil ini, ane ga pernah mendengarkan musik dari CD karena takut nyangkut di dalem (banyak yang kejadian). Jadi ane manfaatin colokan AUX IN di laci tengah diantara kursi depan. Radio.. hanya bisa sampai 900 saja karena masih menganut frekuensi di jepang.
Jok baris ketiga dilipat menggunakan tombol. Nice ! Malah di odyssey RC1 sepertinya fitur ini dihilangkan

Driving Impression
Mencari driving position di mobil ini tidak susah. Satu lagi yang ane senang dari Honda adalah walaupun body mobil besar namun ketika disetir, tidak terasa sebesar itu. Dulu ketika bawa accord CM5 juga terasa begitu, serasa mudah untuk adaptasi. Mungkin kata yang tepat adalah ergonomis ?

Menurut ane suspensi RB1 sudah termasuk nyaman lagi2 mungkin gara2 sebelumnya ane memakai juke yang notabene keras abis.
Membawa mobil ini ketika high speed di tol sangat nyaman, serasa menempel di aspal. Apa mungkin gara-gara beratnya yang sekitar 1.7 ton ditambah ground clearance yang ceper ya

Belakangan ada suara dengung ketika jalan diatas 70km/jam, ternyata bearingnya sudah aus. Harga partnya lumayan mahal.. 900rb/pc untuk part ori dan kw setengahnya.
Feedback setir, oh yeah its alive !.
Tapi satu hal yang ane hindari adalah memutar setir sampai full karena ane trauma lihat banyak RB1 yang power steeringnya rusak/selangnya bocor. Rasanya memang penyakit bawaannya kalau sudah berumur.
Bonus..


Sangat disayangkan ane terpaksa jual ni mobil gara2 BU untuk kebutuhan yang lebih penting, padahal ane masih sayang banget.
Terpaksa abis gini pakai mobil dengan laci "grand canyon" hiks

atau CX7 (

Terima kasih kawan-kawan sudah mau membaca tulisan newbie yang acakadut ini, maaf apabila banyak kesalahan atau kurang jelas.
