Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Thx pencerahannya om bill. Berarti memang bukan cuma rasio kompresi saja ya utk menentukan mana mobil yg masih "acceptable" pakai premiun atau nggak.
Teknologi mesin yg bertujuan menurunkan suhu ruang bakar atau kemampuan ecu mengatur timing pembakaran dan overlap bukaan katup juga pengaruh pada kemampuan akhirnya si mobil menerima ron 88 ya..dan sejauh mana penurunan performanya (tentu nanti tergantung lagi sama engine load dan kualitas bbmnya)
Kalau bgt tabel yg sering ada di web tentang rasio kompresi dengan ron minimal yg dibutuhkan gak selamanya sesuai ya?
dan memang ada K3-VE2 yg 11:1 tp bukan di avania. yg turbo aja ada.
tabel itu untuk oktan optimal di setiap kompresi mesin. dimana dia bisa ngeluarin performa optimalnya....
klw minimal sih y selama bisa ngindarin knock berlebihan, dan g masalah dgn penurun performa atw fc y bisa aja.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Kalo cc kecil < 2000cc, di RPM rendah gak terlalu ketara perbedaannya antara premium & pertamax, lbh ketaranya di RPM tinggi pas di tol, mobil akan terasa lbh laju... Mobil < 2000cc di Indonesia memang sdh didisain utk diisi dgn premium, rasio kompresinya rendah, ya kan sanggupnya beli mobil low budget tentunya nyari bensinnya pasti yg murah... Buang2 duit klo isi dgn shell/pertamax kecuali mobilnya punya rasio kompresi yg tinggi itu baru memang didisain utk isi pake Ron tinggi...
Klo mobil > 2000cc keluaran thn 2000an, rata2 didisain emang pake minimal Ron 91-92, punya rasio kompresi yg tinggi, di tarikan udh berasa bgt perbedaannya antara premium & pertamax ... Rata2 yg sanggup beli mobil kelas itu hrsnya punya duit berlebih jd lbh sanggup beli bensin yg mahalan..
Di manual book setiap mobil ada tertulis data rasio kompresi mesin & rekomendasi Ron bensinnya krn sdh di setting dari pabriknya sono....
Godwill wrote:Kalo cc kecil < 2000cc, di RPM rendah gak terlalu ketara perbedaannya antara premium & pertamax, lbh ketaranya di RPM tinggi pas di tol, mobil akan terasa lbh laju... Mobil < 2000cc di Indonesia memang sdh didisain utk diisi dgn premium, rasio kompresinya rendah, ya kan sanggupnya beli mobil low budget tentunya nyari bensinnya pasti yg murah... Buang2 duit klo isi dgn shell/pertamax kecuali mobilnya punya rasio kompresi yg tinggi itu baru memang didisain utk isi pake Ron tinggi...
Klo mobil > 2000cc keluaran thn 2000an, rata2 didisain emang pake minimal Ron 91-92, punya rasio kompresi yg tinggi, di tarikan udh berasa bgt perbedaannya antara premium & pertamax ... Rata2 yg sanggup beli mobil kelas itu hrsnya punya duit berlebih jd lbh sanggup beli bensin yg mahalan..
Di manual book setiap mobil ada tertulis data rasio kompresi mesin & rekomendasi Ron bensinnya krn sdh di setting dari pabriknya sono....
Godwill wrote:Kalo cc kecil < 2000cc, di RPM rendah gak terlalu ketara perbedaannya antara premium & pertamax, lbh ketaranya di RPM tinggi pas di tol, mobil akan terasa lbh laju... Mobil < 2000cc di Indonesia memang sdh didisain utk diisi dgn premium, rasio kompresinya rendah, ya kan sanggupnya beli mobil low budget tentunya nyari bensinnya pasti yg murah... Buang2 duit klo isi dgn shell/pertamax kecuali mobilnya punya rasio kompresi yg tinggi itu baru memang didisain utk isi pake Ron tinggi...
Klo mobil > 2000cc keluaran thn 2000an, rata2 didisain emang pake minimal Ron 91-92, punya rasio kompresi yg tinggi, di tarikan udh berasa bgt perbedaannya antara premium & pertamax ... Rata2 yg sanggup beli mobil kelas itu hrsnya punya duit berlebih jd lbh sanggup beli bensin yg mahalan..
Di manual book setiap mobil ada tertulis data rasio kompresi mesin & rekomendasi Ron bensinnya krn sdh di setting dari pabriknya sono....
accord vti thn 2003 settingan kompresinya di angka 9 pdhl 2200 cc, jd bisa nenggak premium, menurut gw sih ini akal2an dari honda spy accord msh bisa minum premium dan tetap irit, pengaruhnya ya tenaganya agak kurang ok jdnya
yg gw bingung avanza, 1300cc tp kompresi 11, teorinya klo kompresi segini hrs kudu minum minimal oktan 92, gw sempet bingung jg, klo teori gw sih spy tenaganya lbh narik maka kompresinya di tinggiin ke 11, konsumsi bensinnya yg jd gak seirit klo kompresi < 10