Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas ??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

hitutbaw wrote:Saya liat di sini om bill
http://accessoriesmobil.net/daftar-rasi ... esi-mobil/

Ada byk daftar rasio kompresi mobil.

Thx pencerahannya om bill. Berarti memang bukan cuma rasio kompresi saja ya utk menentukan mana mobil yg masih "acceptable" pakai premiun atau nggak.
Teknologi mesin yg bertujuan menurunkan suhu ruang bakar atau kemampuan ecu mengatur timing pembakaran dan overlap bukaan katup juga pengaruh pada kemampuan akhirnya si mobil menerima ron 88 ya..dan sejauh mana penurunan performanya (tentu nanti tergantung lagi sama engine load dan kualitas bbmnya)
Kalau bgt tabel yg sering ada di web tentang rasio kompresi dengan ron minimal yg dibutuhkan gak selamanya sesuai ya?
kyanya g akurat........
3SZ dan K3-VE itu 10:1
http://www.toyotashaw.com/products/avan ... ations.php

dan memang ada K3-VE2 yg 11:1 tp bukan di avania. yg turbo aja ada.


tabel itu untuk oktan optimal di setiap kompresi mesin. dimana dia bisa ngeluarin performa optimalnya....
klw minimal sih y selama bisa ngindarin knock berlebihan, dan g masalah dgn penurun performa atw fc y bisa aja.


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Godwill »

Kalo cc kecil < 2000cc, di RPM rendah gak terlalu ketara perbedaannya antara premium & pertamax, lbh ketaranya di RPM tinggi pas di tol, mobil akan terasa lbh laju... Mobil < 2000cc di Indonesia memang sdh didisain utk diisi dgn premium, rasio kompresinya rendah, ya kan sanggupnya beli mobil low budget tentunya nyari bensinnya pasti yg murah... Buang2 duit klo isi dgn shell/pertamax kecuali mobilnya punya rasio kompresi yg tinggi itu baru memang didisain utk isi pake Ron tinggi...

Klo mobil > 2000cc keluaran thn 2000an, rata2 didisain emang pake minimal Ron 91-92, punya rasio kompresi yg tinggi, di tarikan udh berasa bgt perbedaannya antara premium & pertamax ... Rata2 yg sanggup beli mobil kelas itu hrsnya punya duit berlebih jd lbh sanggup beli bensin yg mahalan..

Di manual book setiap mobil ada tertulis data rasio kompresi mesin & rekomendasi Ron bensinnya krn sdh di setting dari pabriknya sono....
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by ilhami »

Bukannya terbalik om coba bandingkan rasio kompresi crv 2000 cc vs 2400 cc. bandingkan juga rasio avansa 1300 cc vs innova 2000 cc
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Godwill »

ilhami wrote:Bukannya terbalik om coba bandingkan rasio kompresi crv 2000 cc vs 2400 cc. bandingkan juga rasio avansa 1300 cc vs innova 2000 cc

ooooppsss sorry, bener kebalik hahahaha.... thanks gan
wibawana
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Aug 19, 2012 12:02

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by wibawana »

Godwill wrote:Kalo cc kecil < 2000cc, di RPM rendah gak terlalu ketara perbedaannya antara premium & pertamax, lbh ketaranya di RPM tinggi pas di tol, mobil akan terasa lbh laju... Mobil < 2000cc di Indonesia memang sdh didisain utk diisi dgn premium, rasio kompresinya rendah, ya kan sanggupnya beli mobil low budget tentunya nyari bensinnya pasti yg murah... Buang2 duit klo isi dgn shell/pertamax kecuali mobilnya punya rasio kompresi yg tinggi itu baru memang didisain utk isi pake Ron tinggi...

Klo mobil > 2000cc keluaran thn 2000an, rata2 didisain emang pake minimal Ron 91-92, punya rasio kompresi yg tinggi, di tarikan udh berasa bgt perbedaannya antara premium & pertamax ... Rata2 yg sanggup beli mobil kelas itu hrsnya punya duit berlebih jd lbh sanggup beli bensin yg mahalan..

Di manual book setiap mobil ada tertulis data rasio kompresi mesin & rekomendasi Ron bensinnya krn sdh di setting dari pabriknya sono....

:big_exellent:
wibawana
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Aug 19, 2012 12:02

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by wibawana »

Godwill wrote:Kalo cc kecil < 2000cc, di RPM rendah gak terlalu ketara perbedaannya antara premium & pertamax, lbh ketaranya di RPM tinggi pas di tol, mobil akan terasa lbh laju... Mobil < 2000cc di Indonesia memang sdh didisain utk diisi dgn premium, rasio kompresinya rendah, ya kan sanggupnya beli mobil low budget tentunya nyari bensinnya pasti yg murah... Buang2 duit klo isi dgn shell/pertamax kecuali mobilnya punya rasio kompresi yg tinggi itu baru memang didisain utk isi pake Ron tinggi...

Klo mobil > 2000cc keluaran thn 2000an, rata2 didisain emang pake minimal Ron 91-92, punya rasio kompresi yg tinggi, di tarikan udh berasa bgt perbedaannya antara premium & pertamax ... Rata2 yg sanggup beli mobil kelas itu hrsnya punya duit berlebih jd lbh sanggup beli bensin yg mahalan..

Di manual book setiap mobil ada tertulis data rasio kompresi mesin & rekomendasi Ron bensinnya krn sdh di setting dari pabriknya sono....
IndoMild
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Feb 26, 2014 9:18

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by IndoMild »

accord vti thn 2003 settingan kompresinya di angka 9 pdhl 2200 cc, jd bisa nenggak premium, menurut gw sih ini akal2an dari honda spy accord msh bisa minum premium dan tetap irit, pengaruhnya ya tenaganya agak kurang ok jdnya

yg gw bingung avanza, 1300cc tp kompresi 11, teorinya klo kompresi segini hrs kudu minum minimal oktan 92, gw sempet bingung jg, klo teori gw sih spy tenaganya lbh narik maka kompresinya di tinggiin ke 11, konsumsi bensinnya yg jd gak seirit klo kompresi < 10
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

errr k3ve avania 10:1 om......,

yg 11:1 itu k3ve2 110ps klw gsalah
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz