Ane curige....dogar wrote:OK sodarah-sodarah, setelah postingan pertama saya di sini, ini adalah lanjutan cerpennya.
Cerpennya masih agak panjang (mestinya sih cerpan), jadi siapkan kopi, popcorn, and fasten your seatbelt.
Tanggal tiga bulan tiga tahun kuda ini akhirnya menghapus tulisan di bak truk pasir yg terus terbayang di kepala ("Sabar Menanti").
Pesen tgl 13-10-13, hadir 03-03-14, berarti dibutuhkan kesabaran selama 4 bulan 18 hari untuk mendapatkan si White Lio(n).
Saking pelitnya HPM, bonus untuk barang senilai hampir 200 jeti ini cuman dikasih KF (konon katanya Perfections tapi ngga ada labelnya),
sama kapret bulu yg mana di musim becek begini si kapret bulu terpaksa ditindih dulu pake kapret karet.
Oiya ada juga tambahan segitiga pengaman, dompet stnk dan sekantong peralatan P3K (bukan sekotak
soalnya ngga dalam kotak). Yang terakhir ini saya ngga cek isinya apakah obat merah, perban, dkk. atau piagra dan karet kb (lho???).
Eh ada lagi deng tambahannya yaitu bengsin (premium kata salesnya) setengah tangki, lumayan daripada waktu saya beli apepeh
dan nyaris cuman dikasih bengsin kurang dari 1 bar (emang pelit-pelit ya tukang jualan mobil itu ternyata, barang ratusan juta
ngasih bengsin pultank aja kagak mau).
Buku serpis sama manual blom dapet, mungkin percetakannya kebanjiran order dari para caleg, capres dan caplak.
Kunci dapet 2, dan 2-2nya ada remote nya (menyatu dgn kunci). Bagus deh.
Waktu beli dua mobil sebelumnya cuman dikasih 1 kunci ber-remote, 2 kunci sisanya jomblo tanpa remote.
Sama plat nomer sementara D sekian sekian A**, yg ini bukan bonus tapi kudu ditebus nopek ceng.
Saya kasih 250k deh soalnya kasian salesnya ngga dapet komisi apa-apa dari asuransi rekomen dia soalnya saya ambil
asuransi langganan kantor. Kenapa saya ambil asuransi langganan kantor?
Sebab dia bisa kasih premi sebelum aturan OJK turun alias polisnya dibackdate ke Februari hehehe... (pls don't do this at home).
Mayan loh bisa selisih sampe 1,5% preminya.
Saya tanya salesnya "Ini garansi mesin brapa tahun?", jawab "3 tahun atau 100rb km pak", tanya lagi "termasuk transmisi kan?", jawab "tentu saja pak".
Sip deh, jawaban di atas membuat saya membulatkan tekad untuk ke Jkt keesokan harinya pake si Lio tanpa harus mikir
ntar kalo ada masalah di mesin/transmisi bagaimana gara-gara saya bejek-bejek di tol Cipularang, gituh.
Coba nyalain mesin, halus banget tuh, saat start juga ngga ada suara aneh-aneh spt yg dialami tester yg lain.
04-03-14 ; 07:00am, sebelum take off Jkt saya isi bengsin pultank di pom bensin daerah Cimahi, dan saya hapalkan posisi dispensernya
soalnya pulangnya saya mau isi pultank lagi di dispenser yg sama untuk mengurangi deviasi pengukuran FC (lagaknya!).
Oiya, sengaja diisi premium untuk mengetahui apakah si Lio ngelitik atau ngga dikasih bbm oktan rendah
(padahal sih pengen murah aja, maklum tabungan di bank tinggal keraknya doang setelah nebus si Lio ini).
Trip meter direset ke nol. Dan baru tau cuman ada 1 mode trip. Yaris dan apepeh punya trip A dan B, ngga penting banget
sih tapi kadang berguna juga.
Selesai isi bengsin, anter anak dulu ke arah Ciumbuleuit sambil adaptasi sama tuas matik model straight, soalnya
kebiasaan pake model gate di Yaris.
Beres ternak, langsung tancap ke Cipuljamil lewat gate Pasteur.
Mula-mula agak kagok liat lampu eco kelap kelip mulu, kirain check engine atau apa gitu.
Lama-lamaaaaaaaa ya biasa juga sih.
Riding position enak, jelas lebih enak daripada A/X (bukan armani xchange tentunya) maupun inopah.
Kursi lumayan empuk, tapi lebih empukan Yaris sih, ngga tau karena masih baru atau emang begitu seterusnya.
(sori banding-bandingin mulu sama Yaris soalnya gerobak saya satunya lagi ya itu, ada si apepeh juga sih tapi ngga tega
lah bandingin sama apepe mah).
Sensasi CVT, nah ini die kata bang ben.
Biasa pake geared AT yg ada sensasi "jambak-jambakan"nya kalo pas akselerasi, pake CVT ini serasa naik bom-bom car.
Haluuuus banget kayak hantu.
Saat lagi asik nyari channel radio yg sinyalnya mulai kresek-kresek (E CVT cuman dikasih JVC double DIN yg kualitas suaranya
STD pake banget), di depan terlihat ada bokong Aventador warna putih. Coba salip ah, pikir saya sok jago.
Tak disangka tak dinyana, hanya dalam sebelas kedipan mata si Aventador berhasil saya salip. Wow hebat juga nih si Lio!
Tapi kebanggaan saya langsung sirna saat liat di spion koq si Aventador ini tampak depannya jadi Toyota Dyna?
Ooooh ternyata si Aventador yg barusan disalip itu lagi nemplok di atas mobil towing. Pantesan nyalipnya gampang.
Masuk tanjakan agak panjang, nah keunikan CVT muncul lagi.
Di tanjakan panjang kadang-kadang RPM naik turun sendiri. Ini bukan anomali, karena memang karakter CVT seperti itu.
Beda dgn geared AT yg kadang "salah" milih gear ratio karena emang pilihannya terbatas, paling cuman 4 atau 5 pilihan tunggal,
pada CVT pilihan "gear" rationya ngga terbatas, multiple choice pula.
Walhasil saat di tanjakan komputer akan selalu meng-adjust diameter drive dan driven pulley secara dinamis untuk selalu
mendapatkan torsi yg tepat. Itulah sebabnya CVT lebih efisien daripada geared AT karena ngga pernah "salah milih gear ratio".
Jadi saat di tanjakan ini si Lio ngga pernah kekurangan atau kelebihan torsi. Just push the pedal and let the CVT do the rest.
Sampe gate Cikarang buat bayar tol, saya lihat display MID menunjukkan 19,1 km/l.
Dengan komposisi 20% dalam kota Bandung dan 80% tol Cipuljamil rasanya hasil tes FC tablo otomotif yg bilang 100kpj konstan=20km/l itu cukup akurat.
Jam 12 siang, untungnya panas jadi ngga takut banjir, tibalah di tol dalam kota Jkt yg macet suracet itu.
AC cukup dingin dan posisi temperatur belum di maksimal. Posisi blower cukup di 2 karena kalo 3 hembusannya
kekencengan.
Selesai urusan di Jkt sekitar jam 6 sore, di tol dalkot yg masih cet suracet itu MID menunjukkan angka bervariasi antara 14-15km/l.
Waktunya balik bandung, dan setelah gelap baru ketauan lagi pelitnya Honda: huruf P,R,D,S,L di bawah tuas transmisi kagak nyala, begitu
juga tombol power window dkk. di sisi pengemudi kagak ada lampu-lampunya acan. Jadi waktu mau pencet tombol door lock/unlock
kudu raba-raba dulu kayak Stevie Wonder lagi baca huruf braille.
Berkendara malam hari pake Lio ngga ada masalah berarti, ditambah ujan rintik-rintik, wiper berfungsi normal, headlamp normal,
dan posisi nyetir yg nyaman ngga terlalu bikin pegel badan walaupun udah nyetir +/- 10 jam.
Sampe pom bensin yg sama, di dispenser yg sama, saya isi pultank lagi (premium donk ah, kalo ada yg murah knapa beli yg mahal?).
Meteran bengsin berhenti di angka 20,27 dan saya lihat trip meter menunjukkan total jarak 323 km.
Ambil kalkulator HP, tak tuk tak tuk, 323/20,27 = 15,9 km/l.
Pencet tombol MID, display FC menunjukkan angka 15,4km/l.
Wah beneran MID nya akurat nih.
Kesimpulan:
Tidak nyesel beli Lio. Tapi akan ada potensi nyesel kalo dalam 6 bulan ke depan HPM mengeluarkan versi facelift atau bahkan face/off
nya dgn selisih harga yg tipis.
jangan2 Om wartawan ato penulis novel ya?....
Weleh3x.....gaya tulisan......
