Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
papa3r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Feb 14, 2014 5:05

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by papa3r »

dogar wrote:OK sodarah-sodarah, setelah postingan pertama saya di sini, ini adalah lanjutan cerpennya.
Cerpennya masih agak panjang (mestinya sih cerpan), jadi siapkan kopi, popcorn, and fasten your seatbelt.

Tanggal tiga bulan tiga tahun kuda ini akhirnya menghapus tulisan di bak truk pasir yg terus terbayang di kepala ("Sabar Menanti").
Pesen tgl 13-10-13, hadir 03-03-14, berarti dibutuhkan kesabaran selama 4 bulan 18 hari untuk mendapatkan si White Lio(n).

Saking pelitnya HPM, bonus untuk barang senilai hampir 200 jeti ini cuman dikasih KF (konon katanya Perfections tapi ngga ada labelnya),
sama kapret bulu yg mana di musim becek begini si kapret bulu terpaksa ditindih dulu pake kapret karet.
Oiya ada juga tambahan segitiga pengaman, dompet stnk dan sekantong peralatan P3K (bukan sekotak
soalnya ngga dalam kotak). Yang terakhir ini saya ngga cek isinya apakah obat merah, perban, dkk. atau piagra dan karet kb (lho???).
Eh ada lagi deng tambahannya yaitu bengsin (premium kata salesnya) setengah tangki, lumayan daripada waktu saya beli apepeh
dan nyaris cuman dikasih bengsin kurang dari 1 bar (emang pelit-pelit ya tukang jualan mobil itu ternyata, barang ratusan juta
ngasih bengsin pultank aja kagak mau).
Buku serpis sama manual blom dapet, mungkin percetakannya kebanjiran order dari para caleg, capres dan caplak.
Kunci dapet 2, dan 2-2nya ada remote nya (menyatu dgn kunci). Bagus deh.
Waktu beli dua mobil sebelumnya cuman dikasih 1 kunci ber-remote, 2 kunci sisanya jomblo tanpa remote.
Sama plat nomer sementara D sekian sekian A**, yg ini bukan bonus tapi kudu ditebus nopek ceng.
Saya kasih 250k deh soalnya kasian salesnya ngga dapet komisi apa-apa dari asuransi rekomen dia soalnya saya ambil
asuransi langganan kantor. Kenapa saya ambil asuransi langganan kantor?
Sebab dia bisa kasih premi sebelum aturan OJK turun alias polisnya dibackdate ke Februari hehehe... (pls don't do this at home).
Mayan loh bisa selisih sampe 1,5% preminya.

Saya tanya salesnya "Ini garansi mesin brapa tahun?", jawab "3 tahun atau 100rb km pak", tanya lagi "termasuk transmisi kan?", jawab "tentu saja pak".
Sip deh, jawaban di atas membuat saya membulatkan tekad untuk ke Jkt keesokan harinya pake si Lio tanpa harus mikir
ntar kalo ada masalah di mesin/transmisi bagaimana gara-gara saya bejek-bejek di tol Cipularang, gituh.
Coba nyalain mesin, halus banget tuh, saat start juga ngga ada suara aneh-aneh spt yg dialami tester yg lain.

04-03-14 ; 07:00am, sebelum take off Jkt saya isi bengsin pultank di pom bensin daerah Cimahi, dan saya hapalkan posisi dispensernya
soalnya pulangnya saya mau isi pultank lagi di dispenser yg sama untuk mengurangi deviasi pengukuran FC (lagaknya!).
Oiya, sengaja diisi premium untuk mengetahui apakah si Lio ngelitik atau ngga dikasih bbm oktan rendah
(padahal sih pengen murah aja, maklum tabungan di bank tinggal keraknya doang setelah nebus si Lio ini :cry: ).
Trip meter direset ke nol. Dan baru tau cuman ada 1 mode trip. Yaris dan apepeh punya trip A dan B, ngga penting banget
sih tapi kadang berguna juga.

Selesai isi bengsin, anter anak dulu ke arah Ciumbuleuit sambil adaptasi sama tuas matik model straight, soalnya
kebiasaan pake model gate di Yaris.
Beres ternak, langsung tancap ke Cipuljamil lewat gate Pasteur.
Mula-mula agak kagok liat lampu eco kelap kelip mulu, kirain check engine atau apa gitu.
Lama-lamaaaaaaaa ya biasa juga sih.

Riding position enak, jelas lebih enak daripada A/X (bukan armani xchange tentunya) maupun inopah.
Kursi lumayan empuk, tapi lebih empukan Yaris sih, ngga tau karena masih baru atau emang begitu seterusnya.
(sori banding-bandingin mulu sama Yaris soalnya gerobak saya satunya lagi ya itu, ada si apepeh juga sih tapi ngga tega
lah bandingin sama apepe mah).

Sensasi CVT, nah ini die kata bang ben.
Biasa pake geared AT yg ada sensasi "jambak-jambakan"nya kalo pas akselerasi, pake CVT ini serasa naik bom-bom car.
Haluuuus banget kayak hantu.
Saat lagi asik nyari channel radio yg sinyalnya mulai kresek-kresek (E CVT cuman dikasih JVC double DIN yg kualitas suaranya
STD pake banget), di depan terlihat ada bokong Aventador warna putih. Coba salip ah, pikir saya sok jago.
Tak disangka tak dinyana, hanya dalam sebelas kedipan mata si Aventador berhasil saya salip. Wow hebat juga nih si Lio!
Tapi kebanggaan saya langsung sirna saat liat di spion koq si Aventador ini tampak depannya jadi Toyota Dyna?
Ooooh ternyata si Aventador yg barusan disalip itu lagi nemplok di atas mobil towing. Pantesan nyalipnya gampang.

Masuk tanjakan agak panjang, nah keunikan CVT muncul lagi.
Di tanjakan panjang kadang-kadang RPM naik turun sendiri. Ini bukan anomali, karena memang karakter CVT seperti itu.
Beda dgn geared AT yg kadang "salah" milih gear ratio karena emang pilihannya terbatas, paling cuman 4 atau 5 pilihan tunggal,
pada CVT pilihan "gear" rationya ngga terbatas, multiple choice pula.
Walhasil saat di tanjakan komputer akan selalu meng-adjust diameter drive dan driven pulley secara dinamis untuk selalu
mendapatkan torsi yg tepat. Itulah sebabnya CVT lebih efisien daripada geared AT karena ngga pernah "salah milih gear ratio".
Jadi saat di tanjakan ini si Lio ngga pernah kekurangan atau kelebihan torsi. Just push the pedal and let the CVT do the rest.

Sampe gate Cikarang buat bayar tol, saya lihat display MID menunjukkan 19,1 km/l.
Dengan komposisi 20% dalam kota Bandung dan 80% tol Cipuljamil rasanya hasil tes FC tablo otomotif yg bilang 100kpj konstan=20km/l itu cukup akurat.

Jam 12 siang, untungnya panas jadi ngga takut banjir, tibalah di tol dalam kota Jkt yg macet suracet itu.
AC cukup dingin dan posisi temperatur belum di maksimal. Posisi blower cukup di 2 karena kalo 3 hembusannya
kekencengan.
Selesai urusan di Jkt sekitar jam 6 sore, di tol dalkot yg masih cet suracet itu MID menunjukkan angka bervariasi antara 14-15km/l.
Waktunya balik bandung, dan setelah gelap baru ketauan lagi pelitnya Honda: huruf P,R,D,S,L di bawah tuas transmisi kagak nyala, begitu
juga tombol power window dkk. di sisi pengemudi kagak ada lampu-lampunya acan. Jadi waktu mau pencet tombol door lock/unlock
kudu raba-raba dulu kayak Stevie Wonder lagi baca huruf braille.
Berkendara malam hari pake Lio ngga ada masalah berarti, ditambah ujan rintik-rintik, wiper berfungsi normal, headlamp normal,
dan posisi nyetir yg nyaman ngga terlalu bikin pegel badan walaupun udah nyetir +/- 10 jam.

Sampe pom bensin yg sama, di dispenser yg sama, saya isi pultank lagi (premium donk ah, kalo ada yg murah knapa beli yg mahal? :D).
Meteran bengsin berhenti di angka 20,27 dan saya lihat trip meter menunjukkan total jarak 323 km.
Ambil kalkulator HP, tak tuk tak tuk, 323/20,27 = 15,9 km/l.
Pencet tombol MID, display FC menunjukkan angka 15,4km/l.
Wah beneran MID nya akurat nih.

Kesimpulan:
Tidak nyesel beli Lio. Tapi akan ada potensi nyesel kalo dalam 6 bulan ke depan HPM mengeluarkan versi facelift atau bahkan face/off
nya dgn selisih harga yg tipis.
Ane curige....
jangan2 Om wartawan ato penulis novel ya?....
Weleh3x.....gaya tulisan...... :big_exellent:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by imingwahyudi »

dogar wrote:OK sodarah-sodarah, setelah postingan pertama saya di sini, ini adalah lanjutan cerpennya.
Cerpennya masih agak panjang (mestinya sih cerpan), jadi siapkan kopi, popcorn, and fasten your seatbelt.

Tanggal tiga bulan tiga tahun kuda ini akhirnya menghapus tulisan di bak truk pasir yg terus terbayang di kepala ("Sabar Menanti").
Pesen tgl 13-10-13, hadir 03-03-14, berarti dibutuhkan kesabaran selama 4 bulan 18 hari untuk mendapatkan si White Lio(n).

Saking pelitnya HPM, bonus untuk barang senilai hampir 200 jeti ini cuman dikasih KF (konon katanya Perfections tapi ngga ada labelnya),
sama kapret bulu yg mana di musim becek begini si kapret bulu terpaksa ditindih dulu pake kapret karet.
Oiya ada juga tambahan segitiga pengaman, dompet stnk dan sekantong peralatan P3K (bukan sekotak
soalnya ngga dalam kotak). Yang terakhir ini saya ngga cek isinya apakah obat merah, perban, dkk. atau piagra dan karet kb (lho???).
Eh ada lagi deng tambahannya yaitu bengsin (premium kata salesnya) setengah tangki, lumayan daripada waktu saya beli apepeh
dan nyaris cuman dikasih bengsin kurang dari 1 bar (emang pelit-pelit ya tukang jualan mobil itu ternyata, barang ratusan juta
ngasih bengsin pultank aja kagak mau).
Buku serpis sama manual blom dapet, mungkin percetakannya kebanjiran order dari para caleg, capres dan caplak.
Kunci dapet 2, dan 2-2nya ada remote nya (menyatu dgn kunci). Bagus deh.
Waktu beli dua mobil sebelumnya cuman dikasih 1 kunci ber-remote, 2 kunci sisanya jomblo tanpa remote.
Sama plat nomer sementara D sekian sekian A**, yg ini bukan bonus tapi kudu ditebus nopek ceng.
Saya kasih 250k deh soalnya kasian salesnya ngga dapet komisi apa-apa dari asuransi rekomen dia soalnya saya ambil
asuransi langganan kantor. Kenapa saya ambil asuransi langganan kantor?
Sebab dia bisa kasih premi sebelum aturan OJK turun alias polisnya dibackdate ke Februari hehehe... (pls don't do this at home).
Mayan loh bisa selisih sampe 1,5% preminya.

Saya tanya salesnya "Ini garansi mesin brapa tahun?", jawab "3 tahun atau 100rb km pak", tanya lagi "termasuk transmisi kan?", jawab "tentu saja pak".
Sip deh, jawaban di atas membuat saya membulatkan tekad untuk ke Jkt keesokan harinya pake si Lio tanpa harus mikir
ntar kalo ada masalah di mesin/transmisi bagaimana gara-gara saya bejek-bejek di tol Cipularang, gituh.
Coba nyalain mesin, halus banget tuh, saat start juga ngga ada suara aneh-aneh spt yg dialami tester yg lain.

04-03-14 ; 07:00am, sebelum take off Jkt saya isi bengsin pultank di pom bensin daerah Cimahi, dan saya hapalkan posisi dispensernya
soalnya pulangnya saya mau isi pultank lagi di dispenser yg sama untuk mengurangi deviasi pengukuran FC (lagaknya!).
Oiya, sengaja diisi premium untuk mengetahui apakah si Lio ngelitik atau ngga dikasih bbm oktan rendah
(padahal sih pengen murah aja, maklum tabungan di bank tinggal keraknya doang setelah nebus si Lio ini :cry: ).
Trip meter direset ke nol. Dan baru tau cuman ada 1 mode trip. Yaris dan apepeh punya trip A dan B, ngga penting banget
sih tapi kadang berguna juga.

Selesai isi bengsin, anter anak dulu ke arah Ciumbuleuit sambil adaptasi sama tuas matik model straight, soalnya
kebiasaan pake model gate di Yaris.
Beres ternak, langsung tancap ke Cipuljamil lewat gate Pasteur.
Mula-mula agak kagok liat lampu eco kelap kelip mulu, kirain check engine atau apa gitu.
Lama-lamaaaaaaaa ya biasa juga sih.

Riding position enak, jelas lebih enak daripada A/X (bukan armani xchange tentunya) maupun inopah.
Kursi lumayan empuk, tapi lebih empukan Yaris sih, ngga tau karena masih baru atau emang begitu seterusnya.
(sori banding-bandingin mulu sama Yaris soalnya gerobak saya satunya lagi ya itu, ada si apepeh juga sih tapi ngga tega
lah bandingin sama apepe mah).

Sensasi CVT, nah ini die kata bang ben.
Biasa pake geared AT yg ada sensasi "jambak-jambakan"nya kalo pas akselerasi, pake CVT ini serasa naik bom-bom car.
Haluuuus banget kayak hantu.
Saat lagi asik nyari channel radio yg sinyalnya mulai kresek-kresek (E CVT cuman dikasih JVC double DIN yg kualitas suaranya
STD pake banget), di depan terlihat ada bokong Aventador warna putih. Coba salip ah, pikir saya sok jago.
Tak disangka tak dinyana, hanya dalam sebelas kedipan mata si Aventador berhasil saya salip. Wow hebat juga nih si Lio!
Tapi kebanggaan saya langsung sirna saat liat di spion koq si Aventador ini tampak depannya jadi Toyota Dyna?
Ooooh ternyata si Aventador yg barusan disalip itu lagi nemplok di atas mobil towing. Pantesan nyalipnya gampang.

Masuk tanjakan agak panjang, nah keunikan CVT muncul lagi.
Di tanjakan panjang kadang-kadang RPM naik turun sendiri. Ini bukan anomali, karena memang karakter CVT seperti itu.
Beda dgn geared AT yg kadang "salah" milih gear ratio karena emang pilihannya terbatas, paling cuman 4 atau 5 pilihan tunggal,
pada CVT pilihan "gear" rationya ngga terbatas, multiple choice pula.
Walhasil saat di tanjakan komputer akan selalu meng-adjust diameter drive dan driven pulley secara dinamis untuk selalu
mendapatkan torsi yg tepat. Itulah sebabnya CVT lebih efisien daripada geared AT karena ngga pernah "salah milih gear ratio".
Jadi saat di tanjakan ini si Lio ngga pernah kekurangan atau kelebihan torsi. Just push the pedal and let the CVT do the rest.

Sampe gate Cikarang buat bayar tol, saya lihat display MID menunjukkan 19,1 km/l.
Dengan komposisi 20% dalam kota Bandung dan 80% tol Cipuljamil rasanya hasil tes FC tablo otomotif yg bilang 100kpj konstan=20km/l itu cukup akurat.

Jam 12 siang, untungnya panas jadi ngga takut banjir, tibalah di tol dalam kota Jkt yg macet suracet itu.
AC cukup dingin dan posisi temperatur belum di maksimal. Posisi blower cukup di 2 karena kalo 3 hembusannya
kekencengan.
Selesai urusan di Jkt sekitar jam 6 sore, di tol dalkot yg masih cet suracet itu MID menunjukkan angka bervariasi antara 14-15km/l.
Waktunya balik bandung, dan setelah gelap baru ketauan lagi pelitnya Honda: huruf P,R,D,S,L di bawah tuas transmisi kagak nyala, begitu
juga tombol power window dkk. di sisi pengemudi kagak ada lampu-lampunya acan. Jadi waktu mau pencet tombol door lock/unlock
kudu raba-raba dulu kayak Stevie Wonder lagi baca huruf braille.
Berkendara malam hari pake Lio ngga ada masalah berarti, ditambah ujan rintik-rintik, wiper berfungsi normal, headlamp normal,
dan posisi nyetir yg nyaman ngga terlalu bikin pegel badan walaupun udah nyetir +/- 10 jam.

Sampe pom bensin yg sama, di dispenser yg sama, saya isi pultank lagi (premium donk ah, kalo ada yg murah knapa beli yg mahal? :D).
Meteran bengsin berhenti di angka 20,27 dan saya lihat trip meter menunjukkan total jarak 323 km.
Ambil kalkulator HP, tak tuk tak tuk, 323/20,27 = 15,9 km/l.
Pencet tombol MID, display FC menunjukkan angka 15,4km/l.
Wah beneran MID nya akurat nih.

Kesimpulan:
Tidak nyesel beli Lio. Tapi akan ada potensi nyesel kalo dalam 6 bulan ke depan HPM mengeluarkan versi facelift atau bahkan face/off
nya dgn selisih harga yg tipis.

:mky_02: :mky_02: review cakeepp om Dogar...salute :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by artoodetoo »

papa3r wrote:
Drai spion lansung tau.....
pasti krna NONGGENG HORNY..... :wkkk:

..............................~~~~~~~~~~~~~~~~% :ngacir:
Bukan lah.
Gampang kok bedain Monyong sama Berio dari depan persis. Behel Monyong lebih lebar :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
papa3r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Feb 14, 2014 5:05

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by papa3r »

artoodetoo wrote:
papa3r wrote:
Drai spion lansung tau.....
pasti krna NONGGENG HORNY..... :wkkk:

..............................~~~~~~~~~~~~~~~~% :ngacir:
Bukan lah.
Gampang kok bedain Monyong sama Berio dari depan persis. Behel Monyong lebih lebar :upss:
Iye Om....kalo itu dach pasti....
Yang dimaksud diatas penampakan di spion versi SM om, seperti yang di ulas di page2 sebelumye dimane banyak membahas bokong & muke.....
Bahasan bokong om madcat tuch yg paling panas...... :wkkk:
............~~~ :ngacir:

CURHAT
setengah bulan sudah ane di SM.....bokin ane komenter "papa kayak orang gila....cengar-cengir ndri, ketawe2 sndri"....dalem ati ane bingun...lha wong ane merase kayak wong waras....???? :big_grin:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

madcat015 wrote:Om dogar...

Postingan om benar2 tjiamik! Enak dijilat... errr... dibaca... dan bahasanya ringan. ga seberat beban hidup...

Anyway, review yg sangat bagus om dogar. Ane sangat menikmati membaca postingan om dogar...

Well done. :mky_02:


*cuman masih shock, seriusly? Ga nyala itu indikator tranny saat malam?* :big_slap:
Tengkyu bro modcat.
Yoi itu indikator tranny ngga ada yg nyala, jadinya kalo malem-malem dari start pas mau jalan mesti ngira-ngira dulu
ini stick masuk R, D atau S. Sialnya, masuk R juga ngga ada alarm apapun, kalo di Yaris begitu masuk R
langsung bunyi tiit tiit (Yaris nya laki soalnya :D).
Pernah pas mau mundur di parkiran mall (yg rada gelap juga) eh bablas ke D, untung di depan ngga ada tembok atau mobil lainnya.
Jadi mau ngga mau kalo di tempat gelap mesti liat dasbor pas mindahin tuas tranny.
Kayaknya kalo udah sering pake sih lama lamaaaaa bisa hapal juga.
papa3r wrote: Ane curige....
jangan2 Om wartawan ato penulis novel ya?....
Weleh3x.....gaya tulisan...... :big_exellent:
Hahaha.... tengkyu compliment-nya bro.
Saya mah boro-boro wartawan, apalgi penulis novel.
Ngga terlalu demen baca novel, kagak ada gambarnya sih :D
Novel terakhir yg saya baca itu Lima Sekawan sama.. mmmm... Nick Carter kali yah :wkkk:
Itu novel-novel jaman prasejarah :D.
imingwahyudi wrote: :mky_02: :mky_02: review cakeepp om Dogar...salute :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Hehe nuhun kang Iming :big_blushing:

Btw, ada satu hal lagi soal si Lio ini, entah masuk kategori kekurangan atau kelebihan.
Menurut saya stir nya enteng banget atau malah terlalu enteng.
Jadi yg belum biasa dgn stir super enteng bisa ter kaget-kaget, apalagi kalo pas ngebut di toll jangan terlalu agresif selap selip deh.
Tapi emang ini mobil keluarga yah, intinya ya jangan dipake ngebut. Lagian hampir ngga ada gunanya ngebut di toll di Indonesia.
Se ngebut-ngebutnya di toll, tetep ajah pas sampe gerbang pembayaran mah ngantriii hehe.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by madcat015 »

papa3r wrote:
artoodetoo wrote:
papa3r wrote:
Drai spion lansung tau.....
pasti krna NONGGENG HORNY..... :wkkk:

..............................~~~~~~~~~~~~~~~~% :ngacir:
Bukan lah.
Gampang kok bedain Monyong sama Berio dari depan persis. Behel Monyong lebih lebar :upss:
Iye Om....kalo itu dach pasti....
Yang dimaksud diatas penampakan di spion versi SM om, seperti yang di ulas di page2 sebelumye dimane banyak membahas bokong & muke.....
Bahasan bokong om madcat tuch yg paling panas...... :wkkk:
............~~~ :ngacir:

CURHAT
setengah bulan sudah ane di SM.....bokin ane komenter "papa kayak orang gila....cengar-cengir ndri, ketawe2 sndri"....dalem ati ane bingun...lha wong ane merase kayak wong waras....???? :big_grin:

Errr... ane bahas bokong yang mana yak? :ungg:

.............................. :ngacir:


Hahaha, curhatan SMers normal om papa3r...
Humor nya di marih kadang sinting, kadang garing, kadang dijaring momod... ciri2 orang waras/sehat: bahagia dan tertawa lepas, asal jangan terus2an ketawa dan nyengir kayak jaran... :ngacir:

Nah, berhubung ane uda jadi momod... ehehehehehehehehehe :mky_03:



*i must flee.....* :ngacir:

dogar wrote:
madcat015 wrote:Om dogar...

Postingan om benar2 tjiamik! Enak dijilat... errr... dibaca... dan bahasanya ringan. ga seberat beban hidup...

Anyway, review yg sangat bagus om dogar. Ane sangat menikmati membaca postingan om dogar...

Well done. :mky_02:


*cuman masih shock, seriusly? Ga nyala itu indikator tranny saat malam?* :big_slap:
Tengkyu bro modcat.
Yoi itu indikator tranny ngga ada yg nyala, jadinya kalo malem-malem dari start pas mau jalan mesti ngira-ngira dulu
ini stick masuk R, D atau S. Sialnya, masuk R juga ngga ada alarm apapun, kalo di Yaris begitu masuk R
langsung bunyi tiit tiit (Yaris nya laki soalnya :D).
Pernah pas mau mundur di parkiran mall (yg rada gelap juga) eh bablas ke D, untung di depan ngga ada tembok atau mobil lainnya.
Jadi mau ngga mau kalo di tempat gelap mesti liat dasbor pas mindahin tuas tranny.
Kayaknya kalo udah sering pake sih lama lamaaaaa bisa hapal juga.
papa3r wrote: Ane curige....
jangan2 Om wartawan ato penulis novel ya?....
Weleh3x.....gaya tulisan...... :big_exellent:
Hahaha.... tengkyu compliment-nya bro.
Saya mah boro-boro wartawan, apalgi penulis novel.
Ngga terlalu demen baca novel, kagak ada gambarnya sih :D
Novel terakhir yg saya baca itu Lima Sekawan sama.. mmmm... Nick Carter kali yah :wkkk:
Itu novel-novel jaman prasejarah :D.
imingwahyudi wrote: :mky_02: :mky_02: review cakeepp om Dogar...salute :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Hehe nuhun kang Iming :big_blushing:

Btw, ada satu hal lagi soal si Lio ini, entah masuk kategori kekurangan atau kelebihan.
Menurut saya stir nya enteng banget atau malah terlalu enteng.
Jadi yg belum biasa dgn stir super enteng bisa ter kaget-kaget, apalagi kalo pas ngebut di toll jangan terlalu agresif selap selip deh.
Tapi emang ini mobil keluarga yah, intinya ya jangan dipake ngebut. Lagian hampir ngga ada gunanya ngebut di toll di Indonesia.
Se ngebut-ngebutnya di toll, tetep ajah pas sampe gerbang pembayaran mah ngantriii hehe.
Nah, bener om dogar...

Ane mungkin djadoel dan djebot bin doedoel... :ungg:

Ga pernah percaya sama indikator di dashboard, jadi lebih suka liat saat tangan menyentuh paha... errrr... tuas transmisi dan engage ke posisi yang diinginkan. baru melototin dashboard untuk memeriksa ulang... :ungg:


Setir Monyong memang enteng om, dia menganut EPS, jadi semuanya serba elektronik untuk steering systemnya... Bagus untuk mesin, tidak bagus untuk feedback karena terlalu hambar dan ya itu om... terlalu ringan. Bahkan dalam kecepatan tinggi, feedback nya hambar.

Betul om, mobil keluarga atau MPV memang selayaknya jangan digunakan untuk ngebut atau tes top speed atau cornering layaknya mobil rally atau tes handling layaknya supercar... Bukan kodratnya... :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by omsafety »

Betul om, mobil keluarga atau MPV memang selayaknya jangan digunakan untuk ngebut atau tes top speed atau cornering layaknya mobil rally atau tes handling layaknya supercar ... Bukan kodratnya... :mrgreen:[/quote]


Ah yang bener mod ? itu r3 kw 8 nya kok bisa dibikin kek gituh :big_blushing:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by madcat015 »

@omsafety: anu... ituuuu.... :ungg:



........... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
papa3r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Feb 14, 2014 5:05

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by papa3r »

madcat015 wrote: [cencored] edited


Setir Monyong memang enteng om, dia menganut EPS, jadi semuanya serba elektronik untuk steering systemnya... Bagus untuk mesin, tidak bagus untuk feedback karena terlalu hambar dan ya itu om... terlalu ringan. Bahkan dalam kecepatan tinggi, feedback nya hambar.

Betul om, mobil keluarga atau MPV memang selayaknya jangan digunakan untuk ngebut atau tes top speed atau cornering layaknya mobil rally atau tes handling layaknya supercar... Bukan kodratnya... :mrgreen:
om bisa kok di bikin biar gak enteng.....
cabut soket kabel eps yg dibawah om...di jamin feel gak hambar...apalagi pas parkir....sippp tenannn...

................~~~~~~~~% :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by madcat015 »

papa3r wrote:
madcat015 wrote: [cencored] edited


Setir Monyong memang enteng om, dia menganut EPS, jadi semuanya serba elektronik untuk steering systemnya... Bagus untuk mesin, tidak bagus untuk feedback karena terlalu hambar dan ya itu om... terlalu ringan. Bahkan dalam kecepatan tinggi, feedback nya hambar.

Betul om, mobil keluarga atau MPV memang selayaknya jangan digunakan untuk ngebut atau tes top speed atau cornering layaknya mobil rally atau tes handling layaknya supercar... Bukan kodratnya... :mrgreen:
om bisa kok di bikin biar gak enteng.....
cabut soket kabel eps yg dibawah om...di jamin feel gak hambar...apalagi pas parkir....sippp tenannn...

................~~~~~~~~% :ngacir:
Habis makan siang ane untuk parkir doang... :big_slap:


:ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
papa3r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Feb 14, 2014 5:05

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by papa3r »

madcat015 wrote:
papa3r wrote:
madcat015 wrote: [cencored] edited


Setir Monyong memang enteng om, dia menganut EPS, jadi semuanya serba elektronik untuk steering systemnya... Bagus untuk mesin, tidak bagus untuk feedback karena terlalu hambar dan ya itu om... terlalu ringan. Bahkan dalam kecepatan tinggi, feedback nya hambar.

Betul om, mobil keluarga atau MPV memang selayaknya jangan digunakan untuk ngebut atau tes top speed atau cornering layaknya mobil rally atau tes handling layaknya supercar... Bukan kodratnya... :mrgreen:
om bisa kok di bikin biar gak enteng.....
cabut soket kabel eps yg dibawah om...di jamin feel gak hambar...apalagi pas parkir....sippp tenannn...

................~~~~~~~~% :ngacir:
Habis makan siang ane untuk parkir doang... :big_slap:


:ngacir:
pengalaman di cielo....kalo PS gak akip...weh buerraattt....
beda ame biem e30 jadul ane PS gak aktip masih enteng gak ngabisin sarapan.....
tanya kenapa...???
apa semua boil NON jepun & Korengan emang gitu ye? :big_smoking:
Bodem
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Mar 10, 2014 2:56

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by Bodem »

Salam kenal semuanya... first post!

Selama beberapa minggu ngikuti diskusi menyenangkan ini, jadi saya register deh.

Mobilio sy muncul kamis kemarin dan mau nambahin review, yang diawali dengan prolog. Karena mungkin review sy sangat berkaitan dengan postur tubuh sy.

Tinggi 175, berat "dalmation" - pusat massa di tengah!
Dari tahun 2007 - Sept 2013, saya punya jess ptec CVT. Yang selama sekitar 2 tahun akhir masa pakai, bolak balik bikin kaki pegel. Tadinya sy pikir karena kaki dah jenuh sama macetnya ibukota. Dan sy pikir dah sembuh setelah rangkaian terapi ke mbok urut setempat sehingga selama 5 bulan pakai Batumakam Maret pinjeman, gak sakit lagi.

Nah, sejak si inyong datang ke kantor kamis, dan dipakai lagi Jum'at... pulang kantor kaki sakit lagi. Padahal baru dibawa nyetir total selama 4,5 jam (mayoritas ditengah kemacetan).

Mumpung Batumakam Maret masih di rumah, saya bandingkan posisi pedal gas dan rem. Ternyata inyong posisinya model "off-set" (berdasarkan salah satu pideo utub tentang "driving position"). Kalau TD aja, mungkin belum terasa. Lalu kalau jarak jauh (jalanan lancar), juga tidak terlalu berasa. Pakai jess, juga... setelah pemakaian intens selama 5 taon, baru mulai berasa pada kaki. Terutama saat macet karena kaki akan lebih banyak nempel di pedal rem. Jadilah, nambahin asesories pedal untuk memperlebar permukaan rem dan menggesernya ke arah kanan (mendekati pedal gas).

Sekali lagi... hal ini mungkin karena postur saya yang seperti sahabatnya sponge-bob.

Keluh kesah saya yang lain adalah tidak adanya "kantong" di dekat rem tangan. Kebiasaan di mobil-mobil lain (jess, maret, papanjah-nya bokap, ipah-nya kantor) yang bisa simpan duit di dekat rem tangan. Ada "kantong" di bawah tombol-tombol AC. Tapi karena pasang asesories buat HP, jadi sulit buat kelola duit di situ. Tempat botol, yaaa isinya wajib botol dong. Beruang madu harus minum terus.

Selain itu, kalau double blower di nyalakan, bagian atap (roof) mobil, berembun. Nggak kebayang efek jangka panjangnya dengan cuaca ibukota yang relatif panas. embun-panas-embun-panas... biasanya jamuran kan? Setidaknya distorsi warna.

But, overall, sy cukup puas dengan si inyong. Karakter CVT sama dengan jess dulu. Hanya karena bodi yang lebih gede, jadinya terasa lebih berat. Tapi lebih responsif dari mprit-nya Oom saya yang geard AT (mprit terasa jauh lebih berat).

Dan akomodasinya... oooh such space! Panjang dari bagasi sampai lipatan kursi baris 3 rasanya panjang (gak bawa meteran). Papanjah 2007 bokap, begitu diisi kursi roda terlipat atau MTB sy, langsung penuh! Waktu kamis datang ke kantor, si inyong langsung diisi sama MTB (roda dilepas ya) yang sy bawa B2W. Masih banyak space tersisa. Tapi di sisi lain, sepertinya lebar ruang bagasi papanjah lebih lebar dibanding inyong. Next week mau coba ke rumah bokap bawa meteran.

Yang pasti, hari Sabtu kemarin, baris ketiga diisi sama sepupu yang tingginya 175 juga... "katanya" nyaman. Gak tau sekedar sopan atau emang nyaman...

Selain itu, satu hal lain yang sudah sy ganti adalah antenna. Baru dua hari kok pengang antenna rasanya sudah getas. Pengalaman di jess, antenna yang terbalut karet pecah-pecah setelah sekian tahun. Jadilah si antenna asli tersimpan manis bersama manual book, dan saya ganti pakai antenna full logam yang murah.
Last edited by Bodem on Mon Mar 10, 2014 3:47, edited 1 time in total.
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by DDR »

Hehehe baca review diatas ane senyum sendiri... soale postur ane juga gak jauh jauh sama Winnie the Pooh... :D nice additional review bro... tetep update yah terutama untuk perjalanan jauh ke luar kota...
sutan_bagindo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Jan 11, 2013 7:25

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by sutan_bagindo »

dogar wrote:OK sodarah-sodarah, setelah postingan pertama saya di sini,

Selesai urusan di Jkt sekitar jam 6 sore, di tol dalkot yg masih cet suracet itu MID menunjukkan angka bervariasi antara 14-15km/l.
Waktunya balik bandung, dan setelah gelap baru ketauan lagi pelitnya Honda: huruf P,R,D,S,L di bawah tuas transmisi kagak nyala,

Apakah di MID tidak ada indicator sedang tune in di transmisi berapa...?
repot juga terlebih saat mengemudi malam, gak ketahuan lagi maen di transmisi brp-nya :big_think:
sutan_bagindo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Jan 11, 2013 7:25

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by sutan_bagindo »

dogar wrote:
HouseOfDetailing wrote:Perbandingan akselerasi keduanya gimana om?
Lio unggul tipis.

40-80kpj Lio =6s ; R3= 6,3s
0-100kpj Lio=14,9 ; R3=15,1
0-402m Lio19,5 ; R3=19,8

Yang menarik justru pada FC:
Dalkot Lio=1:12,8 ; R3=12,4
Lukot Lio=1: 15 ; R3=15,6
Konstan 100kpj Lio=1:20,5 ; R3=1:19

Menarik karena Lio 1500cc dan R3 1400cc.
Paling tidak hal ini cukup membuktikan bahwa teknologi mimpi buminya Honda tidak sekedar gimmick.
Powerful tapi irit, katanya.


Kenapa gak ditandinginnya sama GL yang sama2 1500cc yaak? :big_think:
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by Tomiko_Van »

sutan_bagindo wrote:
dogar wrote:OK sodarah-sodarah, setelah postingan pertama saya di sini,

Selesai urusan di Jkt sekitar jam 6 sore, di tol dalkot yg masih cet suracet itu MID menunjukkan angka bervariasi antara 14-15km/l.
Waktunya balik bandung, dan setelah gelap baru ketauan lagi pelitnya Honda: huruf P,R,D,S,L di bawah tuas transmisi kagak nyala,

Apakah di MID tidak ada indicator sedang tune in di transmisi berapa...?
repot juga terlebih saat mengemudi malam, gak ketahuan lagi maen di transmisi brp-nya :big_think:
Maksudnya nyala lampu di stick gear-nya mungkin... Setahu saya untuk Brio juga nggk nyala, Freed nggk nyala.. Yg nyala di Jazz, City & model keatasnya (civic, CRV, dll). Solusinya bisa di-modifikasi dgn menambah bohlah LED di dalam stick gear tsb..
アイドリング!!!
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by dogar »

sutan_bagindo wrote:
dogar wrote:OK sodarah-sodarah, setelah postingan pertama saya di sini,

Selesai urusan di Jkt sekitar jam 6 sore, di tol dalkot yg masih cet suracet itu MID menunjukkan angka bervariasi antara 14-15km/l.
Waktunya balik bandung, dan setelah gelap baru ketauan lagi pelitnya Honda: huruf P,R,D,S,L di bawah tuas transmisi kagak nyala,

Apakah di MID tidak ada indicator sedang tune in di transmisi berapa...?
repot juga terlebih saat mengemudi malam, gak ketahuan lagi maen di transmisi brp-nya :big_think:
Maksudnya di instrument cluster ya? Kalo di situ emang ada, lampu-lampunya ada di sebelah speedometer (tapi kalo pas siang kena matahari suka ngga keliatan mana yg nyala, di Yaris mah selalu kebaca mau siang segimana terangnya juga).
Lampu di bawah stik perseneleng itu yg ngga nyala, soalnya kalo di Yaris sih nyala. Kayak hal sepele sih, tapi kadang perlu juga.
User avatar
papa3r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Feb 14, 2014 5:05

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by papa3r »

dogar wrote:
sutan_bagindo wrote:
dogar wrote:OK sodarah-sodarah, setelah postingan pertama saya di sini,

Selesai urusan di Jkt sekitar jam 6 sore, di tol dalkot yg masih cet suracet itu MID menunjukkan angka bervariasi antara 14-15km/l.
Waktunya balik bandung, dan setelah gelap baru ketauan lagi pelitnya Honda: huruf P,R,D,S,L di bawah tuas transmisi kagak nyala,

Apakah di MID tidak ada indicator sedang tune in di transmisi berapa...?
repot juga terlebih saat mengemudi malam, gak ketahuan lagi maen di transmisi brp-nya :big_think:
Maksudnya di instrument cluster ya? Kalo di situ emang ada, lampu-lampunya ada di sebelah speedometer (tapi kalo pas siang kena matahari suka ngga keliatan mana yg nyala, di Yaris mah selalu kebaca mau siang segimana terangnya juga).
Lampu di bawah stik perseneleng itu yg ngga nyala, soalnya kalo di Yaris sih nyala. Kayak hal sepele sih, tapi kadang perlu juga.
Iye bener om....pas siang suka susah liatnye.....ibarat mata silau kali ye...?
tapi dibikinin..
CAT HAT
Image

Ehhh...salah...ngaanu,,,mangsud ane cluster hat d tambah 2-4 cm lagi saya rasa dach gak silau lagi...alias kliatan.... :mky_04:
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by stevenanthony »

dogar wrote:
Kesimpulan:
Tidak nyesel beli Lio. Tapi akan ada potensi nyesel kalo dalam 6 bulan ke depan HPM mengeluarkan versi facelift atau bahkan face/off
nya dgn selisih harga yg tipis.
Kayaknya adanya mobilio rs om berdasar website sebelah (katanya) kalo harganya *katanya* 214-225 jt hehe.
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by madcat015 »

stevenanthony wrote:
dogar wrote:
Kesimpulan:
Tidak nyesel beli Lio. Tapi akan ada potensi nyesel kalo dalam 6 bulan ke depan HPM mengeluarkan versi facelift atau bahkan face/off
nya dgn selisih harga yg tipis.
Kayaknya adanya mobilio rs om berdasar website sebelah (katanya) kalo harganya *katanya* 214-225 jt hehe.
Ahhh... tidak perlu ada penyesalan om dogar...

Selama mobil idaman yang disanggupi dapat terbeli, sudah sepantasnya kita bersyukur. :mky_01:

Yg menyesal, kalo uda nabung, begitu duid cukup, eh, harga mobil naik :frm_bang_head:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by stevenanthony »

madcat015 wrote:
stevenanthony wrote:
dogar wrote:
Kesimpulan:
Tidak nyesel beli Lio. Tapi akan ada potensi nyesel kalo dalam 6 bulan ke depan HPM mengeluarkan versi facelift atau bahkan face/off
nya dgn selisih harga yg tipis.
Kayaknya adanya mobilio rs om berdasar website sebelah (katanya) kalo harganya *katanya* 214-225 jt hehe.
Ahhh... tidak perlu ada penyesalan om dogar...

Selama mobil idaman yang disanggupi dapat terbeli, sudah sepantasnya kita bersyukur. :mky_01:

Yg menyesal, kalo uda nabung, begitu duid cukup, eh, harga mobil naik :frm_bang_head:
betul om ... daripada bosen pake apeve terus.. :big_grin:
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
papa3r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Feb 14, 2014 5:05

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by papa3r »

madcat015 wrote:
Ahhh... tidak perlu ada penyesalan om dogar...

Selama mobil idaman yang disanggupi dapat terbeli, sudah sepantasnya kita bersyukur. :mky_01:

Yg menyesal, kalo uda nabung, begitu duid cukup, eh, harga mobil naik :frm_bang_head:
wehh....
sepertinye wangsit nech....
alert....alert...hAnDO price to low !!....pull up !...pull up !!!....tet...tet...tet.... :big_chicken:

.............~~~~% :ngacir:

@ Om Dogar....selamat kite om...udech doloan pake Parasut..... :mky_02:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by dogar »

madcat015 wrote:
Ahhh... tidak perlu ada penyesalan om dogar...

Selama mobil idaman yang disanggupi dapat terbeli, sudah sepantasnya kita bersyukur. :mky_01:

Yg menyesal, kalo uda nabung, begitu duid cukup, eh, harga mobil naik :frm_bang_head:
Betul banget, semua harus disyukuri, tapi bukan disukurin.
(dalam bahasa indonesia disyukuri dan disukurin suka beda artinya :D)
papa3r wrote:
@ Om Dogar....selamat kite om...udech doloan pake Parasut..... :mky_02:
Yoi, selamet kita.
Denger dari sales hando, biasanya hando akan menaikkan harga 2x dlm setahun, kalo toyato 3x katanya sih (apa kebalikannya ya, lupa nih).
Dalam kondisi ekonomi 'normal' bulan kenaikan biasanya mei/juni & oktober/november.

http://oto.detik.com/read/2014/03/12/17 ... o991103638
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by dogar »

stevenanthony wrote:
dogar wrote:
Kesimpulan:
Tidak nyesel beli Lio. Tapi akan ada potensi nyesel kalo dalam 6 bulan ke depan HPM mengeluarkan versi facelift atau bahkan face/off
nya dgn selisih harga yg tipis.
Kayaknya adanya mobilio rs om berdasar website sebelah (katanya) kalo harganya *katanya* 214-225 jt hehe.
Kalo tampilan RS seperti foto2 yg beredar selama ini rasanya ngga worthed jika harganya sampe 225 jt, kecuali kalau ada improvement
di interior juga (dasbornya itu lhooo hehe).
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT

Post by stevenanthony »

dogar wrote:
stevenanthony wrote:
dogar wrote:
Kesimpulan:
Tidak nyesel beli Lio. Tapi akan ada potensi nyesel kalo dalam 6 bulan ke depan HPM mengeluarkan versi facelift atau bahkan face/off
nya dgn selisih harga yg tipis.
Kayaknya adanya mobilio rs om berdasar website sebelah (katanya) kalo harganya *katanya* 214-225 jt hehe.
Kalo tampilan RS seperti foto2 yg beredar selama ini rasanya ngga worthed jika harganya sampe 225 jt, kecuali kalau ada improvement
di interior juga (dasbornya itu lhooo hehe).
Setuju om. IMHO prestige aja udah ngga worthed cuma beda chrome2 an tapi harga nyentuh kepala 2 (otr di bbrp tempat)
2015 Honda HR-V E CVT