Review... Toyota Nav1 2013 V
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Review... Toyota Nav1 2013 V
Salam sejahtera para momod, rekan setia SMers, silent reader (emang klo baca berita di forum SM ini ada yg beneran bersuara yah...? )
ijinkan saya mencoba mereview peliharaan titipan bokap saya yg ntah sampai kapan berada di rumah saya,,,
Toyota Nav1 (ntah dibaca navi ato navwan kependekan dari kata 'navigator one', yg pasti ini nama ga sesuai dengan fungsi mobil ini sendiri dan akan saya jelaskan dipenghujung review )
Kronologi ga penting:
Awal mula ini mobil bisa tau2 dibeli tidak lain krn diskon sebesar 80jt (official 70jt), tadi nya bokap berencana mengambil Ipah ntah bensin ato diesel sebagai kendaraan tempur (dan saya rasa pilihan yg bijak mengingat usia bokap yg sudah 67tahun) menggantikan habanjah miliknya sekarang...
Namun krn info diskon yg cukup besar dari sales langganan, akhirnya diputuskan, buat SPK dan tanda jadi dalam waktu kurang dari 3jam... tanpa tes drive, tanpa saran dari nyokap ane dan seluruh anggota keluarga yg terdaftar... Alasannya: itung2 beda dikit harga nya sama Ipah tp lebih bergengsi pake ini (Nav1) katanya...
Eksterior:
Menurut selera saya dan mayoritas SM-ers (berdasarkan yg saya baca di topik2 ttg trio roti tawar) adalah yg terburuk di antara pesaingnya (Biante dan C26)
Jadi utk foto terpaksa saya tampilkan dari web aja yah... soalnya udah sempet coba foto dr berbagai sudut tidak ada yg bisa menampilkan kesan menarik nya..
Score: 7/10
Interior/Inside:
Yup, harusnya ini lah yg menjadi senjata utama dari MPV roti tawar.
Dimana material dashboard dibuat dari hard plastik seperti pada umumnya..
Sudah dilengkapi dgn MID beserta indicator apabila ada pintu yg belum tertutup serta bunyi pengingat utk pake safetybelt
Blower AC sampai dengan baris ke-3
Kesan setelah mengeksplorasi bagian dalam ini adalah:
- tempat yg menyenangkan utk anak2 terutama bermain hide and seek (maksudnya sembunyikan suatu benda di beberapa tempat menaruh barang/botol/whatever yg tersedia)
- Lampu, lampu dan Lampu...
- Detail, yup hal2 terkecil yg menurut bbrp orang ga penting tersedia disini dan memang berguna..
- Akses mudah, bahkan hanya perlu membuka salah satu pintu utk memasukkan 7 orang tanpa harus ada urutan siapa yg harus masuk dulu.
Score: 9/10
Kenyamanan dan akomodasi:
- Suspensi tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras, pas menurut saya..
- Jok cukup empuk dan nyaman untuk diduduki baik dari segi driver maupun penumpang..
- kemampuan menampung barang agak kurang karena bangku baris ke-2 hanya bisa digeser dan diputar dan tidak dapat dicopot, jok belakang lipat ke samping dan agak sulit utk dicopot.
- Kekedapan kabin okelah, malah waktu pertama kali naik ini mobil istri saya nanya mesin nya mati ato nyala... (maklum biasa denger suara mesin dibawah bangku), hening (bisa dibayangkan apabila mobil ini tidak mempunyai Radio/DVD player, pastinya akan membosankan, namun cocok utk penumpang bila ingin bermeditasi)
Score: 8/10
Engine bay:
- Mesin yg digunakan dgn kode 3ZR-FAE 2000cc dengan Power: 158HP/6200 dan Torsi 200nm/4400 (yg setelah dicari info nya melalui mbah gugel dan bang wiki ternyata dipakai juga pd Toyota RAV4) dengan teknologi valvematic (whatever it is..)
- Transmisi CVT dgn Shiftronic 7percepatan (berfungsi utk downshift tepatnya klo menurut saya).
Driving Impression:
-ECo Drive
Begitu tuas presneling masuk ke D, hentakan kecil, lepas rem dan mobil pun meluncur pelan...
Selamat..!, anda menjadi ECO driver ditandai dengan lampu ECO yg menyala..
Injak gas pelan2, halus dan pertahankan RPM tetap dibawah 2000 ato lampu ECO itu akan mati apabila anda melakukan sebaliknya...
Hasil nya: dengan muatan 4orang dewasa dan 2 balita (selalu) didapat 1L utk 5km rute dalam kota macet stop and go menggunakan pertamax , namun utk lalu lintas lancar/tol bisa sekitar 12km/Liter
-Agresive Mode
Tersiksa dengan kondisi jalan kalem mengalah kepada duo kaleng, taksi, mikrolet saat nya melepaskan belenggu dengan kickdown di toll... Hasilnya..? begitu pedal diinjak rata, decitan ban diiringi asap ban, badan terhempas kebelakang, sedikit putar setir ke kiri dan counter ke kanan maka bokong terseret kedepan...
Wait..!! You must be joking or dreaming boy...,yg barusan anda bayangkan adalah test drive versi acara Top Gear
It's a high roof MPV with CVT!! None can do that..
Anyway, sebenernya mobil ini cukup bertenaga apabila anda memang tega memperlakukan demikian, di toll lancar jaya mobil ini masih mampu mengalahkan akselerasi taksi vios terbaru dalam memperebutkan jalur kosong dan kejar2an dengan mobil travel Cipaganti.
Score: 7/10
Handling dan Suspensi:
Sekedar mengingatkan bahwa ini adalah High roof MPV, jangan bayangkan bisa membuat donut ato angka 8 di aspal, menyelak lincah ditengah kemacetan, zigzag ala Hatchback.
Setir cukup mampu mengikuti keinginan saya, tidak ringan dan juga tidak berat, cukup lugas utk berkelit menghindari lubang ato kucing yg tiba2 nyelonong...
Suspensi seperti yg saya sampaikan sebelumnya, pas, dijalan tol tidak terlalu limbung, dibawa jalanan bergelombang tidak terlalu empuk.
Score: 7.5/10
Fitur:
- ABS dan EBD
- Immo + Smart Entry&Star system
- Dual Auto Sliding Door
- AC Dual zone
- Airbag 2 buah
- Rear Parking Camera + Sensor 4sudut
- GPS <- This is the inspiration of its name
Pros:
+ Kabin senyap
+ Suspensi
+ Nyaman utk penumpang dan driver
+ Banyak laci/tempat penyimpanan dan lampu
+ Lega
Cons:
- Ga bisa dibilang irit meski udah pake pertamax
- Ground clearance rendah, lebih rendah daripada avanza sehingga utk ganti oli aja mesti pake dongkrak dan pernah mentok poldur
- Fake Shiftron yg nyata nya lebih berfungsi utk downshift aja, utk upshift apabila rpm blm diatas 1500 tidak bisa (blm tau jg sih klo Geared A/T shiftron spt ini ato ngga)
- Fake ECO Drive mode, yg bilamana hanya menyala apabila kondisi tuas presneling diposisi D dan rpm dibawah 2000
- GPS NAvigasi yang amat bodoh, jangan percaya sama pengarahannya, gunakan saja sebagai peta/map, itu pun klo sdh up to date!!
Kesimpulan:
- Jika anda masih single / masih kuliah / baru kerja pastinya tidak cocok karena anda akan sangat kesepian di dalam mobil
- Jika anda memilih mobil ini sebagai mobil pertama, err.. sebaiknya anda pertimbangkan yg lain dulu
- Jika anda seorang speed freak ato off-roader pastinya jangan ambil ini mobil
- Jika anda ingin mencari pacar jangan pakai mobil ini kecuali utk bawa calon mertua jalan2...
- Jika anda sudah berkeluarga dan ingin menyenangkan istri, anak2 termasuk babysitter anda? Yes, it's a good choice
- Jika anda seorang modifikator dan hobby utak-utik mobil spt nya ini cocok utk project terbaru anda
- Jika anda seorang istri dgn suami paruh baya yg mulai mapan, ya suruh dia beli mobil ini alih2 Miata ato Mini cooper
- Jika anda seorang wanita shopaholic dan suka berdandan dimobil... Ya mobil ini cukup luas utk menaruh barang belanjaan dan meletakkan pernak-pernik/kebutuhan/sepatu/tas cadangan anda... tp pakai supir yah...
Last words: Doesn't really matter what the eyes are seeing coz I'm in love with the inner being...
Sekian review dari saya, mohon maaf klo ada salah kata/ salah maksud/ salah ketik/ salah kamar ato salah forum...
ijinkan saya mencoba mereview peliharaan titipan bokap saya yg ntah sampai kapan berada di rumah saya,,,
Toyota Nav1 (ntah dibaca navi ato navwan kependekan dari kata 'navigator one', yg pasti ini nama ga sesuai dengan fungsi mobil ini sendiri dan akan saya jelaskan dipenghujung review )
Kronologi ga penting:
Awal mula ini mobil bisa tau2 dibeli tidak lain krn diskon sebesar 80jt (official 70jt), tadi nya bokap berencana mengambil Ipah ntah bensin ato diesel sebagai kendaraan tempur (dan saya rasa pilihan yg bijak mengingat usia bokap yg sudah 67tahun) menggantikan habanjah miliknya sekarang...
Namun krn info diskon yg cukup besar dari sales langganan, akhirnya diputuskan, buat SPK dan tanda jadi dalam waktu kurang dari 3jam... tanpa tes drive, tanpa saran dari nyokap ane dan seluruh anggota keluarga yg terdaftar... Alasannya: itung2 beda dikit harga nya sama Ipah tp lebih bergengsi pake ini (Nav1) katanya...
Eksterior:
Menurut selera saya dan mayoritas SM-ers (berdasarkan yg saya baca di topik2 ttg trio roti tawar) adalah yg terburuk di antara pesaingnya (Biante dan C26)
Jadi utk foto terpaksa saya tampilkan dari web aja yah... soalnya udah sempet coba foto dr berbagai sudut tidak ada yg bisa menampilkan kesan menarik nya..
Score: 7/10
Interior/Inside:
Yup, harusnya ini lah yg menjadi senjata utama dari MPV roti tawar.
Dimana material dashboard dibuat dari hard plastik seperti pada umumnya..
Sudah dilengkapi dgn MID beserta indicator apabila ada pintu yg belum tertutup serta bunyi pengingat utk pake safetybelt
Blower AC sampai dengan baris ke-3
Kesan setelah mengeksplorasi bagian dalam ini adalah:
- tempat yg menyenangkan utk anak2 terutama bermain hide and seek (maksudnya sembunyikan suatu benda di beberapa tempat menaruh barang/botol/whatever yg tersedia)
- Lampu, lampu dan Lampu...
- Detail, yup hal2 terkecil yg menurut bbrp orang ga penting tersedia disini dan memang berguna..
- Akses mudah, bahkan hanya perlu membuka salah satu pintu utk memasukkan 7 orang tanpa harus ada urutan siapa yg harus masuk dulu.
Score: 9/10
Kenyamanan dan akomodasi:
- Suspensi tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras, pas menurut saya..
- Jok cukup empuk dan nyaman untuk diduduki baik dari segi driver maupun penumpang..
- kemampuan menampung barang agak kurang karena bangku baris ke-2 hanya bisa digeser dan diputar dan tidak dapat dicopot, jok belakang lipat ke samping dan agak sulit utk dicopot.
- Kekedapan kabin okelah, malah waktu pertama kali naik ini mobil istri saya nanya mesin nya mati ato nyala... (maklum biasa denger suara mesin dibawah bangku), hening (bisa dibayangkan apabila mobil ini tidak mempunyai Radio/DVD player, pastinya akan membosankan, namun cocok utk penumpang bila ingin bermeditasi)
Score: 8/10
Engine bay:
- Mesin yg digunakan dgn kode 3ZR-FAE 2000cc dengan Power: 158HP/6200 dan Torsi 200nm/4400 (yg setelah dicari info nya melalui mbah gugel dan bang wiki ternyata dipakai juga pd Toyota RAV4) dengan teknologi valvematic (whatever it is..)
- Transmisi CVT dgn Shiftronic 7percepatan (berfungsi utk downshift tepatnya klo menurut saya).
Driving Impression:
-ECo Drive
Begitu tuas presneling masuk ke D, hentakan kecil, lepas rem dan mobil pun meluncur pelan...
Selamat..!, anda menjadi ECO driver ditandai dengan lampu ECO yg menyala..
Injak gas pelan2, halus dan pertahankan RPM tetap dibawah 2000 ato lampu ECO itu akan mati apabila anda melakukan sebaliknya...
Hasil nya: dengan muatan 4orang dewasa dan 2 balita (selalu) didapat 1L utk 5km rute dalam kota macet stop and go menggunakan pertamax , namun utk lalu lintas lancar/tol bisa sekitar 12km/Liter
-Agresive Mode
Tersiksa dengan kondisi jalan kalem mengalah kepada duo kaleng, taksi, mikrolet saat nya melepaskan belenggu dengan kickdown di toll... Hasilnya..? begitu pedal diinjak rata, decitan ban diiringi asap ban, badan terhempas kebelakang, sedikit putar setir ke kiri dan counter ke kanan maka bokong terseret kedepan...
Wait..!! You must be joking or dreaming boy...,yg barusan anda bayangkan adalah test drive versi acara Top Gear
It's a high roof MPV with CVT!! None can do that..
Anyway, sebenernya mobil ini cukup bertenaga apabila anda memang tega memperlakukan demikian, di toll lancar jaya mobil ini masih mampu mengalahkan akselerasi taksi vios terbaru dalam memperebutkan jalur kosong dan kejar2an dengan mobil travel Cipaganti.
Score: 7/10
Handling dan Suspensi:
Sekedar mengingatkan bahwa ini adalah High roof MPV, jangan bayangkan bisa membuat donut ato angka 8 di aspal, menyelak lincah ditengah kemacetan, zigzag ala Hatchback.
Setir cukup mampu mengikuti keinginan saya, tidak ringan dan juga tidak berat, cukup lugas utk berkelit menghindari lubang ato kucing yg tiba2 nyelonong...
Suspensi seperti yg saya sampaikan sebelumnya, pas, dijalan tol tidak terlalu limbung, dibawa jalanan bergelombang tidak terlalu empuk.
Score: 7.5/10
Fitur:
- ABS dan EBD
- Immo + Smart Entry&Star system
- Dual Auto Sliding Door
- AC Dual zone
- Airbag 2 buah
- Rear Parking Camera + Sensor 4sudut
- GPS <- This is the inspiration of its name
Pros:
+ Kabin senyap
+ Suspensi
+ Nyaman utk penumpang dan driver
+ Banyak laci/tempat penyimpanan dan lampu
+ Lega
Cons:
- Ga bisa dibilang irit meski udah pake pertamax
- Ground clearance rendah, lebih rendah daripada avanza sehingga utk ganti oli aja mesti pake dongkrak dan pernah mentok poldur
- Fake Shiftron yg nyata nya lebih berfungsi utk downshift aja, utk upshift apabila rpm blm diatas 1500 tidak bisa (blm tau jg sih klo Geared A/T shiftron spt ini ato ngga)
- Fake ECO Drive mode, yg bilamana hanya menyala apabila kondisi tuas presneling diposisi D dan rpm dibawah 2000
- GPS NAvigasi yang amat bodoh, jangan percaya sama pengarahannya, gunakan saja sebagai peta/map, itu pun klo sdh up to date!!
Kesimpulan:
- Jika anda masih single / masih kuliah / baru kerja pastinya tidak cocok karena anda akan sangat kesepian di dalam mobil
- Jika anda memilih mobil ini sebagai mobil pertama, err.. sebaiknya anda pertimbangkan yg lain dulu
- Jika anda seorang speed freak ato off-roader pastinya jangan ambil ini mobil
- Jika anda ingin mencari pacar jangan pakai mobil ini kecuali utk bawa calon mertua jalan2...
- Jika anda sudah berkeluarga dan ingin menyenangkan istri, anak2 termasuk babysitter anda? Yes, it's a good choice
- Jika anda seorang modifikator dan hobby utak-utik mobil spt nya ini cocok utk project terbaru anda
- Jika anda seorang istri dgn suami paruh baya yg mulai mapan, ya suruh dia beli mobil ini alih2 Miata ato Mini cooper
- Jika anda seorang wanita shopaholic dan suka berdandan dimobil... Ya mobil ini cukup luas utk menaruh barang belanjaan dan meletakkan pernak-pernik/kebutuhan/sepatu/tas cadangan anda... tp pakai supir yah...
Last words: Doesn't really matter what the eyes are seeing coz I'm in love with the inner being...
Sekian review dari saya, mohon maaf klo ada salah kata/ salah maksud/ salah ketik/ salah kamar ato salah forum...
I am a Driver... not a Racer...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Nice review.sebenernya ini mobil not bad, cuman dikasi pelek alay aja. Ganti pelek bekas camry atau alphard gen terakhir tampangnya naik 1000%.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7389
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Thn 2011 sy pernah beli yg noah dr ayunjaya. Saat itu cuma ada warna hitam pearl.
Bedanya yg sy punya (selain beda harga) itu ada dual glassroofs yg dpn hanya pop up opening n yg diatas row2 bisa slide off. Ada powerback door n row2 itu benchseat tapi terbagi dua yg masing masing bisa diputar jadi back facing. Juga ada cruise control yg jarang dipakai krn traffic bgt padat di jkt
Lainnya secara physical sama dg yg namanya nav1 termasuk roda aluminum. Ban std saat itu adalah toyo? Sy suka mobil ini punya bgt byk goods compartment trmsk di dpn steering wheel.
FC selama 10bln dlm ownership sy kira kira 1:9 dlm kota dgn bensin subsidy n sy tdk tau dgn jenis lain krn tdk pernah. Sy suka dgn enjin corolla yg terpasang. Ohia air filter krn saat itu masih std negara asal, sy ganti di a2000 dgn punya tyt yaris n harga nya saat itu rp 124,000 plus tax
Dulu std juga ada backview camera dan emergency flare up stick yg biasanya mobil JDM ada di kiri bawah glovebox
Mobil sy jual saat odo 7,990 km
Bedanya yg sy punya (selain beda harga) itu ada dual glassroofs yg dpn hanya pop up opening n yg diatas row2 bisa slide off. Ada powerback door n row2 itu benchseat tapi terbagi dua yg masing masing bisa diputar jadi back facing. Juga ada cruise control yg jarang dipakai krn traffic bgt padat di jkt
Lainnya secara physical sama dg yg namanya nav1 termasuk roda aluminum. Ban std saat itu adalah toyo? Sy suka mobil ini punya bgt byk goods compartment trmsk di dpn steering wheel.
FC selama 10bln dlm ownership sy kira kira 1:9 dlm kota dgn bensin subsidy n sy tdk tau dgn jenis lain krn tdk pernah. Sy suka dgn enjin corolla yg terpasang. Ohia air filter krn saat itu masih std negara asal, sy ganti di a2000 dgn punya tyt yaris n harga nya saat itu rp 124,000 plus tax
Dulu std juga ada backview camera dan emergency flare up stick yg biasanya mobil JDM ada di kiri bawah glovebox
Mobil sy jual saat odo 7,990 km
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Wow... ripiu yang sangat menarik dengan bahasa yg ringan dan humor slapstick...
Very good review indeed, om ALX7.
Memang NAV-1 bisa dikatakan roti tawar paling tawar diantara pilihan roti tawar yang ada...
Tapi jangan dibandingkan sama Ipah, Nav-1 atau bakwan ini memang beda kasta... PSD dengan body kotak. Boxy, Voxy, Noah, Nav-1, bakwan... you name it...
Sejenak ane sempat bengong, tes akselerasi nya gahar banget... ternyata slapstick TG UK...
Dan referensi "kucing nylonong" membuat ane siap menekan tombol warn akibat tendensi PA nih...
Very good review indeed, om ALX7.
Memang NAV-1 bisa dikatakan roti tawar paling tawar diantara pilihan roti tawar yang ada...
Tapi jangan dibandingkan sama Ipah, Nav-1 atau bakwan ini memang beda kasta... PSD dengan body kotak. Boxy, Voxy, Noah, Nav-1, bakwan... you name it...
Sejenak ane sempat bengong, tes akselerasi nya gahar banget... ternyata slapstick TG UK...
Dan referensi "kucing nylonong" membuat ane siap menekan tombol warn akibat tendensi PA nih...
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Jun 04, 2008 2:06
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Great review om ALX7..
Dengan harga setelah diskon, tentunya mobil ini worth it pake banget..
Akhir desember kmrn diskonnya malah bisa naik sampai 90-100 jt, saking kurang lakunya ni mobil..
Dengan harga setelah diskon, tentunya mobil ini worth it pake banget..
Akhir desember kmrn diskonnya malah bisa naik sampai 90-100 jt, saking kurang lakunya ni mobil..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
[quote="dubz"]Nice review.sebenernya ini mobil not bad, cuman dikasi pelek alay aja. Ganti pelek bekas camry atau alphard gen terakhir tampangnya naik 1000%.[/quote]
Yup, pelek standard bawaannya mirip punya avz tipe G cuma digemukin batangnya...
Yup, pelek standard bawaannya mirip punya avz tipe G cuma digemukin batangnya...
I am a Driver... not a Racer...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Mon May 12, 2008 2:07
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Akhirnya keluar jg Review nav1... Mungkin buat sebagian org, tampanngnya paling basi... Cmn buat ane perhitungannya dengan diskon besar akhir tahun kmrn, jd sangat menarik... Ane nyaris beli, tp sbg silent reader di SM Nunggu Review nya kok gk keluar2...
Fuel consumption Nya General tuh 1:5km dal kot?
Fuel consumption Nya General tuh 1:5km dal kot?
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
review yang mantap bro
hal yg paling menarik dari NAV-1 ini adalah : diskonnya yg mencapai lebih dari 80juta.... gila banget
dgn diskon sebanyak itu... jelas mikir-mikir lagi kalo mau ambil ipah... krn totally on different class... tapi dengan price yang nggak jauh
sisanya... dibanding roti tawar lain dia paling tawar (sesuai kata modcat).... dimana Serena C26 maupun Biante SKYACTIV tampangnya lebih marketable...
dasbornya... kok ngeri amat yak ane liat di foto untuk mbl sekelas ini, ga heran kalo pasarannya ga laku amat dibanding C26 maupun Biante... lah wong dasbornya kaku banget gitu....
serius dalem kota 1 : 5 bro? padahal ktnya valvematic nya bikin irit
hal yg paling menarik dari NAV-1 ini adalah : diskonnya yg mencapai lebih dari 80juta.... gila banget
dgn diskon sebanyak itu... jelas mikir-mikir lagi kalo mau ambil ipah... krn totally on different class... tapi dengan price yang nggak jauh
sisanya... dibanding roti tawar lain dia paling tawar (sesuai kata modcat).... dimana Serena C26 maupun Biante SKYACTIV tampangnya lebih marketable...
dasbornya... kok ngeri amat yak ane liat di foto untuk mbl sekelas ini, ga heran kalo pasarannya ga laku amat dibanding C26 maupun Biante... lah wong dasbornya kaku banget gitu....
serius dalem kota 1 : 5 bro? padahal ktnya valvematic nya bikin irit
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
nice review
saya pernah masuk mobil ini dan interiornya memang top markotop
saya pernah masuk mobil ini dan interiornya memang top markotop
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
- Location: Buahbatu - Ciwastra
- Daily Vehicle: Toyota Veloz
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
ni review yang paling ane tunggu :mky-01:
rencananya mau ambil ini atau GNKI V Diesel AT, buat gantiin si Ody RB3
tapi kayanya yang cocok buat anak sma cuma ipah diesel ya
ground clereancenya lebi rendah ody atau nav1 bro kira-kira?
rencananya mau ambil ini atau GNKI V Diesel AT, buat gantiin si Ody RB3
tapi kayanya yang cocok buat anak sma cuma ipah diesel ya
ground clereancenya lebi rendah ody atau nav1 bro kira-kira?
continuously-variable
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Mon Dec 23, 2013 7:48
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
ikut nimbrung , pake nav1 dari pertengahan januari buat gantiin freed
betul yang paling menarik emang disc nya yang gede
fuel con nya untuk dalkot 1:9 mirip dengan freed .. untuk luar kota lom pernah pake ( masih dipake dalkot aja )
yang paling mengganggu GC nya rendah , banyak jalanan rusak akibat musim hujan .. ngeri kalo lewatin lobang
betul yang paling menarik emang disc nya yang gede
fuel con nya untuk dalkot 1:9 mirip dengan freed .. untuk luar kota lom pernah pake ( masih dipake dalkot aja )
yang paling mengganggu GC nya rendah , banyak jalanan rusak akibat musim hujan .. ngeri kalo lewatin lobang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Kalo nyetir sendiri, saran gue Ipah bro...
NAV1 ga cocok, kesannya kek supir...
Anggarkan 15-20 juta utk upgrade interior & mesin ini mbl... Dijamin Ipah ente jadi setan jalanan...
NAV1 ga cocok, kesannya kek supir...
Anggarkan 15-20 juta utk upgrade interior & mesin ini mbl... Dijamin Ipah ente jadi setan jalanan...
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
suka. & sependpat.
anyway, noah dan voxy gen baru udah diluncurkan bbrp minggu lalu di jepang, sambutannya sangat baik
anyway, noah dan voxy gen baru udah diluncurkan bbrp minggu lalu di jepang, sambutannya sangat baik
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Nice review
Biarpun jadi roti tawar paling cupu, tp harganya paling muraaah
BTW, NAV1 ini sebenernya paling irit lho dibandingkan 2 roti tawar pesaingnya, & bahkan lebih irit jauh dr ipah...
Biarpun jadi roti tawar paling cupu, tp harganya paling muraaah
BTW, NAV1 ini sebenernya paling irit lho dibandingkan 2 roti tawar pesaingnya, & bahkan lebih irit jauh dr ipah...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
- Location: Buahbatu - Ciwastra
- Daily Vehicle: Toyota Veloz
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
nyetir sendiri bro, tapi yang ane suka dari nav1 tuh interiornya model walk-through, kesannya lega banget gituricz wrote:Kalo nyetir sendiri, saran gue Ipah bro...
NAV1 ga cocok, kesannya kek supir...
Anggarkan 15-20 juta utk upgrade interior & mesin ini mbl... Dijamin Ipah ente jadi setan jalanan...
kalo pake supir sih ga bisa menikmati mobil sama ga bisa "berbuat"
continuously-variable
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
aerotourersora wrote:nyetir sendiri bro, tapi yang ane suka dari nav1 tuh interiornya model walk-through, kesannya lega banget gituricz wrote:Kalo nyetir sendiri, saran gue Ipah bro...
NAV1 ga cocok, kesannya kek supir...
Anggarkan 15-20 juta utk upgrade interior & mesin ini mbl... Dijamin Ipah ente jadi setan jalanan...
kalo pake supir sih ga bisa menikmati mobil sama ga bisa "berbuat"
"berbuat?"
*waktunya pesan gorden buat kapal induk ane...*
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
walah udah taun 2014 gini masih mikirin kesan supir ricz? :ricz wrote:Kalo nyetir sendiri, saran gue Ipah bro...
NAV1 ga cocok, kesannya kek supir...
Anggarkan 15-20 juta utk upgrade interior & mesin ini mbl... Dijamin Ipah ente jadi setan jalanan...
EGP lahr
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7389
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
tdk heran kalo dash area terlihat outdated dibanding competitors krn yg (indo) current model ini sdh diproduksi (JDM) sejak 2007. sy sebelumnya pernah sewa yg thn 2001 (rental coy nya saat itu bilang mrk beli dari simprug mobil).
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
full enjin upgred sampe 250hp+, yess.... jadi speedboatricz wrote:Kalo nyetir sendiri, saran gue Ipah bro...
NAV1 ga cocok, kesannya kek supir...
Anggarkan 15-20 juta utk upgrade interior & mesin ini mbl... Dijamin Ipah ente jadi setan jalanan...
anggarkan untuk unichip, exhaust, filter, high-grip tyres, suspension kit, dan underbrace....
tenaga besar susah belok? kuliah dulu di Madcat Driving School.... bagaimana menjinakkan kapal tempur di jalanan...
"if you can't turn it fast, slide it!" - General Madcat, 2014
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
ChZ wrote:full enjin upgred sampe 250hp+, yess.... jadi speedboatricz wrote:Kalo nyetir sendiri, saran gue Ipah bro...
NAV1 ga cocok, kesannya kek supir...
Anggarkan 15-20 juta utk upgrade interior & mesin ini mbl... Dijamin Ipah ente jadi setan jalanan...
anggarkan untuk unichip, exhaust, filter, high-grip tyres, suspension kit, dan underbrace....
tenaga besar susah belok? kuliah dulu di Madcat Driving School.... bagaimana menjinakkan kapal tempur di jalanan...
"if you can't turn it fast, slide it!" - General Madcat, 2014
Navigation... prepare for legal U-Turn!
Main deck... tie all those planes to safety, Weaponry... secure all warheads...
Kitchen... make safe my lunch bowl...
Propulsion... gimme powaaaahhhh! Overload the reactor, revved up the main shaft!
Helm... perform rudder check on this ship, 90 degrees starboard side on my mark....... ...... MARK!
All hands, you have permission to wet your pants now...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3148
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
mobil ini bagian depannya lumayan, masuk ke tengah molai rada2,, lihat belakangnya ,,,beughhhhhhh boring banget,, kesannya rata aja, untung masih dikasi stoplamp LED, kalo kaga bisa dikira GM......plus dengan lampu stoplamp yang vertikalll,, come on mobil 400 juta nih tam cuma dapet lampu belakang vertikal?
jadi gimana yah.. ga ada yg menarik kecuali diskon gede+ dan roomy interior, dah itu aja, klo dibanding innova V walopun dono masih lebih enak dilihatnya, apalagi bagian belakangny
*bukan hater nav1, dan fanboy innova, hanya opini aja ...
jadi gimana yah.. ga ada yg menarik kecuali diskon gede+ dan roomy interior, dah itu aja, klo dibanding innova V walopun dono masih lebih enak dilihatnya, apalagi bagian belakangny
*bukan hater nav1, dan fanboy innova, hanya opini aja ...
engine roaring!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Wah, pake bensin subsidi bisa dpt segitu...?newrubble wrote:Thn 2011 sy pernah beli yg noah dr ayunjaya. Saat itu cuma ada warna hitam pearl.
Bedanya yg sy punya (selain beda harga) itu ada dual glassroofs yg dpn hanya pop up opening n yg diatas row2 bisa slide off. Ada powerback door n row2 itu benchseat tapi terbagi dua yg masing masing bisa diputar jadi back facing. Juga ada cruise control yg jarang dipakai krn traffic bgt padat di jkt
Lainnya secara physical sama dg yg namanya nav1 termasuk roda aluminum. Ban std saat itu adalah toyo? Sy suka mobil ini punya bgt byk goods compartment trmsk di dpn steering wheel.
FC selama 10bln dlm ownership sy kira kira 1:9 dlm kota dgn bensin subsidy n sy tdk tau dgn jenis lain krn tdk pernah. Sy suka dgn enjin corolla yg terpasang. Ohia air filter krn saat itu masih std negara asal, sy ganti di a2000 dgn punya tyt yaris n harga nya saat itu rp 124,000 plus tax
Dulu std juga ada backview camera dan emergency flare up stick yg biasanya mobil JDM ada di kiri bawah glovebox
Mobil sy jual saat odo 7,990 km
Emang ga lemot yah? saya sih blm pernah isi premium 100%, biasa nya oplos perta+ 50:50
Ng,saya dulu sering liat ini mobil di Jl,PangJay, punya om bukan yah..?
Trus knp akhirnya dijual pdhal ODO blm genap 8000km..?
Thanks for the praise and Gotcha about the cat mod..madcat015 wrote:Wow... ripiu yang sangat menarik dengan bahasa yg ringan dan humor slapstick...
Very good review indeed, om ALX7.
Memang NAV-1 bisa dikatakan roti tawar paling tawar diantara pilihan roti tawar yang ada...
Tapi jangan dibandingkan sama Ipah, Nav-1 atau bakwan ini memang beda kasta... PSD dengan body kotak. Boxy, Voxy, Noah, Nav-1, bakwan... you name it...
Sejenak ane sempat bengong, tes akselerasi nya gahar banget... ternyata slapstick TG UK...
Dan referensi "kucing nylonong" membuat ane siap menekan tombol warn akibat tendensi PA nih...
Wah, akhirnya silent reader comment pertama kali di trit ane...sendguruh wrote:Akhirnya keluar jg Review nav1... Mungkin buat sebagian org, tampanngnya paling basi... Cmn buat ane perhitungannya dengan diskon besar akhir tahun kmrn, jd sangat menarik... Ane nyaris beli, tp sbg silent reader di SM Nunggu Review nya kok gk keluar2...
Fuel consumption Nya General tuh 1:5km dal kot?
Ngg.., itu Syarat dan Ketentuan berlaku kok om..
Kebetulan saya tinggal ditengah kota Jakarta dgn rute yg macet stop and go dan selalu bawa 3 orang dewasa dan 2 balita lainnya...
Pelan merayap masih mending, yang terjadi 2 detik jalan, trus tau2 harus berhenti trus berulang2..
klo weekend yg ga terlalu rame sih yah 1L:8km kok...
Thanks bro ChZ..ChZ wrote:review yang mantap bro
hal yg paling menarik dari NAV-1 ini adalah : diskonnya yg mencapai lebih dari 80juta.... gila banget
dgn diskon sebanyak itu... jelas mikir-mikir lagi kalo mau ambil ipah... krn totally on different class... tapi dengan price yang nggak jauh
sisanya... dibanding roti tawar lain dia paling tawar (sesuai kata modcat).... dimana Serena C26 maupun Biante SKYACTIV tampangnya lebih marketable...
dasbornya... kok ngeri amat yak ane liat di foto untuk mbl sekelas ini, ga heran kalo pasarannya ga laku amat dibanding C26 maupun Biante... lah wong dasbornya kaku banget gitu....
serius dalem kota 1 : 5 bro? padahal ktnya valvematic nya bikin irit
Yup, ane pun setuju klo Biante ato C26 jauh lebih menarik dari segi eksterior dan beda tipis di interior ato pun performance, tp ya itu setelah didiskon jadi nya merasa lebih pantas dari 2 kompetitor nya...
1L:5km itu anggap lah seboros2nya... soalnya kan itu saya umpama kan kondisi full stop and go..
Soalnya pernah 1 hari abis isi full tank trus keluar pom bensin macet stop n go sampai tujuan yg cuman 15 km eh indicator Fuel udah turun dikit, dan pastinya saya bawa penumpang 3 orang dewasa lainnya beserta 2 balita dan barang2 bawaannya...
Tp menurut saya mestinya lebih irit dari Ipah vvti sih.
Mobil ini GC nya tanpa penumpang 15,5cm aja, klo udah ditambah penumpang yah....aerotourersora wrote:ni review yang paling ane tunggu :mky-01:
rencananya mau ambil ini atau GNKI V Diesel AT, buat gantiin si Ody RB3
tapi kayanya yang cocok buat anak sma cuma ipah diesel ya
ground clereancenya lebi rendah ody atau nav1 bro kira-kira?
Wah, saya mesti belajar driving dari anda nih...bedil wrote:ikut nimbrung , pake nav1 dari pertengahan januari buat gantiin freed
betul yang paling menarik emang disc nya yang gede
fuel con nya untuk dalkot 1:9 mirip dengan freed .. untuk luar kota lom pernah pake ( masih dipake dalkot aja )
yang paling mengganggu GC nya rendah , banyak jalanan rusak akibat musim hujan .. ngeri kalo lewatin lobang
Btw, isi apa bro..?
kan krn harga 400jt makanya ga laku om, setelah dipotong minimal jd 320jt ya boleh lah..walid_007 wrote:mobil ini bagian depannya lumayan, masuk ke tengah molai rada2,, lihat belakangnya ,,,beughhhhhhh boring banget,, kesannya rata aja, untung masih dikasi stoplamp LED, kalo kaga bisa dikira GM......plus dengan lampu stoplamp yang vertikalll,, come on mobil 400 juta nih tam cuma dapet lampu belakang vertikal?
jadi gimana yah.. ga ada yg menarik kecuali diskon gede+ dan roomy interior, dah itu aja, klo dibanding innova V walopun dono masih lebih enak dilihatnya, apalagi bagian belakangny
*bukan hater nav1, dan fanboy innova, hanya opini aja ...
Alokasi dana nya di bagian interior, tuh banyak laci dan lampu2 kan...
Saya pun klo punya uang ga akan beli ini mobil om, cuma berhubung bukan saya yg beli dan ini hanya dititipkan ke saya saja..
I am a Driver... not a Racer...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Mon May 12, 2008 2:07
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Om AXL7.. Mo Nanya nih... Untuk suspensi kenyamanannya dibanding Innova gmn? LBH enak apa sama aja? Lbh worthed mn sm serena tipe X om? Itu lampu apa om yg di telapak tangan?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Mon May 12, 2008 2:07
Re: Review... Toyota Nav1 2013 V
Kebetulan ane emg nyari roti tawar buat keluarga kecil ane dgn tingkat fungsionalitas, kepraktisan dan FC yg memadai... Makasih om atas Review dan masukannya...