Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Tomiko_Van »

VanzMatic wrote:
-----simplified-----

Mungkin kita yang terlalu tergagap karena baru bisa menerima informasi informasi dari literatur literatur terkini, sehingga melupakan untuk sejenak menengok ke luar rumah, ada apa di sekitar kita, apa yang memang sedang terjadi sebenarnya, bukan dalam angan angan kepala kita tentang suatu idealisme tertentu.

Cari yang cocok di hati, tanpa perlu menjelek jelekkan produk lain.
Itu jauh lebih dewasa, IMHO...
:big_blushing:
Nah itu setuju sekali om, harapannya "mindset" itu selalu digunakan, termasuk untuk review mobil2 di SM ini.
Tomiko_Van wrote:Respect every creation, sejelek/seburuk apapun suatu produk pasti ada nilai positifnya, nah nilai positif itu yg akan dijadikan acuan
アイドリング!!!
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by g4ndalf »

VanzMatic wrote:Tetangga di sebelah luar komplek rumah ane, baru saja nebus Suzuki Carry Futura 1,5 warna silver.

yaa bisa jadi dia suka modelnya. Sama seperti ane dulu suka model colt ss.

Not safe? Ya memang bener. Jangan sembrono lagi nyetirnya.

Mesin Panas? Memang betul. Tapi dia selalu pakai AC tuh.

Suspensi belakang suspensi mobil angkut pasir!! Betul. Ngga salah. Kalau bisa beli mobil dengan suspensi yang seperti duduk di atas awan, ngga usah mencela mobil menjadi ber kasta kasta gitu. Toh Kuda Diesel dan Kijang kapsul bersuspensi mobil pikap, tetap nyaman juga kok..

Nggada mobil angkut pasir, rumah ente ngga bisa dibangun juga.

Mungkin kita yang terlalu tergagap karena baru bisa menerima informasi informasi dari literatur literatur terkini, sehingga melupakan untuk sejenak menengok ke luar rumah, ada apa di sekitar kita, apa yang memang sedang terjadi sebenarnya, bukan dalam angan angan kepala kita tentang suatu idealisme tertentu.

Cari yang cocok di hati, tanpa perlu menjelek jelekkan produk lain.
Itu jauh lebih dewasa, IMHO...
:big_blushing:
Jadi mendingan mana avanza vs carry futura? ...sorry kalo OOT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Turboman »

Kalo buat angkut barang sih megang carry yah....per daun, bisa ditambah bilah daunnya daya angkut meningkat

tenaga kurang ? Robah final gear pake yg lebih kasar........

OOT:
Menurut sodara jauh yg bisnis sampingan jual beli mobil, paling enak trading mobil Box yg harga under cepek tiau, apalagi yg under 70 jt, muternya cepet, cuannya juga lezaaatttt (kalo saat ngangkat dapet harga bagus)

hi hi hiii
* Bukan ajakan Beli *
akur79
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by akur79 »

Andrian wrote: Setelah ane cari info sana - sini yang ane temui ada 3 :

1. Avanza
2. GL
3. R3
Dan setelah ane pikir2 maka pilihan ane adalah Avanza. Kenapa ?
Karena dari 6 kriteria diatas semua masuk. dengan kata lain Avanza adalah mobil yang bisa jadi kendaraan perang dan disiksa.

Kalau seandainya di ruma ane ada Avanza, GL dan R3, untuk kendaraan perang ane bakal milih Avanza. sedangkan untuk GL dan R3 ane akan pakai buat weakend saja.

*ini murni opini pribadi lho ya.. :big_peace: *
GL dan R3 nya banyak nganggur di rumah ya om? garasinya gak penuh? kalo penuh, diumpan lambung alias dilempar ke saya aja om daripada gak kepake.. nti bisa saya pake harian kok..

:big_blushing:

bagaimanapun avanza or innova memang mantap buat perang.. kenapa kok gak dibikin waktu jaman penjajahan dulu ya? lumayan tuh..
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ecco »

BradPitt wrote: Ok, anda benar bro vanzmatic. mugkin saya sempat nulis ada kata2 yg tdk diterima org lain tapi satu yg pasti hal saya tdk ada maksud menjelek2an sesuatu dan itu murni opini sy..krn saya tdk mau ada masalah maka saya sdh tulis kata maaf sampai 2x disini tapi org dgn nama tertentu tsb terus aja melanjutkan dan malah tambah mangolok2an hal tsb..Nah kalau seperti itu bgm?..saya masuk jd member seraya motor krn rekomendasi redaktur pelaksana sebuah majalah otomotif grup kompas..thanks
Sabar om sabar...
Namanya juga berforum, yang namanya pendapat tiap orang pasti beda2 dan tidak ada yang 100% benar atau 100% salah. Kata2 tertentu mungkin rada sensi buat orang tertentu dan kita semua bisa menjadi salah satu dari orang tertentu tersebut. SM tempat yang sangat menarik Om, saya belajar banyak dari para suhu di sini dan bisa dipastikan SM itu "wo hu cang long"...

Ikut komentar soal topik ah...
Kalau menurut pendapat saya pribadi, Dominasi Avanza-Innova (kijang) sulit diruntuhkan karena si pabrikan sendiri sudah mengerjakan PR mereka dengan sangat baik. Seperti ada suhu di sini yang udah nulis tentang sarana pendukungnya. Dengan begitu mudahnya akses ke ASS dan kenyataan di lapangan kalo barangnya emang cukup tahan banting, jadilah kombinasi sempurna untuk menjadi dagangan laris.
Kebetulan mangkok nasi saya di dunia IT dan dulu pernah kerja di perusahaan penyedia jaringan yang top markotop dengan kemampuan barang yang sebenernya gak sakti2 amat...tapi soal laku, jangan tanya...tiap ketemu prospek, itu PO udah ditangan tinggal gimana jual lebih aja. Perusahaan ini menurut saya udah kayak Toyota di Indonesia, mengerjakan PR dengan baik. Jaringan ASS ruar biasa, orang teknis yang mengerti produknya juga udah betebaran di mana2, sehingga calon pembeli itu tidak akan was2 kalo beli perangkat dan takut gak ada yang bisa mengoperasikan.
Avanza-Innova juga seperti itu kalo menurut saya, banyak banget yang ngerti, bengkel betebaran dimana2 dari yang resmi sampe yang pinggir jalan. spare part mudah didapat, harga nggak bikin miskin.
Kebetulan di rumah ada Yaris dari taon 2010, Dan salesnya sempet bilang ke saya (nggak tau bener tau nggak), "jual avanza mah (pada tahun 2010) gak dianggap Pak, gak dijual juga laku sendiri". Sama salesnya di kirimin sms secara rutin tentang promo produk lain dan kadang ditawarin: mau beli avanza nggak? ada tuh model baru.
Saya jawab "ogah", bukan karena gak punya duit atau bahkan kelebihan duit, tapi saya pribadi merasa itu mobil "mahal" karena mulai bandingin harga yang sama dengan merek2 lain. Tapi di komplek saya tinggal, hampir setiap rumah itu kalo yang punya mobil lebih dari sebiji salah satunya adalah avanza atau innova. Kalau yang punya mobil sebiji, persentase kalo mobil itu adalah avanza atau innova besar sekali. Kesimpulan saya pribadi adalah fitur buat orang itu beda2, ada yang merasa Audio itu super penting (istri saya salah satunya, saya nyaris gak pernah idupin audio di mobil), ada yang demen ama gadget demen bener sama voice control. Buat sebagian orang, ASS bagus, spare part murah dan cepat, tahan banting, adalah fitur2 yang sangat2 penting...
Mohon maap kalo ada kata2 yang oot :big_peace:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Godwill »

Ada lagi kehebatan TAM selain avanza-innova... skr kan motor merajalela.. merk Honda yang paling laris dan TAM jg yang punya.. beres honda motor jg ada dimana2, perawatan & sparepart gak mahal dan mudah dicari, hrg jual honda motor jg tinggi.. manajemen TAM memang jempolan
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ibar78 »

Godwill wrote:Ada lagi kehebatan TAM selain avanza-innova... skr kan motor merajalela.. merk Honda yang paling laris dan TAM jg yang punya.. beres honda motor jg ada dimana2, perawatan & sparepart gak mahal dan mudah dicari, hrg jual honda motor jg tinggi.. manajemen TAM memang jempolan

gitu aja repot #kata gus dur#....enak juga beli pake duit sendiri mau apa kek....drpd mobil banyak tahunya ditarik KPK.... :big_grin:

gw cerita aja...bukannya ga seneng ma pns...tapi...faktanya, kerjanya apa kok bisa bangun rumah, beli mobil wong kerjanya pagi2 cuman absen, trus balik, jem 2 balik ngantor...trus balik ke rumah lagi....akhir tahun dapet bagi2 duit ngabisin sisa anggaran....wow....dlk ke daerah rame2 cuman supaya jadi pasukan bodreknya sby....penggembira....kerjanya? ga tahulah....apa beneran kerja?....

udahlah mau mobil bagus atau jelek, disyukuri, disenangi, dimanfaatkan buat yang baik2, apalagi kita sudah berkeluarga....kalo beragama, kasih keluarga kita dengan duit halal....insya Allah, mobil ertiga, xenia baru, cx5, xv, new crv saya dari hasil yang halal....itu yg kita syurkuri...jgn baggain mobil cop n kantor....hari gini.... :big_comfort:
:popcorn:
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dubz »

kasian juga yg cop gak boleh banggain mobilnya... :big_think:
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by hitutbaw »

Mungkin saya agak berbeda..
Kalau imho saya malah setuju sama pendapat bro Bradpitt..
Kenapa avanza mendominasi berjaya digjaya di Indonesia? Lihat judulnya "mengapa sulit runtuhkan dominasi avanza..?" yaa karena sesuai dgn tipikal org Indonesia... Logic kan?

Gak ada unsur bermaksud menghina menurut saya dr bro Bradpitt..

Saya bangga jadi orang indonesia! Tp sy gak ngerasa terhina atau diserang dgn pendapat bro Bradpitt..

Kok "orangnya aja udah minta maaf isunya diangkat angkat lagi.." Yaa soalnya krn kl menurut saya sih Bro BradPitt gak perlu minta maaf..

Cm sekedar beropini..namanya forum. Sy minta maaf ya kl ada yg tersinggung..

Loh kok minta maaf? Ya gpp kan sy yg minta maaf..gak salahkan?

Hihihihi..
IndoMild
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Feb 26, 2014 9:18

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by IndoMild »

hitutbaw wrote:Mungkin saya agak berbeda..
Kalau imho saya malah setuju sama pendapat bro Bradpitt..
Kenapa avanza mendominasi berjaya digjaya di Indonesia? Lihat judulnya "mengapa sulit runtuhkan dominasi avanza..?" yaa karena sesuai dgn tipikal org Indonesia... Logic kan?

Gak ada unsur bermaksud menghina menurut saya dr bro Bradpitt..

Saya bangga jadi orang indonesia! Tp sy gak ngerasa terhina atau diserang dgn pendapat bro Bradpitt..

Kok "orangnya aja udah minta maaf isunya diangkat angkat lagi.." Yaa soalnya krn kl menurut saya sih Bro BradPitt gak perlu minta maaf..

Cm sekedar beropini..namanya forum. Sy minta maaf ya kl ada yg tersinggung..

Loh kok minta maaf? Ya gpp kan sy yg minta maaf..gak salahkan?

Hihihihi..
itu tanda org yg gentle bro...gak lempar batu sembunyi tangan...yg penting kita kembali ke lappptoppp :big_peace:

intinya, mau ngomong apa kek kekurangan2 Avanza-Innova ya teorinya mrk bakal terus bercokol di atas utk penjualan ke dpnnya krn emang udh susah banget digoyang, yg rame skr di posisi 3-6, yg bakal direbutin sama ertiga, xenia, mobilio, livina, ayla dsb dsb :big_grin:

tapi ngomong2 soal innova sih, klo gak hati2 bisa kesalip beneran someday sama produk non TAM, klo gw liat data 2013, penjualannya nasional 64ribuan, ertiga 63ribuan, jg kudu hati2 tuh innova..biasanya thn2 sblmnya innova cuma bisa disalip xenia/avanza dan jarak jualannnya innova sama merk lain cukup jauh, 2013 cuma beda dikit..Apa mungkin krn hrg semua tipe innova skr yg udh di atas 200juta ampe 320jt maka ada pengaruhnya?

Gw baca2 sih TAM bakal keluarin mobil 7-seater jg buat ngelawan ertiga dsb tp thn dpn katanya..Kita liat aja
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dubz »

madcat015 wrote:Ane rasa uda terlalu jauh melenceng kl kita bicarakan ttg "tipikal orang Indonesia".

Keliatannya kok kurang baik... love the country? Absolutely...

But hate the corrupt govt? You betcha...


Yg pasti, jgan sampai kita mencela diri sendiri... ada banyak hal yg bagus dari "tipikal orang indonesia".

We can survive almost anything...


So, balik lagi, mungkin kekuatan Toyota dan produk nya karena mmg Toyota sudah menjadi bagian budaya dan bisa dikatakan cukup mengerti pasar. Toh dengan muncul nya pesaing yg membom pasar dgn produk yg baik, jadi satu hal yg bagus.

Hanya saja, reputasi dan kepercayaan dari masy tidak mudah diperoleh dalam satu malam...

Cmiiw... :ungg:
Paling lucu memang yg dikit2 nyela bangsa sendiri...kaya bangsa lain udah hebat semua. Bangsa kita cepat puas lho...jadi mau aja jadi bulan2an Toyota.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

Sy pernah bandingkan aftersales toyota di negara sy dgn aftersales toyota di indo

Human touch n care nya jauh lbh terasa di indo. Di negara sy bahkan spore lbh robotic. Hanya di indo sy bisa home service n layanan ini baru ada ssdh toyota di indo sukses jualan kijang. Juga hanya di indo yg namanya service itu bisa go-show selain dr booking. Ditambah lagi yiap sy verjaardag sy dpt bday card dr astra

Knp bgt?

Tdk lain krn hanya setengah dr aftersales tyt astra (n termasuk brand lain under astra n juga united tractors n melia hotels indo) yg "toyota way". Setengahnya lagi adalah soul dr alm william soeryadjaja. Cara dagang dia sejak dari cv sanggaboeana ( majalengka ) hingga dia persiapkan pt astra u assembly SKD 800 units chevy trucks 70, 80, 90 series (.dgn membeli perusahaan "mati" pt gaja motors ex nasionalisasi indo govt yh 1957) serta saat pt astra masih mrpkan sole agent minuman rc-cola dan sbg sub main agent f&n. William tdk pernah kabur dr customers meski dia rugi besar garagara tingkah org sekitar dia

Bgmn dia jual seluruh seratus juta lembar saham pendiri tyt astra motors saat bank summa milik edward ambruk n hasilnya semua dipakai u bayar uang customers bank summa berikut bunga berjalan. Dia pergi dr ownership tapi management culture tetap tertinggal n berkembang hingga kini

Jauh mengalahkan toyota-way milik global principal tyt n itu knapa dia masih terima royalty dt tyt pdhl dia (saat masih hidup) tdk lagi ada di mgmt maupun ownership tam n astra lainnya
Last edited by newrubble on Fri Feb 28, 2014 17:43, edited 3 times in total.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ecco »

madcat015 wrote: Hanya saja, reputasi dan kepercayaan dari masy tidak mudah diperoleh dalam satu malam...

Cmiiw... :ungg:
Setuju banget sama Mod kucing, saya selalu percaya: reputasi dan kepercayaan itu harus diperoleh, bukan diminta :big_peace:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
IndoMild
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Feb 26, 2014 9:18

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by IndoMild »

Knp avanza & innvoa gak pake brand sendiri ya, maksudnya bukan pake nama Toyota lagi, boleh kan? krn setau gw kan desain innova & avanza murni dibuat insinyur2 dari indonesia..Seperti proton di malaysia, mesinnya & interiornya dulu 100% impor mitsubishi lancer & galant versi lama, cuma body luarnya doang yg buatan org malaysia tp sdh bisa pake merk sendiri..Dulu sempet kan seperti KIA sephia pake nama Timor, lalu Hyunday elantra pake nama nenggala, malah klo ini msh build up dari korea semuanya, cuma ganti nama doang.
Last edited by IndoMild on Fri Feb 28, 2014 17:50, edited 1 time in total.
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dubz »

Murni insinyur Indonesia banget :e-whistle:

Interview Kaoru Hosokawa, Chief Engineer All New Avanza-Xenia
http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/ ... anza-Xenia
IndoMild
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Feb 26, 2014 9:18

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by IndoMild »

dubz wrote:Murni insinyur Indonesia banget :e-whistle:
http://business.inquirer.net/41211/lege ... new-avanza
ooh avanza bukan toh, klo kijang gimana ? ada gak artikelnya.. sayang ya

ternyata kijang generasi pertama juga bukan murni buatan insinyur indonesia http://pramtretes.blogspot.com/2013/09/ ... ijang.html

tapi memang avanza & innova hanya dirakit & diproduksi di indonesia skr ini utk tujuan ekspor kemana2...

..gw salah berarti, gw minta maaf deh krn salah kasih informasi .. :big_grin: :big_peace:
User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by omsafety »

IndoMild wrote:
dubz wrote:Murni insinyur Indonesia banget :e-whistle:
http://business.inquirer.net/41211/lege ... new-avanza
ooh avanza bukan toh, klo kijang gimana ? ada gak artikelnya.. sayang ya

ternyata kijang generasi pertama juga bukan murni buatan insinyur indonesia http://pramtretes.blogspot.com/2013/09/ ... ijang.html

tapi memang avanza & innova hanya dirakit & diproduksi di indonesia skr ini utk tujuan ekspor kemana2...

..gw salah berarti, gw minta maaf deh krn salah kasih informasi .. :big_grin: :big_peace:

Baiklah, saya maafkan :big_smoking:












............................ :ngacir:
User avatar
wekweks
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Sun Jul 08, 2012 14:51
Location: Gresik

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by wekweks »

Ada yg tau gk ya perbandingan pembeli avanza n innova antara pembeli personal(perorangan dipakai sendiri n keluarga) dengan pembeli perusahaan (rental, sbg kendaraan kantor dll)??

Kayaknya faktor terbesar kenapa sangat2 merajai ya karena banyak pembeli yang tipe kedua...

Kalau hanya pembeli personal aja yg dibandingkan mungkin gak jauh2 beda dgn yg lain...
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Godwill »

omsafety wrote:
IndoMild wrote:
dubz wrote:Murni insinyur Indonesia banget :e-whistle:
http://business.inquirer.net/41211/lege ... new-avanza
ooh avanza bukan toh, klo kijang gimana ? ada gak artikelnya.. sayang ya

ternyata kijang generasi pertama juga bukan murni buatan insinyur indonesia http://pramtretes.blogspot.com/2013/09/ ... ijang.html

tapi memang avanza & innova hanya dirakit & diproduksi di indonesia skr ini utk tujuan ekspor kemana2...

..gw salah berarti, gw minta maaf deh krn salah kasih informasi .. :big_grin: :big_peace:

Baiklah, saya maafkan :big_smoking:


............................ :ngacir:

Saya maafkan juga :big_exellent: ... :glodak:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by walid_007 »

Omm newruble dr mana ?
engine roaring!
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ZombiEE »

newrubble wrote:Sy pernah bandingkan aftersales toyota di negara sy dgn aftersales toyota di indo

Human touch n care nya jauh lbh terasa di indo. Di negara sy bahkan spore lbh robotic. Hanya di indo sy bisa home service n layanan ini baru ada ssdh toyota di indo sukses jualan kijang. Juga hanya di indo yg namanya service itu bisa go-show selain dr booking. Ditambah lagi yiap sy verjaardag sy dpt bday card dr astra

Knp bgt?

Tdk lain krn hanya setengah dr aftersales tyt astra (n termasuk brand lain under astra n juga united tractors n melia hotels indo) yg "toyota way". Setengahnya lagi adalah soul dr alm william soeryadjaja. Cara dagang dia sejak dari cv sanggaboeana ( majalengka ) hingga dia persiapkan pt astra u assembly SKD 800 units chevy trucks 70, 80, 90 series (.dgn membeli perusahaan "mati" pt gaja motors ex nasionalisasi indo govt yh 1957) serta saat pt astra masih mrpkan sole agent minuman rc-cola dan sbg sub main agent f&n. William tdk pernah kabur dr customers meski dia rugi besar garagara tingkah org sekitar dia

Bgmn dia jual seluruh seratus juta lembar saham pendiri tyt astra motors saat bank summa milik edward ambruk n hasilnya semua dipakai u bayar uang customers bank summa berikut bunga berjalan. Dia pergi dr ownership tapi management culture tetap tertinggal n berkembang hingga kini

Jauh mengalahkan toyota-way milik global principal tyt n itu knapa dia masih terima royalty dt tyt pdhl dia (saat masih hidup) tdk lagi ada di mgmt maupun ownership tam n astra lainnya
Sorry OOT, pernah baca dimana gitu kejadian bank summa, memang oom william ini sangat "besar" hati nya...
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by fabreguz »

waktu terus berputar dan perubahan besar mungkin segera terjadi jika telat diantisipasi si market leader
akhirnya lawan kuat untuk market leader benar benar telah datang: mobilio :mky_01: :mky_02:

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... s-mei-2014
Daftar 20 Mobil Terlaris Mei 2014
Avanza turun, Mobilio melesat.
VIVAnews – Penjualan mobil selama Mei 2014 menurun drastis. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan dari pabrik ke dealer pada Mei hanya mencapai 97.147 unit.

Padahal, pada April, penjualan mobil dapat menembus angka 106.087 unit. Sementara itu, pada Maret 2014 angka penjualan mobil berhasil mencapai angka 113.096 unit.

Data Gaikindo menyebutkan, Toyota yang selalu merajai puncak klasemen pun ikut mengalami penurunan penjualan. Bila pada April Toyota mampu menjual 39.327 unit, selama Mei Toyota hanya mampu menjual 31.649 unit.

Penurunan penjualan Toyota juga terjadi pada produk andalannya yakni Avanza. Meski masih bertengger di posisi pertama, secara penjualan Avanza mengalami penurunan yaitu dari 14.118 unit (April) menjadi 12.251 unit (Mei).

Nasib serupa tidak dialami Honda. Bila pada April lalu merek mobil ini berada di urutan kelima dengan penjualan 13.025 unit, pada Mei Honda ada di posisi kedua dengan hasil penjualan 16.356 unit. Dengan posisi barunya, Honda menggeser merek-merek otomotif lainnya, seperti Suzuki, Daihatsu, dan Mitsubishi.

Mobil yang menyumbang penjualan terbesar Honda yakni Mobilio yang mengalami kenaikan dari 7.526 unit pada April, menjadi 9.684 unit pada Mei.

Kabar mengejutkan datang dari mobil-mobil murah di Tanah Air yang terus mengalami kenaikan penjualan. Bahkan, pendatang baru Datsun Go+ Panca langsung masuk daftar 20 mobil terlaris dengan menyumbangkan 1.191 unit.

Berikut daftar 20 mobil terlaris Mei 2014:

1. Toyota Avanza 12.251 unit

2. Honda Mobilio 9.684 unit


3. Toyota Kijang Innova 4.964 unit

4. Suzuki Ertiga 4.354 unit

5. Toyota Agya 4.314 unit

6. Suzuki Carry MT Pikap 4.103 unit

7. Daihatsu Gran Max Pikap 3.978 unit

8. Daihatsu Ayla 3.309 unit

9. Honda Brio Satya 2.500 unit

10. Daihatsu Xenia 2.466 unit

11. Toyota Yaris 2.243 unit

12. Mitsubishi T-120 SS mini Pikap 2.092 unit

13. Toyota Rush 2.076 unit

14. Mitsubishi L-300 pikap 1.706 unit

15. Nissan Grand Livina 1.571 unit

16. Suzuki APV Pikap 1.470 unit

17. Toyota Fortuner 1.331 uni

18. Daihatsu Gran Max 1.155 unit

19. Datsun GO+ 1.191 unit

20. Toyota Hilux Pikap 1.120 unit


(Sumber: Gaikindo)


© VIVA.co.id
selisih semakin tipis dan lari penjualan avanza mulai terengah-engah
mungkin karena skrg high way nya mulai tutup :mky_03: :mky_04:
tinggal nunggu jurus terbaru dari toyota indonesia atau judul tret ini segera tidak berlaku :big_think: :big_grin: :big_peace:
tapi untuk sementara memang masih no 1 sih :big_smile] :big_smile]
Don't Imageate
User avatar
technoholic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jun 11, 2014 12:15

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by technoholic »

fabreguz wrote:waktu terus berputar dan perubahan besar mungkin segera terjadi jika telat diantisipasi si market leader
akhirnya lawan kuat untuk market leader benar benar telah datang: mobilio :mky_01: :mky_02:

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... s-mei-2014
Daftar 20 Mobil Terlaris Mei 2014
Avanza turun, Mobilio melesat.
VIVAnews – Penjualan mobil selama Mei 2014 menurun drastis. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan dari pabrik ke dealer pada Mei hanya mencapai 97.147 unit.

Padahal, pada April, penjualan mobil dapat menembus angka 106.087 unit. Sementara itu, pada Maret 2014 angka penjualan mobil berhasil mencapai angka 113.096 unit.

Data Gaikindo menyebutkan, Toyota yang selalu merajai puncak klasemen pun ikut mengalami penurunan penjualan. Bila pada April Toyota mampu menjual 39.327 unit, selama Mei Toyota hanya mampu menjual 31.649 unit.

Penurunan penjualan Toyota juga terjadi pada produk andalannya yakni Avanza. Meski masih bertengger di posisi pertama, secara penjualan Avanza mengalami penurunan yaitu dari 14.118 unit (April) menjadi 12.251 unit (Mei).

Nasib serupa tidak dialami Honda. Bila pada April lalu merek mobil ini berada di urutan kelima dengan penjualan 13.025 unit, pada Mei Honda ada di posisi kedua dengan hasil penjualan 16.356 unit. Dengan posisi barunya, Honda menggeser merek-merek otomotif lainnya, seperti Suzuki, Daihatsu, dan Mitsubishi.

Mobil yang menyumbang penjualan terbesar Honda yakni Mobilio yang mengalami kenaikan dari 7.526 unit pada April, menjadi 9.684 unit pada Mei.

Kabar mengejutkan datang dari mobil-mobil murah di Tanah Air yang terus mengalami kenaikan penjualan. Bahkan, pendatang baru Datsun Go+ Panca langsung masuk daftar 20 mobil terlaris dengan menyumbangkan 1.191 unit.

Berikut daftar 20 mobil terlaris Mei 2014:

1. Toyota Avanza 12.251 unit

2. Honda Mobilio 9.684 unit


3. Toyota Kijang Innova 4.964 unit

4. Suzuki Ertiga 4.354 unit

5. Toyota Agya 4.314 unit

6. Suzuki Carry MT Pikap 4.103 unit

7. Daihatsu Gran Max Pikap 3.978 unit

8. Daihatsu Ayla 3.309 unit

9. Honda Brio Satya 2.500 unit

10. Daihatsu Xenia 2.466 unit

11. Toyota Yaris 2.243 unit

12. Mitsubishi T-120 SS mini Pikap 2.092 unit

13. Toyota Rush 2.076 unit

14. Mitsubishi L-300 pikap 1.706 unit

15. Nissan Grand Livina 1.571 unit

16. Suzuki APV Pikap 1.470 unit

17. Toyota Fortuner 1.331 uni

18. Daihatsu Gran Max 1.155 unit

19. Datsun GO+ 1.191 unit

20. Toyota Hilux Pikap 1.120 unit


(Sumber: Gaikindo)


© VIVA.co.id
selisih semakin tipis dan lari penjualan avanza mulai terengah-engah
mungkin karena skrg high way nya mulai tutup :mky_03: :mky_04:
tinggal nunggu jurus terbaru dari toyota indonesia atau judul tret ini segera tidak berlaku :big_think: :big_grin: :big_peace:
tapi untuk sementara memang masih no 1 sih :big_smile] :big_smile]
Bisa jadi nomor 1 mobiliong kalau gini mah, papanja padahal udah banyak kontribusi dari fleet rental & mobill dinas :mky_04:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

kalo sesuai judul thread ...jawabannya tdk sulit asalkan bbrp hal ini terpenuhi

brand principal dgn manufacturing n sales operation dgn level yg sama dgn toyota indo

after sales, patts logistic,database kualiti yg sana dgn astra ...beli entry level dilayani spt beli premium cars di luar indo ...bgt bhs awam saya

kalo masalah built quality, features, technology, resale value itu akan terbentuk sendiri bgt popularity up ...indo market blm market yg smart ...masih trend oriented trmsk u safety items ...yg penting semua trim level ada ...entry, medium, highest grades ...auto trans sbg option juga wajip ada

ada bbrp yg pernah buktikan ...mazda mr90 ...opel blazer contohnya ...tapi rupanya brand principal mrk tdk siap saat jualannya mulai pop up n mrk sibuk naikin harga tanpa benahi syarat kedua sehingga pelan tapi pasti sales output mrk sunset trend
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by madcat015 »

Setuju dengan om rubble...

Popularitas tidak semata2 terkait produk fenomenal, bisnis otomotif cenderung memiliki fokus di customer care...

TAM sendiri pasti memiliki amunisi di papan caturnya, mari kita lihat perkembangannya... :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat: