catalist di lepas perlu diganti pake reson ngga om??atau dibikin total loss gitu aja??henz155 wrote:Lepasin z catalist,ganti piping inlet 1,5"
piping itu frontpipe kah om?? *masih nubie


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
catalist di lepas perlu diganti pake reson ngga om??atau dibikin total loss gitu aja??henz155 wrote:Lepasin z catalist,ganti piping inlet 1,5"
oww berarti CCnya copot aja yaa, trus kasih pipa yg freeflow tanpa reson biar ngga ada hambatan.henz155 wrote:Klo tuk reson ane prefer yg bawaan mbl z bos,jd g usah di tambah,atau yg asli di ganti reson2 scot,ato apapun itu.
okee deh om,henz155 wrote:Y di coba z oom,ane coba si g ngempos,ukuran pipany inlet 1.5" yg lain g usah di ubah2,cukup lepasin catalis z,heheheh,
Waduh,g ngerti de di die selRakean wrote:seputar exhaust, ane mo nanya2 dong
ane pake panther turbo, kalo di copotin silencer/muffler nya gitu pengaruh ke performa nya naik gak ya?
kata temen sih di copot silencer nya performa nya bakal naik, tapi baca2 di internet katanya juga klo nyopot silencer tenaga jadi ngempos, bingung
kalau baca penjelasan di halaman 11 (bagian paling bawah) dan halaman 12, posisi CC ayla udah bener seperti sekarang karena dapet hembusan angin langsung dari depan.sepatupuma wrote:Nah, rencana saya CC mau dipindah ke bagian bawah belakang biar agak jauh dari ruang bakar. Atau dicopot sekalian? Atau mungkin ada usulan yang lebih baik?
Klw g salah, tujuan integrated exhaust manifold selain ngurangin production cost.. Yg lebih signifikan soal emisi.sepatupuma wrote:Saya mau tanya seputar exhaustnya Ayla yang desainnya nyeleneh: exhaust manifoldnya integrated didalam cylinder head, dan ga jauh dari sebiji lobang exhaust yg keluar dari head, langsung ketemu CC. Ini mau bikin header juga ga bakalan bisa ya..
Nah, rencana saya CC mau dipindah ke bagian bawah belakang biar agak jauh dari ruang bakar. Atau dicopot sekalian? Atau mungkin ada usulan yang lebih baik?
Sepertinya resikonya memang begitu bro, dibuku panduan kalo gak salah gak boleh idle >20 menit. Gak ada transfer heat jadinya CC overheating, kalo ada kertas atau daun kering yg nempel di CC berpotensi terbakar.sepatupuma wrote:IMO, ga bener kalo gitu caranya. Masa cuma mengandalkan tiupan angin dari depan? Lah kalo lagi macet parah & CCnya overheat bakal ada resiko terbakar dong?
*siap2 ke bengkel knalpot*
*udah pada tutup*
Wah, menarik nih pernyataannya. Jadi kesimpulannya, ada working temperature range yang harus dicapai supaya kerja cc optimal. CMIIW.billyd1773dz wrote: Klw g salah, tujuan integrated exhaust manifold selain ngurangin production cost.. Yg lebih signifikan soal emisi.
Karna cc bisa d pasang dekat head, tujuannya memang biar panas, dan warm up cc nya lebih cepet. Serta ngurangin cooldown d header sblm masuk ke cc.
cc memang kerja maksimal jika d suhu tinggi *makanya butu stochiometris afr* cc kerja lebih efisien emisi jd lebih rendah2 baca-baca sampai 20% lebih baik
Jd ya pointless klw d jauhin... Mending cabut sekalian.
Pertanyaan gw, klw d mbl yg ada o2 sensor d sblm dan sesudah cc untuk emisi cek.. Jika cc d copot bisa bikin MIL nyala kan karna d anggep emisi naik.. Baca2 ada chip bwat ngibulin emisi cek ini... Nah d tukang knalpot pada punya atw aware g soal hal ini?
Tujuany y bwat emisi.. Klw bodo amet ama emisi y d cabut atw d pasang dmn aja bebas.sepatupuma wrote:Wah, menarik nih pernyataannya. Jadi kesimpulannya, ada working temperature range yang harus dicapai supaya kerja cc optimal. CMIIW.billyd1773dz wrote: Klw g salah, tujuan integrated exhaust manifold selain ngurangin production cost.. Yg lebih signifikan soal emisi.
Karna cc bisa d pasang dekat head, tujuannya memang biar panas, dan warm up cc nya lebih cepet. Serta ngurangin cooldown d header sblm masuk ke cc.
cc memang kerja maksimal jika d suhu tinggi *makanya butu stochiometris afr* cc kerja lebih efisien emisi jd lebih rendah2 baca-baca sampai 20% lebih baik
Jd ya pointless klw d jauhin... Mending cabut sekalian.
Pertanyaan gw, klw d mbl yg ada o2 sensor d sblm dan sesudah cc untuk emisi cek.. Jika cc d copot bisa bikin MIL nyala kan karna d anggep emisi naik.. Baca2 ada chip bwat ngibulin emisi cek ini... Nah d tukang knalpot pada punya atw aware g soal hal ini?
Soale pernah baca di forum luar, idealnya letak cc sejauh mungkin dari ruang bakar.
Trims om!billyd1773dz wrote:
Cc lit-off temp nya mulai 600 F working temp1200F
Untuk bisa kerja optimal y harus mencapai suhu itu.
Google aja wkwk
JESKONENG wrote:Nah, sy sendiri kurang paham, kalok yg disebut modif mesin "stage 2" itu apakah semua rincian stage 1 itu plus :
- valve reshaping
- ganti aftermarket camshaft atau custom camshaft
- remap ECU atau pasang piggyback atau stand alone ECU replacement ??
lalu ada "engine blue printing" dan menyamakan berat komponen yg identik misalnya : piston, ring piston, klep in dan ex, dll.
Kalok "stage 3" apakah maksutnya penerapan Forced Induction (TC, SC, NOs) ?
mohon pencerahan om2 ...
biasanya, di speed shop (Sigma, Garden, AMS dll) atau di tempat pembuatan/pemasangan header aftermarket (misalnya Kansai, dll) sudah paham gimana mengakali sensor2 setelah CC dicopot ....ak4ng wrote:pengen nyoba naek dari std ke stage 1,. yg ane masi blm ngerti, di pre dan post CC ada oksigen sensor, nah klo ni CC di cabut gimana nasib kedua sensor ini?apa ikut di cabut jga? dulu waktu SMA bbrp taun yg lalu sempet bermasalah sama ni sensor,. sampe mogok,. lupa d tret mana
,. nah klo yg freeflow kan g ad CC lagi,. mohon pencerahannya,.
ni hasil googling 02 sensor ane dulu yg mampus,.