Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 189
- Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
di daerah bogor, btr kambing, jalanan sepanjang 200 m, tiap 5 meter ada tulisan
"kecelakan gara2 ngebut, gak akan ditolong warga"
"kecelakan gara2 ngebut, gak akan ditolong warga"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Sun Dec 09, 2012 21:27
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Padahal percuma pake knalpot custom tapi mesin masih standar,kan peningkatan performa nya ga terasa,cuma berisik doank.
Tapi kok masih banyak yang ga paham ya,apa cuma mau keren2 an aja?
Tapi kok masih banyak yang ga paham ya,apa cuma mau keren2 an aja?
Kalo punya uang bisa buat beli mobil,ngapain beli motor lagi..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
ane heran aja dengan yg suka pake knalpot ribut. iya kalo motornya gede, cocok lah. lagipula suara knalpot moge biarpun keras tapi nadanya ga tinggi, ga nyakitin telinga (kalo di sby istilahnya knalpot brong).
kalo motor2 kecil dengan knalpot brong inilah yg paling ane benci. dan ane heran aja, itu yg nyetir emang budeg yah? yg di deketnya aja terganggu, apalagi yg naek? lagian malah ga cocok motor kecil gitu dikasih knalpot kaleng begitu, malah kayak motor rusak... nggilani.
kalo ane pas nemuin ada motor dengan knalpot begini lagi parkir dan pemiliknya pergi, pengen rasanya ane kerjain. entah itu lubang knalpot ane isi kerikil atau pasir yg banyak, biar yg punya tau rasa..
kalo motor2 kecil dengan knalpot brong inilah yg paling ane benci. dan ane heran aja, itu yg nyetir emang budeg yah? yg di deketnya aja terganggu, apalagi yg naek? lagian malah ga cocok motor kecil gitu dikasih knalpot kaleng begitu, malah kayak motor rusak... nggilani.
kalo ane pas nemuin ada motor dengan knalpot begini lagi parkir dan pemiliknya pergi, pengen rasanya ane kerjain. entah itu lubang knalpot ane isi kerikil atau pasir yg banyak, biar yg punya tau rasa..
-
- SM Moderator
- Posts: 4463
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Mohon maaf sebelumnya. Ane pengguna sepeda motor 125 cc injeksi buatan pabrikan Jepang yang menggunakan knalpot buatan produsen racing equipment ternama yang kantornya di daerah Depok.
Cuma sekedar sharing soal penggunaan knalpot ini.
1
Peningkatan tenaga: Ada, walaupun sedikit dan menurut ane sudah cukup bwt harian. Tokh bwt harian rumah-kantor-klien-kantor-rumah (dan ngapel ).
2
Suara: Suara bariton cenderung bass. Berubah jadi tenor kalo udah mau redline.
bahkan nyokap ane lebih setuju ane pake knalpot ini daripada standar. Katanya lebih merdu...
Sejak polantas Jakarta mulai merazia knalpot racing, ane coba download db meter di gadget CDMA cap robot tabung gas 3 kg, hasil tesnya <90 db saat akselerasi. Masih terhitung sopan sih menurut ane walaupun dipake blusukan ke gang kecil, soalnya gak ada yang protes.
Pun selama ini saat razia dari pihak kepolisian tidak ada tindakan apapun terhadap knalpot yang ane pakai. Kalau orang bilang Bogor nerakanya knalpot racing, tapi selama 1,5 tahun bolak-balik Jakarta-Bogor-Jakarta para polantas nyuekin knalpot motor ane pas lewat di depan mata mereka.
3
Konsumsi bensin: Turun 2-3 km/liter. Masih reasonable menurut ane, soalnya masih bisa dapet >50 km/liter
(+) dari penggunaan knalpot racing:
1. Peningkatan tenaga untuk harian. Bobot hidup ane 90 kg . Kalo emang bwt ngebut mah ane beli motor >250 cc.
2. Aman saat nyalip mobil atau motor lain. Udah jarang ada yang motong jalur ane.
3. Jadi alat permisi kalo masuk gang ada pejalan kaki yang gerombolan. Langsung pada kasih jalan tanpa ane klakson (pake klakson keong... gak enak kalo klakson minta jalan ). Sambil ucapkan permisi, mereka pun tersenyum
(-) dari penggunaan knalpot racing:
1. FC turun dikit, sekitar 2-3 km/liter tapi masih reasonable menurut ane karena masih bisa >50 km/liter.
Soal knalpot handmade pinggir jalan yang super pendek itu mah ane juga sebel. Suaranya udah kedengeran saat motornya masih 50 meter di belakang ane. Pernah ane kejar alay petakilan pake motor bwt 'main' masih bisa ane salip.
Cuma sekedar sharing soal penggunaan knalpot ini.
1
Peningkatan tenaga: Ada, walaupun sedikit dan menurut ane sudah cukup bwt harian. Tokh bwt harian rumah-kantor-klien-kantor-rumah (dan ngapel ).
2
Suara: Suara bariton cenderung bass. Berubah jadi tenor kalo udah mau redline.
bahkan nyokap ane lebih setuju ane pake knalpot ini daripada standar. Katanya lebih merdu...
Sejak polantas Jakarta mulai merazia knalpot racing, ane coba download db meter di gadget CDMA cap robot tabung gas 3 kg, hasil tesnya <90 db saat akselerasi. Masih terhitung sopan sih menurut ane walaupun dipake blusukan ke gang kecil, soalnya gak ada yang protes.
Pun selama ini saat razia dari pihak kepolisian tidak ada tindakan apapun terhadap knalpot yang ane pakai. Kalau orang bilang Bogor nerakanya knalpot racing, tapi selama 1,5 tahun bolak-balik Jakarta-Bogor-Jakarta para polantas nyuekin knalpot motor ane pas lewat di depan mata mereka.
3
Konsumsi bensin: Turun 2-3 km/liter. Masih reasonable menurut ane, soalnya masih bisa dapet >50 km/liter
(+) dari penggunaan knalpot racing:
1. Peningkatan tenaga untuk harian. Bobot hidup ane 90 kg . Kalo emang bwt ngebut mah ane beli motor >250 cc.
2. Aman saat nyalip mobil atau motor lain. Udah jarang ada yang motong jalur ane.
3. Jadi alat permisi kalo masuk gang ada pejalan kaki yang gerombolan. Langsung pada kasih jalan tanpa ane klakson (pake klakson keong... gak enak kalo klakson minta jalan ). Sambil ucapkan permisi, mereka pun tersenyum
(-) dari penggunaan knalpot racing:
1. FC turun dikit, sekitar 2-3 km/liter tapi masih reasonable menurut ane karena masih bisa >50 km/liter.
Soal knalpot handmade pinggir jalan yang super pendek itu mah ane juga sebel. Suaranya udah kedengeran saat motornya masih 50 meter di belakang ane. Pernah ane kejar alay petakilan pake motor bwt 'main' masih bisa ane salip.
no signature
-
- SM Moderator
- Posts: 4463
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Motor situ 'kan dari luar 100 cc tapi jeroannya udah 202 cc...doq wrote:-cut-
tapi saya memang ga setuju sih sama suara kenalpot yg rombeng, maka nya sekarang utk kendaraan sendiri saya nyari nya sebisa mungkin yg mendekati suara kenalpot standard........
lumayan bikin kaget itu alay2 yg lg berasa sekenceng setan waktu saya lewatin dg suara santai
*sensi*
Hati2 om, tau2 yang di depan malah manuver tiba2 yang bikin om celaka.mr-saga wrote:-cut-
kalo saya skrg lbh senang dg knalpot std yg suaranya kalem..
apalagi jika mau menyalip pengendara motor laen yg didepan saya,
dari belakang tidak terdengar suara tiba2 sudah menguntit dibelakang
surprise.....!!!!
-cut-
Tau sendiri lah kalo spion cuma pajangan bwt alayers. Bahkan motor fairing 250 cc aja pada ngelipet spion. Pengen ane sapa, "Bos, spionnya gak dipake 'kan? Bwt saja aja deh, luamayan bwt bahan modif motor saya."
no signature
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Wakakkaka.......ada yg nyimak tulisan gw di sebelah euy
-
- SM Moderator
- Posts: 4463
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Sat Jun 13, 2015 10:40
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Simpel aja,
Kalau pengrajin knalpot variasi dipaksa tutup ---> toko ngga jualan knalpot variasi ---> ngga ada yang beli dan pake knalpot variasi ---> "tangkapan" oknum berkurang ---> setoran ke "atasan" turun
Kalau pengrajin knalpot variasi dipaksa tutup ---> toko ngga jualan knalpot variasi ---> ngga ada yang beli dan pake knalpot variasi ---> "tangkapan" oknum berkurang ---> setoran ke "atasan" turun
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Kalau lagu Iwan Fals sih tikus kantor .............Nightster Guy wrote:Bah. Endonesah.
Emang ada aturan yg jalan? Pemerintahan IDIOT melahirkan aturan bagus ya tetep aja penerapan di lapangan jd IDIOT JUGA.
Negara tolol. Benerin dulu mental aparatnya, baru kita bs bicara ke depannya gimana. Percuma pihak produsen teriak2 selama mental aparat lbih mirip TIKUS GOT ketimbang pengayom masyarakat penegak aturan. CUIH.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
ngomongin knalpot..skrg lg tren gan..knalpot yg nyembur muka.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
biarkanlah para bebeker bebeker itu bisa merasakan seperti apa naik moge walaupun baru suaranya doank yang gede
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Thu Jan 29, 2015 5:48
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
mau motor kenceng suara merdu ya pasang knalpot racing asli,bukan knalpot brong
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri May 13, 2016 2:22
- Location: Bekasi
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Memang knalpot variasi yang suaranya berisik, bikin ganggu pendengaran.
Tapi bukan cuma motor lho yang pakai knalpot begituan
MPV sejuta umat juga banyak yang berisik gaje, begitu juga city car lcgc.
Tambah lagi penggunaan lampu led non standar buat lampu rem, malah bikin gak jelas dan membahayakan.
Memang roda dua banyak yang tidak tertib, tapi roda empat juga banyak yang gak tertib
Aturan yang tegas da aparat yang bersih very much needede
Tapi bukan cuma motor lho yang pakai knalpot begituan
MPV sejuta umat juga banyak yang berisik gaje, begitu juga city car lcgc.
Tambah lagi penggunaan lampu led non standar buat lampu rem, malah bikin gak jelas dan membahayakan.
Memang roda dua banyak yang tidak tertib, tapi roda empat juga banyak yang gak tertib
Aturan yang tegas da aparat yang bersih very much needede
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Feb 07, 2017 2:30
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: yamaha
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
kalo knalpot variasi yang di jual oleh dealer resminy gimna ? motor sport 150cc keatas. yang dijual sekarang biasanya pabrikan jg jual knalpot variasi nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Gimana dgn akralingga yoshilingga termilingga leolingga dll ? Sama knalpot lokal bermerk pilih mana ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Gimana dgn knalpot variasi yg dipasang di truk?
Silakan nonton ini mulai menit ke 2 & dengarkan suara si Nissan Diesel biru. Saya pribadi entah knapa malah lbh suka suara knalpot "berisik" di diesel kyk gini drpd knalpot berisik di mesin bensin LMPV & LCGC...
Silakan nonton ini mulai menit ke 2 & dengarkan suara si Nissan Diesel biru. Saya pribadi entah knapa malah lbh suka suara knalpot "berisik" di diesel kyk gini drpd knalpot berisik di mesin bensin LMPV & LCGC...
Last edited by coklatMetalik on Tue Feb 07, 2017 11:32, edited 1 time in total.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
pasang gituan di motor / mobil sih malu sama tetangga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Untungnya kenalpot mobil ane rpm rendah suaranya selow banget
Baru teriak kalau di gas
Kalo motor... Pilih standar ting2 aja
Baru teriak kalau di gas
Kalo motor... Pilih standar ting2 aja
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt