Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
loadeddiapers wrote:Om turboman dan all, 1 pertanyaan aja, maaf kl pertanyaannya bodoh krn nubitol abis hehe
Kl ganti merk oli masih perlu engine flush ga sih sebenarnya?? Ada yg bilang masih perlu, ada yg bilang sudah gak perlu
ga perlu om
langsung ganti oli aja + filternya
EF sebaiknya dihindari deh
Thanks om reply nya
Turboman wrote:
loadeddiapers wrote:Om turboman dan all, 1 pertanyaan aja, maaf kl pertanyaannya bodoh krn nubitol abis hehe
Kl ganti merk oli masih perlu engine flush ga sih sebenarnya?? Ada yg bilang masih perlu, ada yg bilang sudah gak perlu
Kalo selama ini oli yg dipake bagus en ganti ga pernah kejauhan sih ga perlu
engine flush isjnya mostly Kerosene (see MSDS)
Maksudnya kejauhan kejauhan kualitasnya om turboman??
Rencana sih mau ganti dari Honda Oil Beres 5W30 ke Shell Hellix HX8 5W30 juga.
Langsung ganti aja gpp nih om??
Oh iya, kalo untuk CR-V gen 4 2.0 A/T oli yg cocok bagus tapi ga terlalu mahal apa ya om??
Thanks a lot
loadeddiapers wrote:
1. Maksudnya kejauhan kejauhan kualitasnya om turboman??
2. Rencana sih mau ganti dari Honda Oil Beres 5W30 ke Shell Hellix HX8 5W30 juga.
Langsung ganti aja gpp nih om??
3. Oh iya, kalo untuk CR-V gen 4 2.0 A/T oli yg cocok bagus tapi ga terlalu mahal apa ya om??
Thanks a lot
1. Jaraknya
2. Ga masalah, ganti filter olinya
3. Nah si G4 ini di manualnya diijinkan sampe SAE terendahnya brp ? apakah diijinkan sampe 0w20 atau hanya sampai 0w30 ?
Kalo 5W30 yg lumayan banyak pilihan dari range 80 - 100 rb. / L
Utk buntut 30 Kalo mau enak sih pilih oli 0w30 atau 5W30 yg comply ke ACEA A1 / B1 / A5 / B5 spt castrol Magnatec Professional salah 1 nya dan 5W30 merek lain yg meet std tsb or std VW 503 / 506 / 507 atau Ford M2C913-D / C / B
Mesin2 Honda sejak lama bisa pakai oli 5W20, maka oli buntut 30 yg terdekat ya 30 "kecil" (HTHS rendah) ya di atas itu.
dimasapri wrote:Pak Turbo,
Kalo mesin bensin yg masih pake teknologi flat tappet chamshaft & pakai oli diesel 15W40 API CI-4, bagaimana dgn filter olinya?
Apakah tetap pakai filter oli mesin bensin atau harus diganti jg dgn filter oli untuk mesin diesel?
Filter oli mesin tuk gasoline / Diesel = sama aja
Thanks pencerahannya Pak Turbo.
Saya heran saja baca topik di forum sebelah ttg MPV diesel oil filternya sangat mahal sedangkan filter oli bensinnya murah.
Padahal peruntukannya untuk mbl yg sama cma beda mesin.
Kenapa pabrikannya harus membedakan filter olinya ya?
Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
dimasapri wrote:
Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
Sama.....bisa pake 90915-TB001 / 90915-YZZD2 / 90915 - YZZD4......filter olinya bisa saling tukar pakai antara 1TR / 2TR-FE / 1KD / 2KD-FTV / 1GR-FE dan bbrp type mesin Toyota lainnya
dimasapri wrote:
Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
Sama.....bisa pake 90915-TB001 / 90915-YZZD2 / 90915 - YZZD4......filter olinya bisa saling tukar pakai antara 1TR / 2TR-FE / 1KD / 2KD-FTV / 1GR-FE dan bbrp type mesin Toyota lainnya
He he heeee
Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
dimasapri wrote:
Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
Sama.....bisa pake 90915-TB001 / 90915-YZZD2 / 90915 - YZZD4......filter olinya bisa saling tukar pakai antara 1TR / 2TR-FE / 1KD / 2KD-FTV / 1GR-FE dan bbrp type mesin Toyota lainnya
He he heeee
Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel berbeda kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
dimasapri wrote:
Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
Sama.....bisa pake 90915-TB001 / 90915-YZZD2 / 90915 - YZZD4......filter olinya bisa saling tukar pakai antara 1TR / 2TR-FE / 1KD / 2KD-FTV / 1GR-FE dan bbrp type mesin Toyota lainnya
He he heeee
Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel berbeda kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
Yeee dibilangin filter oli yg dipake sama, tinggal pilih aja mau type yg mana.........wkwkwkwk
dimasapri wrote:Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel berbeda kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
Yeee dibilangin filter oli yg dipake sama, tinggal pilih aja mau type yg mana.........wkwkwkwk
Kalo TB 001 agak bogel, ZZD4 lebi tnggian dikit
Maksudnya kalau fungsinya sama, kenapa pabrikan harus repot2 bikin 2 part?
Bukannya akan membuat inefisiensi di jalur produksi?
Apalgi kalau beda harga, yg lbh mahal bisa2 tdk laku
Halo om Turbo, udah ganti sama Kendall GT 530 tadi, rasanya sama ringan kaya HTech heehehe...kebetulan ada kerabat ikut ganti, dia dari 1040 ke kendall...dan ternyata ga ganti oli filter , is it oke om? Terakhir filter oli udh jalan 5000an km menurut dia. Langkahnya mending gimana om? Thanks
dimasapri wrote:Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel berbeda kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
Yeee dibilangin filter oli yg dipake sama, tinggal pilih aja mau type yg mana.........wkwkwkwk
Kalo TB 001 agak bogel, ZZD4 lebi tnggian dikit
Maksudnya kalau fungsinya sama, kenapa pabrikan harus repot2 bikin 2 part?
Bukannya akan membuat inefisiensi di jalur produksi?
Apalgi kalau beda harga, yg lbh mahal bisa2 tdk laku
Nah filter oli Toyota ini gaweannya si DENSO, kalo mobil Jepun lain ada yg di supply oleh Tokyo Roki (cmiiw ejaannya)
Yg lucu TB 001 dan YZZD2 itu barangnya nyaris sama persis, dimensi juga sama
Kalo baca2 di forum2 luar, beda pengkodean juga bisa seiring berjalannya waktu, bisa juga krn beda region
TB 001 itu barang TAM, sementara ZZD2 itu kebanyakan dr importir parts
Harga filter2 ini di toko parts mirip2 yaitu sekitar 55 - 65 rb
imingwahyudi wrote:Halo om Turbo, udah ganti sama Kendall GT 530 tadi, rasanya sama ringan kaya HTech heehehe...kebetulan ada kerabat ikut ganti, dia dari 1040 ke kendall...dan ternyata ga ganti oli filter , is it oke om? Terakhir filter oli udh jalan 5000an km menurut dia. Langkahnya mending gimana om? Thanks
Ganti oli = ganti filternya juga
Filter oli di atas 6000 Km mulai drop
Mending pake filter Sakura tapi tiap ganti oli diganti drpd filter orig dipanjang2-in gantinya
orangewater1 wrote:pak turbo, gerobak ane honda city 2006 VTEC Manual.. baru gelinding 53000KM.. mobil jarang jalan.. seminggu paling jalan +/- 50km
1. selama ini olinya pake HX7 10-40. ane rencana mo ganti oli pake 5-30 fastron gold. itu bagus ga? ada rekomen yg lain ga? dana max 150rb/L. oli yg terakhir baru jalan 2500km udah 9 bulan..
2. oli transmisi pake bawaan honda MTF.. di manual book bisa pake oli mesin 10-40.. boleh ga seh pake oli mesin buat transmisi? ato bawaan honda MTF udah cukup?
trims ya..
1. Ya cocoknya buntut 30, kalo pake buntut 40 ya berat tarikannya. Kalo setahun jalan ga sampe 5000 Km pakai 5W30 kelas menengah aja spt Kendall GT1 semi synth 5W30, pake yg mahal2 sayang olinya.
imingwahyudi wrote:Halo om Turbo, udah ganti sama Kendall GT 530 tadi, rasanya sama ringan kaya HTech heehehe...kebetulan ada kerabat ikut ganti, dia dari 1040 ke kendall...dan ternyata ga ganti oli filter , is it oke om? Terakhir filter oli udh jalan 5000an km menurut dia. Langkahnya mending gimana om? Thanks
Ganti oli = ganti filternya juga
Filter oli di atas 6000 Km mulai drop
Mending pake filter Sakura tapi tiap ganti oli diganti drpd filter orig dipanjang2-in gantinya
nah kalo kasusnya kaya kerabat aye, gimana om? kuras dulu, ditampung, terus beli filter oli begitu om?
salam om turbo,
dh ngikutin thread ini skarang saatnya bertanya hehehe
mobil ane vios 08 matic (oli tgmo 10w40 ganti tiap 10rb) n everest 2008 tdci 4x4 manual (oli shell helix hx7 diesel 10w40)
yang mau ane tanya :
1. Vios ane rencana mau ganti oli, ga pake tgmo lagi sama dgn member yg lain mesin berisik apalagi klo dh diatas 7rbkm ada alternatif kah?dengan harga setara tgmo (1 gallon skitar 250rban)
2. untuk helix idealnya diganti per brp km yah?skrg dh berjalan 4rban km
3. sempet baca klo oli diesel bisa dipake ke bensin, parameter yg mana kah yg ajdi acuan?bisa ga shell helix hx7 ini dipake ke vios ane? (biar bisa beli partai skaligus hehe)
abahnyacj wrote:salam om turbo,
dh ngikutin thread ini skarang saatnya bertanya hehehe
mobil ane vios 08 matic (oli tgmo 10w40 ganti tiap 10rb) n everest 2008 tdci 4x4 manual (oli shell helix hx7 diesel 10w40)
yang mau ane tanya :
1. Vios ane rencana mau ganti oli, ga pake tgmo lagi sama dgn member yg lain mesin berisik apalagi klo dh diatas 7rbkm ada alternatif kah?dengan harga setara tgmo (1 gallon skitar 250rban)
2. untuk helix idealnya diganti per brp km yah?skrg dh berjalan 4rban km
3. sempet baca klo oli diesel bisa dipake ke bensin, parameter yg mana kah yg ajdi acuan?bisa ga shell helix hx7 ini dipake ke vios ane? (biar bisa beli partai skaligus hehe)
thx oom turbo, nice thread
1. Mesin 1NZ-FE sih cocoknya oli buntut 30
1NZ-FE ini sistem benggol, jadi disarankan gunakan API SL atau SN, kalo yg SN bisa pakai spt Kendall GT1 semi synth 5W30 atau Mobil 5000 - 5W30
2. HX7 Diesel di Diesel CRD bisa dipake 7000 - 7500 Km atau max 9 bulan
3. HX7 Diesel bisa banget dipake di gasoline, krn dia oli Diesel passenger aja (ACEA B4) / MB 229.1 jadi ga masalah
Nah kalo tentang pergantian 10w40 ini ada efek sampingkah untuk jangka pendek ato jangka panjangnya ga om berdasarkan analisa gw di bawah? Sekedar memastikan informasi dari ahlinya macam Om Turboman
Turboman wrote:Kalo mau enak pake oli 5W30 yg kadar antiwearnya minimal 1000 ppm.since mesin Lipinah kan ga roller rocker arm
Pilihan bisa pake Kendall 5W30 GT1 API SN semi synth atau Mobil 5000 - 5W30 API SN
eleanor wrote:Halo semuanya..salam kenal buat semuanya..
numpang mampir ya
gw mau sharing pemakaian oli sekalian mau tanya-tanya juga, hee *boleh ya
Ane pake GL 1.8 HWS 2011. Menurut dari panduan dari beres ganti oli dilakukan saat service rutin kelipatan 10rb. Berhubung pake mobil ini harian, iklim tropis, dan stop n go, gw berinisiatif ganti oli tiap 5rb + ganti filter oli.
Oli yang biasa gw pake dari nissan yang 10W30 *sesuai rekomendasi pabrikan. Nah pas di km 65 rb kemaren, gw coba ganti ke mobil super 10w40.
Dengan analisa:
- nilai viskositasnya masih dalam kisaran yang sama
- ruang dalam mesin semakin lebar so penguapannya lebih cepat
- karakter mesin gl lumayan panas saat pemakaian >30menit