Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
puck
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Jul 02, 2009 6:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by puck »

Turboman wrote:
Mesin2 Honda sejak th 2002 sebetulnya didisain utk jalan dgn buntut 20 (5W20) utk iklim 4 musim

Mesin th 2004 jika sgt terawat ya oke aja pake buntut 30, ada Ipah TR-FE 2005 punya temen saya juga pake 5W30.

Utk iklim spt Indonesia pake oli buntut 30 yg VI nya 160 ke atas. (semi synth / full synth)
oke om turbo pencerahannya.... :big_exellent:

lsg browsing2 buat yg buntu 30 ...... :ngacir:
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by c_adhi_k »

Jambangan wrote:
c_adhi_k wrote: pengalaman pribadi ye? :big_weee:
eh ada si om :cupss:
lama ga muncul di wasem kemana aja om?? :mky_01:

wkwkwk.. iya om dulu kena EF di beres sijuki
ga ngasih tau lagi :off_no:
besok mau servis harus bilang ke SA nya nih "jangan pake EF mas" :upss:
wasem? wkwkwkwk ane baru mau nulis yang komen udah tambah 100 :big_slap:

tapi ga masalahkan swiftnya?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
andyz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Feb 04, 2014 7:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by andyz »

Siang Pa Turbo,

Kalo Oli Eneos Molybdenum 10w40, apakah bagus & bisa gak buat CRDI saya? tq.
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by loadeddiapers »

Jambangan wrote:
loadeddiapers wrote:Om turboman dan all, 1 pertanyaan aja, maaf kl pertanyaannya bodoh krn nubitol abis hehe
Kl ganti merk oli masih perlu engine flush ga sih sebenarnya?? Ada yg bilang masih perlu, ada yg bilang sudah gak perlu :big_childish:
ga perlu om
langsung ganti oli aja + filternya
EF sebaiknya dihindari deh :big_sorry:
Thanks om reply nya :mky_02:
Turboman wrote:
loadeddiapers wrote:Om turboman dan all, 1 pertanyaan aja, maaf kl pertanyaannya bodoh krn nubitol abis hehe
Kl ganti merk oli masih perlu engine flush ga sih sebenarnya?? Ada yg bilang masih perlu, ada yg bilang sudah gak perlu :big_childish:
Kalo selama ini oli yg dipake bagus en ganti ga pernah kejauhan sih ga perlu

engine flush isjnya mostly Kerosene (see MSDS)
Maksudnya kejauhan kejauhan kualitasnya om turboman??
Rencana sih mau ganti dari Honda Oil Beres 5W30 ke Shell Hellix HX8 5W30 juga.
Langsung ganti aja gpp nih om??

Oh iya, kalo untuk CR-V gen 4 2.0 A/T oli yg cocok bagus tapi ga terlalu mahal apa ya om??
Thanks a lot :mky_02:
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

loadeddiapers wrote:
1. Maksudnya kejauhan kejauhan kualitasnya om turboman??

2. Rencana sih mau ganti dari Honda Oil Beres 5W30 ke Shell Hellix HX8 5W30 juga.
Langsung ganti aja gpp nih om??

3. Oh iya, kalo untuk CR-V gen 4 2.0 A/T oli yg cocok bagus tapi ga terlalu mahal apa ya om??
Thanks a lot :mky_02:
1. Jaraknya

2. Ga masalah, ganti filter olinya

3. Nah si G4 ini di manualnya diijinkan sampe SAE terendahnya brp ? apakah diijinkan sampe 0w20 atau hanya sampai 0w30 ?

Kalo 5W30 yg lumayan banyak pilihan dari range 80 - 100 rb. / L

Utk buntut 30 Kalo mau enak sih pilih oli 0w30 atau 5W30 yg comply ke ACEA A1 / B1 / A5 / B5 spt castrol Magnatec Professional salah 1 nya dan 5W30 merek lain yg meet std tsb or std VW 503 / 506 / 507 atau Ford M2C913-D / C / B

Mesin2 Honda sejak lama bisa pakai oli 5W20, maka oli buntut 30 yg terdekat ya 30 "kecil" (HTHS rendah) ya di atas itu.
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Turboman wrote:
dimasapri wrote:Pak Turbo,
Kalo mesin bensin yg masih pake teknologi flat tappet chamshaft & pakai oli diesel 15W40 API CI-4, bagaimana dgn filter olinya?
Apakah tetap pakai filter oli mesin bensin atau harus diganti jg dgn filter oli untuk mesin diesel?
Filter oli mesin tuk gasoline / Diesel = sama aja
Thanks pencerahannya Pak Turbo.
Saya heran saja baca topik di forum sebelah ttg MPV diesel oil filternya sangat mahal sedangkan filter oli bensinnya murah.
Padahal peruntukannya untuk mbl yg sama cma beda mesin.
Kenapa pabrikannya harus membedakan filter olinya ya?

Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
Sama.....bisa pake 90915-TB001 / 90915-YZZD2 / 90915 - YZZD4......filter olinya bisa saling tukar pakai antara 1TR / 2TR-FE / 1KD / 2KD-FTV / 1GR-FE dan bbrp type mesin Toyota lainnya

He he heeee
:mky_01:
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Turboman wrote:
dimasapri wrote:
Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
Sama.....bisa pake 90915-TB001 / 90915-YZZD2 / 90915 - YZZD4......filter olinya bisa saling tukar pakai antara 1TR / 2TR-FE / 1KD / 2KD-FTV / 1GR-FE dan bbrp type mesin Toyota lainnya

He he heeee
:mky_01:
Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Turboman wrote:
dimasapri wrote:
Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
Sama.....bisa pake 90915-TB001 / 90915-YZZD2 / 90915 - YZZD4......filter olinya bisa saling tukar pakai antara 1TR / 2TR-FE / 1KD / 2KD-FTV / 1GR-FE dan bbrp type mesin Toyota lainnya

He he heeee
:mky_01:
Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel berbeda kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote:
dimasapri wrote:
Kalau untuk Innova bensin & diesel, filter olinya sama atau beda ya?
Sama.....bisa pake 90915-TB001 / 90915-YZZD2 / 90915 - YZZD4......filter olinya bisa saling tukar pakai antara 1TR / 2TR-FE / 1KD / 2KD-FTV / 1GR-FE dan bbrp type mesin Toyota lainnya

He he heeee
:mky_01:
Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel berbeda kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
Yeee dibilangin filter oli yg dipake sama, tinggal pilih aja mau type yg mana.........wkwkwkwk

Kalo TB 001 agak bogel, ZZD4 lebi tnggian dikit
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Turboman wrote:
dimasapri wrote:Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel berbeda kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
Yeee dibilangin filter oli yg dipake sama, tinggal pilih aja mau type yg mana.........wkwkwkwk

Kalo TB 001 agak bogel, ZZD4 lebi tnggian dikit
Maksudnya kalau fungsinya sama, kenapa pabrikan harus repot2 bikin 2 part?
Bukannya akan membuat inefisiensi di jalur produksi?
Apalgi kalau beda harga, yg lbh mahal bisa2 tdk laku
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imingwahyudi »

Halo om Turbo, udah ganti sama Kendall GT 530 tadi, rasanya sama ringan kaya HTech heehehe...kebetulan ada kerabat ikut ganti, dia dari 1040 ke kendall...dan ternyata ga ganti oli filter :ungg: , is it oke om? Terakhir filter oli udh jalan 5000an km menurut dia. Langkahnya mending gimana om? Thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote:
dimasapri wrote:Kalau harganya sendiri apakah sama untuk oil filter 1TR-FE dgn 2KD-FTV?
Maaf, bukan bermaksud OOT, tapi penasaran saja apa yg mendasari sampai harga oil filter mesin bensin & diesel berbeda kalo ternyata pemakaiannya bisa saling tukar...
Yeee dibilangin filter oli yg dipake sama, tinggal pilih aja mau type yg mana.........wkwkwkwk

Kalo TB 001 agak bogel, ZZD4 lebi tnggian dikit
Maksudnya kalau fungsinya sama, kenapa pabrikan harus repot2 bikin 2 part?
Bukannya akan membuat inefisiensi di jalur produksi?
Apalgi kalau beda harga, yg lbh mahal bisa2 tdk laku
Nah filter oli Toyota ini gaweannya si DENSO, kalo mobil Jepun lain ada yg di supply oleh Tokyo Roki (cmiiw ejaannya)

Yg lucu TB 001 dan YZZD2 itu barangnya nyaris sama persis, dimensi juga sama

Kalo baca2 di forum2 luar, beda pengkodean juga bisa seiring berjalannya waktu, bisa juga krn beda region

TB 001 itu barang TAM, sementara ZZD2 itu kebanyakan dr importir parts

Harga filter2 ini di toko parts mirip2 yaitu sekitar 55 - 65 rb
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

imingwahyudi wrote:Halo om Turbo, udah ganti sama Kendall GT 530 tadi, rasanya sama ringan kaya HTech heehehe...kebetulan ada kerabat ikut ganti, dia dari 1040 ke kendall...dan ternyata ga ganti oli filter :ungg: , is it oke om? Terakhir filter oli udh jalan 5000an km menurut dia. Langkahnya mending gimana om? Thanks
Ganti oli = ganti filternya juga

Filter oli di atas 6000 Km mulai drop

Mending pake filter Sakura tapi tiap ganti oli diganti drpd filter orig dipanjang2-in gantinya
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

mau ikutan nyoba Kendall ah...harganya murah banyak dibanding amsoil AZO, ada yang pernah bandingin gimana perbedaannya di mobil?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ALX7 »

Turboman wrote:
Ganti oli = ganti filternya juga

Filter oli di atas 6000 Km mulai drop

Mending pake filter Sakura tapi tiap ganti oli diganti drpd filter orig dipanjang2-in gantinya
Ikut nimbrung topik yah om...
Klo daerah Kebon Jeruk - Sawah besar toko/bengkel oli yg rekomended utk urusan ganti oli dimana yah om? :big_think:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

ALX7 wrote:
Turboman wrote:
Ganti oli = ganti filternya juga

Filter oli di atas 6000 Km mulai drop

Mending pake filter Sakura tapi tiap ganti oli diganti drpd filter orig dipanjang2-in gantinya
Ikut nimbrung topik yah om...
Klo daerah Kebon Jeruk - Sawah besar toko/bengkel oli yg rekomended utk urusan ganti oli dimana yah om? :big_think:
Di jl Kebon Jeruk yg jual oli si ko Ayung - Sentral mas, tapi ga terima ganti oli

Sejalan yg byk jual asesoris2 motor itu, tapi posisi dia dekat jembatan kecil
* Bukan ajakan Beli *
orangewater1
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Feb 06, 2014 6:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by orangewater1 »

Turboman wrote:
orangewater1 wrote:pak turbo, gerobak ane honda city 2006 VTEC Manual.. baru gelinding 53000KM.. mobil jarang jalan.. seminggu paling jalan +/- 50km :mky_01:

1. selama ini olinya pake HX7 10-40. ane rencana mo ganti oli pake 5-30 fastron gold. itu bagus ga? ada rekomen yg lain ga? dana max 150rb/L. oli yg terakhir baru jalan 2500km udah 9 bulan.. :big_childish: :big_childish:

2. oli transmisi pake bawaan honda MTF.. di manual book bisa pake oli mesin 10-40.. boleh ga seh pake oli mesin buat transmisi? ato bawaan honda MTF udah cukup?

trims ya..
1. Ya cocoknya buntut 30, kalo pake buntut 40 ya berat tarikannya. Kalo setahun jalan ga sampe 5000 Km pakai 5W30 kelas menengah aja spt Kendall GT1 semi synth 5W30, pake yg mahal2 sayang olinya.

2. Pake MTF aja dah oke.
,
1. kendall gt1 max brp km ato brp bulan?

2. oli mtf max brp km?

trims..
:upss: :upss:
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ALX7 »

Turboman wrote:
ALX7 wrote:
Turboman wrote:
Ganti oli = ganti filternya juga

Filter oli di atas 6000 Km mulai drop

Mending pake filter Sakura tapi tiap ganti oli diganti drpd filter orig dipanjang2-in gantinya
Ikut nimbrung topik yah om...
Klo daerah Kebon Jeruk - Sawah besar toko/bengkel oli yg rekomended utk urusan ganti oli dimana yah om? :big_think:
Di jl Kebon Jeruk yg jual oli si ko Ayung - Sentral mas, tapi ga terima ganti oli

Sejalan yg byk jual asesoris2 motor itu, tapi posisi dia dekat jembatan kecil
udah ketemu tempat yg dimaksud, cuma kemarin (minggu) toko nya tutup..
:thanks: for the inpoh
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imingwahyudi »

Turboman wrote:
imingwahyudi wrote:Halo om Turbo, udah ganti sama Kendall GT 530 tadi, rasanya sama ringan kaya HTech heehehe...kebetulan ada kerabat ikut ganti, dia dari 1040 ke kendall...dan ternyata ga ganti oli filter :ungg: , is it oke om? Terakhir filter oli udh jalan 5000an km menurut dia. Langkahnya mending gimana om? Thanks
Ganti oli = ganti filternya juga

Filter oli di atas 6000 Km mulai drop

Mending pake filter Sakura tapi tiap ganti oli diganti drpd filter orig dipanjang2-in gantinya
nah kalo kasusnya kaya kerabat aye, gimana om? kuras dulu, ditampung, terus beli filter oli begitu om? :big_think:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

imingwahyudi wrote:
nah kalo kasusnya kaya kerabat aye, gimana om? kuras dulu, ditampung, terus beli filter oli begitu om? :big_think:
Ganti filter oli gak perlu buang oli mesin, krn posisi filter oli rata2 di atas oil pan dan bahkan ada yg jauh di atas oil pan.

Cukup top up aja sesuai volume filter.
* Bukan ajakan Beli *
abahnyacj
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Feb 10, 2014 8:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by abahnyacj »

salam om turbo,
dh ngikutin thread ini skarang saatnya bertanya hehehe
mobil ane vios 08 matic (oli tgmo 10w40 ganti tiap 10rb) n everest 2008 tdci 4x4 manual (oli shell helix hx7 diesel 10w40)
yang mau ane tanya :
1. Vios ane rencana mau ganti oli, ga pake tgmo lagi sama dgn member yg lain mesin berisik apalagi klo dh diatas 7rbkm ada alternatif kah?dengan harga setara tgmo (1 gallon skitar 250rban)
2. untuk helix idealnya diganti per brp km yah?skrg dh berjalan 4rban km
3. sempet baca klo oli diesel bisa dipake ke bensin, parameter yg mana kah yg ajdi acuan?bisa ga shell helix hx7 ini dipake ke vios ane? (biar bisa beli partai skaligus hehe)

thx oom turbo, nice thread
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

abahnyacj wrote:salam om turbo,
dh ngikutin thread ini skarang saatnya bertanya hehehe
mobil ane vios 08 matic (oli tgmo 10w40 ganti tiap 10rb) n everest 2008 tdci 4x4 manual (oli shell helix hx7 diesel 10w40)
yang mau ane tanya :
1. Vios ane rencana mau ganti oli, ga pake tgmo lagi sama dgn member yg lain mesin berisik apalagi klo dh diatas 7rbkm ada alternatif kah?dengan harga setara tgmo (1 gallon skitar 250rban)
2. untuk helix idealnya diganti per brp km yah?skrg dh berjalan 4rban km
3. sempet baca klo oli diesel bisa dipake ke bensin, parameter yg mana kah yg ajdi acuan?bisa ga shell helix hx7 ini dipake ke vios ane? (biar bisa beli partai skaligus hehe)

thx oom turbo, nice thread
1. Mesin 1NZ-FE sih cocoknya oli buntut 30
1NZ-FE ini sistem benggol, jadi disarankan gunakan API SL atau SN, kalo yg SN bisa pakai spt Kendall GT1 semi synth 5W30 atau Mobil 5000 - 5W30

Image

2. HX7 Diesel di Diesel CRD bisa dipake 7000 - 7500 Km atau max 9 bulan

3. HX7 Diesel bisa banget dipake di gasoline, krn dia oli Diesel passenger aja (ACEA B4) / MB 229.1 jadi ga masalah
* Bukan ajakan Beli *
eleanor
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jan 23, 2014 14:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by eleanor »

Terima kasih om Turboman buat informasinya :big_smile]

Nah kalo tentang pergantian 10w40 ini ada efek sampingkah untuk jangka pendek ato jangka panjangnya ga om berdasarkan analisa gw di bawah? Sekedar memastikan informasi dari ahlinya macam Om Turboman :)
Turboman wrote:Kalo mau enak pake oli 5W30 yg kadar antiwearnya minimal 1000 ppm.since mesin Lipinah kan ga roller rocker arm

Pilihan bisa pake Kendall 5W30 GT1 API SN semi synth atau Mobil 5000 - 5W30 API SN
eleanor wrote:Halo semuanya..salam kenal buat semuanya..

numpang mampir ya

gw mau sharing pemakaian oli sekalian mau tanya-tanya juga, hee *boleh ya

Ane pake GL 1.8 HWS 2011. Menurut dari panduan dari beres ganti oli dilakukan saat service rutin kelipatan 10rb. Berhubung pake mobil ini harian, iklim tropis, dan stop n go, gw berinisiatif ganti oli tiap 5rb + ganti filter oli.

Oli yang biasa gw pake dari nissan yang 10W30 *sesuai rekomendasi pabrikan. Nah pas di km 65 rb kemaren, gw coba ganti ke mobil super 10w40.
Dengan analisa:
- nilai viskositasnya masih dalam kisaran yang sama
- ruang dalam mesin semakin lebar so penguapannya lebih cepat
- karakter mesin gl lumayan panas saat pemakaian >30menit
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by hadiyanfa »

suhu2, wabil khusus mas Turboman, oli yg bikin hemat BBM di papanjah dan mobilio apaan yak?

klo buat mobilio, pake oli honda yg gold 0W 20, gimana?