Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

Oh tidakkk... what have i done... :frm_bang_head:



Image
Obey the mahakitteh. :big_cat:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by walid_007 »

madcat015 wrote:
ricz wrote:Bukannya yg kentel itu lebi cepat kena ya? :ungg:

Mohon bimbingannya... :ungg:


*nubie soal masalah sutra-sutraan :ngacir:
Yang kental viskositas nya jelek... jadi ga bs ngesot dengan baik menuju sasaran...

Kl yg encer punya viskositas yg baik... bisa ngesot ke sasaran dgn baik, meski sedikit slippery...

:ungg:




Woiiii! BTT woiiii! :big_slap:
ohh jadi klo kental agak misah2 yak :big_slap:
engine roaring!
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by kompresorz »

sebenarnya teknologi baru semakin hebat n bagus...tp entah kenapa ada orang merasa yg lama lebih baik dr yang baru...

contoh desain saja..kok bisa crv yg gen 3 awal2 di bilang lebih bagus dr gen 4..lah saya punya crv gen 2 aja awal keluar gen 3 lgsg saya jual br pakai 1 tahun..krn saya yakin punya saya tertinggal jauh segalanya..

contoh mobil lain..apa ya e36 320i dgn mesin 6 silinder 2000 cc dibandingkan dengan e46,e90,f30,dengan mesin 2000cc 4 silinder apakah lebih unggul e36...kalo soal rusak ya emang e36 sensasinya luar biasa..

saya sih selalu menganggap sesuatu yang baru lebih baik..teknologi mesin honda itu semakin kencang n irit...bayangkan mesin 2.4 crv n acord itu konsumsi bensin premium kombinasi macet normal n lancar masih dapat 1:8an dengan kondisi kaki normal ngebutnya..

Honda desainnya bagus,lega,mesin mantap..sekarang pabrikan berlomba membuat mesin yang efisien n lumayan kencang..hanya orang tertentu yang mencari mobil harus kencang tanpa perduli konsumsi bensin boros...
honda skrg menyiapkan mobil yg feelnya mengalahkan semua generasi honda...NSX gen 2...

*IMO*bukan fans honda hanya suka saja termasuk toyota*

HONDA...

*kami menghargai investasi anda dengan inovasi*
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by mbah_sby »

kompresorz wrote:sebenarnya teknologi baru semakin hebat n bagus...tp entah kenapa ada orang merasa yg lama lebih baik dr yang baru...

contoh desain saja..kok bisa crv yg gen 3 awal2 di bilang lebih bagus dr gen 4..lah saya punya crv gen 2 aja awal keluar gen 3 lgsg saya jual br pakai 1 tahun..krn saya yakin punya saya tertinggal jauh segalanya..

contoh mobil lain..apa ya e36 320i dgn mesin 6 silinder 2000 cc dibandingkan dengan e46,e90,f30,dengan mesin 2000cc 4 silinder apakah lebih unggul e36...kalo soal rusak ya emang e36 sensasinya luar biasa..

saya sih selalu menganggap sesuatu yang baru lebih baik..teknologi mesin honda itu semakin kencang n irit...bayangkan mesin 2.4 crv n acord itu konsumsi bensin premium kombinasi macet normal n lancar masih dapat 1:8an dengan kondisi kaki normal ngebutnya..

Honda desainnya bagus,lega,mesin mantap..sekarang pabrikan berlomba membuat mesin yang efisien n lumayan kencang..hanya orang tertentu yang mencari mobil harus kencang tanpa perduli konsumsi bensin boros...
honda skrg menyiapkan mobil yg feelnya mengalahkan semua generasi honda...NSX gen 2...

*IMO*bukan fans honda hanya suka saja termasuk toyota*

HONDA...

*kami menghargai investasi anda dengan inovasi*
Ane seneng dengan pendapat ini..
Sejatinya emang teknologi baru harusnya lebih baik dibanding teknologi lama...

Engineers di RnD pasti telah melakukan banyak hal untuk mencapai teknologi baru yang tujuan nya tentu harus lebih baik dr teknologi sebelumnya.. masa iya engineers mau bikin sesuatu yg lebih buruk dari sebelumnya?? Ga mungkin banget..itu bukan nature engineers..

Jadi tujuannya dibuat teknologi baru pasti untuk membuat sesuatu yg lebih baik dari sebelumnya..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

ricz wrote: Karakternya itu loh...

VTEC menurut gue tenaganya lebi nendang & nampol... i-VTEC ga terlalu nendang tenaganya...

Trus suaranya itu loh... ngebass bgt...

Mkny gw blg i-VTEC itu banci krn feelnya ga terlalu enak banding VTEC... Itu yg kelas jelata loh, bukan yg kelas elit macam Type R sebangsanya..

Gitu loh oom... :mky_01:
Permasalahannya adalah, ricz, on paper, VTEC tanpa VTC dibanding VTEC dengan VTC (i-VTEC) dengan displacement yang sama dan HP setingkat, memiliki putaran torsi bawah lebih gemuk, dan kurva torsi lebih linier hingga keatas.. Dalam bahasa manusianya: i-VTEC lebih kencang dari VTEC.. Karena.. Ya... Merupakan penyempurnaan efisiensi kinerja pada mesin yang sama sebenernya...

Jadi... Justifikasinya lebih ke arah feeling personal kah oom ricz? Soalnya beda sama kualitas buatan, torsi dan akselerasi bisa di kuantifikasi pakai angka lhor...

Makanya ane bilang, komen ente menarik...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by artoodetoo »

ricz wrote: -cut-
yg penting gw udh meluruskan yg ga lurus & menegakkan mana yg ga tegak... :mrgreen:
Woooiii, itu punya saya.
Ayo bayar royalti :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ricz »

Yaa bisa dikatakan begitu oom... :mky_01:

Emang klo sama2 diliat on paper sih menang i-VTEC, tp feelnya ga bs menyamai VTEC jadul jaman baheula... :mky_01:

@moottodetoo : potong dari angpao gue aja ya om... :upss:

:ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
ditomabura
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Fri Nov 07, 2008 12:50

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ditomabura »

edit dikit ya ommm..
Jadi tujuannya dibuat teknologi baru pasti untuk membuat sesuatu yg lebih baik dari sebelumnya..
hanya saja definisi "lebih baik" itu juga cair/subyektif..
yaa..gak papa lahhh..kita taro pada tempatnya saja
:big_peace:

maksudnya gini..
program ramah lingkungan bagi pakaian nonik2 itu kan bagus sekali, tapi ketika hal tsb diaplikasikan dengan cara mengganti sistem karbu dengan injeksi, yaa kan gemana getoo.. ada sensasi yang ilang padahal tujuannya kan sama-sama ramah lingkungan
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

mbah_sby wrote:
kompresorz wrote:sebenarnya teknologi baru semakin hebat n bagus...tp entah kenapa ada orang merasa yg lama lebih baik dr yang baru...

contoh desain saja..kok bisa crv yg gen 3 awal2 di bilang lebih bagus dr gen 4..lah saya punya crv gen 2 aja awal keluar gen 3 lgsg saya jual br pakai 1 tahun..krn saya yakin punya saya tertinggal jauh segalanya..

contoh mobil lain..apa ya e36 320i dgn mesin 6 silinder 2000 cc dibandingkan dengan e46,e90,f30,dengan mesin 2000cc 4 silinder apakah lebih unggul e36...kalo soal rusak ya emang e36 sensasinya luar biasa..

saya sih selalu menganggap sesuatu yang baru lebih baik..teknologi mesin honda itu semakin kencang n irit...bayangkan mesin 2.4 crv n acord itu konsumsi bensin premium kombinasi macet normal n lancar masih dapat 1:8an dengan kondisi kaki normal ngebutnya..

Honda desainnya bagus,lega,mesin mantap..sekarang pabrikan berlomba membuat mesin yang efisien n lumayan kencang..hanya orang tertentu yang mencari mobil harus kencang tanpa perduli konsumsi bensin boros...
honda skrg menyiapkan mobil yg feelnya mengalahkan semua generasi honda...NSX gen 2...

*IMO*bukan fans honda hanya suka saja termasuk toyota*

HONDA...

*kami menghargai investasi anda dengan inovasi*
Ane seneng dengan pendapat ini..
Sejatinya emang teknologi baru harusnya lebih baik dibanding teknologi lama...

Engineers di RnD pasti telah melakukan banyak hal untuk mencapai teknologi baru yang tujuan nya tentu harus lebih baik dr teknologi sebelumnya.. masa iya engineers mau bikin sesuatu yg lebih buruk dari sebelumnya?? Ga mungkin banget..itu bukan nature engineers..

Jadi tujuannya dibuat teknologi baru pasti untuk membuat sesuatu yg lebih baik dari sebelumnya..
Secara general betul... But not necessarily ALWAYS true...

Apalagi kalau oom kompressorz pakai contoh 6 silinder BMW diganti 4 silinder turbo, secara buat yang petrol head, sensasinya sangat berbeda, and, oh look, versi tertingginya masih pakai 6 silinder lho... Kalau gak ada faktor emisi kan, mana mau BMW nurunin ke 4 silinder... Uwkwkwk...

Soalnya gini, oom, banyak faktor eksternal internal di dalamnya....

Contoh klasik gini deh, yang bilang W202 lebih jelek dari W203 setelah Mercedes diambil Chrysler, udah jelas gak ngerti mobil. Mulai dari trimming downgrade jauh, plastik nya diambil dari PT Cruiser, yang bikin panel badannya Chevrolet.. Mercedes pertama yang beneran kaleng buatannya sampai gak layak di sebut Mercedes.

Honda? Banyak kasusnya.. Ingat GD3 ke GE8 lepas CVT? Gimana dengan kasus suspensi belakang downgrade?

Toyota? Audi? Mitsu? Semua ada cerita.......

Balik lagi, sudut pandang kita dari mana... Jangan asal liat dr sudut pandang produsen atau marketing donk...

Itulah.... Cek dulu background product nya... Jangan asal bet bet beli aja karena namanya besar... Capitalists will always be capitalists.. They are not some kind of saints... Dengan logic oom kompressorz seakan pabrikan selalu mau memberikan yang terbaik untuk konsumen tanpa melihat untung ruginya bagi produsen...

Mbah SBY ngomong tentang nature engineers, tapi tahukah anda bahwa yang menentukan spek mobil seperti apa bukan engineers tapi akuntan?.. This is how it works, it very basic..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by jekael »

Trit ini bicara tentang feel dan jelas feel adalah sesuatu yang nggak terukur dan sangat subjektif dan personal. Jadi ingat dulu pelajaran fisika smp. Ketika tangan berada di air dingin kemudian pindah ke air biasa, maka tangan akan berasa hangat. Dan sebaliknya ketika tangan ditaruh di wadah berisi air hangat kemudian dipindah ke wadah berisi air biasa, maka tangan berasa dingin. Padahal air biasa itu nggak dingin dan hangat. Makanya diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu supaya dapat diukur dan gak terjadi kesalahan karena "feel" tadi.
Bicara tentang feel masa lampau dan sekarang juga rasanya kurang relevan karena dua masa itu punya kondisi yang berbeda seperti kondisi jalan, regulasi emisi, selera yang berbeda, dll. Yang bisa terukur adalah berapakah power mesinnya, torsinya, kekuatan struktur bodynya, top speednya, dll.
Sisi historis walaupun nggak terukur, tapi sangat penting dan relevan untuk dibicarakan lebih dari sekedar feel.
Namun demikian, bukan berarti feel itu tidak perlu dibicarakan, karena mau gak mau walaupun mobil hanyalah objek mati, kita pasti memiliki ikatan emosional dengan mobil yang kita kendarai. Dan mungkin itulah yang dirasakan oleh rekan2 SM disini tentang pengalamannya memakai Honda dan tentunya bisa terjadi perbedaan feel karena ya itu, feel itu tidak terukur dan tidak bisa dikatakan benar atau salah secara mutlak karena sifatnya yang relatif.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

jekael wrote:Trit ini bicara tentang feel dan jelas feel adalah sesuatu yang nggak terukur dan sangat subjektif dan personal. Jadi ingat dulu pelajaran fisika smp. Ketika tangan berada di air dingin kemudian pindah ke air biasa, maka tangan akan berasa hangat. Dan sebaliknya ketika tangan ditaruh di wadah berisi air hangat kemudian dipindah ke wadah berisi air biasa, maka tangan berasa dingin. Padahal air biasa itu nggak dingin dan hangat. Makanya diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu supaya dapat diukur dan gak terjadi kesalahan karena "feel" tadi.
Bicara tentang feel masa lampau dan sekarang juga rasanya kurang relevan karena dua masa itu punya kondisi yang berbeda seperti kondisi jalan, regulasi emisi, selera yang berbeda, dll. Yang bisa terukur adalah berapakah power mesinnya, torsinya, kekuatan struktur bodynya, top speednya, dll.
Sisi historis walaupun nggak terukur, tapi sangat penting dan relevan untuk dibicarakan lebih dari sekedar feel.
Namun demikian, bukan berarti feel itu tidak perlu dibicarakan, karena mau gak mau walaupun mobil hanyalah objek mati, kita pasti memiliki ikatan emosional dengan mobil yang kita kendarai. Dan mungkin itulah yang dirasakan oleh rekan2 SM disini tentang pengalamannya memakai Honda dan tentunya bisa terjadi perbedaan feel karena ya itu, feel itu tidak terukur dan tidak bisa dikatakan benar atau salah secara mutlak karena sifatnya yang relatif.
More or less saya setuju. Itulah kenapa saya komplain tentang asumsi-asumsi yang misleading, tapi malah nggak komen tentang "feel" itu sendiri...

Faktor tidak kuantitatif yang membuat saya jadi bingung mau komen apa.. Dan ujungnya piye kesimpulannya...

Tapi cukup asik lihat sudut pandang berbeda banyak orang...

*balik mantau lagi....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by kompresorz »

AD74YA wrote:
mbah_sby wrote:
kompresorz wrote:sebenarnya teknologi baru semakin hebat n bagus...tp entah kenapa ada orang merasa yg lama lebih baik dr yang baru...

contoh desain saja..kok bisa crv yg gen 3 awal2 di bilang lebih bagus dr gen 4..lah saya punya crv gen 2 aja awal keluar gen 3 lgsg saya jual br pakai 1 tahun..krn saya yakin punya saya tertinggal jauh segalanya..

contoh mobil lain..apa ya e36 320i dgn mesin 6 silinder 2000 cc dibandingkan dengan e46,e90,f30,dengan mesin 2000cc 4 silinder apakah lebih unggul e36...kalo soal rusak ya emang e36 sensasinya luar biasa..

saya sih selalu menganggap sesuatu yang baru lebih baik..teknologi mesin honda itu semakin kencang n irit...bayangkan mesin 2.4 crv n acord itu konsumsi bensin premium kombinasi macet normal n lancar masih dapat 1:8an dengan kondisi kaki normal ngebutnya..

Honda desainnya bagus,lega,mesin mantap..sekarang pabrikan berlomba membuat mesin yang efisien n lumayan kencang..hanya orang tertentu yang mencari mobil harus kencang tanpa perduli konsumsi bensin boros...
honda skrg menyiapkan mobil yg feelnya mengalahkan semua generasi honda...NSX gen 2...

*IMO*bukan fans honda hanya suka saja termasuk toyota*

HONDA...

*kami menghargai investasi anda dengan inovasi*
Ane seneng dengan pendapat ini..
Sejatinya emang teknologi baru harusnya lebih baik dibanding teknologi lama...

Engineers di RnD pasti telah melakukan banyak hal untuk mencapai teknologi baru yang tujuan nya tentu harus lebih baik dr teknologi sebelumnya.. masa iya engineers mau bikin sesuatu yg lebih buruk dari sebelumnya?? Ga mungkin banget..itu bukan nature engineers..

Jadi tujuannya dibuat teknologi baru pasti untuk membuat sesuatu yg lebih baik dari sebelumnya..
Secara general betul... But not necessarily ALWAYS true...

Apalagi kalau oom kompressorz pakai contoh 6 silinder BMW diganti 4 silinder turbo, secara buat yang petrol head, sensasinya sangat berbeda, and, oh look, versi tertingginya masih pakai 6 silinder lho... Kalau gak ada faktor emisi kan, mana mau BMW nurunin ke 4 silinder... Uwkwkwk...

Soalnya gini, oom, banyak faktor eksternal internal di dalamnya....

Contoh klasik gini deh, yang bilang W202 lebih jelek dari W203 setelah Mercedes diambil Chrysler, udah jelas gak ngerti mobil. Mulai dari trimming downgrade jauh, plastik nya diambil dari PT Cruiser, yang bikin panel badannya Chevrolet.. Mercedes pertama yang beneran kaleng buatannya sampai gak layak di sebut Mercedes.

Honda? Banyak kasusnya.. Ingat GD3 ke GE8 lepas CVT? Gimana dengan kasus suspensi belakang downgrade?

Toyota? Audi? Mitsu? Semua ada cerita.......

Balik lagi, sudut pandang kita dari mana... Jangan asal liat dr sudut pandang produsen atau marketing donk...

Itulah.... Cek dulu background product nya... Jangan asal bet bet beli aja karena namanya besar... Capitalists will always be capitalists
hahaha....setidaknya itu maksud perkembangan teknologi terbaru..ok jangan dgn f30...dengan e90 2000cc 4 silinder..lah dengan e46 2000cc saja saya pernah tes di tol aja ketinggalan jauh..itu matik manual..cb murni manual..
tp saya bandingkan crv gen 2 dgn gen 4..hebat gen 4..

ya semua punya pendapat...silahkan klo merasa yang lama lebih baik dr yang baru... :big_smile]

:ngacir:
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by mbah_sby »

Ya maksud saya adalah teknologinya bukan spesifikasi mobilnya..kalo soal downgrade spec itu adalah spesifikasi mobilnya yg di downgrade alias teknokogi yg lbh advance dihilangkan dr spec mobil tsb dgn pertimbangan cost reduction dll..

Tetapi, teknologi yg lebih baru itu masih ada cuma ga dipake aja dr spec mobil tsb.


misal vtec vs i-vtec. Jelas i-vtec lbh baik dr vtec krn secara teknologi lebih baru dan lebih advance dan kata Honda i-vtec itu "powerful yet efficient"..

Kalo ada yg bilang "feel" nya lbh enak vtec dr pada i-vtec ya mungkin saja bener krn i-vtec lbh menyeimbangkan antara tenaga yg powerful sekaligus efisien. Kata efisien inilah kuncinya krn mesin2 skr mesti memenuhi standar emisi dan ramah lingkungan..
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

Nah, itulah mengapa ane selalu menggunakan City series sebagai perbandingan. Dari SX8GM, Aria, hingga AN City.

Terasa sekali cost reduction, yg mmg tidak bs dihindarkan. Mulai suspensi, trim interior, dan mesin jadul yg mahal production cost nya digantikan mesin baru yg lebih efisien.

Satu sisi efisiensi dan modernisasi, satu sisi, ane kehilangan romantisme jadul dgn sebuah mobil yg menyenangkan.

Ane setuju dengan om helm... nahkoda sebuah perusahaan adalah konsultan keuangan. Hasil riset RnD, hasil desain mobil dan iklan, hasil tes, bahkan brp banyak mobil yg mw dikorbankan utk CAP menjadi kekuasaan divisi keuangan.

Tak terlepas dengan Honda. Downgrade suspensi pada City series menjadi satu kenyataan yg terjadi. Karena Honda ingin mengurangi biaya membuat sebuah City.

Bagi yg belum pernah menyetir City akan berpendapat City terbaru sangat canggih, menyenangkan, dan cantik.

Bagi yg sudah menari di tarmac dengan SX8 akan merindukan bantingan ala pick up, kestabilan saat tail slide, dan understeer tingkat dewa serta raungan mesin jaman jebot yg menggairahkan.



Memang posting bro ricz sedikit banyak relatif. Feel tiap orang sangat subyektif sesuai postingan om Jekael. Karenanya, bila kita melihat mobil dan sejarah nya, kita akan tahu cerita dari masa ke masa nya. Kita akan tau knp die hard fans protes, kita akan tau knp terjadi hilang nya identitas...

Cmiiw. :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

@oom kompre dan mbah SBY: seperti yang saya bilang sebelumnya... Secara general saya setuju kok dengan pendapat oom2... Hanya dengan catatan: jangan pernah lihat produsen sebagai saints.... They are not.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by kariage »

Makin rumit aja nih :frm_bang_head:

Kek nya industri otomotif kudu niru industri PC.
bisa milih spek sendiri :mky_03:
Image
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

AD74YA wrote:@oom kompre dan mbah SBY: seperti yang saya bilang sebelumnya... Secara general saya setuju kok dengan pendapat oom2... Hanya dengan catatan: jangan pernah lihat produsen sebagai saints.... They are not.
I couldn't agree more, om helm... they are capitalists, they are business entities. and they do what business do: to get any profit whatever it takes.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by artoodetoo »

Seringkali yang menyebabkan seseorang menilai ada penurunan "rasa" thd sebuah mobil adalah karena unsur nostalgia dilibatkan. Unsur nostalgia yg bersifat emosional tentu sangat mendongkrak penilaian bahwa mobil yg dulu lebih hebat daripada yg sekarang.
Apalagi jika di mobil itu pernah terjadi hal-hal yang diinginkan, misalnya first kiss atau malah lebih daripada itu *eh :upss:

Seandainya mungkin, seseorang yg belum pernah kenal Honda disuruh test drive 2 mobil Honda dalam waktu berdekatan.
Saya misalnya, test drive CityZ nya mootcat yg legendaris itu (tentunya sedapat mungkin dicarikan mobil yg dalam kondisi sangat sehat) lalu setelah selesai, langsung test drive City terkini. Mungkin dengan cara ini penilaian setidaknya cukup fair karena tidak ada unsur nostalgia yang terlibat.

Begitulah.

Xin Nian Kuai Le, May the horse be with you
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by kariage »

artoodetoo wrote:Seringkali yang menyebabkan seseorang menilai ada penurunan "rasa" thd sebuah mobil adalah karena unsur nostalgia dilibatkan. Unsur nostalgia yg bersifat emosional tentu sangat mendongkrak penilaian bahwa mobil yg dulu lebih hebat daripada yg sekarang.
Apalagi jika di mobil itu pernah terjadi hal-hal yang diinginkan, misalnya first kiss atau malah lebih daripada itu *eh :upss:

Seandainya mungkin, seseorang yg belum pernah kenal Honda disuruh test drive 2 mobil Honda dalam waktu berdekatan.
Saya misalnya, test drive CityZ nya mootcat yg legendaris itu (tentunya sedapat mungkin dicarikan mobil yg dalam kondisi sangat sehat) lalu setelah selesai, langsung test drive City terkini. Mungkin dengan cara ini penilaian setidaknya cukup fair karena tidak ada unsur nostalgia yang terlibat.

Begitulah.

Xin Nian Kuai Le, May the horse be with you
komen yg nendang sekali om :big_exellent:


....................:ngacir:
Image
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

Galauuuu... ane galauuuuu... :ungg: :ungg: :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by mbah_sby »

AD74YA wrote:@oom kompre dan mbah SBY: seperti yang saya bilang sebelumnya... Secara general saya setuju kok dengan pendapat oom2... Hanya dengan catatan: jangan pernah lihat produsen sebagai saints.... They are not.
Saya juga tau kok mereka itu kapitalis om heheee..
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by VanzMatic »

kariage wrote:Makin rumit aja nih :frm_bang_head:

Kek nya industri otomotif kudu niru industri PC.
bisa milih spek sendiri :mky_03:
Dan itulah yang dilakukan produsen motor motor nasional di China.
Mereka bisa pesan spek tiap parts, kepada vendor vendor, dan dirakit sendiri, voila, jadilah merk baru.

IMHO, CMIIW...


Balik memantau auu..... :big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by mbah_sby »

kariage wrote:Makin rumit aja nih :frm_bang_head:

Kek nya industri otomotif kudu niru industri PC.
bisa milih spek sendiri :mky_03:
Jadi mobil jangkrik donk :p
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

mbah_sby wrote:
AD74YA wrote:@oom kompre dan mbah SBY: seperti yang saya bilang sebelumnya... Secara general saya setuju kok dengan pendapat oom2... Hanya dengan catatan: jangan pernah lihat produsen sebagai saints.... They are not.
Saya juga tau kok mereka itu kapitalis om heheee..
Ya mbah.. Maka dr itu blom tentu semua aspeknya lebih baik dari sebelumnya.. Udah jamak kok downgrade bukan karena lebih baik tapi.lebih irit.... Klasik itu
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by kariage »

asik bener klo beli mobil kayak beli PC.
bisa milih jenis mesin, shockbreaker hingga asesoris chrome :mrgreen:

udah ah, makin banyak komen ane makin ketahuan bego otomotif.

balik ke pojokan neropong dari jauh eeaaaaaa... :big_grin:
Image