Referensi rute perjalanan Jawa-Bali-Lombok pp.

Informasi rute perjalanan dan liputan acara-acara road trip.

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

Dasar nekat...tetap mendekat sampai lewat batas dalam Pura, atau sekitar +/- 1 Km dari letusan
Image
Image

Setelah mendengar dari dekat, gimana sensasinya suara letusan gunung secara "live", hawa panas yang menyambar, bau belirang tajam dan kehujanan abu panas...
Barulah lari gaspol terbirit-birit... :ungg:

Sungguh pengalaman tdk terlupakan, mungkin hanya once in a lifetime, secara kalau disuruh ngulang lagi meski ada moment, saya tetap ogah... kapok
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by maskopat »

imsus2c wrote:
maskopat wrote:
F 272 wrote: Waaahh.. kayak nya kalo jalan sendirian saya pilih start pagi2..lalu checkin dulu di Hotel sekitaran Bromo...
Untuk saksikan sunrise nanti jam 3 atau 4 subuh keluar hotel.. hehehe..

Ngeri saya jalan tengah malam untuk trek yang engga hafal sama sekali..
kecuali sama Bro maskopat saya ditemenin
:big_peace: :big_peace:
ane aja baru sekali om... :big_peace:
Probolinggo, Meneer...
Bukan Purbolinggo
:big_peace:
makasih koreksinya, Meneer... :cupss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by maskopat »

wah, syukurlah Meneer Imsus selamat... :cupss:
bahaya sekali Meneer. gas beracun, udara panas...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by F272 »

imsus2c wrote:Dasar nekat...tetap mendekat sampai lewat batas dalam Pura, atau sekitar +/- 1 Km dari letusan

Setelah mendengar dari dekat, gimana sensasinya suara letusan gunung secara "live", hawa panas yang menyambar, bau belirang tajam dan kehujanan abu panas...
Barulah lari gaspol terbirit-birit... :ungg:

Sungguh pengalaman tdk terlupakan, mungkin hanya once in a lifetime, secara kalau disuruh ngulang lagi meski ada moment, saya tetap ogah... kapok
Kereeeeeeeeeeennnnn...!!! sekaligus Horor Bro.. hehehe...
tapi ane salut Bro.. Pengalaman & Foto nya itu lho..
Ayo ceritakan dong lebih banyak lagi tentang Bromo..

Saya masih penasaran : Berapa sih Biaya yang sebenarnya untuk naik FJ40 ke 3 tujuan : Kawah, pasir berbisik, gurun savana...?
Karena saya kemaren pertama kali ke sana sungguh sangat dibuat bingung...
Ada yang menawarkan 850.000, ada yg 1juta.. ada yg lebih gila : 1,5 juta..
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Saya akhir nya sih hanya bayar : 650.000 aja.. ber 4 sama anak istri..
untuk naik FJ40 ke : Kawah, pasir berbisik, gurun savana..

Saya berusaha cari info : sebenarnya berapa tarif yang normal nya..
Tapi sampe sekarang belum dapat jawaban...
:big_peace: :big_peace:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by maskopat »

F 272 wrote:
imsus2c wrote:Dasar nekat...tetap mendekat sampai lewat batas dalam Pura, atau sekitar +/- 1 Km dari letusan

Setelah mendengar dari dekat, gimana sensasinya suara letusan gunung secara "live", hawa panas yang menyambar, bau belirang tajam dan kehujanan abu panas...
Barulah lari gaspol terbirit-birit... :ungg:

Sungguh pengalaman tdk terlupakan, mungkin hanya once in a lifetime, secara kalau disuruh ngulang lagi meski ada moment, saya tetap ogah... kapok
Kereeeeeeeeeeennnnn...!!! sekaligus Horor Bro.. hehehe...
tapi ane salut Bro.. Pengalaman & Foto nya itu lho..
Ayo ceritakan dong lebih banyak lagi tentang Bromo..

Saya masih penasaran : Berapa sih Biaya yang sebenarnya untuk naik FJ40 ke 3 tujuan : Kawah, pasir berbisik, gurun savana...?
Karena saya kemaren pertama kali ke sana sungguh sangat dibuat bingung...
Ada yang menawarkan 850.000, ada yg 1juta.. ada yg lebih gila : 1,5 juta..
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Saya akhir nya sih hanya bayar : 650.000 aja.. ber 4 sama anak istri..
untuk naik FJ40 ke : Kawah, pasir berbisik, gurun savana..

Saya berusaha cari info : sebenarnya berapa tarif yang normal nya..
Tapi sampe sekarang belum dapat jawaban...
:big_peace: :big_peace:
tergantung naiknya dari mana om. pasaran sih 650rb - 850rb setahu ane. itu untuk 1 jip dengan isi maksimum 6 orang (7 org dengan driver). kelebihan orang akan kena charge 50rb perorang.. itu untuk 4 tempat: penanjakan (sunrise point), pasir berbisik, bukit savana, puncak... waktu terserah berapa lama, tapi mereka biasanya untuk 1 hari penuh juga ok koq...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

Kalau sekarang 650rb, kayaknya sih sudah pas dan normal

Secara dulu jamannya premium Rp.4500,-/L, ongkos nya sekitar Rp.400.000,-

Jadi kalau sekarang harga premium Rp.6500,-/L, mestinya ongkos jipnya jadi Rp.650.000,-

Kalau lebih dari itu, misalnya Rp.850.000,- ya mungkin surcharge/toeslag hari liburan. Kalau hari sepi/non liburan, mungkin bisa dapat dibawah 650k.

Maklum, kalau 4wd-nya aktif, apalagi penuh muatan dan nanjak, bensinnya bisa 1:1-2 :D

Kalau diatas 1jt, kayaknya sudah kemahalan.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by F272 »

Oooo.. berarti yg saya bayar Rp.650.000,- itu sudah PAS yah...
Karena kemarin itu saya bener2 buta engga tau apa2 hehehe..
secara perjalanan dadakan tidak terencana sebelumnya..

Memang betul, Bensin FJ40 pasti super duper Boros nya..
Kmaren selama saya tidur di Pom bensin selama 1 jam,
kata istri saya ratusan FJ40 engga berenti2 isi bensin hehehe...


Baiklah kalo begitu, saya ucapkan terimakasih atas informasi nya Bro...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

F 272 wrote:Oooo.. berarti yg saya bayar Rp.650.000,- itu sudah PAS yah...
Karena kemarin itu saya bener2 buta engga tau apa2 hehehe..
secara perjalanan dadakan tidak terencana sebelumnya..

Memang betul, Bensin FJ40 pasti super duper Boros nya..
Kmaren selama saya tidur di Pom bensin selama 1 jam,
kata istri saya ratusan FJ40 engga berenti2 isi bensin hehehe...


Baiklah kalo begitu, saya ucapkan terimakasih atas informasi nya Bro...
Sama-sama pak,

Oya, saya kurang tahu persisnya tarif sekarang, dan apa ada perbedaan antara yg dari rute Probolinggo dibanding rute Tosari
Duluuuuu sekali di tahun 2007an, dari Tosari ke Penanjakan sambung ke Bromo, cuma Rp.250.000,-
Tapi mungkin itu tarif spesial, secara FJ40-nya punya temen sendiri yang asli orang sana (Tengger)

Asyiknya lagi, karena udah kenal, begitu sampai dilautan pasir, saya diperbolehkan nyetir sendiri, itung2 sengaja nyebur ke kubangan pasir biar tahu rasanya merangkak pakai 4L :mrgreen:
Tapi kalau saat naik/turun (berangkat/balik) saat Penanjakan-Lautan pasir, tetep ngga dibolehin nyetir sendiri. Rute-nya terlalu berbahaya

Dan kalau mau nomboki bensinnya, sampai di lautan pasir malah boleh pakai sepuasnya.
Terakhir pernah nomboki 40-50L bensin, tapi puas makai sendiri berjam-jam di lautan pasir

#nanti saya repost lagi foto2 hasil jalan2 ke Dieng. Salah satu tempat yg menarik juga buat dikunjungi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ariefsinda
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by ariefsinda »

um F272# itu dipoto emg ga ada mobil selain fj40...? emg ga boleh ato ga kuat ya?
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by F272 »

imsus2c wrote:
--cut---

#nanti saya repost lagi foto2 hasil jalan2 ke Dieng. Salah satu tempat yg menarik juga buat dikunjungi
Ayoo Share disini Bro imsus...
:big_peace:
ariefsinda wrote:um F272# itu dipoto emg ga ada mobil selain fj40...? emg ga boleh ato ga kuat ya?
Sepenglihatan saya kemaren di Bromo : Dominan FJ40... Lalu ada juga TAFT 4x4 yang juga dipergunakan untuk angkutan wisata..tapi jumlah nya engga banyak paing 5% aja dari FJ40... sempat juga lihat Pick-up L-300 untuk angkutan logistik cuma saya engga tau rute nya sama atau tidak dengan FJ40 yang saya tumpangi...

Yang jelas, itulah pengalaman saya seumur hidup pertama kalinya naik FJ40.. cukup kaget juga lihat trek yang menurut saya engga akan terlalui.. tiba2 di sikat habis oleh FJ40 dengan santai merayap dan lewat semua nya.. hhmm.. jadi naksir juga nih...
:big_blushing: :big_blushing:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by madcat015 »

Buset. FJ40 yg 3-speed... :big_chicken:

Very powerful... :big_chicken: dengan FC ga jauh dari Ipah...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by F272 »

madcat015 wrote:Buset. FJ40 yg 3-speed... :big_chicken:

Very powerful... :big_chicken: dengan FC ga jauh dari Ipah...
:big_grin: :big_grin:
Kereeennn ya Bro...hehe..
Saya aja waktu naik itu FJ engga perhatiin itu Digram persneling..sibuk liat pemandangan
cuma tadi di cek di data foto..eh ada... Anak saya cukup perhatian juga ternyata sama detail FJ di interior..
:big_smile] :big_smile]
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by F272 »

madcat015 wrote:Buset. FJ40 yg 3-speed... :big_chicken:

Very powerful... :big_chicken: dengan FC ga jauh dari Ipah...
Ane baru sadar...... ini FJ40 tahun 1981 (menurut Pak Supir yg jadi Joki nya)
Lha... VNT ane tahun 2013....... Persneling nya juga cuma beda 1 aja sama FJ40 ini...

FJ40 th .1981 = 3 speed.. VNT th.2013 = 4 speed hahahaha...
Selama 32 tahun cuma nambah atu spid.... ampunnn deh..

:big_comfort: :big_comfort: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3215
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by walid_007 »

mengenai penggunann 4x4dan lock nya ane diajarin donkkk h2 h4 n l



plizz
engine roaring!
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by F272 »

walid_007 wrote:mengenai penggunann 4x4dan lock nya ane diajarin donkkk h2 h4 n l



plizz
Waaahh saya mah blom pernah blajar itu Bro...
Mungkin Rekan2 Mas Bro SMer lain nya bisa kasih info... please
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by vincewonk »

4L low , buat manjat tanjakan biasanya om, misal mau lewatin tanjakan curam banget, bonus lumpur. Ga bs lari kenceng, gigi 5 paling cuma 40-50km/h. Harus berhenti pas ke mode ini.

4H high, biasanya kepakai kalo jalan licin misal di tol. Kalo lagi hujan ato salju. Bisa dibawa kenceng spt mobil normal.

4wd ga perlu dipake kalo di aspal dan tikungan tajam, lsg understeer tuh mobil radius putarnya jd besar bgt. Bro billy masternya soal ginian neh.

FJ lock differentialnya masih diputer2, gak auto spt dcab yg modern skrg.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by madcat015 »

F 272 wrote:
madcat015 wrote:Buset. FJ40 yg 3-speed... :big_chicken:

Very powerful... :big_chicken: dengan FC ga jauh dari Ipah...
Ane baru sadar...... ini FJ40 tahun 1981 (menurut Pak Supir yg jadi Joki nya)
Lha... VNT ane tahun 2013....... Persneling nya juga cuma beda 1 aja sama FJ40 ini...

FJ40 th .1981 = 3 speed.. VNT th.2013 = 4 speed hahahaha...
Selama 32 tahun cuma nambah atu spid.... ampunnn deh..

:big_comfort: :big_comfort: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Busyet... :big_biglaugh:

Yang nambah ukuran dan harga nya, om F272 :big_grin:

Tapi gerombolan FJ40 yg om poto, ganteng bener ya. Masih mulus dan terawat... :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by maskopat »

madcat015 wrote:
F 272 wrote:
madcat015 wrote:Buset. FJ40 yg 3-speed... :big_chicken:

Very powerful... :big_chicken: dengan FC ga jauh dari Ipah...
Ane baru sadar...... ini FJ40 tahun 1981 (menurut Pak Supir yg jadi Joki nya)
Lha... VNT ane tahun 2013....... Persneling nya juga cuma beda 1 aja sama FJ40 ini...

FJ40 th .1981 = 3 speed.. VNT th.2013 = 4 speed hahahaha...
Selama 32 tahun cuma nambah atu spid.... ampunnn deh..

:big_comfort: :big_comfort: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Busyet... :big_biglaugh:

Yang nambah ukuran dan harga nya, om F272 :big_grin:

Tapi gerombolan FJ40 yg om poto, ganteng bener ya. Masih mulus dan terawat... :mky_02:
mereka ada paguyubannya om... sebagian besar terawat sih FJ nya... :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

walid_007 wrote:mengenai penggunann 4x4dan lock nya ane diajarin donkkk h2 h4 n l
plizz
vincewonk wrote:4L low , buat manjat tanjakan biasanya om, misal mau lewatin tanjakan curam banget, bonus lumpur. Ga bs lari kenceng, gigi 5 paling cuma 40-50km/h. Harus berhenti pas ke mode ini.

4H high, biasanya kepakai kalo jalan licin misal di tol. Kalo lagi hujan ato salju. Bisa dibawa kenceng spt mobil normal.

4wd ga perlu dipake kalo di aspal dan tikungan tajam, lsg understeer tuh mobil radius putarnya jd besar bgt. Bro billy masternya soal ginian neh.

FJ lock differentialnya masih diputer2, gak auto spt dcab yg modern skrg.
Pengalaman saya bolak-balik jalan2 ke Bromo lewat rute Tosari-Penanjakan,

Rute Penanjakan-Bromo, saat dilautan pasir maupun tanjakan/turunan, 4L hanya dipakai saat pulang (kondisi menanjak parah), pas 3-4 titik tanjakan/tikungan dari ujung lautan pasir sampai Penanjakan, selebihnya saat naik/turun, cukup 4H
Diluar itu, selama rute Tosari-Penanjakan PP, hanya pakai 2H

Pengecualian saat puncak musim kemarau atau puncak musim hujan, dimana jika puncak musim kemarau, pasirnya jadi kering dan potensi mobil ambles, nah kalau kecemplung ke kubangan itu, pakai 4L, kalau sudah lolos, ya 4H lagi.
Dan betul, saat mau pakai/lepas gigi 4L, mobil kondisi berhenti dan gigi netral.
Setelah masuk 4L, beberapa kali saya lihat (dan pernah coba sendiri), start-nya bisa dari gigi 2 atau malah 3 sekalian, tergantung kondisi kecemplungnya gimana

Yang jelas, kalau kebanyakan pakai 4L, bisa rugi bandar bensinnya :mrgreen:
Mereka berhitung banget, jadi sewaktu ada tarikan, rata2 mereka isi bensin-nya pas buat pp
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

F 272 wrote:
imsus2c wrote:
--cut---

#nanti saya repost lagi foto2 hasil jalan2 ke Dieng. Salah satu tempat yg menarik juga buat dikunjungi
Ayoo Share disini Bro imsus...
:big_peace:
Repost turis lokal dan foto amatiran ya pak :mky_01:

Sudah di-resize biar bandwidth-nya ngga tambah ngiler, sekalian biar lebih nyaman buat dilihat pengguna mobile device :big_chicken:

Dieng, salah satu wisata pegunungan yang cukup menarik di Jawa Tengah, saya juga sudah beberapa kali kesana

Start dulu...

Sampai di kompleks Dieng Plateau, nambah air washer (soalnya hujan + kabut), sekalian cek mesin habis nanjak marathon dari kota Wonosobo
Dari foto, terlihat suasananya sudah terasa "adem" :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
ImageImage
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

Dieng Plateau itu sebenarnya "lembah" di puncak gunung dengan jalanan melingkar seperti sirkuit, please cmiiw bagi yg lebih sering kesana atau domisili sana.

Sampai di kompleks Dieng Plateau, kalau ambil arah kiri dulu, biasanya yg dilihat pertama adalah telaga warna
Image
Image
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

Di kompleks Telaga Warna itu, ada semacam "theater alam", entah apa namanya dan saya lupa... dan sialnya lagi, foto2nya saya cari juga ngga ketemu :e-wall:

Warna hijau/biru di telaga ini, konon karena kandungan sulfur-nya yang tinggi.
Karena kondisi ini, konon telaga ini termasuk "mati", maksudnya ngga kelihatan penghuni-nya yang kasat mata
Baunya udara di sekitar situ juga tajam, khas aroma belerang

Selain itu ada wisata "hiking" menyusuri telaga warna, nanti akan ditemui beberapa kompleks patung

#bagi yg nafasnya pendek dan oversize badannya, disarankan untuk tidak full hiking :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

Rute berikutnya setelah Telaga Warna, masuk ke kawah sikidang.

Nama kawah disini bukan sekedar julukan, karena memang kawah vulkanik gunung berapi yg masih aktif.

Beberapa tahun lalu, konon pernah batuk2...

Yg ditakuti/fatal dari kawah ini, semburan gas co2-nya,
Dulu kalau ngga salah di sekitar tahun 80an, kawah ini pernah mengeluarkan gas asam dan makan korban jiwa disekitar situ.

Di situ, sesampai di parkiran, bisa jalan kaki, sewa kuda atau sewa motor ATV

Selama perjalanan menuju kawah utama, hati2 saat berjalan kaki (kalau mau sih manfaatkan guide lokal), karena ada buannyyaakkkk titik spot "kawah mikro", wujudnya seperti mata air, tapi yg keluar air mendidih :mrgreen:

Pada akhirnya, di kawah utama nanti, bisa lihat "live" lava/lumpur yang mendidih bergolak....

AWAS....perhatikan bagi yg bawa anak2 !!!!!!!!!!!!!!!!!
Disarankan bawa masker...
Dan yg punya potensi sakit pernafasan, disarankan ngga usah ikutan ke kawah secara bau belerangnya tajam sekali

Oya, disitu ada pembangkit listrik tenaga panas bumi (Geothermal), lagi2, saya lupa namanya dan ambil foto-nya :frm_bang_head:
Image
Image
Image
Image
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

Setelah dari wisata vulkanik, titik selanjutnya wisata budaya,
Melihat kompleks candi kuno dan sejarah keberadaan kebudayaan hindu kuno di pulau Jawa

Image
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Referensi rute perjalanan Jawa-Bali pp.

Post by imsus2c »

Sayang waktu itu, saat itu baru sekitar 1 jam disitu, langsung disergap kabut gila2an...
Kabutnya kejam dan ngga sampai 30 menit, jarak pandang nyaris 0 (nol), mentok 10 meter...

Memperhitungkan akal sehat demi keselamatan, ya nongkrong di parkiran situ....kedinginan dan kelaparan... :e-doh:

Kabut turun sekitar 1-2 jam, disusul hujan lebat sekitar 30 menit. Selesai hujan, berhubung hari mulai gelap dan lapar luar biasa :mrgreen: , akhirnya segera cabut menyelamatkan diri ke kota Wonosobo :mrgreen:

Bagi yg punya pengalaman di Dieng, silakan ditambahkan

Foto2 sergapan kabut...
Image
Image
Image
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking