Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by madcat015 »

artoodetoo wrote:Memang seleranya metket adalah mobil2 yg modelnya plain seperti CRV gen 1 dan CityZ :mky_03:
Gimana ya moot... :ungg:


..... :big_chicken:


Masa kapal induk juga plain? :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by artoodetoo »

madcat015 wrote:
artoodetoo wrote:Memang seleranya metket adalah mobil2 yg modelnya plain seperti CRV gen 1 dan CityZ :mky_03:
Gimana ya moot... :ungg:


..... :big_chicken:


Masa kapal induk juga plain? :big_slap:
Ooo, gak kalo kapal induk. Miata juga enggak :big_exellent:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by imingwahyudi »

artoodetoo wrote:
madcat015 wrote:
artoodetoo wrote:Memang seleranya metket adalah mobil2 yg modelnya plain seperti CRV gen 1 dan CityZ :mky_03:
Gimana ya moot... :ungg:


..... :big_chicken:


Masa kapal induk juga plain? :big_slap:
Ooo, gak kalo kapal induk. Miata juga enggak :big_exellent:
Selera modcing itu non krum kruman...tul ga mod? :mky_03:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by amfibi »

madcat015 wrote:Just look at her...

Image

Image

So pretty :cupss:

*ane ga kesampean beli RD1...* :ungg:
:cupss: :mky_02:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by Turboman »

Saya sama sekali bukan fans Honda tapi keluarga ane pernah miliki
- Accord Prestige 88
- Accord Cielo 94
- Accord V6 - 3.0 Coupe (dulu adik yg pakai di US) - 98
- CRV 2007

Semua beli baru, yg masih ada di hari ini si CRV 2007

Pengamatan ane yg kualitas materialnya bagus:
- Cielo
- Coupe 98 - V6

Prestige lumayan, tapi pelat body nya payah

CRV 07 paling payah dibanding 3 di atas, tapi pelat body sih not bad

Ya makin ke sini dimana harga baja / aluminium / plastik / karet makin mahal, pabrik2 mobil tekan cost sekuat tenaga
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by nescafe »

honda ya hmm.. :big_think:

yang paling lama saya pelihara ya si accord cm5 ini, tahun ini memasuki usia ke 10 tahun. kalau soal mesin so far blm ada problem begitu juga dengan power steering, radiator include fan-nya, bearing roda, karet boot-nya juga msh sehat. selama ini hanya perawatan berkala saja. kalau komponen lainnya seperti tie rod - long tie rod, shock, kopling, brake pad ya sudah pada ganti.
seal drive shaft sudah ganti juga, karena ada indikasi rembes dan master kopling juga sudah ganti, bermasalah karena saya pakai terabas banjir yang cukup dalam.
kalau untuk interior juga belum ada rattle selama ini. nahh termasuk awet ga ya? apa di awet2in? hihihihi :mky_01:

kalau honda2 saya yg lainnya cm datang dan pergi saja. seperti grand civic, crv, jazz GD dan Jazz GE.

kalau sampai saat ini yang msh dipelihara juga 2010 CRV sama 2010 Jazz RS. masing2 km-nya 60rb-an dan 50rb-an. yang sudah saya ganti di ke2 mobil ini hanya ke4 shocknya, ban, brake pad dan kuras oli matic. sisanya hanya perawatan berkala. shocknya diganti karena setelah 2 tahun pemakaian sepertinya makin mengeras, tanda 2 ga awet ini ya.. hehehehe :mky_01:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by hitutbaw »

Wah...10 tahun, km berapa om nes?
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by nescafe »

hitutbaw wrote:Wah...10 tahun, km berapa om nes?
kalau ga salah di 58rb-an oom :roll:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by amfibi »

nescafe wrote:
hitutbaw wrote:Wah...10 tahun, km berapa om nes?
kalau ga salah di 58rb-an oom :roll:
Garage queen... :mky_02:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by imsus2c »

Ody RA, thn ke-10, km ke +/- 150k

+
Performa mesin masih baik
Interior masih kenceng dan rapi
Bantingan masih empuk

_
Mesin masih ok, tapi mulai agak meler di valve cover-nya, meski belum makan oli
Bearing roda sudah ganti --> rata2 setahun sekali mesti harus cek dan servis onderstel
Radiator pernah jebol 2x --> untung langsung ketahuan, jadi mesin masih selamat dari overheat
Evaporator AC belakang sudah ganti 1x
Radiator fan pernah ganti 2x
Nah...yg terakhir ini yg bener2 mahal... Matic-nya nyerah, ada 3 gigi kopling yg rontok, sudah overhaul tapi masih belum enak

Jadi apakah RA termasuk jenis yg awet?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by hitutbaw »

Wuihh..58000 km dan yg pegang ahli detailer pula..
Btw.. Cm5 itu accord terakhir masih pakai doublewishbone ya? Cmiiw...
Ini mah mobil incaran.. Hehe
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by hitutbaw »

@imsus2c..
Om, boleh share gak matic jebol di km berapa? Kalau penggantian oli matic nya spt apa?
Ini bukan cvt ya?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by imsus2c »

hitutbaw wrote:@imsus2c..
Om, boleh share gak matic jebol di km berapa? Kalau penggantian oli matic nya spt apa?
Ini bukan cvt ya?
Jebolnya baru beberapa bulan silam, lupa tepatnya odo berapa, tapi masih di sekitaran 150k
Matic konvensional/geared (non CVT), 4-speed, shiftronic (ada model manual-nya)

Penggantian oli selalu teratur bahkan cenderung phobia
Selalu ganti oli setahun sekali dan kuras/flush (+/- 11 L) setiap +/-2 tahun sekali
Hanya pakai ATF-Z1 dan selalu di BeRes (khusus ganti/flush matic, kalau oli mesin+tune up di Bengkel Umum)
Pemakaian halus mayoritas dalkot, kalau yg di-abuse dan buat AKAP, justru sodara se-garasi nya, sama2 H tapi miring :mrgreen:

Gejala awalnya waktu itu, sering selip, gas diinjak, rpm naik tapi mobil ngga jalan. Lampu check engine nyala.
Hanya dalam waktu semingguan dari gejala tadi, gigi hanya mau masuk 1 & 2. Bahkan kalau sdh panas, bener2 ngga mau jalan.
Mesti matikan mesin, cabut kunci, start lagi, baru mau jalan (gigi 1+2)
Segera bawa bengkel, tapi bengkel spesialis soalnya waktu nanya ke BeRes, estimasi biayanya bikin keringat dingin :mrgreen: ,
Di bengkel, gearbox langsung dibongkar, ketauan ada 3 gigi rontok
1 kopling set, harganya 8.5 juta :e-wall: , itu harga spare parts kopling set-nya saja,
Total dengan oli+jasa+dll, bisa dibayangkan tembus berapa :e-whistle:

1 Bulan setelah overhaul, maticnya sdh ngga enak lagi. Kali ini sering ngga mau engage gigi 2.
Jadi kalau full D, ya otomatis cuma di gigi 1, ngga bisa up shift.
Ngakalinya pakai model M, dari gigi 1, langsung shift up ke gigi 3.
Belum tau, apa ini kesalahan bengkel, jadi mobilnya saat ini dikembalikan/klaim ke bengkelnya dulu. Belum selesai sampai sekarang :2gunfire:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
bayumas80
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Jul 26, 2012 20:40

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by bayumas80 »

amfibi wrote:
madcat015 wrote:Just look at her...

Image

Image

So pretty :cupss:

*ane ga kesampean beli RD1...* :ungg:
:cupss: :mky_02:
Crv gen 1 is the best gen. Bertahun-tahun pakai, nqmun karena kejadian accident jd harus dilepas.
Accident tersebut tidak mrnimbulkan kerusakan parah namun seolah dapat kutukan. Ceritanya di pantura, ada motor nyeberang, diklakson tidak respon, coba rem pas dpt senggol pantat motor. Pas saya keluar untuk nolong, bbapak2 yg bw motor ( umur 70 thn) terseret pick up sampai 50 m.
Sejak itu ada aja kejadian di mobil saya, 3 kali turun mesin.
Sampe skrg masih masih inon memelihara crv gen 1. Mobil yg nyaman, off road ringan hajar, dan bahan interior yg lembut ga kyk mobil skrg dengan plastik keras.
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by Xous »

@mod imsus. Kebetulan hopeng ane jg peliara ne RA, n sptnya emang matiknya bag rawan krn d kukus trit spesialis ini jg blg, PUnya tmn ane trim tengah seh, bukan absolute, cm ganti VR absolute skg, yg absolute captain seat klo tdk salah. PUnya hopeng ane seh dia perna crita akhirna ganti copotan eks sgp or japan gitu, krn katanya dia klo buat repair, bengkel d sby kaga ada yg kompeten, nti rewel lg, mending ganti 1 gelondongan. hehe.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by nescafe »

amfibi wrote:
nescafe wrote:
hitutbaw wrote:Wah...10 tahun, km berapa om nes?
kalau ga salah di 58rb-an oom :roll:
Garage queen... :mky_02:
pas tahun awal2 aja oom jarang2 dipakainya, sekarang sih jadi mobil tempur harian :mky_01:

setelah 4 tahun, baru muncul kerusakan-kerusakan karena jarang dipakai :big_childish:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by nescafe »

@imsus2c: meneer, apakah selenoidnya sudah di check juga? body valvenya juga mungkin?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by hitutbaw »

@imsus2c
Tks share nya om..
Waduh...mudah2an bisa normal lg ya om. Pdhal perawatannya udah lebih baik dari normal kl kyk gt sih..pemakaian jg udah sesuai..
Kl di jkt sih byk ya kyknya bengkel spesialis matic
bayumas80
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Jul 26, 2012 20:40

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by bayumas80 »

Waktu pakai crv gen 1, mobil sampai 200 rb km, tidak pernah flush, hanya ganti oli tiap 15 rb km. Tiap 45 rb km flush manual, tap dan ganti oli, jalan bentar, tap dan ganti sampai bersih.
Saya baca beberapa forum luar klo flush matic honda dgn mesin apalagi mesin sudah tua, adalah big no no.
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by hitutbaw »

@banyumas.. Wah ini info menarik. Matic jgn diflush pakai mesin tua. Tlg dishare lg lebih detail om..
Itu sampai 200k km aman2 ya matic nya tanpa pernah diflush/kuras...

Kyknya pernah baca jg di sm topik beginian..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by imsus2c »

Xous wrote:@mod imsus. Kebetulan hopeng ane jg peliara ne RA, n sptnya emang matiknya bag rawan krn d kukus trit spesialis ini jg blg, PUnya tmn ane trim tengah seh, bukan absolute, cm ganti VR absolute skg, yg absolute captain seat klo tdk salah. PUnya hopeng ane seh dia perna crita akhirna ganti copotan eks sgp or japan gitu, krn katanya dia klo buat repair, bengkel d sby kaga ada yg kompeten, nti rewel lg, mending ganti 1 gelondongan. hehe.
Iya pak, tks advis-nya
Kemarin sih sudah kepikiran ganti segelondong
Cuma bengkelnya sendiri juga masih penasaran
Kalau memang nanti hasil perbaikannya ngga bagus, mau ngga mau mesti alternatif swap
nescafe wrote:@imsus2c: meneer, apakah selenoidnya sudah di check juga? body valvenya juga mungkin?
Sudah tuntas, Meneer..
Cek semua dari yang ringan sampai yang berat.
Tempohari saat overhaul, sempat mampir ngelihat di bengkel
Ditunjukkin gigi kopling yang rontok (bukan aus lho...)
Kemudian juga ditunjukkin susunan bearing dan gigi2nya, mekanik-nya bilang ada 1 poros bearing/gigi yang entah spelling atau jarak mainnya ngga bener gitu... :shrug:
hitutbaw wrote:@imsus2c
Tks share nya om..
Waduh...mudah2an bisa normal lg ya om. Pdhal perawatannya udah lebih baik dari normal kl kyk gt sih..pemakaian jg udah sesuai..
Kl di jkt sih byk ya kyknya bengkel spesialis matic
Iya pak, mudah2an segera beres
Si Ody ini termasuk yg paling banyak menguras dompet, dibanding sodara se garasi-nya
Baik karena teknis (kerusakan2 yg saya post diatas), maupun non-teknis/nasib sial
Secara dulu pernah kena karambol, dihajar truck trailer dari belakang, digencet mobil depannya :e-wall: dan biaya perbaikannya waktu itu... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
bayumas80 wrote:Waktu pakai crv gen 1, mobil sampai 200 rb km, tidak pernah flush, hanya ganti oli tiap 15 rb km. Tiap 45 rb km flush manual, tap dan ganti oli, jalan bentar, tap dan ganti sampai bersih.
Saya baca beberapa forum luar klo flush matic honda dgn mesin apalagi mesin sudah tua, adalah big no no.
Nah ini yg dispute,
Secara saya ngikutin jadwal dan anjuran BeRes :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by hitutbaw »

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =11707&f=5

Di situ gak detail penjelasannya, tp intinya sama.. Sebaiknya matic jgn dikuras olinya.. Sejalan dgn info bro banyumas..
bayumas80
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Jul 26, 2012 20:40

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by bayumas80 »

Saya sempat berdikusi dengan Pak Andi Honda Clinic, beliau kebetulan adalah ex karyawan HPM. Coba cek google, ketik flush honda matic transmision, disitu kelurn puluhan forum kenapa transmisi matic Honda tidak boleh di flush.
Kalau tidak salah posisi filter tansmisi matic honda ada di dlm sehingha kalau ganti yg harus overhaul. Flush menggunakan mesin menyebabkan kotoran/debris di dinding transmisi rontok dan menyebabkan filter mampet, itu mobil km rendah soh tak ada masalah namun mobil tuadgn km tinggi bisa menimbulkan masalah. Desain matic honda beda dengan matic pabrikan laen.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by imsus2c »

bayumas80 wrote:Saya sempat berdikusi dengan Pak Andi Honda Clinic, beliau kebetulan adalah ex karyawan HPM. Coba cek google, ketik flush honda matic transmision, disitu kelurn puluhan forum kenapa transmisi matic Honda tidak boleh di flush.
Kalau tidak salah posisi filter tansmisi matic honda ada di dlm sehingha kalau ganti yg harus overhaul. Flush menggunakan mesin menyebabkan kotoran/debris di dinding transmisi rontok dan menyebabkan filter mampet, itu mobil km rendah soh tak ada masalah namun mobil tuadgn km tinggi bisa menimbulkan masalah. Desain matic honda beda dengan matic pabrikan laen.
Kasus ini, mengenai resiko flush gearbox odo tinggi, apa hanya untuk matic-nya Honda atau juga secara umum juga menimpa gearbox matic pabrikan lainnya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil-Mobil Honda Paling Awet

Post by imsus2c »

hitutbaw wrote:http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =11707&f=5

Di situ gak detail penjelasannya, tp intinya sama.. Sebaiknya matic jgn dikuras olinya.. Sejalan dgn info bro banyumas..
Kalau kasus-nya RA saya, waktu dibuka gearbox-nya, ada kelihatan 3 gigi kopling rontok (bukan aus)
Apa mungkin, error gara2 di-flush, bisa bikin gigi kopling rontok yah? :e-think:
Mestinya, kalau baca2 efek flushing tadi, berpotensi membawa kotoran dan clogging
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking