Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Btw kalau pasang TC itu ada risiko ngerusak mesin atau ECU ga ya?? trus bisa buat Fiesta yang baru ga ya?? hehehe jaga2 kalau ga ada solusinya mgkn harus pasang TC
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 578
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Om lvyer pernah pake mobil laen di rute sama nggak, brp kons bbm nya?
Jadi ada benchmark gt..
Jadi ada benchmark gt..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Ane baru inget, di Fiesta 1.6 DSG temen ane, fuel cons pas macet parah jg cuman 1:7-8.. (pake premium) 
Apa mobilnya yg emang boros yak...

Apa mobilnya yg emang boros yak...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
enjin sih nggak ya... cuma manipulasi ecu sesuai keinginan,, ntah ya om, ane gak perna dan gak boleh masanglvler wrote:Btw kalau pasang TC itu ada risiko ngerusak mesin atau ECU ga ya?? trus bisa buat Fiesta yang baru ga ya?? hehehe jaga2 kalau ga ada solusinya mgkn harus pasang TC

[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Kalo rute sama belum pernah, digarasi ane mobil satu lagi 2500cc Turbo pula kira2 apple to apple ga tuh klo dipake buat benchmarck hehehehitutbaw wrote:Om lvyer pernah pake mobil laen di rute sama nggak, brp kons bbm nya?
Jadi ada benchmark gt..


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Bener 1:7 dalkotnya bro?? soalnya temen ane pake yang Fiesta 1.6 sport DSG lama dapet 1:9-1:10amfibi wrote:Ane baru inget, di Fiesta 1.6 DSG temen ane, fuel cons pas macet parah jg cuman 1:7-8.. (pake premium)
Apa mobilnya yg emang boros yak...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Makasih ya buat semuanya yang udah berpartisipasi sampai saat ini



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Ciyus...lvler wrote:Bener 1:7 dalkotnya bro?? soalnya temen ane pake yang Fiesta 1.6 sport DSG lama dapet 1:9-1:10amfibi wrote:Ane baru inget, di Fiesta 1.6 DSG temen ane, fuel cons pas macet parah jg cuman 1:7-8.. (pake premium)
Apa mobilnya yg emang boros yak...

Cuma dia pake premium, ga tau kl temen ente pake apa...

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
By mid yah? Coba itung full to full dan perbanyak glide d kala ada kesempatan... mid sih klw berhenti pasti jd boros bngtlvler wrote:Jawab semuanya ya. Kilometer udah 3000 KM lebih jadi udah lewat enreyen dong ya. Pemakaian dalam kota stop and go, macet kira2 20-30 persen cuman buat rumah - kantor yang jaraknya cuman 7 Km PP jadi kurang lebih 14-16 Km karena rute pulang agak berbeda. Terus bensinnya sejak dapet selalu pake Shell, pas 1000 KM selalu pake V-Power tp berhubung konsumsi BBM yang tinggi sekarang selalu pake Shell Super. Tekanan ban udah disesuaikan standart pabrik bahkan udah ganti Nitrogen pula. Trus bawa mobilnya juga santai ga pernah serabat-serubut dan RPM standart mobil Auto lah dikisaran 1500-2500 tp lebih banyak di 1500-2000. Nah cuman yang paling anehnya nih mobil kalo jalan lancar 100 persen dalam artian tidak stop and go tokcerlah bisa sampe angka 1:16 bahkan 1:20 tapi klo udah kena stop and go dalkot langsung deh 1:7, malah barusan kena macet parah stuck ga jalan jadi 1:3. Bingung banget nih??? selaen itu AC nih mobil dingin banget sampai sering berembun tapi di bagian kaca luar kalau lagi hujan, apa ada hubungannya ya AC dingin banget sm BBM Boros?? Kira2 wajar ga sih ya buat kategori mobil baru dan 1500cc??? udah coba bawa ke BERES dianalisa sampe 2x katanya ga ada masalah, makin bingung jadinya mau dibawa kemana lagi PLS HELPP
Btw terima kasih banyak ya buat yang udah nanya
Boil gw 1200cc 3cyld gw jg by mid sih sering 1:6-8 kalau dalkot stop n go bnyk berhenti sih....
Dan pertamax/shell only
Fulltofull sih d 1:9-11an

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Full to full dan MID bro, mirip2 hasilnya. udah dibawa ke beres 2x diperiksa dan update ECU katanya ga ada masalah. Lagi bingung solusinya mungkin harus pasang throttle controlbillyd1773dz wrote:By mid yah? Coba itung full to full dan perbanyak glide d kala ada kesempatan... mid sih klw berhenti pasti jd boros bngtlvler wrote:Jawab semuanya ya. Kilometer udah 3000 KM lebih jadi udah lewat enreyen dong ya. Pemakaian dalam kota stop and go, macet kira2 20-30 persen cuman buat rumah - kantor yang jaraknya cuman 7 Km PP jadi kurang lebih 14-16 Km karena rute pulang agak berbeda. Terus bensinnya sejak dapet selalu pake Shell, pas 1000 KM selalu pake V-Power tp berhubung konsumsi BBM yang tinggi sekarang selalu pake Shell Super. Tekanan ban udah disesuaikan standart pabrik bahkan udah ganti Nitrogen pula. Trus bawa mobilnya juga santai ga pernah serabat-serubut dan RPM standart mobil Auto lah dikisaran 1500-2500 tp lebih banyak di 1500-2000. Nah cuman yang paling anehnya nih mobil kalo jalan lancar 100 persen dalam artian tidak stop and go tokcerlah bisa sampe angka 1:16 bahkan 1:20 tapi klo udah kena stop and go dalkot langsung deh 1:7, malah barusan kena macet parah stuck ga jalan jadi 1:3. Bingung banget nih??? selaen itu AC nih mobil dingin banget sampai sering berembun tapi di bagian kaca luar kalau lagi hujan, apa ada hubungannya ya AC dingin banget sm BBM Boros?? Kira2 wajar ga sih ya buat kategori mobil baru dan 1500cc??? udah coba bawa ke BERES dianalisa sampe 2x katanya ga ada masalah, makin bingung jadinya mau dibawa kemana lagi PLS HELPP
Btw terima kasih banyak ya buat yang udah nanya
Boil gw 1200cc 3cyld gw jg by mid sih sering 1:6-8 kalau dalkot stop n go bnyk berhenti sih....
Dan pertamax/shell only
Fulltofull sih d 1:9-11an
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Mirip gmn bro...... katanya macet trus langsung dapet 1:3, masa full to fullnya 1:3? Trus lancar 1:20 ....... itu dri mid kan?lvler wrote:Full to full dan MID bro, mirip2 hasilnya. udah dibawa ke beres 2x diperiksa dan update ECU katanya ga ada masalah. Lagi bingung solusinya mungkin harus pasang throttle controlbillyd1773dz wrote:By mid yah? Coba itung full to full dan perbanyak glide d kala ada kesempatan... mid sih klw berhenti pasti jd boros bngtlvler wrote:Jawab semuanya ya. Kilometer udah 3000 KM lebih jadi udah lewat enreyen dong ya. Pemakaian dalam kota stop and go, macet kira2 20-30 persen cuman buat rumah - kantor yang jaraknya cuman 7 Km PP jadi kurang lebih 14-16 Km karena rute pulang agak berbeda. Terus bensinnya sejak dapet selalu pake Shell, pas 1000 KM selalu pake V-Power tp berhubung konsumsi BBM yang tinggi sekarang selalu pake Shell Super. Tekanan ban udah disesuaikan standart pabrik bahkan udah ganti Nitrogen pula. Trus bawa mobilnya juga santai ga pernah serabat-serubut dan RPM standart mobil Auto lah dikisaran 1500-2500 tp lebih banyak di 1500-2000. Nah cuman yang paling anehnya nih mobil kalo jalan lancar 100 persen dalam artian tidak stop and go tokcerlah bisa sampe angka 1:16 bahkan 1:20 tapi klo udah kena stop and go dalkot langsung deh 1:7, malah barusan kena macet parah stuck ga jalan jadi 1:3. Bingung banget nih??? selaen itu AC nih mobil dingin banget sampai sering berembun tapi di bagian kaca luar kalau lagi hujan, apa ada hubungannya ya AC dingin banget sm BBM Boros?? Kira2 wajar ga sih ya buat kategori mobil baru dan 1500cc??? udah coba bawa ke BERES dianalisa sampe 2x katanya ga ada masalah, makin bingung jadinya mau dibawa kemana lagi PLS HELPP
Btw terima kasih banyak ya buat yang udah nanya
Boil gw 1200cc 3cyld gw jg by mid sih sering 1:6-8 kalau dalkot stop n go bnyk berhenti sih....
Dan pertamax/shell only
Fulltofull sih d 1:9-11an
Mid akurat d jalan lancar bro.... klw uda sama macet sih hit n miss, pasti tw kan angka mid dri mana...... dan klw berhenti ke avg fc jd gmn..
Fulltofull dari penuh sampai kosong kombinasi pemakaian sehari2ny aja.. jgn ambil saat macet atau saat lancar aja
Tc sih ngebantu sekolahin kaki aja.......... g efek ke tenaga atw afr.
mending patok rpm jgn lebih dari 2000(klw d boil gw) dan jgn neken rem.. gas sesedikit mungkin.. perbanyak glide. lebih ke driving habbitny
sweetspot mesin tiap mobil pasti beda2, tp di kondisi stop n go jalan datar sih bisa di bilang serendah mungkin rev nya dan sesedikit mungkin neken gas ,rem dan diam sambil mesin nyala...... apalagi klw matic dia nyesuaikan sendiri gearnya sesuai rev dan engine load.
Yg bisa sangat irit macet sih y elektrik motor.. atau setidakny diesel karna afrny jauh lebih lean n some gdi yg bisa leanburn.. yg lain ngandalin dfco saat gliding

Last edited by billyd1773dz on Wed Jan 15, 2014 14:56, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
permisi om, klo saya mencoba utk mengkambing hitamkan terlebih dahulu tentang:
kekurang sesuaian penggunaan rpm saat melajukan kendaraan
spek engine:
Bore x Stroke (mm x mm) 79.0 x 76.4
Maximum Power (Kw(PS)/rpm) 82 (112) / 6300
Maximum Torque (Nm/rpm) 140 / 4400
dan jg mgkn karna effect engine yg oversquare
kekurang sesuaian penggunaan rpm saat melajukan kendaraan

spek engine:
Bore x Stroke (mm x mm) 79.0 x 76.4
Maximum Power (Kw(PS)/rpm) 82 (112) / 6300
Maximum Torque (Nm/rpm) 140 / 4400
dan jg mgkn karna effect engine yg oversquare

> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Boil gw 1200cc 3cyld gw jg by mid sih sering 1:6-8 kalau dalkot stop n go bnyk berhenti sih....
Dan pertamax/shell only
Fulltofull sih d 1:9-11an
[/quote]
Full to full dan MID bro, mirip2 hasilnya. udah dibawa ke beres 2x diperiksa dan update ECU katanya ga ada masalah. Lagi bingung solusinya mungkin harus pasang throttle control[/quote]
Mirip gmn bro...... katanya macet trus langsung dapet 1:3, masa full to fullnya 1:3? Trus lancar 1:20 ....... itu dri mid kan?
Mid akurat d jalan lancar bro.... klw uda sama macet sih hit n miss, pasti tw kan angka mid dri mana...... dan klw berhenti ke avg fc jd gmn..
Fulltofull dari penuh sampai kosong kombinasi pemakaian sehari2ny aja.. jgn ambil saat macet atau saat lancar aja
Tc sih ngebantu sekolahin kaki aja.......... g efek ke tenaga atw afr.
mending patok rpm jgn lebih dari 2000(klw d boil gw) dan jgn neken rem.. gas sesedikit mungkin.. perbanyak glide. lebih ke driving habbitny
sweetspot mesin tiap mobil pasti beda2, tp di kondisi stop n go jalan datar sih bisa di bilang serendah mungkin rev nya dan sesedikit mungkin neken gas ,rem dan diam sambil mesin nyala...... apalagi klw matic dia nyesuaikan sendiri gearnya sesuai rev dan engine load.
Yg bisa sangat irit macet sih y elektrik motor.. atau setidakny diesel karna afrny jauh lebih lean n some gdi yg bisa leanburn.. yg lain ngandalin dfco saat gliding
[/quote]
ya untuk yang 1:7 udah pake full to full dan MID hasilnya mirip2, kalo yang 1:3 barusan aja kena macet parah stuck berdasarkan MID (Sesuai penjelasan posting terdahulu). Mobil saya kebetulan matic bro dan udah diusahakan neken gasnya sehalus mgkn bawanya juga kalem. RPM memang disekitaran 2000 kok
Dan pertamax/shell only
Fulltofull sih d 1:9-11an

Full to full dan MID bro, mirip2 hasilnya. udah dibawa ke beres 2x diperiksa dan update ECU katanya ga ada masalah. Lagi bingung solusinya mungkin harus pasang throttle control[/quote]
Mirip gmn bro...... katanya macet trus langsung dapet 1:3, masa full to fullnya 1:3? Trus lancar 1:20 ....... itu dri mid kan?
Mid akurat d jalan lancar bro.... klw uda sama macet sih hit n miss, pasti tw kan angka mid dri mana...... dan klw berhenti ke avg fc jd gmn..
Fulltofull dari penuh sampai kosong kombinasi pemakaian sehari2ny aja.. jgn ambil saat macet atau saat lancar aja
Tc sih ngebantu sekolahin kaki aja.......... g efek ke tenaga atw afr.
mending patok rpm jgn lebih dari 2000(klw d boil gw) dan jgn neken rem.. gas sesedikit mungkin.. perbanyak glide. lebih ke driving habbitny
sweetspot mesin tiap mobil pasti beda2, tp di kondisi stop n go jalan datar sih bisa di bilang serendah mungkin rev nya dan sesedikit mungkin neken gas ,rem dan diam sambil mesin nyala...... apalagi klw matic dia nyesuaikan sendiri gearnya sesuai rev dan engine load.
Yg bisa sangat irit macet sih y elektrik motor.. atau setidakny diesel karna afrny jauh lebih lean n some gdi yg bisa leanburn.. yg lain ngandalin dfco saat gliding

ya untuk yang 1:7 udah pake full to full dan MID hasilnya mirip2, kalo yang 1:3 barusan aja kena macet parah stuck berdasarkan MID (Sesuai penjelasan posting terdahulu). Mobil saya kebetulan matic bro dan udah diusahakan neken gasnya sehalus mgkn bawanya juga kalem. RPM memang disekitaran 2000 kok
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Misteri Fiesta...
*ane juga ikut bingung...*
*ane juga ikut bingung...*

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Bused 1:7 boros banget yah...mirip sama camry v6...btw udah cek afr sama lambda om? Hasilnya bagaimana? Kalo oper manual ada perubahan ga? Hehehehe
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Nah ini dia saya dibikin bingungnya kok mobil 1500cc masih 3000KM tapi kok FCnya 1:7 kalau mobil kaya camry segitu sih mungkin saya anggap normal. Saya juga curiga ada apa2 sama oksigen sensornya atau mungkin ada vaccum leak jadi si ECU mengkompensasi kelebihan oksigen akibat kebocoran dengan menambahkan mixture BBM yang akhirnya bikin FC jadi tinggi, tapi gimana caranya ya biar pihak beres ato FMI mau melakukan pengecekan karena selama ini saya perhatikan mereka hanya berdasarkan komputer scanner mereka dan kalau ga muncul kode apa2 kesimpulan mereka ya baik2 saja, tapi kan terkadang faulty sensor atau vaccum leak bisa tidak terdeteksi hanya dengan komputer scanner, mohon maaf kalau salah mohon koreksinyaimingwahyudi wrote:Bused 1:7 boros banget yah...mirip sama camry v6...btw udah cek afr sama lambda om? Hasilnya bagaimana? Kalo oper manual ada perubahan ga? Hehehehe

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Hmmm...afaik kalo gas buang pasti kebaca kok om hehehehe...coba uji emisi aja...samplingnya dari gas buang om...klo sampe ada kebocoran dan dikompensasi o2 otomatis produksi co2 nambah, correct? Untuk panduan oom, Fiesta 1.4 auto sempet ada yang nyeletuk 1:8 jalanan bandung. Oiya om...maaf kalo pertanyaan bodoh...mesin kerasa lugging ga pas shifting rpm rendah?lvler wrote:Nah ini dia saya juga curiga ada apa2 sama oksigen sensornya atau mungkin ada vaccum leak jadi si ECU mengkompensasi kelebihan oksigen akibat kebocoran dengan menambahkan mixture BBM yang akhirnya bikin FC jadi tinggi, tapi gimana caranya ya biar pihak beres ato FMI mau melakukan pengecekan karena selama ini saya perhatikan mereka hanya berdasarkan komputer scanner mereka dan kalau ga muncul kode apa2 kesimpulan mereka ya baik2 saja, tapi kan terkadang faulty sensor atau vaccum leak bisa tidak terdeteksi hanya dengan komputer scanner, mohon maaf kalau salah mohon koreksinyaimingwahyudi wrote:Bused 1:7 boros banget yah...mirip sama camry v6...btw udah cek afr sama lambda om? Hasilnya bagaimana? Kalo oper manual ada perubahan ga? Hehehehe
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
hehe...lvler wrote:
ya untuk yang 1:7 udah pake full to full dan MID hasilnya mirip2, kalo yang 1:3 barusan aja kena macet parah stuck berdasarkan MID (Sesuai penjelasan posting terdahulu). Mobil saya kebetulan matic bro dan udah diusahakan neken gasnya sehalus mgkn bawanya juga kalem. RPM memang disekitaran 2000 kok

yaa semoga bukan defect bro.....

d traffic bandung mira gw cc lebih kecil -1cyld dan berat jauh lebih ringan... mid sekitar sgtuan juga kok...... jalurnya <20km setiap hari.. stop n go avg speed 40kmh... g lewat tol/highway jarang bisa gliding.... <1km ada stopan + ngantainya yg panjang
dulu di bilang ada yg salah dgn mira gw atw salah d gw ngebejekny, karna mid nya jauh di bawah dri temen2 yg d kota lain...
ktb bikin lomba irit d kota gw, ikutan n dpt kado................... jd yg salah bukan mbl atw gw, tp memang jalannya g memungkinkan untuk irit....
soal yg 2.5turbo lebih irit, bisa aja om...... torque lebih besar effort nya jelas lebih ringan.. terutama bwat kondisi jalan yg high engine load..... sering jg gw rasa kya gtu klw pke mbl 2.5turbo gw yg lain .... pernah jg pke mbl temen 2.0turbo bejek2an d tol jalur yg sama mira 1:7 , yg itu 1:9 dan lebih kenceng passangear lebih bayak wkwkwklvler wrote:Kalo rute sama belum pernah, digarasi ane mobil satu lagi 2500cc Turbo pula kira2 apple to apple ga tuh klo dipake buat benchmarck hehehehitutbaw wrote:Om lvyer pernah pake mobil laen di rute sama nggak, brp kons bbm nya?
Jadi ada benchmark gt..tapi sebagai perbandingan untuk rute lain mobil ane yg 2500cc Turbo itu jauh lebih hemat lho dibandingkan All New Fiesta ane yg 1500cc. Lucunya dulu ane beli Fiesta mikir buat kendaraan operasional sehari-hari dengan harapan dengan 1500cc harusnya kan bs lebih hemat dari mobil 2500cc ane tapi malah kebalikannya hehehe

tp klw d kondisi sama2 macet d jalan datar rasanya klw sama2 gasoline teknologi selevel non gdi, lebih irit yg cc lebih kecil deh.... jd d coba dulu bro 2.5 turbonya d jalur yg sama.........................

cmiiw

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Oh jadi bisa dicek dari sampling gas buang ya? ngetesnya gimana om? maaf nih ane newbie cuman gara2 masalah ini jadi sering research masalah FC tinggi. Maksudnya lugging gimana ya bro? kebetulan Ford Fiesta kan pake teknologi DSG jadi emg suka ngelag dan agak ndut2an klo di RPM rendahimingwahyudi wrote:Hmmm...afaik kalo gas buang pasti kebaca kok om hehehehe...coba uji emisi aja...samplingnya dari gas buang om...klo sampe ada kebocoran dan dikompensasi o2 otomatis produksi co2 nambah, correct? Untuk panduan oom, Fiesta 1.4 auto sempet ada yang nyeletuk 1:8 jalanan bandung. Oiya om...maaf kalo pertanyaan bodoh...mesin kerasa lugging ga pas shifting rpm rendah?lvler wrote:Nah ini dia saya juga curiga ada apa2 sama oksigen sensornya atau mungkin ada vaccum leak jadi si ECU mengkompensasi kelebihan oksigen akibat kebocoran dengan menambahkan mixture BBM yang akhirnya bikin FC jadi tinggi, tapi gimana caranya ya biar pihak beres ato FMI mau melakukan pengecekan karena selama ini saya perhatikan mereka hanya berdasarkan komputer scanner mereka dan kalau ga muncul kode apa2 kesimpulan mereka ya baik2 saja, tapi kan terkadang faulty sensor atau vaccum leak bisa tidak terdeteksi hanya dengan komputer scanner, mohon maaf kalau salah mohon koreksinyaimingwahyudi wrote:Bused 1:7 boros banget yah...mirip sama camry v6...btw udah cek afr sama lambda om? Hasilnya bagaimana? Kalo oper manual ada perubahan ga? Hehehehe
Thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
vacum leak d WJ V8 gw sih ketauan bro... MIL/CE nyala dan langsung dia report dtcnya........... gtwnya ada slank vakum d tb yg lepas............lvler wrote:Nah ini dia saya dibikin bingungnya kok mobil 1500cc masih 3000KM tapi kok FCnya 1:7 kalau mobil kaya camry segitu sih mungkin saya anggap normal. Saya juga curiga ada apa2 sama oksigen sensornya atau mungkin ada vaccum leak jadi si ECU mengkompensasi kelebihan oksigen akibat kebocoran dengan menambahkan mixture BBM yang akhirnya bikin FC jadi tinggi, tapi gimana caranya ya biar pihak beres ato FMI mau melakukan pengecekan karena selama ini saya perhatikan mereka hanya berdasarkan komputer scanner mereka dan kalau ga muncul kode apa2 kesimpulan mereka ya baik2 saja, tapi kan terkadang faulty sensor atau vaccum leak bisa tidak terdeteksi hanya dengan komputer scanner, mohon maaf kalau salah mohon koreksinyaimingwahyudi wrote:Bused 1:7 boros banget yah...mirip sama camry v6...btw udah cek afr sama lambda om? Hasilnya bagaimana? Kalo oper manual ada perubahan ga? Hehehehe
cmiiw

sampling dri exhaust....... mungkin bisa jg ke tuner piggy biasanya punya lambda/02 sensor yg d pasang d exhaust bwat tuning..... klw sensor readnya salah dan terlalu rich mestinya keliat d close loop ngelebihin afr 14.7 sih...... cmiiw

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Kira2 dimana ya bro ane bs tes? mgkn ada referensibillyd1773dz wrote:vacum leak d WJ V8 gw sih ketauan bro... MIL/CE nyala dan langsung dia report dtcnya........... gtwnya ada slank vakum d tb yg lepas............lvler wrote:Nah ini dia saya dibikin bingungnya kok mobil 1500cc masih 3000KM tapi kok FCnya 1:7 kalau mobil kaya camry segitu sih mungkin saya anggap normal. Saya juga curiga ada apa2 sama oksigen sensornya atau mungkin ada vaccum leak jadi si ECU mengkompensasi kelebihan oksigen akibat kebocoran dengan menambahkan mixture BBM yang akhirnya bikin FC jadi tinggi, tapi gimana caranya ya biar pihak beres ato FMI mau melakukan pengecekan karena selama ini saya perhatikan mereka hanya berdasarkan komputer scanner mereka dan kalau ga muncul kode apa2 kesimpulan mereka ya baik2 saja, tapi kan terkadang faulty sensor atau vaccum leak bisa tidak terdeteksi hanya dengan komputer scanner, mohon maaf kalau salah mohon koreksinyaimingwahyudi wrote:Bused 1:7 boros banget yah...mirip sama camry v6...btw udah cek afr sama lambda om? Hasilnya bagaimana? Kalo oper manual ada perubahan ga? Hehehehe
cmiiw
sampling dri exhaust....... mungkin bisa jg ke tuner piggy biasanya punya lambda/02 sensor yg d pasang d exhaust bwat tuning..... klw sensor readnya salah dan terlalu rich mestinya keliat d close loop ngelebihin afr 14.7 sih...... cmiiw
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
kalo lancar masih bisa dapet segitu sih ane rasa normal aja... mungkin stop and go dalkot nya emang sintinglvler wrote: Trus bawa mobilnya juga santai ga pernah serabat-serubut dan RPM standart mobil Auto lah dikisaran 1500-2500 tp lebih banyak di 1500-2000. Nah cuman yang paling anehnya nih mobil kalo jalan lancar 100 persen dalam artian tidak stop and go tokcerlah bisa sampe angka 1:16 bahkan 1:20 tapi klo udah kena stop and go dalkot langsung deh 1:7

soalnya jazz AT FCnya juga di angka 1 : 7-8 kalo dibawa macet-macetan....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Hmmm... Klo cm stop on go doank ga pernah sentuh highway atau jalan lancar cruising 60 km/h ya emang segitu kali ya... Karena pengalaman ge nyetir di smg yang cuma rame ga macet kaya jkt malah lebih boros karena ya dikit2 ngerem dan jarak tempuh pendek2...
Ane pemakai fiesta 1.6 dsg. Rute harian udah kaya neraka cbb - rasuna said ga pernah eco driving karen macet bikin sebel tiap kali kosong hajar blehhh avg 1:9-10 sih... Avg speed 16km/h di MID...
Saran biar irit ya sebisa mungkin jalan yg smooth naikin rpm pelan2 jgn byk ngerem terutama kick down... Trus ya usahan pake gigi tinggi .. Semoga membantu..
O ya bensin yg dipake selalu super ekstra / v power skrg..
Ane pemakai fiesta 1.6 dsg. Rute harian udah kaya neraka cbb - rasuna said ga pernah eco driving karen macet bikin sebel tiap kali kosong hajar blehhh avg 1:9-10 sih... Avg speed 16km/h di MID...
Saran biar irit ya sebisa mungkin jalan yg smooth naikin rpm pelan2 jgn byk ngerem terutama kick down... Trus ya usahan pake gigi tinggi .. Semoga membantu..
O ya bensin yg dipake selalu super ekstra / v power skrg..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jan 15, 2014 6:28
Re: Konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT
Terima kasih udah sharing bro. Nah setau ane juga harus dalkot kena macet masih bisa dapet 1:9 - 1:10 temen ane juga ada yg 1.6 DSG dapetnya segitu nah ini 1.5 DSG malah kok cuman 1:7 untuk kondisi stop and go klo kondisi lancar bebas hambatan FCnya sih tokcer banget bisa sampe 1:20. Ane coba jelasin ini sama pihak dealer dan FMI malah ditantang nanya temennya Avg Speednya berapa dan rutenya mana aja? hehehehe lucu Apa harus bawa beberapa mobil Ford Fiesta dan pemiliknya yg lain ya buat bandingin didepan pihak dealer dan FMIyaseinotulip wrote:Hmmm... Klo cm stop on go doank ga pernah sentuh highway atau jalan lancar cruising 60 km/h ya emang segitu kali ya... Karena pengalaman ge nyetir di smg yang cuma rame ga macet kaya jkt malah lebih boros karena ya dikit2 ngerem dan jarak tempuh pendek2...
Ane pemakai fiesta 1.6 dsg. Rute harian udah kaya neraka cbb - rasuna said ga pernah eco driving karen macet bikin sebel tiap kali kosong hajar blehhh avg 1:9-10 sih... Avg speed 16km/h di MID...
Saran biar irit ya sebisa mungkin jalan yg smooth naikin rpm pelan2 jgn byk ngerem terutama kick down... Trus ya usahan pake gigi tinggi .. Semoga membantu..
O ya bensin yg dipake selalu super ekstra / v power skrg..
