Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mau nanya dong untuk konsumsi BBM All New Ford Fiesta 1.5 AT (yang Dual Clutch) untuk dalam kota dapet berapa ya? Kok saya cuman dapet 1:7 ya? normal ga sih untuk mobil 1500cc, nanya ke FMI katanya normal. Bingung euy
Jawab semuanya ya. Kilometer udah 3000 KM lebih jadi udah lewat enreyen dong ya. Pemakaian dalam kota stop and go, macet kira2 20-30 persen cuman buat rumah - kantor yang jaraknya cuman 7 Km PP jadi kurang lebih 14-16 Km karena rute pulang agak berbeda. Terus bensinnya sejak dapet selalu pake Shell, pas 1000 KM selalu pake V-Power tp berhubung konsumsi BBM yang tinggi sekarang selalu pake Shell Super. Tekanan ban udah disesuaikan standart pabrik bahkan udah ganti Nitrogen pula. Trus bawa mobilnya juga santai ga pernah serabat-serubut dan RPM standart mobil Auto lah dikisaran 1500-2500 tp lebih banyak di 1500-2000. Nah cuman yang paling anehnya nih mobil kalo jalan lancar 100 persen dalam artian tidak stop and go tokcerlah bisa sampe angka 1:16 bahkan 1:20 tapi klo udah kena stop and go dalkot langsung deh 1:7, malah barusan kena macet parah stuck ga jalan jadi 1:3. Bingung banget nih??? selaen itu AC nih mobil dingin banget sampai sering berembun tapi di bagian kaca luar kalau lagi hujan, apa ada hubungannya ya AC dingin banget sm BBM Boros?? Kira2 wajar ga sih ya buat kategori mobil baru dan 1500cc??? udah coba bawa ke BERES dianalisa sampe 2x katanya ga ada masalah, makin bingung jadinya mau dibawa kemana lagi PLS HELPP
Btw terima kasih banyak ya buat yang udah nanya
Last edited by lvler on Wed Jan 15, 2014 12:00, edited 1 time in total.
Kalau yang 1:7 itu Full to Full sama liat MID hasilnya mirip2. Kalau yang 1:3 barusan liat MID dapet 27.3L/100KM. Gimana nih bro ya? kira2 ada yang bs bantu analisa ato mungkin py kenalan mekanik yang ngerti mobil ford khususnya fiesta dan masalah2 kaya gini?
Last edited by lvler on Wed Jan 15, 2014 12:03, edited 1 time in total.
madcat015 wrote:Never trust MID... kecuali temperatur kabin/luar...
Jarang ada bener informasi bbm dan range nya...
*untung kapal ane ga ada MID nya...* *ngelesdotcom*
iya bro makanya dites full to full dapetnya 1:7, bingung banget kok mobil baru dan 1500cc cuman dapet 1:7 dalkotnya ya
Karakter shifting DSG nya gimana om? Low rpm atau med rpm saat menyetir santai?
Ane coba ukur SX-4 macet2an 1:8 dan Kapal Induk di 1:6.8, paling boros dan horror...
Soalnya, meski cc kecil, kadang karakter transmisi dan beban kerja mesin bisa cukup berpengaruh om.
Shifting DSGnya dikisaran RPM 2000 saat nyetir santai. nanti abis 2000 dia turun deh ke 1500 trus tergantung kaki kita. Kira2 ada kaitannya ga ya sama AC yang dingin banget?? apa beban ACnya berat jadi bikin mesin boros BBM ya? soalnya bingung nih orang bengkel sm FMI bilang normal-normal aja padahal setau ane dalkotnya kisaran 1:8 sampe 1:10 kok mobil ane cuman 1:7
madcat015 wrote:Hmmm... coba di cek beban mesin stasioner, beban mesin dengan AC idup, dan beban mesin dengan AC dan semua elektrikal menyala.
gejala gini yg sulit di cari penyebabnya: mungkin juga sensor2 seperti O2 sensor dan AFR sensor kacau. Jd ECU berpikir mesin butuh lebih banyak bbm...
Nah ane juga curiga gitu bro, cuman susah nih sama orang2 BERES Ford dan FMI buat mereka biar ngecek karena mereka hanya berdasarkan komputer mereka aja dan kalo komputer mereka bilang ga ada masalah yaudah ga ada masalah. Karena yang ane baca-baca penyebab BBM boros itu bisa karena berbagai hal salah satunya faulty lambda sensor alias O2 sensor yang meracik aliran BBM. Buat ngetes konsumsi BBM pemakaian dalkot aja mereka ga ada standartnya yang ada dites buat jalan kenceng alias highway yang jelas2 ga apple to apple sm masalah ane. Karena udah 2x dianalisa beres Ford bahkan udah update ECU segala tapi masih 1:7 aja dalkotnya
Last edited by lvler on Wed Jan 15, 2014 12:28, edited 1 time in total.
Nah, skr bijimane biar bikin mekanik FMI rela nyari kekacauan FC nya ya... hmmm...
Masa mw pasang stiker segede gaban "Fiesta saya bocor..."
Hehehe ya inilah klo masalah analisa FC mereka kayanya lebih nyerang ke habit si pengemudi dibandingkan analisa ke mobilnya sendiri. Entah apa emg lack of knowledge untuk analisa yang gini2 ato emang defensif aja. Karena jujur ane sih ngerasa ada yang salah buat mobil baru dan 1500cc dapet FC dalkotnya cuman 1:7 sedangkan mobil yang 2000cc keatas aja masih bisa lebih ato sama. Tapi orang FMI selalu berkilah kalo untuk dalkot itu tergantung situasi dan mengangap ane agak berlebihan apalagi setelah analisa mereka menyatakan tidak ada masalah. Heheheeh boleh juga itu idenya dipertimbangkan bro