Salah satunya kalo gak salah adalah reliability. Kalo dulu awet2, skrg relatif cepet rusak.andy1800 wrote:Perbedaan kualitas tsb, misalnya dlm hal?
Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Tue Apr 01, 2008 8:38
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
misalnya:andy1800 wrote:Perbedaan kualitas tsb, misalnya dlm hal?
1. Daya tahan material, motor jaman dulu lebih awet, motor jaman sekarang pemakaian 3 taon aja bisa muncul asap putih dari knalpot
2. Batere, jaman dulu bisa lebih dari 2 taon, jaman sekarang sekitar 1 taon
3. Ban, misalnya pada merk *RC terlihat jelas penurunan kualitas dibanding jaman dulu, misalnya putus benang sehingga mengakibatkan benjol pada ban luar dan putus sambungan pada ban dalam
4. Girset, jaman sekarang punya lebih cepet abis
5. Plastik bodi yang gampang pecah (terlepas dari motor jaman dulu yg sedikit pemakaian plastik pada bodi)
sekali lagi ini berdasarkan pengalaman, tolong jangan suruh ane simpulkan pake metoda sampling segala ya

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
@om cikidingtralala,
ya untuk koreksinya..!
Sikat 125z? Lha wong harga sekennya aja masih magic gitu, kan kebayang harga barunya dulu?
Saat dollar belum melesat tinggi, motor lokalan masoh di angka 4 juta. Inget ngga dulu 125z ptama keluar diangka berapa?

Sikat 125z? Lha wong harga sekennya aja masih magic gitu, kan kebayang harga barunya dulu?
Saat dollar belum melesat tinggi, motor lokalan masoh di angka 4 juta. Inget ngga dulu 125z ptama keluar diangka berapa?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Fri Jan 25, 2008 21:38
- Location: Jakarta Barat
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
motor yg masih saya punya :
suzuki smash th 2005, jarang dipakai
suzuki thunder 2008, dipakai adik saya
suzuki skywave 2011, yg paling sering saya pakai
suzuki hayate 2013, jarang dipakai
semua pakai dari baru
jadi kayak suzuki lovers ya ehehehe
pernah punya merk yamaha (jupiter, sempat punya sampai 3 motor wkwkwkwkwk) dan honda (supra, grand, scoopy)
tapi nggak tahu deh, merk suzuki yg paling awet, jarang rewel, dan enak dipakai
tapi harga jualnya jatuh, makanya nggak dijualin yg udah lama, sayang jualnya xixixixixi
jupiternya yamaha jg enak tuh, waktu kuliah ada 2 motor yg satu yg pakai adik saya, trus saya beli 1 lagi ex bengkel motor balap yg jadi icon nya bengkel tsb, beli cuma utk punya aja + nyobain sensasinya
pernah sekali pas dipakai ke kampus, di senggol angkot sampai jatuh, orang2 yg lewat malah bilangnya makanya jangan ngebut2 pake motor balap
padahal jalan pelan2 banget deh waktu itu... nasib pake motor spek balap dikiranya kita yg ngebut2 aja wkwkwkwkwk
nggak lama abis itu langsung saya jual motornya xixixixi
klo motor yg paling enak dipakai menurut saya pribadi ya skywave, jok lega, larinya kenceng, + irit pula
makanya ambil lagi yg model barunya : hayate, tapi tetep lebih enak pakai skywave, malah jadi jarang pakai tuh hayate ehehehe
suzuki smash th 2005, jarang dipakai
suzuki thunder 2008, dipakai adik saya
suzuki skywave 2011, yg paling sering saya pakai
suzuki hayate 2013, jarang dipakai
semua pakai dari baru
jadi kayak suzuki lovers ya ehehehe
pernah punya merk yamaha (jupiter, sempat punya sampai 3 motor wkwkwkwkwk) dan honda (supra, grand, scoopy)
tapi nggak tahu deh, merk suzuki yg paling awet, jarang rewel, dan enak dipakai
tapi harga jualnya jatuh, makanya nggak dijualin yg udah lama, sayang jualnya xixixixixi
jupiternya yamaha jg enak tuh, waktu kuliah ada 2 motor yg satu yg pakai adik saya, trus saya beli 1 lagi ex bengkel motor balap yg jadi icon nya bengkel tsb, beli cuma utk punya aja + nyobain sensasinya
pernah sekali pas dipakai ke kampus, di senggol angkot sampai jatuh, orang2 yg lewat malah bilangnya makanya jangan ngebut2 pake motor balap
padahal jalan pelan2 banget deh waktu itu... nasib pake motor spek balap dikiranya kita yg ngebut2 aja wkwkwkwkwk
nggak lama abis itu langsung saya jual motornya xixixixi
klo motor yg paling enak dipakai menurut saya pribadi ya skywave, jok lega, larinya kenceng, + irit pula
makanya ambil lagi yg model barunya : hayate, tapi tetep lebih enak pakai skywave, malah jadi jarang pakai tuh hayate ehehehe
Lacak, Dengarkan Percakapan, Matikan Mesin
dengan SuperSpring GPS Tracker
Tiga Langkah Mudah Mengamankan Kendaraan.
021 54 360 360
http://www.superspring.co
dengan SuperSpring GPS Tracker
Tiga Langkah Mudah Mengamankan Kendaraan.
021 54 360 360
http://www.superspring.co
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Kawasaki ZX-130: (4tak 130cc)
+Nyaman buat dipake jarak jauh
+Irit BBM 1:50- 1:60
+Jok lebar,lumayan empuk (terutama yang boncenger),cepet kering setelah kena air
+Stabil dan ride position nyaman
+Isi bensin gak perlu buka jok, dan gak perlu turun dari motor (kecuali di Shell)
+Bawah jok bagasi smua.. soalnya gak ada tangki bensin di bawah jok.
+Ada tachometer
+Top speed 120-130kpj on speedo, gigi 3 bisa sampe 110kpj
+Aki MF bawaan tahan hingga 4-5 tahun
+Swing arm seukuran motor sport.. tebel
+Velg Palang bawaan merek Enkei tahan banting
+Suara knalpot ngebass dan "bulet"
+Ada filter oli dobel
+Sebagian besar spare part awet (kecuali karet teromol & per tuas rem belakang)
-Sorotan sinar headlamp kurang fokus
-Akselerasi awal lambat (tapi di rpm menengah ke atas cepet)
-Tangki bensin kurang gede (cuma 3,7 L)
-Celah spakbor & lebar velg kurang leluasa untuk pasang ban besar
-Setelah beberapa tahun melibas jalanan ancur, akhirnya bodi bagian depan dudukan bautnya patah.
+Nyaman buat dipake jarak jauh
+Irit BBM 1:50- 1:60
+Jok lebar,lumayan empuk (terutama yang boncenger),cepet kering setelah kena air
+Stabil dan ride position nyaman
+Isi bensin gak perlu buka jok, dan gak perlu turun dari motor (kecuali di Shell)
+Bawah jok bagasi smua.. soalnya gak ada tangki bensin di bawah jok.
+Ada tachometer
+Top speed 120-130kpj on speedo, gigi 3 bisa sampe 110kpj
+Aki MF bawaan tahan hingga 4-5 tahun
+Swing arm seukuran motor sport.. tebel
+Velg Palang bawaan merek Enkei tahan banting
+Suara knalpot ngebass dan "bulet"
+Ada filter oli dobel
+Sebagian besar spare part awet (kecuali karet teromol & per tuas rem belakang)
-Sorotan sinar headlamp kurang fokus
-Akselerasi awal lambat (tapi di rpm menengah ke atas cepet)
-Tangki bensin kurang gede (cuma 3,7 L)
-Celah spakbor & lebar velg kurang leluasa untuk pasang ban besar
-Setelah beberapa tahun melibas jalanan ancur, akhirnya bodi bagian depan dudukan bautnya patah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Berdasar pengalaman ane dan temen ane yg dulu sama sama sales:CikidingTralala wrote:misalnya:andy1800 wrote:Perbedaan kualitas tsb, misalnya dlm hal?
1. Daya tahan material, motor jaman dulu lebih awet, motor jaman sekarang pemakaian 3 taon aja bisa muncul asap putih dari knalpot
2. Batere, jaman dulu bisa lebih dari 2 taon, jaman sekarang sekitar 1 taon
3. Ban, misalnya pada merk *RC terlihat jelas penurunan kualitas dibanding jaman dulu, misalnya putus benang sehingga mengakibatkan benjol pada ban luar dan putus sambungan pada ban dalam
4. Girset, jaman sekarang punya lebih cepet abis
5. Plastik bodi yang gampang pecah (terlepas dari motor jaman dulu yg sedikit pemakaian plastik pada bodi)
sekali lagi ini berdasarkan pengalaman, tolong jangan suruh ane simpulkan pake metoda sampling segala ya
1. Karena ganti oli nya kadang mleset kejauhan (>5000km) tapi pakainya yang oli mutu sangat rendah. Ngejar irit biaya operasional. Padahal jatuhnya lebih mahal di belakang (turun mesin). Selain itu, juga karena udah pakai premium murni, masih dicekik pula karbu nya. Padahal karakter premium yang sangat cepat dibakar, menuntut suplai bahan bakar yang perlu diperboros supaya ngga kering.
Mudah ditebak. Ruang bakar kering kerontang, dipaksa geber rpm tinggi, nglitik di tanjakan main hajar. Ngebul lah dari knalpotnya.
2. Batre yang ane beli di ahass, pernah hanya bertahan 6 bulan. Tapi batre bawaan pabrik waktu masih baru, 2 tahun sanggup. Sekarang pakai batre yang beli pinggir jalan aja masih terang benderang, sudah 3 bulan jalan.
3. Untuk ban, ane ganti ban depan belakang bmw ane (bebek merah warnanya) dengan spek standar jaman Honda Grand, karena mesin bmw ane masih 980cc, nolnya ngglinding keluar satu. Ban depan 2.50 dan belakang 2.75 jelas berat banget. Saat ban bawaan standarnya habis, ane ganti depan 2.25 IRC motif lurus (sama ganti baju dalam...eh... ban dalam nya yg ukuran 225-250), belakang ganti 2.50 IRC motif kembang tahu (Grand jadul).
Alhasil, ban awet, ampuh ngiris genangan air karena ban depan model lurus. Terjang air di kecepatan 40kpj, engga goyang sama sekali. Belakang juga awet. Tetap percaya ban IRC model kembangan Honda Grand Jadul. Unbeatable.
4. Mostly girset cepat habis karena pemakaian dalam kota yang sering gas rem gas rem, sentak untuk salip kanan tusuk kiri, mendadak ngerem lagi.. Gir dan rantai jadi ampun ampunan kena sentakan power mesin secara mendadak terus menerus. Kalau lalulintas engga separah Jakarta, masih lebih awet. IMHO, CMIIW.
Itu aja sharing dari ane..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Tue Apr 01, 2008 8:38
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
@vanz:
1 & 4 bisa jadi om
3. tipe lurus IRC NF2/NR6 emang lebih awet, ada yg seri NR72 kalo ane ga salah itu sering benjol2
ane lupa brp dulu harga 125Z, kalo ga salah seharga ninja 150cc waktu itu...
@SuperSpring
Hayate lebih nyaman om, getarannya lebih sedikit dibanding yg sokbreker belakangnya mono.
tapi ngerasain ga ya, posisi duduk hayate ini ga enak banget? (ane skrg jg pake hayate)
@didiet
kebetulan bokap pake ZX130 ini, motornya nyaman om dan bener akselerasi di RPM bawahnya boyo
1 & 4 bisa jadi om
3. tipe lurus IRC NF2/NR6 emang lebih awet, ada yg seri NR72 kalo ane ga salah itu sering benjol2

ane lupa brp dulu harga 125Z, kalo ga salah seharga ninja 150cc waktu itu...
@SuperSpring
Hayate lebih nyaman om, getarannya lebih sedikit dibanding yg sokbreker belakangnya mono.
tapi ngerasain ga ya, posisi duduk hayate ini ga enak banget? (ane skrg jg pake hayate)

@didiet
kebetulan bokap pake ZX130 ini, motornya nyaman om dan bener akselerasi di RPM bawahnya boyo

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
saran aja om, jangan masukin barang elektronik kedalam bagasi motor, cepet rusak loh, soalnya dalam keadaan mesin nyala, itu suhu bagasi bisa sangat panas. cmiiwdjia wrote:nubi iseng mampir.
saya ada vario 125 cbs-fi 2012 & vega-r 110 2006.
vario 125 cbs-fi imho paling affordable utk sehari2. cc lumayan besar, kentjang n halus, lari 110 - 120 kpj mesin ga meraung ga getar cuma sayang nyawa aja, irit, bagasi besar (fitur helm-in, kalo bawa netbook + tas + baju ganti + jas hujan bisa masuk semua), kompartemen baik (2 penyimpanan di depan), ada tombol utk buka bagasi, meski lebih besar tapi lebih stabil & nyaman daripada honda beat, mudah dipake siapa aja tua muda laki bini. minusnya gc rendah gampang gasruk & ban motor2 matic lebih mudah selip di jalan licin.
-cut-
"The Power of ren-Dreams"


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
- Location: riau
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Penemu motor siapa sih; saya dulu belom pernah tau sekarang kok lupa ya?? (Dasare sekolah tukang nyontek) haha
Mesin motor" jadul suara knalpotnya Gahar abis, mesinnya gede"(apalagi buatan Amrik), teknologi simpel masih pake pushrod, komponen dikit bisa diitung jari, tapi sensasinya itu loh
Belom pernah punya moge tapi Pernah ngerasain dibonceng temen naik GSX1200, Ariel sespan(sespan sebelah kanan), trus sampai motor trike 3roda custom basic mesin VW
Yg butuh rujukan bengkel Moge khususnya area pekanbaru saya punya temen cs bengkel serba bisa langganan moge patroli, MBCI, motor" antik klasik sampai SE(special engine) bengkel rumahan tanpa nama ±100m sebelum bundaran cevron depan TK dari arah stadion hangtuah ownernya kang Agus
Mesin motor" jadul suara knalpotnya Gahar abis, mesinnya gede"(apalagi buatan Amrik), teknologi simpel masih pake pushrod, komponen dikit bisa diitung jari, tapi sensasinya itu loh
Belom pernah punya moge tapi Pernah ngerasain dibonceng temen naik GSX1200, Ariel sespan(sespan sebelah kanan), trus sampai motor trike 3roda custom basic mesin VW
Yg butuh rujukan bengkel Moge khususnya area pekanbaru saya punya temen cs bengkel serba bisa langganan moge patroli, MBCI, motor" antik klasik sampai SE(special engine) bengkel rumahan tanpa nama ±100m sebelum bundaran cevron depan TK dari arah stadion hangtuah ownernya kang Agus
MacGyver Conventional
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Tadi habis lepas ban dalam, kebetulan pake type tubeless, tapi masih pake ban dalam, eh setelah isi nitrogen dan tanpa ban dalam,jauh banget enaknya,lebih empuk 

-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Honda Supra X 125 PGM-FI 2009
Pros:
- Injeksi. Beli motor ini karena pengen belajar ngotak-ngatiknya dan ngerasa ke depannya injeksi bakal booming, dan terbukti.
- Irit kalau pake premium. Pake knalpot racing dan gaya mengendarai layaknya pembalap konsumsi bensin pake premium 1:45 udah paling boros. Pake RON92 1:45 paling irit.
Something wrong here.
- Bagasi lumayan gede. Salah satu pertimbangan berat ke Supra daripada MX selain sistem injeksinya.
- Desain sporty elegan.
- Irit waktu kalau service rutin. Cuma ganti oli, bebersih filter udara dan stel klep. Gitu mah ane juga bisa di rumah. Motor ane stop ke beres setelah batasan service wajib biar garansi gak hangus berakhir.
Cons:
- Rattling. Khas Honda ini penyakit gak sembuh2 dari dulu. Terutama di batok lampu.
- Lampunya gak terang. Jujur aja, pake halogen 2x25w gak terang, 2x35w tetep aja redup. Sampe akhirnya ganti pakai reflektor Supra 125 gen 1 baru terang. Enaknya batok depan bisa plek langsung di stang dan batok belakang.
- Fixed ECU. Tidak seperti Yamaha yang bisa seting CO, Honda bener2 gak bisa diapa2in. Minimal tambah piggyback. Plus gak banyak yang bisa handle kalo mau upgrade performance.
- Rem belakang cakram, tapi kalah pakem sama teromol.
- Indikator bensin ngaco? Emang udah penyakit bawaan. Mau gak mau ya kudu ganti fuel unit.
- Jok keras.
- Sok belakang keras.
- Tuklang ngebut (once again) mungkin agak komplain soal gearbox ratio.
Kalo mau tarikan bawahnya ajib kalo masih pake knalpot standar naikin pilot jet 1 step dari 35 ke 38. Galak bet...
Kalo tukang ngebut jangan terlalu berharap deh. Kalah tarik2an sama Vega R.
Pros:
- Injeksi. Beli motor ini karena pengen belajar ngotak-ngatiknya dan ngerasa ke depannya injeksi bakal booming, dan terbukti.

- Irit kalau pake premium. Pake knalpot racing dan gaya mengendarai layaknya pembalap konsumsi bensin pake premium 1:45 udah paling boros. Pake RON92 1:45 paling irit.


- Bagasi lumayan gede. Salah satu pertimbangan berat ke Supra daripada MX selain sistem injeksinya.
- Desain sporty elegan.
- Irit waktu kalau service rutin. Cuma ganti oli, bebersih filter udara dan stel klep. Gitu mah ane juga bisa di rumah. Motor ane stop ke beres setelah batasan service wajib biar garansi gak hangus berakhir.
Cons:
- Rattling. Khas Honda ini penyakit gak sembuh2 dari dulu. Terutama di batok lampu.
- Lampunya gak terang. Jujur aja, pake halogen 2x25w gak terang, 2x35w tetep aja redup. Sampe akhirnya ganti pakai reflektor Supra 125 gen 1 baru terang. Enaknya batok depan bisa plek langsung di stang dan batok belakang.
- Fixed ECU. Tidak seperti Yamaha yang bisa seting CO, Honda bener2 gak bisa diapa2in. Minimal tambah piggyback. Plus gak banyak yang bisa handle kalo mau upgrade performance.
- Rem belakang cakram, tapi kalah pakem sama teromol.

- Indikator bensin ngaco? Emang udah penyakit bawaan. Mau gak mau ya kudu ganti fuel unit.
- Jok keras.
- Sok belakang keras.
- Tuklang ngebut (once again) mungkin agak komplain soal gearbox ratio.
Reflektornya bagus. Pake halogen 35w terang benderang.madcat015 wrote:Honda Supra X 125 2006...
Pro:
- It's a Honda
- Irit... transmisi halus
- rem cakram depan cukup baik, ga over.
- durability mantab, pernah ngendon 3 bulan ga idup, begitu kick start lgs jreng...
Cons:
- rattling di mana2
- mesin agak kasar..., tapi tangguh sih...
- suspensi keras...
Kalo mau tarikan bawahnya ajib kalo masih pake knalpot standar naikin pilot jet 1 step dari 35 ke 38. Galak bet...
Kalo tukang ngebut jangan terlalu berharap deh. Kalah tarik2an sama Vega R.
no signature
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Kenapa yah, Honda dari dulu masalah terus di suspensinya. Selaluuuuu aja keempukan. Kalau kena lubang sampai mentok, pantat sakit tahu........
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Imej honda motor indonesia tu motor irit. Itu nyawanya dia dari dulu sampai sekarang.asudarsono wrote:Kenapa yah, Honda dari dulu masalah terus di suspensinya. Selaluuuuu aja keempukan. Kalau kena lubang sampai mentok, pantat sakit tahu........
Makanya setting suspensinya setting santai, bukan untuk nikung geber 80.
Beda dengan imej Honda motor Thai. Imejnya kencang. Hampir semua line up nya motor kenceng, dari era 2 tak dulu sampai 4 tak sekarang.
IMHO, CMIIW..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Kok kebalik, ya? Bwt ane tu suspensi belakang keras.
no signature
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Suspensi depan Supra X ane uda mampus...
Kena lubang rasanya "mantab" tenan. Shiatsu!
Kena lubang rasanya "mantab" tenan. Shiatsu!

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Astrea Prima & Grand
motor2 hari gini kayanya ga ada yg mampu menandingi iritnya ya?
motor2 hari gini kayanya ga ada yg mampu menandingi iritnya ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
honda astrea ya om?andy1800 wrote:Astrea Prima & Grand
motor2 hari gini kayanya ga ada yg mampu menandingi iritnya ya?
inget punyae bokap,ni motor perjuangan,beli taon 80 sblm gw lahir,sampe hari ini itu motor sehat walafiat,gila bener:-))
kualitasnya motor jaman dulu,blm pernah turun mesin,cuci tengki:-))
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Ya sebaiknya tiap 20000 km, service besar, paling max 200 ributernakblog wrote:honda astrea ya om?andy1800 wrote:Astrea Prima & Grand
motor2 hari gini kayanya ga ada yg mampu menandingi iritnya ya?
inget punyae bokap,ni motor perjuangan,beli taon 80 sblm gw lahir,sampe hari ini itu motor sehat walafiat,gila bener:-))
kualitasnya motor jaman dulu,blm pernah turun mesin,cuci tengki:-))

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Sempat ngerasain Honda Tiger 2002. Dimensi gede, kapasitas mesin gede, suara gahar, lampu terang banget, ada tuas lampu dim, engine start/stop, speed oke. Minus: krn ane kecil kadang limbung kalo bonceng orang gede
, kalo bawa lama punggung agak pegal & tangan kiri pegal2 ngatur kopling, part mahall, ga ada bagasi, mau bawa helm tambahan susah.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat Jan 26, 2013 6:38
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Ikutan share yg belom disebut yg pernah saya cicipin yah,hehe
1.Vespa VBB 1965
(udah agak lupa riding impression nya)
Belajar naek motor pertama kali naek ini taun '96an kalo ga salah(punya om).
+Enteng buat ukuran vespa(dibanding px'82 punya adik)
+Akselerasi cukup jinak, enak buat jalan santai
+Antik,pasti dilirik orang kalo naek ini,kalo ketemu anak vespa malah sering ditawar..
-Platina bikin puyeng
-Rem hampir ga ada
-Ngebongkarnya lebih butuh perjuangan
-Handling bikin kagok awalnya krn titik beratnya lbh ke kanan(belom ada ban serep di kiri)
2.Suzuki Tornado GS 110 '96
Motor alay jaman dulu yg mayan sering dioprek,hehe
+Cukup kenceng buat ukuran motor segitu(setelah dioprek)
+Enteng (ini jg kali yg bikin handlingnya agak kacau).
-Handling agak liar, pernah bikin nyusruk ampe kudu ganti segitiga atas bawah&footstep ngadep atas.
-Borosnya ga sebanding ama peningkatan tenaga setelah dioprek(kenceng sih,tp bensinnya ngalir lbh kenceng)
3.Suzuki Shogun "Kebo" 110 '97
+Stabil
+Mayan kenceng dibanding yg sekelasnya jaman itu
+Mesinnya badak banget awetnya,padahal mayan kasar dulu bawanya
-Modelnya ucup banget dibanding yg laen(berlaku jg buat Tornado GS)
-Boros
4. Norton ES series custom(lupa taun&displacement nya 350 ato 500, piaraan om saya soalnya)
*Keren, ga ada yg nyamain modelnya(lha iya namanya jg custom)
*Lumayan tenaga nya utk ukuran motor tua
*Handling susah, ga ngerti mungkin krn custom&ga cocok sm anatomi saya
5.Yamaha F1ZR 2001 Full Clutch
+Model paling keren waktu itu dibanding bebek lainnya kecuali Yamaha 125Z&Honda Nova series
+Handling luarbiasa
+Mesin kuenceng&awet
-Pasaran,banyak yg pake
6.Honda NSR RR 150 2001
+Enteng buat ukuran motor laki full fairing
+Handling enak,cukup nurut&stabil
+Mayan kenceng,hehe
+Model keren(bahkan ampe sekarang)
-Parts agak mahal, sulit didapat(masih CBU Thai kalo ga salah)
-RC Valve butuh perhatian ekstra
-Boros, minta BBM Oktan tinggi+Oli mesin&Olsam yg agak bagus klo larinya mao enak.
7.Kawasaki Ninja 150R 2002
+Cukup kenceng
+Lebih lincah buat selap selip dibanding NSR krn ga pke fairing
+Parts lbh mudah dicari&terjangkau dibanding NSR
-Lebih boros dari NSR BBM&Olsam nya walaupun msh mau minum premium&Olsam kelas jelata
-Daya tahan mesin ga sekuat 2Tak Honda ato Yamaha.
8.Yamaha RX King 135 "Cobra" '92
+Tenaga luar biasa utk ukuran mesinnya
+Handling nikmat
+Parts murah meriah
+Daya tahan mesin hebat
+BBM cukup hemat
-Modelnya plain,makanya selalu jd target modif kecuali yg naek bokap2.
9.Yamaha RX King 2003(favorit saya ini)
*Sama kaya si Cobra kecuali soal daya tahan mesin yg kurang kuat. Pernah terpaksa turun mesin gara2 ngejam pas dipake temen, akhirnya sekalian port&polish dikit, ganti membran, skir karbu standar, gedein spuyer 2step, bobok knalpot, ubah rasio gigi, pasang gas spontan, pelek jari alumunium, lepasin aksesoris&aki biar enteng. Lumayan gigi 1&2 pasti wheelie, gigi 3 jg masih bs wheelie dikit, jd jarang yg brani minjem lg,hehe
10.Suzuki Satria 120R 2004
+Bebek lokal paling kenceng(dlm kondisi std)
+Stabil
+Lumayan keren modelnya
-Boros banget, ampun deh
-Daya tahan mesin
11.Yamaha RXK '82
*Daya tahan&potensi mesin yg lebih hebat dari si Cobra sekalipun,hehe
12.Honda CB100 '72
=Piston punya Tiger+kopling&rasio megapro
*Kenceng
*Handling jadi agak liar, akhirnya ganti fork&segitiga megapro
*Enteng
*Model timeless classic ga abis2 kerennya deh,hehe
13.BSA B31 1953
*Classic look&feel
*Lumayan dilirik orang
*Unik, perseneling masih dikanan
*Enak untuk jalan santai&taouring jarak menengah
*Handling lumayan enak
*Not for novice rider(in term of maintenance)
14.Yamaha XS650 1975 custom
*Superb engine build
*nice handling
*bawaannya ngajak ngebut,hehe
*Not for novice rider(in term of maintenance&handling)
apalagi yaa,,ntar deh diinget2 lagi,banyak yg udah lupa riding impressionnya,hehe..
1.Vespa VBB 1965
(udah agak lupa riding impression nya)
Belajar naek motor pertama kali naek ini taun '96an kalo ga salah(punya om).
+Enteng buat ukuran vespa(dibanding px'82 punya adik)
+Akselerasi cukup jinak, enak buat jalan santai
+Antik,pasti dilirik orang kalo naek ini,kalo ketemu anak vespa malah sering ditawar..
-Platina bikin puyeng
-Rem hampir ga ada
-Ngebongkarnya lebih butuh perjuangan
-Handling bikin kagok awalnya krn titik beratnya lbh ke kanan(belom ada ban serep di kiri)
2.Suzuki Tornado GS 110 '96
Motor alay jaman dulu yg mayan sering dioprek,hehe
+Cukup kenceng buat ukuran motor segitu(setelah dioprek)
+Enteng (ini jg kali yg bikin handlingnya agak kacau).
-Handling agak liar, pernah bikin nyusruk ampe kudu ganti segitiga atas bawah&footstep ngadep atas.
-Borosnya ga sebanding ama peningkatan tenaga setelah dioprek(kenceng sih,tp bensinnya ngalir lbh kenceng)
3.Suzuki Shogun "Kebo" 110 '97
+Stabil
+Mayan kenceng dibanding yg sekelasnya jaman itu
+Mesinnya badak banget awetnya,padahal mayan kasar dulu bawanya
-Modelnya ucup banget dibanding yg laen(berlaku jg buat Tornado GS)
-Boros
4. Norton ES series custom(lupa taun&displacement nya 350 ato 500, piaraan om saya soalnya)
*Keren, ga ada yg nyamain modelnya(lha iya namanya jg custom)
*Lumayan tenaga nya utk ukuran motor tua
*Handling susah, ga ngerti mungkin krn custom&ga cocok sm anatomi saya
5.Yamaha F1ZR 2001 Full Clutch
+Model paling keren waktu itu dibanding bebek lainnya kecuali Yamaha 125Z&Honda Nova series
+Handling luarbiasa
+Mesin kuenceng&awet
-Pasaran,banyak yg pake
6.Honda NSR RR 150 2001
+Enteng buat ukuran motor laki full fairing
+Handling enak,cukup nurut&stabil
+Mayan kenceng,hehe
+Model keren(bahkan ampe sekarang)
-Parts agak mahal, sulit didapat(masih CBU Thai kalo ga salah)
-RC Valve butuh perhatian ekstra
-Boros, minta BBM Oktan tinggi+Oli mesin&Olsam yg agak bagus klo larinya mao enak.
7.Kawasaki Ninja 150R 2002
+Cukup kenceng
+Lebih lincah buat selap selip dibanding NSR krn ga pke fairing
+Parts lbh mudah dicari&terjangkau dibanding NSR
-Lebih boros dari NSR BBM&Olsam nya walaupun msh mau minum premium&Olsam kelas jelata
-Daya tahan mesin ga sekuat 2Tak Honda ato Yamaha.
8.Yamaha RX King 135 "Cobra" '92
+Tenaga luar biasa utk ukuran mesinnya
+Handling nikmat
+Parts murah meriah
+Daya tahan mesin hebat
+BBM cukup hemat
-Modelnya plain,makanya selalu jd target modif kecuali yg naek bokap2.
9.Yamaha RX King 2003(favorit saya ini)
*Sama kaya si Cobra kecuali soal daya tahan mesin yg kurang kuat. Pernah terpaksa turun mesin gara2 ngejam pas dipake temen, akhirnya sekalian port&polish dikit, ganti membran, skir karbu standar, gedein spuyer 2step, bobok knalpot, ubah rasio gigi, pasang gas spontan, pelek jari alumunium, lepasin aksesoris&aki biar enteng. Lumayan gigi 1&2 pasti wheelie, gigi 3 jg masih bs wheelie dikit, jd jarang yg brani minjem lg,hehe
10.Suzuki Satria 120R 2004
+Bebek lokal paling kenceng(dlm kondisi std)
+Stabil
+Lumayan keren modelnya
-Boros banget, ampun deh
-Daya tahan mesin
11.Yamaha RXK '82
*Daya tahan&potensi mesin yg lebih hebat dari si Cobra sekalipun,hehe
12.Honda CB100 '72
=Piston punya Tiger+kopling&rasio megapro
*Kenceng
*Handling jadi agak liar, akhirnya ganti fork&segitiga megapro
*Enteng
*Model timeless classic ga abis2 kerennya deh,hehe
13.BSA B31 1953
*Classic look&feel
*Lumayan dilirik orang
*Unik, perseneling masih dikanan
*Enak untuk jalan santai&taouring jarak menengah
*Handling lumayan enak
*Not for novice rider(in term of maintenance)
14.Yamaha XS650 1975 custom
*Superb engine build
*nice handling
*bawaannya ngajak ngebut,hehe
*Not for novice rider(in term of maintenance&handling)
apalagi yaa,,ntar deh diinget2 lagi,banyak yg udah lupa riding impressionnya,hehe..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
honda getarannya sampai ke hati
terutama mulai dari generasi karisma dan supra ( untuk bebek)
dan entah mengapa keluhan supri dan karisma 5 tahunan ( 40 ribu km keatas)
eh tapi karisma ane belum ding semoga ga nyusul supra ane deh
terutama mulai dari generasi karisma dan supra ( untuk bebek)

dan entah mengapa keluhan supri dan karisma 5 tahunan ( 40 ribu km keatas)
eh tapi karisma ane belum ding semoga ga nyusul supra ane deh

Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Kelemahan body part Honda bebek, kalo sering buka tutup akan mengakibatkan pengait atau sambungan akan seperti tergerus sehingga menciptakan gap dan bergetar.
Solusi, beli baru body part.
Tapi belum separah Suzuki. Suzuki ngga perlu buka tutup body part, dia lama lama geter sendiri dan warna holder kanan kiri memudar sendiri. Kasus parah di holder kanan kiri RC series, Tornado series.

Solusi, beli baru body part.

Tapi belum separah Suzuki. Suzuki ngga perlu buka tutup body part, dia lama lama geter sendiri dan warna holder kanan kiri memudar sendiri. Kasus parah di holder kanan kiri RC series, Tornado series.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Tue Mar 25, 2014 4:08
Re: Wanna Ask : Sesekali Review Motor Dong..
Jupie mx, torsi gede, mesin lmyan ok msh klrga vixion cm gas berat, pegel tangan,cdi limitterny kurang tinggi..
skrng pake scoopy anyar, metik tinggal gas2 doang...tp lari kurang...
skrng pake scoopy anyar, metik tinggal gas2 doang...tp lari kurang...