Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Friends, pernah ngalamin ngga power mesin kerasa berkurang setelah mobil lama bermacet2an atau abis konstan menempuh jarak cukup jauh? Selama ane bawa mobil, ane baru ngerasain dua mobil yg begitu, Terios TX MT 2007 ane sama GranMax 1.3MT 2013 nya kantor. Kerasa deh tarikan lebih berat setiap kena macet lama atau jalan jarak agak jauh nonstop. Ane ngga merasakan hal serupa di Ertiga ane, yg ini sih anteng aje.
Yg punya pengalaman di mobil lain share yah...
Yg punya pengalaman di mobil lain share yah...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Wah, saya kok ndak pernah merasa begitu ya di semua mobil yg pernah saya bawa.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Pernah..
Yaitu pas bawa ortu..
Biasane bawa 60-80, hbs bawa ortu menurun jd 40, kdg2 20...
Yaitu pas bawa ortu..
Biasane bawa 60-80, hbs bawa ortu menurun jd 40, kdg2 20...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
RAV4 ane malah ACnya yang jadi ngempos kalo kena macet lama.. .
Mesin sih ga pernah kyk gitu...

Mesin sih ga pernah kyk gitu...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Itu dia yg ane heran, apa krn kalau abis macet kondisi badan ane capek yah, jd kerasa mobil boyo... Tp barusan ane baru selesai perjalanan dari Bandung ke Subang lanjut Bekasi, dgn trafic non tol yg macet, tp Ertiga ane tarikan nya gak berubah. 2 minggu yl pake GranMax rute sama, tarikan kerasa berubah, pake Terios jadul rute sama juga kerasa berubah tarikan nya.artoodetoo wrote:Wah, saya kok ndak pernah merasa begitu ya di semua mobil yg pernah saya bawa.
Oh iya lupa, pernah bawa Panther 2011 rute sama juga, kondisi relatif sama, ngga terlalu kerasa beda tarikan nya, gak nge drop.
Jadi pingin tanya sekalian, kalau mobil jaman sekarang panas mesin sudah mulai mendekati batas atas normal, mungkin ngga sih ECU, memerintahkan mesin utk 'calm down', ngurangin power mesin spy ngga overheat?
*Bukan ngiklan yaks, hehe, beneran testimony ane.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Jadi dapat dikatakan, gejalas power loss hanya di mobil ber-ECU/injeksi ya?DDR wrote:Itu dia yg ane heran, apa krn kalau abis macet kondisi badan ane capek yah, jd kerasa mobil boyo... Tp barusan ane baru selesai perjalanan dari Bandung ke Subang lanjut Bekasi, dgn trafic non tol yg macet, tp Ertiga ane tarikan nya gak berubah. 2 minggu yl pake GranMax rute sama, tarikan kerasa berubah, pake Terios jadul rute sama juga kerasa berubah tarikan nya.artoodetoo wrote:Wah, saya kok ndak pernah merasa begitu ya di semua mobil yg pernah saya bawa.
Oh iya lupa, pernah bawa Panther 2011 rute sama juga, kondisi relatif sama, ngga terlalu kerasa beda tarikan nya, gak nge drop.
Jadi pingin tanya sekalian, kalau mobil jaman sekarang panas mesin sudah mulai mendekati batas atas normal, mungkin ngga sih ECU, memerintahkan mesin utk 'calm down', ngurangin power mesin spy ngga overheat?
*Bukan ngiklan yaks, hehe, beneran testimony ane.
Ada kemungkinan itu dari efek ECU yang punya kemampuan self learning/adapting
Karena umumnya, rata2 atau mungkin semua ECU mobil punya kapasitas self learning. Dia akan merekam dan menerapkan posisi terakhir bagaimana mobil/mesin diperlakukan.
Prinsip kerjanya ya simple-logging pada satu periode/durasi tertentu di memori ECU nya.
Kebanyakan ECU default pabrik, kapasitas self learning nya ditujukan untuk keamanan, bukan optimal.
Dan tentunya setiap pabrikan punya mapping sendiri mengenai kemampuan self learning ECU ini, termasuk pada parameter gimana memori ini ter-restart, atau istilahnya di kompie itu CTRL ALT DEL.
Jadi misalnya, saat macet lama, tentunya ECU merekam "perilaku" pengemudi, yg stop/go, injak gas pelan dst... Nah ini kebawa sampai beberapa saat.
Sama misalnya habis ngebut gas pol, langsung kena macet, biasanya kerja stop/go nya juga ngga nyaman, kalau yg manual, suka lompat2 (jerking)
Cmiiw yah...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Rata2 mobil asia (jepang/korea) yg lama lama (atau mungkin yg baru juga), memang gitu lah...amfibi wrote:RAV4 ane malah ACnya yang jadi ngempos kalo kena macet lama.. .
Mesin sih ga pernah kyk gitu...
Kinerja kompressor ac-nya masih sangat terpengaruh putaran mesin, jadi kalau terlalu lama idle/low rpm, biasanya kompresi jadi lemah dan ac ngga dingin.
Nanti giliran udah norma;/ngebut lagi, rpm mesin >2000an, ac nya dingin lagi
Kalau di mobil eropa, agak lain (setidaknya pengalaman saya sama pug dan mercy tuwir)
Mau hi rev ataupun idle, kualitas dingin nya masih konstan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Ane baru tau nih... Gitu ya rupanyaimsus2c wrote:Rata2 mobil asia (jepang/korea) yg lama lama (atau mungkin yg baru juga), memang gitu lah...amfibi wrote:RAV4 ane malah ACnya yang jadi ngempos kalo kena macet lama.. .
Mesin sih ga pernah kyk gitu...
Kinerja kompressor ac-nya masih sangat terpengaruh putaran mesin, jadi kalau terlalu lama idle/low rpm, biasanya kompresi jadi lemah dan ac ngga dingin.
Nanti giliran udah norma;/ngebut lagi, rpm mesin >2000an, ac nya dingin lagi
Kalau di mobil eropa, agak lain (setidaknya pengalaman saya sama pug dan mercy tuwir)
Mau hi rev ataupun idle, kualitas dingin nya masih konstan

Emang sih, di mobil2 eropa '90an yg ane pernah naek (Volvo, BMW, MB), ACnya selalu dingin biarpun macet lama...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.
Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.
Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Menyimak...
Ane dulu pake terios jg gini kalo abis kena macet
Ditambah suara ngelitik yg parah kalo abis macet
Sekarang pake swift abis macet ga terlalu berasa penurunan tenaganya. Cuma tetep ada suara ngelitik kalo abis macet
Ane dulu pake terios jg gini kalo abis kena macet
Ditambah suara ngelitik yg parah kalo abis macet

Sekarang pake swift abis macet ga terlalu berasa penurunan tenaganya. Cuma tetep ada suara ngelitik kalo abis macet

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
@ Bro Jambangan, bukan kita doang bro, temen temen saya di TeRuCI dulu banyak yg ngalamin hal serupa... Terutama yg Terios generasi awal2...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Nah. Apa mungkin karena terios tenaganya kurang makanya pas ECU self learning pas macet kyk yg dibilang om imsus jadi kerasa bgt penurunan performanya?? Gitu kali ya om?? 

-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
CR tinggi memang biasanya lebih panas... contoh gampangnya mazda SKYACTIV dgn CR 13 : 1 itu mesinnya cepet panas loh.... denger dari usernya salah 1 kekurangan CX-5 adalah mesinnya yang gampang panasanDDR wrote:@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.
Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.

anyway ane juga merasakan hal yg sama... kalo mobil abis kena macet parah tarikannya pasti loyo


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Tapi tuh CX-5 ga pernah overheat kan?ChZ wrote:CR tinggi memang biasanya lebih panas... contoh gampangnya mazda SKYACTIV dgn CR 13 : 1 itu mesinnya cepet panas loh.... denger dari usernya salah 1 kekurangan CX-5 adalah mesinnya yang gampang panasanDDR wrote:@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.
Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.![]()
anyway ane juga merasakan hal yg sama... kalo mobil abis kena macet parah tarikannya pasti loyotapi begitu abis diajak lari agak kenceng dengan rpm tinggi tarikannya lebih plong

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Patut la grillnya mazda yg skyactive jadi gede2ChZ wrote:CR tinggi memang biasanya lebih panas... contoh gampangnya mazda SKYACTIV dgn CR 13 : 1 itu mesinnya cepet panas loh.... denger dari usernya salah 1 kekurangan CX-5 adalah mesinnya yang gampang panasanDDR wrote:@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.
Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.![]()
anyway ane juga merasakan hal yg sama... kalo mobil abis kena macet parah tarikannya pasti loyotapi begitu abis diajak lari agak kenceng dengan rpm tinggi tarikannya lebih plong

Pursuit of Perfection
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Hmmm... Kemungkinan iya yah berarti mesin dgn CR tinggi harus hati hati banget dengan sistem pendinginan nya. Ada yg perhatiin ngga bahwa bolongan grill bawah Terios-Rush baru lebih kecil dari generasi awal, sepintas sih kaya nya ukurannya sama aja, tp kalau diperhatikan bagian yg kebuka nya jauh lbh kecil. Itu kenapa yah? Bukannya lbh rentan panas yah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Memang umumnya, mesin dgn rasio kompresi lebih tinggi, suhu kerjanya juga lebih tinggi dibanding dgn yg kompresinya lebih rendah.DDR wrote:@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.
Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.
Tapi kalau selama cooling systemnya normal, mestinya ngga masalah, toh pabrikan pasti sudah memperhitungkan ini.
Mobil2 bensin modern, rata2 kompresinya memang tinggi, untuk ngejar efisiensi dan power output ratio.
Di satu mobil tuwir saya, kompresinya jg sdh dinaikkan, jadi memang kerasa panas sekali, meski temperatur coolant-nya masih sekitar 85-90 centigrade, dan entah kenapa tanpa saya juga suka melakukan hal yg sama, buka kap mesin kalau habis jalan jauh

Kerasa sekali bedanya waktu dulu masih pelihara tokisul.
Waktu pergi bareng, pas buka kap mesin, kerasa banget beda panasnya
Mengenai hubungannya dgn lelet habis macet, terutama utk kasus Terios, saya kurang tahu.
Bisa jadi leletnya ini karena mesin panas, atau hanya sekedar "mengingat" bagaimana mesin diperlakukan cukup lama sebelumnya
Kasus serupa, sering diceritakan teman2 pengguna X-trail baru (yg cvt), konon kalau mobilnya kelamaan dibawa pelan/santai meski ngga macet, respon mesin (atau transmisi), jadi agak lemot juga.
Jadi mesti dibawa agresif dulu biar balik "normal"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Yah...semua mobil/mesin sih mestinya harus sama2 jaga sistem pendinginannyaDDR wrote:Hmmm... Kemungkinan iya yah berarti mesin dgn CR tinggi harus hati hati banget dengan sistem pendinginan nya. Ada yg perhatiin ngga bahwa bolongan grill bawah Terios-Rush baru lebih kecil dari generasi awal, sepintas sih kaya nya ukurannya sama aja, tp kalau diperhatikan bagian yg kebuka nya jauh lbh kecil. Itu kenapa yah? Bukannya lbh rentan panas yah?
Lubang grill hanya salah satu pembantu, yg utama itu cooling fan, radiator dan perangkatnya
Toh ada juga mesin2 yg radiatornya ngga langsung terpapar udara dari depan, misalnya mobil tanpa bonnet
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
nahh kalo kondisi ini berasa banget di smua mobil2 ane yg bensin... dari ipah, apanja ampe si mantan batu makam... ntuh kalo panas atau macet2an kerasa dehh penurunan performa mesin nya... trus suara ngeglitik uda mulai nonggol.. tp kalo mobil dipake jalan constant di tol atau kebut2an di tol... rasa nya malah ga terasa penurunan performa nya sehh...
penggunaan jenis oli kayanya jg agak ngaruh sehh ke hal ini... dulu waktu masi berkiblat ke oli semi syn yg 10-40, merek apapun yg ane coba, biasanya pada give up me maintain kondisi mesin pas macet2an dan panas2an... tp gt ane naek in kelas nya ke 5-30 atau 40 dgn embel2 full syn (entah beneran atau cuman embel2 belaka)... gejala ini agak berkurang..
penggunaan jenis oli kayanya jg agak ngaruh sehh ke hal ini... dulu waktu masi berkiblat ke oli semi syn yg 10-40, merek apapun yg ane coba, biasanya pada give up me maintain kondisi mesin pas macet2an dan panas2an... tp gt ane naek in kelas nya ke 5-30 atau 40 dgn embel2 full syn (entah beneran atau cuman embel2 belaka)... gejala ini agak berkurang..
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Biasanya kalau masih pakai visco fan, kalau macet ac nggak dingin, mesin panas. Solusinya gas diinjak sedikit, tapi bbm jadi boros 
Kalau mesin avanza, terios bukannya sudah electric fan, harusnya suhu lebih terjaga. Mungkin perlu di cek juga apakah motor listrik kipas nya sudah mulai melemah.

Kalau mesin avanza, terios bukannya sudah electric fan, harusnya suhu lebih terjaga. Mungkin perlu di cek juga apakah motor listrik kipas nya sudah mulai melemah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
Kalau dalam hal Terios saya dulu, Electric Fan nya udah sempet ganti baru, tapi tetep gejala "power-loss" kalau abis macet2an tetep ada bro (yg Terios ini malah selalu diisi Shell Super/Pertamax sampe V-Power)... kalau yang GranMax belum cek Electric Fan nya, secara KM baru 670KM soalnya... power-loss juga kerasa kalau abis macet...ilhami wrote:Biasanya kalau masih pakai visco fan, kalau macet ac nggak dingin, mesin panas. Solusinya gas diinjak sedikit, tapi bbm jadi boros
Kalau mesin avanza, terios bukannya sudah electric fan, harusnya suhu lebih terjaga. Mungkin perlu di cek juga apakah motor listrik kipas nya sudah mulai melemah.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
klw AT modern... ada Fuzzy logicnya............. adapting ke karakter pengemudi dan lingkungan sekitar... klw macet ya dia jadi soft dan low rev terus bwat stop n go...... bgtu lewat macet d bejek jadi lemot..... bgtu juga klw bejek2an terus... shiftpoint jadi tinggi2 dan enak d bejek............ naik turun gunung, tiap angkat gas jd sering downshift untuk engine brake.....
yg adapting transmisi bukan mesin.
di CVT efek ini sangat kerasa............. dan sangat bikin Bete klw dia salah judge, atau abis gantian nyupir...
suhu ruang mesin... bwat yg desain intakenya masih ngambil dari dalam engine bay bukan fresh dari luar...
tentu uda pada tau efeknya klw ngisap hot air....
hal lain soal oli......... rasanya ada pengaruh trutama bwat yg oilpumpnya d putar mesin.... klw sering low rev sirkulasi oli lebih lambat dan lowpressure... cmiiw

yg adapting transmisi bukan mesin.
di CVT efek ini sangat kerasa............. dan sangat bikin Bete klw dia salah judge, atau abis gantian nyupir...
suhu ruang mesin... bwat yg desain intakenya masih ngambil dari dalam engine bay bukan fresh dari luar...
tentu uda pada tau efeknya klw ngisap hot air....
hal lain soal oli......... rasanya ada pengaruh trutama bwat yg oilpumpnya d putar mesin.... klw sering low rev sirkulasi oli lebih lambat dan lowpressure... cmiiw

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
sebenarnya niat si ECU kan baik, untuk ngirit bensin ketika macet. Kalau lepas macet ya hidupkan aja sport mode nya
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
pake BBM apa om? udah coba pake bbm oktan tinggi?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28
Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.
mungkin juga pengaruh kondisi driver bro..macet2an, badan cape pengennya cepet nyampe..makin bete,,akhirnya mobil pun terasa lemote...
Ceban Me if I'm Wrong..