Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by DDR »

Friends, pernah ngalamin ngga power mesin kerasa berkurang setelah mobil lama bermacet2an atau abis konstan menempuh jarak cukup jauh? Selama ane bawa mobil, ane baru ngerasain dua mobil yg begitu, Terios TX MT 2007 ane sama GranMax 1.3MT 2013 nya kantor. Kerasa deh tarikan lebih berat setiap kena macet lama atau jalan jarak agak jauh nonstop. Ane ngga merasakan hal serupa di Ertiga ane, yg ini sih anteng aje.

Yg punya pengalaman di mobil lain share yah...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by artoodetoo »

Wah, saya kok ndak pernah merasa begitu ya di semua mobil yg pernah saya bawa.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by ricz »

Pernah..

Yaitu pas bawa ortu..

Biasane bawa 60-80, hbs bawa ortu menurun jd 40, kdg2 20... :big_slap:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by amfibi »

RAV4 ane malah ACnya yang jadi ngempos kalo kena macet lama.. .:upss:

Mesin sih ga pernah kyk gitu...
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by DDR »

artoodetoo wrote:Wah, saya kok ndak pernah merasa begitu ya di semua mobil yg pernah saya bawa.
Itu dia yg ane heran, apa krn kalau abis macet kondisi badan ane capek yah, jd kerasa mobil boyo... Tp barusan ane baru selesai perjalanan dari Bandung ke Subang lanjut Bekasi, dgn trafic non tol yg macet, tp Ertiga ane tarikan nya gak berubah. 2 minggu yl pake GranMax rute sama, tarikan kerasa berubah, pake Terios jadul rute sama juga kerasa berubah tarikan nya.

Oh iya lupa, pernah bawa Panther 2011 rute sama juga, kondisi relatif sama, ngga terlalu kerasa beda tarikan nya, gak nge drop.

Jadi pingin tanya sekalian, kalau mobil jaman sekarang panas mesin sudah mulai mendekati batas atas normal, mungkin ngga sih ECU, memerintahkan mesin utk 'calm down', ngurangin power mesin spy ngga overheat?

*Bukan ngiklan yaks, hehe, beneran testimony ane.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by imsus2c »

DDR wrote:
artoodetoo wrote:Wah, saya kok ndak pernah merasa begitu ya di semua mobil yg pernah saya bawa.
Itu dia yg ane heran, apa krn kalau abis macet kondisi badan ane capek yah, jd kerasa mobil boyo... Tp barusan ane baru selesai perjalanan dari Bandung ke Subang lanjut Bekasi, dgn trafic non tol yg macet, tp Ertiga ane tarikan nya gak berubah. 2 minggu yl pake GranMax rute sama, tarikan kerasa berubah, pake Terios jadul rute sama juga kerasa berubah tarikan nya.

Oh iya lupa, pernah bawa Panther 2011 rute sama juga, kondisi relatif sama, ngga terlalu kerasa beda tarikan nya, gak nge drop.

Jadi pingin tanya sekalian, kalau mobil jaman sekarang panas mesin sudah mulai mendekati batas atas normal, mungkin ngga sih ECU, memerintahkan mesin utk 'calm down', ngurangin power mesin spy ngga overheat?

*Bukan ngiklan yaks, hehe, beneran testimony ane.
Jadi dapat dikatakan, gejalas power loss hanya di mobil ber-ECU/injeksi ya?

Ada kemungkinan itu dari efek ECU yang punya kemampuan self learning/adapting

Karena umumnya, rata2 atau mungkin semua ECU mobil punya kapasitas self learning. Dia akan merekam dan menerapkan posisi terakhir bagaimana mobil/mesin diperlakukan.
Prinsip kerjanya ya simple-logging pada satu periode/durasi tertentu di memori ECU nya.
Kebanyakan ECU default pabrik, kapasitas self learning nya ditujukan untuk keamanan, bukan optimal.
Dan tentunya setiap pabrikan punya mapping sendiri mengenai kemampuan self learning ECU ini, termasuk pada parameter gimana memori ini ter-restart, atau istilahnya di kompie itu CTRL ALT DEL.

Jadi misalnya, saat macet lama, tentunya ECU merekam "perilaku" pengemudi, yg stop/go, injak gas pelan dst... Nah ini kebawa sampai beberapa saat.
Sama misalnya habis ngebut gas pol, langsung kena macet, biasanya kerja stop/go nya juga ngga nyaman, kalau yg manual, suka lompat2 (jerking)

Cmiiw yah...:D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by imsus2c »

amfibi wrote:RAV4 ane malah ACnya yang jadi ngempos kalo kena macet lama.. .:upss:

Mesin sih ga pernah kyk gitu...
Rata2 mobil asia (jepang/korea) yg lama lama (atau mungkin yg baru juga), memang gitu lah...
Kinerja kompressor ac-nya masih sangat terpengaruh putaran mesin, jadi kalau terlalu lama idle/low rpm, biasanya kompresi jadi lemah dan ac ngga dingin.
Nanti giliran udah norma;/ngebut lagi, rpm mesin >2000an, ac nya dingin lagi

Kalau di mobil eropa, agak lain (setidaknya pengalaman saya sama pug dan mercy tuwir)
Mau hi rev ataupun idle, kualitas dingin nya masih konstan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by amfibi »

imsus2c wrote:
amfibi wrote:RAV4 ane malah ACnya yang jadi ngempos kalo kena macet lama.. .:upss:

Mesin sih ga pernah kyk gitu...
Rata2 mobil asia (jepang/korea) yg lama lama (atau mungkin yg baru juga), memang gitu lah...
Kinerja kompressor ac-nya masih sangat terpengaruh putaran mesin, jadi kalau terlalu lama idle/low rpm, biasanya kompresi jadi lemah dan ac ngga dingin.
Nanti giliran udah norma;/ngebut lagi, rpm mesin >2000an, ac nya dingin lagi

Kalau di mobil eropa, agak lain (setidaknya pengalaman saya sama pug dan mercy tuwir)
Mau hi rev ataupun idle, kualitas dingin nya masih konstan
Ane baru tau nih... Gitu ya rupanya :mky_01:

Emang sih, di mobil2 eropa '90an yg ane pernah naek (Volvo, BMW, MB), ACnya selalu dingin biarpun macet lama... :D
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by DDR »

@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.

Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by Jambangan »

Menyimak...
Ane dulu pake terios jg gini kalo abis kena macet
Ditambah suara ngelitik yg parah kalo abis macet :e-doh:
Sekarang pake swift abis macet ga terlalu berasa penurunan tenaganya. Cuma tetep ada suara ngelitik kalo abis macet :e-think:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by DDR »

@ Bro Jambangan, bukan kita doang bro, temen temen saya di TeRuCI dulu banyak yg ngalamin hal serupa... Terutama yg Terios generasi awal2...
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by Jambangan »

Nah. Apa mungkin karena terios tenaganya kurang makanya pas ECU self learning pas macet kyk yg dibilang om imsus jadi kerasa bgt penurunan performanya?? Gitu kali ya om?? :e-think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by ChZ »

DDR wrote:@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.

Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.
CR tinggi memang biasanya lebih panas... contoh gampangnya mazda SKYACTIV dgn CR 13 : 1 itu mesinnya cepet panas loh.... denger dari usernya salah 1 kekurangan CX-5 adalah mesinnya yang gampang panasan :mky_01:

anyway ane juga merasakan hal yg sama... kalo mobil abis kena macet parah tarikannya pasti loyo :mky_01: tapi begitu abis diajak lari agak kenceng dengan rpm tinggi tarikannya lebih plong :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by amfibi »

ChZ wrote:
DDR wrote:@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.

Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.
CR tinggi memang biasanya lebih panas... contoh gampangnya mazda SKYACTIV dgn CR 13 : 1 itu mesinnya cepet panas loh.... denger dari usernya salah 1 kekurangan CX-5 adalah mesinnya yang gampang panasan :mky_01:

anyway ane juga merasakan hal yg sama... kalo mobil abis kena macet parah tarikannya pasti loyo :mky_01: tapi begitu abis diajak lari agak kenceng dengan rpm tinggi tarikannya lebih plong :mky_02:
Tapi tuh CX-5 ga pernah overheat kan? :ungg:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by axala »

ChZ wrote:
DDR wrote:@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.

Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.
CR tinggi memang biasanya lebih panas... contoh gampangnya mazda SKYACTIV dgn CR 13 : 1 itu mesinnya cepet panas loh.... denger dari usernya salah 1 kekurangan CX-5 adalah mesinnya yang gampang panasan :mky_01:

anyway ane juga merasakan hal yg sama... kalo mobil abis kena macet parah tarikannya pasti loyo :mky_01: tapi begitu abis diajak lari agak kenceng dengan rpm tinggi tarikannya lebih plong :mky_02:
Patut la grillnya mazda yg skyactive jadi gede2 :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by DDR »

Hmmm... Kemungkinan iya yah berarti mesin dgn CR tinggi harus hati hati banget dengan sistem pendinginan nya. Ada yg perhatiin ngga bahwa bolongan grill bawah Terios-Rush baru lebih kecil dari generasi awal, sepintas sih kaya nya ukurannya sama aja, tp kalau diperhatikan bagian yg kebuka nya jauh lbh kecil. Itu kenapa yah? Bukannya lbh rentan panas yah?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by imsus2c »

DDR wrote:@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.

Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.
Memang umumnya, mesin dgn rasio kompresi lebih tinggi, suhu kerjanya juga lebih tinggi dibanding dgn yg kompresinya lebih rendah.
Tapi kalau selama cooling systemnya normal, mestinya ngga masalah, toh pabrikan pasti sudah memperhitungkan ini.
Mobil2 bensin modern, rata2 kompresinya memang tinggi, untuk ngejar efisiensi dan power output ratio.

Di satu mobil tuwir saya, kompresinya jg sdh dinaikkan, jadi memang kerasa panas sekali, meski temperatur coolant-nya masih sekitar 85-90 centigrade, dan entah kenapa tanpa saya juga suka melakukan hal yg sama, buka kap mesin kalau habis jalan jauh :mrgreen:

Kerasa sekali bedanya waktu dulu masih pelihara tokisul.
Waktu pergi bareng, pas buka kap mesin, kerasa banget beda panasnya

Mengenai hubungannya dgn lelet habis macet, terutama utk kasus Terios, saya kurang tahu.
Bisa jadi leletnya ini karena mesin panas, atau hanya sekedar "mengingat" bagaimana mesin diperlakukan cukup lama sebelumnya

Kasus serupa, sering diceritakan teman2 pengguna X-trail baru (yg cvt), konon kalau mobilnya kelamaan dibawa pelan/santai meski ngga macet, respon mesin (atau transmisi), jadi agak lemot juga.
Jadi mesti dibawa agresif dulu biar balik "normal"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by imsus2c »

DDR wrote:Hmmm... Kemungkinan iya yah berarti mesin dgn CR tinggi harus hati hati banget dengan sistem pendinginan nya. Ada yg perhatiin ngga bahwa bolongan grill bawah Terios-Rush baru lebih kecil dari generasi awal, sepintas sih kaya nya ukurannya sama aja, tp kalau diperhatikan bagian yg kebuka nya jauh lbh kecil. Itu kenapa yah? Bukannya lbh rentan panas yah?
Yah...semua mobil/mesin sih mestinya harus sama2 jaga sistem pendinginannya
Lubang grill hanya salah satu pembantu, yg utama itu cooling fan, radiator dan perangkatnya

Toh ada juga mesin2 yg radiatornya ngga langsung terpapar udara dari depan, misalnya mobil tanpa bonnet
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by DOHC »

nahh kalo kondisi ini berasa banget di smua mobil2 ane yg bensin... dari ipah, apanja ampe si mantan batu makam... ntuh kalo panas atau macet2an kerasa dehh penurunan performa mesin nya... trus suara ngeglitik uda mulai nonggol.. tp kalo mobil dipake jalan constant di tol atau kebut2an di tol... rasa nya malah ga terasa penurunan performa nya sehh...

penggunaan jenis oli kayanya jg agak ngaruh sehh ke hal ini... dulu waktu masi berkiblat ke oli semi syn yg 10-40, merek apapun yg ane coba, biasanya pada give up me maintain kondisi mesin pas macet2an dan panas2an... tp gt ane naek in kelas nya ke 5-30 atau 40 dgn embel2 full syn (entah beneran atau cuman embel2 belaka)... gejala ini agak berkurang..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by ilhami »

Biasanya kalau masih pakai visco fan, kalau macet ac nggak dingin, mesin panas. Solusinya gas diinjak sedikit, tapi bbm jadi boros :(
Kalau mesin avanza, terios bukannya sudah electric fan, harusnya suhu lebih terjaga. Mungkin perlu di cek juga apakah motor listrik kipas nya sudah mulai melemah.
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by DDR »

ilhami wrote:Biasanya kalau masih pakai visco fan, kalau macet ac nggak dingin, mesin panas. Solusinya gas diinjak sedikit, tapi bbm jadi boros :(
Kalau mesin avanza, terios bukannya sudah electric fan, harusnya suhu lebih terjaga. Mungkin perlu di cek juga apakah motor listrik kipas nya sudah mulai melemah.
Kalau dalam hal Terios saya dulu, Electric Fan nya udah sempet ganti baru, tapi tetep gejala "power-loss" kalau abis macet2an tetep ada bro (yg Terios ini malah selalu diisi Shell Super/Pertamax sampe V-Power)... kalau yang GranMax belum cek Electric Fan nya, secara KM baru 670KM soalnya... power-loss juga kerasa kalau abis macet...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by billyd1773dz »

klw AT modern... ada Fuzzy logicnya............. adapting ke karakter pengemudi dan lingkungan sekitar... klw macet ya dia jadi soft dan low rev terus bwat stop n go...... bgtu lewat macet d bejek jadi lemot..... bgtu juga klw bejek2an terus... shiftpoint jadi tinggi2 dan enak d bejek............ naik turun gunung, tiap angkat gas jd sering downshift untuk engine brake.....

yg adapting transmisi bukan mesin.


di CVT efek ini sangat kerasa............. dan sangat bikin Bete klw dia salah judge, atau abis gantian nyupir...

suhu ruang mesin... bwat yg desain intakenya masih ngambil dari dalam engine bay bukan fresh dari luar...
tentu uda pada tau efeknya klw ngisap hot air....

hal lain soal oli......... rasanya ada pengaruh trutama bwat yg oilpumpnya d putar mesin.... klw sering low rev sirkulasi oli lebih lambat dan lowpressure... cmiiw


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by ilhami »

sebenarnya niat si ECU kan baik, untuk ngirit bensin ketika macet. Kalau lepas macet ya hidupkan aja sport mode nya
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by maskopat »

pake BBM apa om? udah coba pake bbm oktan tinggi?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by arton »

mungkin juga pengaruh kondisi driver bro..macet2an, badan cape pengennya cepet nyampe..makin bete,,akhirnya mobil pun terasa lemote...
Ceban Me if I'm Wrong..