Eksterior
sebenarnya saya kurang sreg dengan eksterior si kwr (karimun wagon r) ini, terlalu imut menurut saya, panjang pas, tinggi pas, tapi seperti kurang lebar (lebar kwr = 1475mm) kayanya kalo lebarnya 1600mm agak proporsional, tapi baiklah saya mengalah karena ini merupakan pilihan ibu negara

jujur saya suka sekali dengan bentuk mobil yang kotak ga tau kenapa tapi kayanya kotak tuh minimalis but [cencored], hehe.. bentuk mobil ga bisa dibilang jelek atau dibilang bagus karena itu adalah selera masing2 orang.
fog lamp tidak disediakan untuk semua varian kwr, tapi dapat dibeli terpisah seharga kurang lebih 900ribuan 1 set berikut kabel dan switch. roof rail hanya tersedia pada tipe GL dan GX, ban standarnya begitu mungil dengan profil 145/80/13, katanya sih semakin sedikit permukaan ban yg menyentuh aspal semakin irit..


Interior
Kombinasi warna dashboard hitam dan cream cukup membuat tampilan menjadi elegan, dengan bahan plastik yang cukup baik. Desain dashboard sederhana namun fungsional, banyak tempat penyimpanan di area dashboard.
Beberapa point positif di sektor ini :
+ rpm
+ intermitten wiper
+ tripmeter
+ pengaturan cahaya speedometer
+ child door lock
+ 2 sunvisor
+ seat belt buat 5 penumpang
+ audio single din 2 speaker
+ gear shift indicator
Point negatifnya :
- tombol ac mengalami perubahan yang cukup drastis dibandingkan dengan karimun estilo dimana terdapat pengaturan saluran arah ac dan sumber udara.
- tidak ada jam di dashboard
- tipe GL tidak dilengkapi cigarette lighter (kabelnya sih ada tinggal beli + pasang)
- doortrim tidak ada cup holder
- seat back pocket cuma 1 disisi penumpang


Mesin dan Transmisi
Dapur pacu mengandalkan sebongkah mesin 3 silinder tipe k10b, dohc 16 valve sama persis seperti yang dipakai new karimun estilo.. yang saya suka nih mesin sudah pake timing chain (ayla agya satya juga pake) jadi ga perlu was-was kaya pake timing belt, 2 kali pengalaman buruk timing belt putus

Menurut saya suara mesin lumayan senyap, saking senyapnya kadang saya suka telat oper gigi padahal rpm sudah 4500. Akselarasi?? Hmm.. terakhir hyundai tucson a/t colek dikit pedal gas seperti mau loncat tuh mobil, well menurut saya responsif untuk ukuran mesin 3 silinder 1000cc, torsi terasa sekali di putaran bawah sampai sekitar 4500 rpm, sprint sampe 100km/jam lumayan cepat.
Beberapa point penting :
+ suara mesin halus
+ responsif di putaran bawah
+ transmisi ringan sekali, 1-5 halus dan smooth
+ kopling ringan banget (mungkin masih baru kali yah)
- masuk gigi mundur sering kasar, seperti masuk gigi ga injak kopling (mau claim ke bengkel)
Kenyamanan
+ tipe GL setir sudah eps, ringan saat parkir, stabil saat kecepatan tinggi
+ posisi nyetir enak, tinggi seperti nyetir mpv, pandangan luas, minim blind spot
+ jarak kursi belakang lumayan luas tapi yah tergantung postur tubuh juga yah
+ suspensi empuk
+ kecepatan tinggi cukup stabil
- headrest belakang yang menyatu dengan jok kurang tinggi, tidak menyangga kepala
- bangku belakang cuma bisa dilipat senderannya aja

Konsumsi Bensin
Pengetesan konsumsi bbm dalam kota (bogor) jarak dekat-dekat kurang lebih 10 km kondisi weekend macet-macetan :
+ periode pertama (kaki kanan belum kuliah) 1:13,94
+ periode kedua (kaki kanan kuliah) 1:17,20
+ periode ketiga ibu negara yang pakai 1:12,59
Pengetesan konsumsi bbm luar kota dilakukan dengan test drive dari kediaman saya di bogor menuju pantai carita 27/12/2013 s/d 28/12/2013.
+ full tank dari bogor + reset tripmeter,
speed rata2 90km/jam (tol to tol), sampe lippo carita, isi full tank
abis 6,4 liter, jarak tripmeter 213 --> 1:33,28 (percaya ga percaya) ga percaya sih masa motor matik saya kalah irit

+ carita - bogor via jalur alternatif cinangka (rute perbukitan naik turun) sampe serang ke rumah saudara dulu + putar2 kota, rata2 di tol 100km/jam sampe bogor isi full tank lagi 11,9x liter, jarak tripmeter 210,1 --> 1:17,65
Total perjalanan 423.1 km, total bensin selama perjalanan 18,3 liter --> 1:23,12
Kesimpulan (versi) saya :
1.Dengan modal 89,9juta bisa beli mobil baru, ga rugi deh..
2. Bensin irit
3. Tenaga cukup memadai untuk ukuran city car
4. Kualitas dan fitur sesuai dgn harga dan tidak overprice
5. Lincah dan gesit, cocok untuk pengunaan dalam kota
6. Sayang ga ada matiknya

Ok, sementara sampai disini dulu review saya mengenai Suzuki Karimun Wagon R GL 2013, sedikit oleh-oleh dari Carita Beach
