Perkenankan nubitol lontong paling sotoy untuk meripiu mobil..., di akhir taon...

Kali ini ke ranah yang sama sekali ane tidak mengerti...

========================
Setelah sempat tertunda akibat kolapsnya salah satu dedengkot SM, akhirnya hari ini dapat tawaran untuk TD mobil...
Ane langsung kontak om Sukribo... untuk menemani TD dan memberikan pendapat keduanya... plus pengen liat obat ganteng...

Sesampainya di TKP, tak berapa lama kemudian, om Sukribo datang... ane langsung melepas rindu dengan sang Mia yang langsung melepas rindu dengan Mei...



Untungnya, sang bintang hari ini juga datang beberapa saat kemudian...
Behold!

JEEP Wrangler Rubicon 2011 *tipe nya ane lupa*

=========================
Eksterior
Hegemoni dan trah JEEP yang terkenal bertahun2 benar2 kental...
Bentuk mengkotak, terlihat sangat maskulin dan gagah. Dengan muncung panjang dan bumper sepanjang Insterstate, tampilan depan mobil ini sangat ikonik. Pun dengan 4 huruf legenda... JEEP berwarna krom...


Dari sisi samping, tentu saja, body moulding selebar Terusan Suez berwarna hitam memberikan aksen kontras dengan mengkilat dan mulusnya badan sang SPG... errr... JEEP.

Seluruh pintu menggunakan engsel eksternal yang terlihat jelas. Penuh seni? Tidak... tapi penuh testosteron!

Logo TRAIL RATED di sisi muncung menegaskan ini unit ATPM. Pada unit IU, logo TRAIL RATED tidak ada. Menurut penjelasan, logo ini menunjukkan unit ini telah melalui tes di pegunungan RUBICON... entah lah. Marketing gimmick?

Dari sisi belakang. Pure boxy. Kotak sekotak2nya bahkan dengan lampu rem dan high mount berbentuk kotak, dengan ban segede gaban digantung di pintu. Ane lupa liat ukuran velg dan ban nya...

Pada saat dibuka, kaca belakang akan terbuka ke atas dan pintu akan membuka ke samping...


Dan kebetulan, unit TD menggunakan warna hitam... hanya beda mesin.

Secara keseluruhan, mobil ini sangat gagah! Spartan looks...

========================
Under the Cup!
Sebuah mesin 3600cc Pentastar bertengger di dalamnya. Menurut kepala bengkel, unit ini lebih powerful dan punya lebih banyak torsi dibandingkan unit pendahulunya yang memakai mesin purba 3800cc non Pentastar OHV-pushrod. *moooodddd gayyyy, ane butuh bantuan di sini...*


Satu hal yang menarik ane, steering column segede gaban. Definitely menggunakan hydraulic, karena ini JEEP!
EPS are for pussies...


=======================
Interior
Jujur, ane terpana dengan interior JEEP... sederhana, spartan, dan fungsional...

Tidak banyak tombol dengan plastik keras berkualitas baik berwarna gelap. Cocok sekali untuk menembus hutan atau hanya keliaran di kota karena lebih tahan lama.

Center dash juga sederhana, terdiri dari HU touch screen segede gaban di bagian atas. Oh, uniknya, ada ruang penyimpanan kecil di bagian tengah atas dash ini. Di bagian tengah, terdapat outlet AC yang mengapit power window control. AC controller di letakkan di bagian bawahnya beserta sedikit tombol fungsi untuk ESP off, HDC, dan Hazard.
Kendali electric mirror atau spion electric diletakkan di samping kanan deretan tombol tersebut. Dan di samping kiri terdapat power outlet untuk lighter.

Penempatan tuas di center console rada aneh. Kayaknya JEEP lupa membalik susunan untuk setir kanan. Tuas 4x4 diletakkan jauh sekali dari jangkauan pengemudi, dan tuas rem parkir diletakkan di kiri center console...

Instrument Cluster untungnya normal, sederhana, dan nyaris analog dengan MID di sisi bawah tacho dan speedometer... Di siang hari yang terik, rada sulit terlihat... Hmmm... pasti ada knob tingkat illuminasinya...


Setir dengan tombol multifungsi dibalut lapisan kulit halus nan lembut... cukup lah untuk memberi kenyamanan bagi telapak tangan yang bakalan bolak balik memutar setir...

Di sisi dash terdapat outlet AC yang ukurannya terlihat cukup gambot dengan logo JEEP... Let's be proud of it!

Door trim pun juga mendapatkan ciri khas spartan ala JEEP. Meski sederhana, built quality nya sangat baik.


Leg room depan melimpah ruah... dengan seluruh kursi berbahan dasar fabrik lembut kelas atas... leather? Overrated untuk JEEP. Absolutely not necessary.

Leg room belakang juga mendapatkan ruang yang lega. Sayangnya, kursinya tidak reclining meski JEEP memberikan alternatif untuk mengatur tingkat kemiringan di BeRes...
Entah itu gratis apa ga...

Dan tidak ada AC vent di center console bagian belakang. Hanya ada tombol power window.

Atap... sama sekali membuat ane menggaruk belakang kuping kucing ane. Terbuat dari fiberglass sewarna badan mobil... dan tanpa pelapis... Sejatinya, seluruh bagian atap hingga pillar D dapat dicopot. Bagus di luar negeri, bencana di Indonesia.

Tapi, seperangkat speaker dan desainnya menjadi pelipur lara... ane suka...


Jujur, ane suka dengan interior JEEP ini... simple and no nonsense...
====================
Driving impression...
Setelah unit TD datang, waktu nya mencoba mobil ini bersama om Sukribo...
Kekedapan kabin baik dan kursi empuk, nyaman meski tidak elektrik. Lagian, siapa peduli? JEEP tidak dibangun dengan kemewahan aristokratik... JEEP dibangun untuk medan berat. No luxury needed.
Posisi mengemudi ini yang jadi pusat perhatian ane... Posisi cukup tinggi, membuat mobil lain seakan2 jadi mobil mainan, dengan pandangan ke depan luas dan pandangan ke samping-belakang cukup baik... Pun ruang kabin terasa begitu lega... Head room benar2 berlimpah.
Menciptakan delusi ane sedang berada di dalam sebuah tank...

Engage transmisi ke D... Mekanisme tuas transmisi cukup halus...
Lepas rem, dan waktunya meluncur...
Kesan yang diberikan setir cukup mengejutkan ane. Outstanding feedback tapi tidak berat. Ane bisa merasakan posisi ban dan pergerakan nya. Juga kondisi medan. Di atas aspal mulus, what a bliss... benar2 menyenangkan... Dan kesan yang diberikan mobil ini, layaknya sebuah medium SUV. Tidak terasa seperti menyetir mobil besar...
Suspensi cenderung stiff dengan body roll cukup terasa tapi tidak berlebihan... Om Sukribo berpendapat bantingan suspensi lebih baik dari Fortuner dan Pajero Sport. Definitely lebih baik dari Pajero Sport menurut ane.
Radius putar juga cukup baik mengingat ukuran mobil ini yang segede gaban.
Kemudian, sang SPG menyarankan untuk mencari jalan jelek... Ah... ya... dia minta digoyang!



Otak ane segera mengarahkan setir ke jalan tikus di belakang salah satu sekolah terkenal di Sby Barat. Dulu ane TD Subby Forester di sana... dan meratap karena nyetir Mazda8 di tempat terkutuk itu... yang ternyata...
Makin ancurrrrr....
Yes... habitat JEEP sebenarnya...

Sebelum masuk ke jalan terkutuk itu, dua orang di pos depan jalan tsb melihat dengan heran ke JEEP ini. "Yang nyetir sinting" mungkin itu yang ada di pikiran mereka. I am madcat...

Suspensi dengan baik menangani jalan buruk tersebut dan mesin juga sangat kooperatif dengan transmisi, rem pun sangat baik dengan performa yang menyenangkan... benar2 crawling di jalan jelek tersebut... tapi ujian nya ada di depan, dari jauh, lubang segede dan sedalam danau Toba siap menyambut.
Ane arahkan setir dengan hati2, crawl, memastikan tidak ada apapun yang terjadi... dan memang demikian. Lubang sedalam kira2 30 an cm itu dapat dilibas dengan baik dan dengan bantingan yang menurut ane, cukup nyaman. Sway cukup terasa tapi tidak berlebihan... dan memang unit ini belum dilengkapi sway bar dan kontrol nya.
Rigidnya chassis membuat gemuruh ban dan getaran dapat dikurangi dengan signifikan. Bahkan di jalan paving pun cukup baik dengan gemuruh suara ban yang sayup2...
Di jalan lurus, ane menginjak pedal gas dalam2... oh my... suara mesin khas mobil amerika terdengar merdu... Jadi ingat suara mesin HEMI... berat... swooooossssshhhh...
Akselerasi baik, torsi dialirkan dengan lembut... dan memang seharusnya demikian. Sempat kami bertemu dengan beberapa exotics seperti Kebo dan Panamera... tapi kami di JEEP...

They wouldn't understand...



======================
Verdict
Sebuah SUV kebanggaan Paman Sam...
Sebuah ikon budaya dan otomotif...
Sebuah ikon maskulinitas...

JEEP Wrangler Rubicon 2011
Bentuk luar dan desain interior yang spartan tapi rigid, tahan banting, dan durable... Tanpa meninggalkan DNA JEEP itu sendiri.
Jujur, ane terkesan dengan mobil ini.

Pro:

- It's a JEEP thing
- Desain eksterior dan interior yang sangat baik, ikonik, dan eye catching...
- Mesin NA bertenaga dengan tenaga yang besar, transmisi dan rem juga cukup baik.
- Handling yang menyenangkan dengan steering mengesankan.
- Suspensi superior, siap melibas apapun di jalan *sempat berpikir untuk melindas sebuah Miras di depan ane tadi...*
- Cabin space legaaaa...
Cons:

- Harganya naujubileee... nyaris 1M... tapi bagi hobbyist dan pecinta JEEP, uang bukan masalah.
- Beberapa fitur yang keliatannya perlu dijadikan opsi
- Bagi kebanyakan orang, mungkin bantingan terasa agak keras. Bagi ane: fun!
=======================
Epilogue...
It's a JEEP thing and i understand now...

*keracunan...*
