
Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Waktunya menyiapkan pertahanan...



Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Memang ada perlunya menyebut merk tertentu, apa juga salahnya?
Bajemanepun ini dr pengalaman, tanpa bermaksud mengiklankan product..
Kan tujuan trit ini buat membahan seputaran octane booster

Bajemanepun ini dr pengalaman, tanpa bermaksud mengiklankan product..
Kan tujuan trit ini buat membahan seputaran octane booster

[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
mungkin lebih tepat medapat gambaran ya, secara ini kan diskusi, bukan debat alay ala forum sebelah.ChZ wrote:IMHO ada gunanya nyebut suatu merek A,B,C,dst.... biar SMers ga terjebak dengan beberapa produk yang ada di pasaranVanzMatic wrote:Memang perlu kearifan dan netralitas dalam membahas hal seperti ini.
Kearifan, yakni mendudukkan permasalahan dalam proporsi benar sesuai data teknis produk dan hasil uji produk, samada dalam hal uji performa maupun uji lab.
Netralitas, membahas hal ini tidak mungkin lepas dari merk A,B,C dst. Silakan dibahas tanpa mendiskreditkan merk tertentu.
Imho, cmiiw, selamat berdiskusi.![]()
Kita mengedepankan cara diskusi sehat. Silakan saja sebut pengalaman masing masing. Karena sepengalaman ane pakai bermacam merk aditif, yang bikin jadi jelaga/ kerak adalah kalau karbu tidak disetting.
Saya pakai bensin super maupun pertamax tapi tanpa setting ulang karbu, yang ada adalah ngeden dan busi basah,karena bahan bakar pertamax maupun super 92, walaupun merupakan tuntutan standar bagi bebek butut saya, tapi setting karbu dari ahass adalah setting boros bukan main main.
So, kalau kendaraan anda masih karbu, setting ulang karbu anda saat menggunakan bensin yg sesuai tuntutan mesin atau bila nenggunakan aditif.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Huss... Ente bikin panas ajamadcat015 wrote:Waktunya menyiapkan pertahanan...


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Ya tinggal dilihat MSDS nya aja toh
Yg mengandung MMT / Ferrocene / organo metals ya bisa berisiko ninggalin ash di ruang bakar dan meracuni Katalikc
Yg mengandung MMT / Ferrocene / organo metals ya bisa berisiko ninggalin ash di ruang bakar dan meracuni Katalikc
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
- Daily Vehicle: CX-5 KF
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
MSDS yg buat perusahaan yg bersangkutan ? kalo diindo bisa disulap yg baik2 aja omTurboman wrote:Ya tinggal dilihat MSDS nya aja toh
Yg mengandung MMT / Ferrocene / organo metals ya bisa berisiko ninggalin ash di ruang bakar dan meracuni Katalikc

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
hmmm penasaran jika penggunaan octane booster beresiko merusak CC...
gmn klw CCnya di lepas aja dari awal? konon performa lebih baik jika CC di lepas... dan pengalaman pribadi uji emisi di ipah tampa cc... tetep lulus aja tuh... hehe
apa lagi d setidaknya d bdg sih blm ada aturan jelas soal emisi. 
tp ntah track recordnya gmn yah.... blm denger kasus sih..........
cuma y malu aja uda beli boil 1em kok pke subsidi.. klw d pedalaman sih y wajar

gmn klw CCnya di lepas aja dari awal? konon performa lebih baik jika CC di lepas... dan pengalaman pribadi uji emisi di ipah tampa cc... tetep lulus aja tuh... hehe


sebenernya GIG salah satu dari sedikit ATPM yg ngejual produk high-end dan terang2an ngebolehin pakai BBM subsidi/solar di JK CRDnya...ChZ wrote:saran ane sih mending pake yg bersifat fuel treatment aja... jgn octane booster...
itu yg komentar GIG... kalo produk GIG sih emang rekomen fuel kualitas tinggiproduknya bukan produk sembarang yg bisa dicekokin premios + oktan booster
tp ntah track recordnya gmn yah.... blm denger kasus sih..........
cuma y malu aja uda beli boil 1em kok pke subsidi.. klw d pedalaman sih y wajar

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
dites aja sendiri om, dng metode spt yg sy sarankan itu .. dicemplungkan dalam gelas berisi bengsin dan cara lain dng disulut api...amfibi wrote:Jadi norival terhitung aman ya... Baiklah
Oiya, ane mau tanya, apakah octane model booster model pill lebih berbahaya drpd yang model cair?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
kalo ane sih penasarannya, apa ada yg mobilnya sudah pernah mengalami kerusakan2 dimaksud, karena penggunaan oktan booster itu? kalau ada setelah penggunaan berapa lama?
kalo gini gimana, ga usah dilepas dulu CC nya, tapi setelah mengalami kerusakan, baru dilepas?
btw, nanya dong om, sebenarnya selain untuk menekan emisi, apa CC itu punya fungsi yg lain? maksudnya apa akan ada perbedaan baik dari performa atau durabilitas antara mobil yg tetap mempertahankan CCnya vs yg dilepas?
ide yg bagus xixixixibillyd1773dz wrote:hmmm penasaran jika penggunaan octane booster beresiko merusak CC...
gmn klw CCnya di lepas aja dari awal? konon performa lebih baik jika CC di lepas... dan pengalaman pribadi uji emisi di ipah tampa cc... tetep lulus aja tuh... heheapa lagi d setidaknya d bdg sih blm ada aturan jelas soal emisi.
![]()
kalo gini gimana, ga usah dilepas dulu CC nya, tapi setelah mengalami kerusakan, baru dilepas?
btw, nanya dong om, sebenarnya selain untuk menekan emisi, apa CC itu punya fungsi yg lain? maksudnya apa akan ada perbedaan baik dari performa atau durabilitas antara mobil yg tetap mempertahankan CCnya vs yg dilepas?
"The Power of ren-Dreams"


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
sekedar inpoh :Bueuk_32 wrote:kalo ane sih penasarannya, apa ada yg mobilnya sudah pernah mengalami kerusakan2 dimaksud, karena penggunaan oktan booster itu? kalau ada setelah penggunaan berapa lama?
ide yg bagus xixixixibillyd1773dz wrote:hmmm penasaran jika penggunaan octane booster beresiko merusak CC...
gmn klw CCnya di lepas aja dari awal? konon performa lebih baik jika CC di lepas... dan pengalaman pribadi uji emisi di ipah tampa cc... tetep lulus aja tuh... heheapa lagi d setidaknya d bdg sih blm ada aturan jelas soal emisi.
![]()
kalo gini gimana, ga usah dilepas dulu CC nya, tapi setelah mengalami kerusakan, baru dilepas?
btw, nanya dong om, sebenarnya selain untuk menekan emisi, apa CC itu punya fungsi yg lain? maksudnya apa akan ada perbedaan baik dari performa atau durabilitas antara mobil yg tetap mempertahankan CCnya vs yg dilepas?
sejak mulai digunakan awal 2012 y.l. blom pernah ada crita Norival merusak CC atau fuel pump atau menyumbat injector, atau bikin mesin berkerak atau prothol ... kalok misalnya Norival memang ada efek samping negatif, ya pastilah sudah terjadi dalam 3-6 bulan pertama sejak mulai dipake gak perlu nunggu dua taun... dan kalok sudah terjadi, ya pastinya sudah rame disebarluaskan di dunia maya (karna faktor kompetitor dan faktor orang2 yg suka aja nunjukin ke teman dia yg pake aditif yg terbukti berbahaya : "nah..lo.. liat tuh, efeknya pake aditif yg elo pake ... elo gak takut mesin elo prothol ?")
Alhamdulillah, blom pernah ada berita ttg efek negatif Norival pada mesin
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
yg jadi masalah tu, klw CC mampet oleh endapan komposit tadi..... klw sampai mampet bisa kemana2 termasuk ngerusak mesin.Bueuk_32 wrote:kalo ane sih penasarannya, apa ada yg mobilnya sudah pernah mengalami kerusakan2 dimaksud, karena penggunaan oktan booster itu? kalau ada setelah penggunaan berapa lama?
ide yg bagus xixixixibillyd1773dz wrote:hmmm penasaran jika penggunaan octane booster beresiko merusak CC...
gmn klw CCnya di lepas aja dari awal? konon performa lebih baik jika CC di lepas... dan pengalaman pribadi uji emisi di ipah tampa cc... tetep lulus aja tuh... heheapa lagi d setidaknya d bdg sih blm ada aturan jelas soal emisi.
![]()
kalo gini gimana, ga usah dilepas dulu CC nya, tapi setelah mengalami kerusakan, baru dilepas?
btw, nanya dong om, sebenarnya selain untuk menekan emisi, apa CC itu punya fungsi yg lain? maksudnya apa akan ada perbedaan baik dari performa atau durabilitas antara mobil yg tetap mempertahankan CCnya vs yg dilepas?
jadi y jangan di tunggu rusak...... mostly ketauan CC rusak klw efeknya uda sampai ke mesin. klw di diesel sih, biasanya pas d bejek asepnya item bngt, tanda endapan karbon nya terbang waktu d bejek. performa jg mungkin uda turun
ummm ntah di mobil bensin blm pernah coba copot, klw d diesel.............. performa naik......
d gasoline mestinya ada improvement juga.
setau nubie ini yg harus di perhatiin beberapa mobil ada yg menggunakan o2 sensor pre dan after cc, bwat ngemonitor emisi. jika pre dan after sensor g memenuhi standar emisi karna d cc uda g baik, atau cc d cabut MIL bisa nyala.
ada alat bwat ngakalin ini, tp where about nya.... ane g ngerti.....
unek2 juga soal fungsi CC. stw nubie ini sih, CC ya bwat emisi aja. dan untuk tujuan emisi mesin jadi nyesuaikan settingnya agar cc bisa kerja optimal. yg berdampak ke performa dan keiritan
kaya soal irit... terpaksa harus d AFR stochiometris 14.7:1 agar cc bisa kerja optimal, dan g di AFR leanburn >30:1 yg jauh lebih irit.namun bisa ngasilin NOX yg butuh cc khusus + directinjection untuk neken nox ini..
header makin pendek makin dikit yg bikin 4-2-1,sampai di bikin mesin integrated exhaust header agar CC Warm UP lebih cepet bwat neken cold start emission.
some CC punya restriction flow berlebihan... jd ada yg bikin CC aftermarket highflow bwat yg tinggal d daerah regulasi emisi ketat tp pingin ngacir...
and for turbo engine....gw baca straightpipe masih yg terbaik. dgn ada CC tentu jadi penghambat flow nya.
cmiiw banget mohon d koreksi

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Nubi menyimak ah.
Lagi mempertimbangkan mau pake produk2 beginian juga sih soalnya
Lagi mempertimbangkan mau pake produk2 beginian juga sih soalnya

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
@om billy; owh jadi malah bahaya ya kalo nunggu mampet, rembet kemana2. tapi menarik juga tuh ipahnya tetep lolos uji emisi padahal CC nya dilepas
soalnya pernah baca dg melepas CC justru malah nambah tenaga karena dg melepas CC maka gas buang akan cepat keluar tanpa hambatan udara lagi dan ini menyebabkan efesiensi power tetap maksimal. BBM lebih efisien, dan temperatur mesin lebih dingin karena tanpa CC gas buang akan keluar dengan bebas, hal ini akan memperkecil hambatan bagi sistem pembakaran, meringankan kerja mesin. enak dong ya? apalagi meskipun dilepas ternyata tetap lulus uji emisi
cmiiw
btw, TFS
@om jes; thx infonya, no offence ya, bukan bermaksud pro atau kontra, atau nunjuk ke satu merk, cuma penasaran aja, ingin dengar argumentasi2 dari berbagai sudut pandang.
kadang2 ane berpikir kalo advice dari penjual, ada faktor subyektifnya, tapi kalau ingin fair, baca2 dari berita hasil guling2 singkat ttg bahaya OB, bisa jadi ada faktor subyektifnya juga, misal anjuran dari kementerian ESDM untuk menghindari OB, bisa saja subyektif juga, jangan2 kalo "membolehkan", bisa tekor pemerintah, karena ga ada lagi yg mau pake non subsidi
jadi pengen juga denger dari user sekalian, kalau memang buruk untuk mesin, kali aja ada yg berkenan sharing, kalau pernah mengalami.
btw, kalo dari artikel ini http://bisnis.liputan6.com/read/629447/ ... -berbahaya sepertinya "bahaya" nya itu lebih kepada faktor lingkungan ya, bukan ke mesin? itu pun yg non-oxygenate karena mengandung beberapa unsur logam seperti besi (Fe), timbal (Pb), dan mangan (Mn). Nah, pertanyaannya kalau yg nabati gimana? (seandainya yg nabati itu memang terbukti tidak mengandung logam ya)
sekali lagi maaf loh kalau ada yg tersinggung ya, ga ada maksud.
gimana SMers?


btw, TFS

@om jes; thx infonya, no offence ya, bukan bermaksud pro atau kontra, atau nunjuk ke satu merk, cuma penasaran aja, ingin dengar argumentasi2 dari berbagai sudut pandang.
kadang2 ane berpikir kalo advice dari penjual, ada faktor subyektifnya, tapi kalau ingin fair, baca2 dari berita hasil guling2 singkat ttg bahaya OB, bisa jadi ada faktor subyektifnya juga, misal anjuran dari kementerian ESDM untuk menghindari OB, bisa saja subyektif juga, jangan2 kalo "membolehkan", bisa tekor pemerintah, karena ga ada lagi yg mau pake non subsidi

jadi pengen juga denger dari user sekalian, kalau memang buruk untuk mesin, kali aja ada yg berkenan sharing, kalau pernah mengalami.
btw, kalo dari artikel ini http://bisnis.liputan6.com/read/629447/ ... -berbahaya sepertinya "bahaya" nya itu lebih kepada faktor lingkungan ya, bukan ke mesin? itu pun yg non-oxygenate karena mengandung beberapa unsur logam seperti besi (Fe), timbal (Pb), dan mangan (Mn). Nah, pertanyaannya kalau yg nabati gimana? (seandainya yg nabati itu memang terbukti tidak mengandung logam ya)
sekali lagi maaf loh kalau ada yg tersinggung ya, ga ada maksud.
gimana SMers?
"The Power of ren-Dreams"


-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
yaaa ntah euro brp standar uji emisi di indo yg d pke... heheheBueuk_32 wrote:@om billy; owh jadi malah bahaya ya kalo nunggu mampet, rembet kemana2. tapi menarik juga tuh ipahnya tetep lolos uji emisi padahal CC nya dilepassoalnya pernah baca dg melepas CC justru malah nambah tenaga karena dg melepas CC maka gas buang akan cepat keluar tanpa hambatan udara lagi dan ini menyebabkan efesiensi power tetap maksimal. BBM lebih efisien, dan temperatur mesin lebih dingin karena tanpa CC gas buang akan keluar dengan bebas, hal ini akan memperkecil hambatan bagi sistem pembakaran, meringankan kerja mesin. enak dong ya? apalagi meskipun dilepas ternyata tetap lulus uji emisi
cmiiw
btw, TFS![]()

di gasoline n.a sering butuh backpressure juga terlalu plong blm tentu baik. jd sya gtw itung2nya gmn jika cc dilepas yg pasti klw uda kotor jadi hambatan y jelek juga. mungkin backpressure dari muffler uda cukup ada yg bilang jg signifikan bedanya imho yaaa ini spesifik masing2 mobilnya
klw d mesin turbo... yg nubie ini baca backpressure uda d provided turbinnya. dari situ straightpipe plong juga gpp... makanya drag diesel truck d amrik dri turbo langsung keluar exhaustnya straight pipe.
terakhir nyabut cc urusan k garansi atpm gimn..... wkwkw


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Seinget sy oom esh pernah ngalamin hal buruk pada mobil nya saat menggunakan octane booster berbentuk pil, walau "hanya" rusak di busi nya aja.......Bueuk_32 wrote:kalo ane sih penasarannya, apa ada yg mobilnya sudah pernah mengalami kerusakan2 dimaksud, karena penggunaan oktan booster itu? kalau ada setelah penggunaan berapa lama?
Klo ga salah kejadian di GL saat pake merk griffon hot pills cmiiw sangad

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Money Talk..................twa wrote:MSDS yg buat perusahaan yg bersangkutan ? kalo diindo bisa disulap yg baik2 aja omTurboman wrote:Ya tinggal dilihat MSDS nya aja toh
Yg mengandung MMT / Ferrocene / organo metals ya bisa berisiko ninggalin ash di ruang bakar dan meracuni Katalikc

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
setuju dengan om bueuk_(33-1)..Bueuk_32 wrote:-CUT-
@om jes; thx infonya, no offence ya, bukan bermaksud pro atau kontra, atau nunjuk ke satu merk, cuma penasaran aja, ingin dengar argumentasi2 dari berbagai sudut pandang.
kadang2 ane berpikir kalo advice dari penjual, ada faktor subyektifnya, tapi kalau ingin fair, baca2 dari berita hasil guling2 singkat ttg bahaya OB, bisa jadi ada faktor subyektifnya juga, misal anjuran dari kementerian ESDM untuk menghindari OB, bisa saja subyektif juga, jangan2 kalo "membolehkan", bisa tekor pemerintah, karena ga ada lagi yg mau pake non subsidi![]()
jadi pengen juga denger dari user sekalian, kalau memang buruk untuk mesin, kali aja ada yg berkenan sharing, kalau pernah mengalami.
ane juga dulu sempet mikir kalo semua pake OB, bensin non subsidi bakal gak laku..makanya kalo di tanya ke pemerintah (ESDM) pastinya tidak menganjurkan..malah ada temen ane yang nanya knp produsen OB gak kerjasama aja ama Pertamina mengenai penggunaan OB ini..maksudnya premium langsung dicampur OB sebelum didistribusikan ke masyarakat..dan ane pernah dibuat kaget di salah satu SPBU karna abis ngisi premium ditawarin sebotol kecil OB sama operatornya dengan harga yang tergolong sangat murah menurut ane dibandingkan dengan norival..namun ane tolak karna pada waktu itu ane masih ada stok norival buat motor..dan OB nya itu dipajang di atas pompa bensinnya secara terang2an..
"Supermouse Use No Pedals..."
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Redex kah...?TikusTampan wrote:setuju dengan om bueuk_(33-1)..Bueuk_32 wrote:-CUT-
@om jes; thx infonya, no offence ya, bukan bermaksud pro atau kontra, atau nunjuk ke satu merk, cuma penasaran aja, ingin dengar argumentasi2 dari berbagai sudut pandang.
kadang2 ane berpikir kalo advice dari penjual, ada faktor subyektifnya, tapi kalau ingin fair, baca2 dari berita hasil guling2 singkat ttg bahaya OB, bisa jadi ada faktor subyektifnya juga, misal anjuran dari kementerian ESDM untuk menghindari OB, bisa saja subyektif juga, jangan2 kalo "membolehkan", bisa tekor pemerintah, karena ga ada lagi yg mau pake non subsidi![]()
jadi pengen juga denger dari user sekalian, kalau memang buruk untuk mesin, kali aja ada yg berkenan sharing, kalau pernah mengalami.
ane juga dulu sempet mikir kalo semua pake OB, bensin non subsidi bakal gak laku..makanya kalo di tanya ke pemerintah (ESDM) pastinya tidak menganjurkan..malah ada temen ane yang nanya knp produsen OB gak kerjasama aja ama Pertamina mengenai penggunaan OB ini..maksudnya premium langsung dicampur OB sebelum didistribusikan ke masyarakat..dan ane pernah dibuat kaget di salah satu SPBU karna abis ngisi premium ditawarin sebotol kecil OB sama operatornya dengan harga yang tergolong sangat murah menurut ane dibandingkan dengan norival..namun ane tolak karna pada waktu itu ane masih ada stok norival buat motor..dan OB nya itu dipajang di atas pompa bensinnya secara terang2an..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Naekkin oktan dgn cara yg pasti dan aman bagi mesin dan CC = campur dgn BBM Oktan tinggi
BBM Oktan tinggi menggunakan HOMC (High Octane MoGas Component) yang full hidrokarbon
Alternative lain (resiko ke CC dan emisi) = campur AvGas 100 LL (Low Lead)
Alternative lain yg aman bagi CC tapi berisiko buat tangki dan fuel lines = campur Ethanol (hrs disertai additive anti korosi)
memang sih zat yg paling efektif menaikkan Oktan adalah unsur2 logam spt Pb / MMT / Ferrocene, tapi resikonya ya bikin residu di ruang bakar dan meracuni CC. Utk MMT ditandai endapan merah bata pada busi
Dulu ramai digunakan MTBE, tapi konon skg MTBE udah gak dipakai lagi krn konon efeknya buruk thd lingkungan (katanya)
http://en.wikipedia.org/wiki/Methyl_tert-butyl_ether
MTBE = 100% hidrokarbon juga
CMIIW
BBM Oktan tinggi menggunakan HOMC (High Octane MoGas Component) yang full hidrokarbon
Alternative lain (resiko ke CC dan emisi) = campur AvGas 100 LL (Low Lead)
Alternative lain yg aman bagi CC tapi berisiko buat tangki dan fuel lines = campur Ethanol (hrs disertai additive anti korosi)
memang sih zat yg paling efektif menaikkan Oktan adalah unsur2 logam spt Pb / MMT / Ferrocene, tapi resikonya ya bikin residu di ruang bakar dan meracuni CC. Utk MMT ditandai endapan merah bata pada busi
Dulu ramai digunakan MTBE, tapi konon skg MTBE udah gak dipakai lagi krn konon efeknya buruk thd lingkungan (katanya)
http://en.wikipedia.org/wiki/Methyl_tert-butyl_ether
MTBE = 100% hidrokarbon juga
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
bukannya premium juga bisa nimbulin kerak?
kalau premium bisa nimbulin kerak,
gimana cara buat tahu octane booster yg jadi penyebabnya bukan premium yg jelek?
kalau premium bisa nimbulin kerak,
gimana cara buat tahu octane booster yg jadi penyebabnya bukan premium yg jelek?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
antena TV gue pake booster
Mungkin disharing aja kalau ada yang punya hasil uji lab, kalau octane booster atau cetane booster itu bener-bener naikin octane/cetane number, tidak ada efek negatif terhadap mesin dll. Tentunya labnya adalah pihak netral dan cukup ternama lho ya.

Mungkin disharing aja kalau ada yang punya hasil uji lab, kalau octane booster atau cetane booster itu bener-bener naikin octane/cetane number, tidak ada efek negatif terhadap mesin dll. Tentunya labnya adalah pihak netral dan cukup ternama lho ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
- Daily Vehicle: CX-5 KF
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
yang atas gw setuju banget om, kalo ethanol di NLC banyak makan korban tuh sampai akhirnya di black list di club ybs.Turboman wrote:Naekkin oktan dgn cara yg pasti dan aman bagi mesin dan CC = campur dgn BBM Oktan tinggi
BBM Oktan tinggi menggunakan HOMC (High Octane MoGas Component) yang full hidrokarbon
Alternative lain (resiko ke CC dan emisi) = campur AvGas 100 LL (Low Lead)
Alternative lain yg aman bagi CC tapi berisiko buat tangki dan fuel lines = campur Ethanol (hrs disertai additive anti korosi)
memang sih zat yg paling efektif menaikkan Oktan adalah unsur2 logam spt Pb / MMT / Ferrocene, tapi resikonya ya bikin residu di ruang bakar dan meracuni CC. Utk MMT ditandai endapan merah bata pada busi
Dulu ramai digunakan MTBE, tapi konon skg MTBE udah gak dipakai lagi krn konon efeknya buruk thd lingkungan (katanya)
http://en.wikipedia.org/wiki/Methyl_tert-butyl_ether
MTBE = 100% hidrokarbon juga
CMIIW
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Setau ane, selama proses pembakaran masih menganut sistem pembakaran dalam, dan bahan bakarnya juga pakai bahan bakar hidrokarbon/fossil/hasil pembakaran, selama itu pulalah pasti terbentuk jelaga.Salvanost wrote:bukannya premium juga bisa nimbulin kerak?
kalau premium bisa nimbulin kerak,
gimana cara buat tahu octane booster yg jadi penyebabnya bukan premium yg jelek?
Octane booster yang baik, seharusnya hanya menghambat pembentukan kerak, tapi TIDAK dengan jelaga.
Tidak mungkin sebuah piston kaliber motoGP sekalipun akan bersih dari jelaga.
Ini piston motor motoGP sehabis dipakai:


Salah satu cara mengetahui octane booster nya bagus atau tidak menurut sepengalaman ane doank, dengan asumsi campuran bahan bakar setelannya sudah pas dengan karakter pemakaian sehari hari (pemakaian sehari hari stop and go, sangat berbeda settingannya dengan kalau jalur rutin sehari hari bisa mengembangkan kecepatan sampai 80kpj), adalah dengan membuka kop silinder mesin saat servis rutin, setelah sebelumnya dibersihkan dulu keraknya.
Apabila memakai premium dan octane booster ternyata jelaga nya bisa dihapus dengan tissue saja, berarti octane booster tersebut mampu memperlambat penumpukan kerak yang biasanya akan terjadi secara cepat bila tanpa OB. Periksa juga bersih tidaknya busi.
Secara mudah, tanpa harus effort lebih untuk membuka kepala silinder, adalah dengan melihat penampakan busi.
IMHO, itu cara paling mudah, cepat dan murah, untuk mengetahui kinerja mesin di dalam.
Tapi, semua itu kembali kepada settingan karbu / setting CO pada ECU nya.
Mau pakai OB dengan MSDS sebagus dan seramah lingkungan seperti apapun, kalau settingan nya tidak pas, ya tetep aja businya mampus duluan akibat kebasahan/ malah kekeringan.
Hal tersebut terjadi, biasanya karena setting untuk high speed (rpm motor diatas 6000) tapi malah dipakai untuk jalur jalur neraka macet haram jadah. Ya pasti busi mampus duluan. Tandanya, si busi akan kebasahan dulu, dengan gejala pada saat menyentak di rpm rendah, akan mbrebet. Harus tambah angin.
Begitu juga sebaliknya, settingan untuk jalan sehari hari macet, tiba tiba dipakai geber pol di jalan raya Cakung, ya jelas aja rpm atas akan kekeringan, tandanya di rpm atas mbrebet. Buka busi, pasti putih pucat seperti p*ktay.
Demikian kira kira yang bisa ane share, mohon ditambah dan dikoreksi..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Sebaiknya mobil jangan diisi macem2...pill...booster...minyak urut...dll. Kalo saya sih kepikiran mobil dikasi macem2, gak mau balepan juga.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Setuju om, tangki mobil selayaknya hanya di isi bahan bakar...dubz wrote:Sebaiknya mobil jangan diisi macem2...pill...booster...minyak urut...dll. Kalo saya sih kepikiran mobil dikasi macem2, gak mau balepan juga.
Kalo di isi minyak goreng, aroma ayam goreng nanti...

Kalo di isi pil, bisa ga tidur2 mobil nya, tegak terus..

Obey the mahakitteh. 
