Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by madcat015 »

Waktunya menyiapkan pertahanan...

Image

:ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by Felixz_Yaris »

Memang ada perlunya menyebut merk tertentu, apa juga salahnya?
Bajemanepun ini dr pengalaman, tanpa bermaksud mengiklankan product..
Kan tujuan trit ini buat membahan seputaran octane booster
:mrgreen:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by VanzMatic »

ChZ wrote:
VanzMatic wrote:Memang perlu kearifan dan netralitas dalam membahas hal seperti ini.

Kearifan, yakni mendudukkan permasalahan dalam proporsi benar sesuai data teknis produk dan hasil uji produk, samada dalam hal uji performa maupun uji lab.

Netralitas, membahas hal ini tidak mungkin lepas dari merk A,B,C dst. Silakan dibahas tanpa mendiskreditkan merk tertentu.

Imho, cmiiw, selamat berdiskusi.
IMHO ada gunanya nyebut suatu merek A,B,C,dst.... biar SMers ga terjebak dengan beberapa produk yang ada di pasaran :mky_01:

:ngacir:
mungkin lebih tepat medapat gambaran ya, secara ini kan diskusi, bukan debat alay ala forum sebelah.

Kita mengedepankan cara diskusi sehat. Silakan saja sebut pengalaman masing masing. Karena sepengalaman ane pakai bermacam merk aditif, yang bikin jadi jelaga/ kerak adalah kalau karbu tidak disetting.

Saya pakai bensin super maupun pertamax tapi tanpa setting ulang karbu, yang ada adalah ngeden dan busi basah,karena bahan bakar pertamax maupun super 92, walaupun merupakan tuntutan standar bagi bebek butut saya, tapi setting karbu dari ahass adalah setting boros bukan main main.

So, kalau kendaraan anda masih karbu, setting ulang karbu anda saat menggunakan bensin yg sesuai tuntutan mesin atau bila nenggunakan aditif.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by amfibi »

madcat015 wrote:Waktunya menyiapkan pertahanan...

Image

:ngacir:
Huss... Ente bikin panas aja :big_smoking:

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by Turboman »

Ya tinggal dilihat MSDS nya aja toh

Yg mengandung MMT / Ferrocene / organo metals ya bisa berisiko ninggalin ash di ruang bakar dan meracuni Katalikc
* Bukan ajakan Beli *
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by twa »

Turboman wrote:Ya tinggal dilihat MSDS nya aja toh

Yg mengandung MMT / Ferrocene / organo metals ya bisa berisiko ninggalin ash di ruang bakar dan meracuni Katalikc
MSDS yg buat perusahaan yg bersangkutan ? kalo diindo bisa disulap yg baik2 aja om :mrgreen:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by billyd1773dz »

hmmm penasaran jika penggunaan octane booster beresiko merusak CC...

gmn klw CCnya di lepas aja dari awal? konon performa lebih baik jika CC di lepas... dan pengalaman pribadi uji emisi di ipah tampa cc... tetep lulus aja tuh... hehe :D apa lagi d setidaknya d bdg sih blm ada aturan jelas soal emisi. :D

ChZ wrote:saran ane sih mending pake yg bersifat fuel treatment aja... jgn octane booster...

itu yg komentar GIG... kalo produk GIG sih emang rekomen fuel kualitas tinggi :mky_01: produknya bukan produk sembarang yg bisa dicekokin premios + oktan booster :mky_01:
sebenernya GIG salah satu dari sedikit ATPM yg ngejual produk high-end dan terang2an ngebolehin pakai BBM subsidi/solar di JK CRDnya...

tp ntah track recordnya gmn yah.... blm denger kasus sih..........

cuma y malu aja uda beli boil 1em kok pke subsidi.. klw d pedalaman sih y wajar

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by JESKONENG »

amfibi wrote:Jadi norival terhitung aman ya... Baiklah :D


Oiya, ane mau tanya, apakah octane model booster model pill lebih berbahaya drpd yang model cair?
dites aja sendiri om, dng metode spt yg sy sarankan itu .. dicemplungkan dalam gelas berisi bengsin dan cara lain dng disulut api...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by Bueuk_32 »

kalo ane sih penasarannya, apa ada yg mobilnya sudah pernah mengalami kerusakan2 dimaksud, karena penggunaan oktan booster itu? kalau ada setelah penggunaan berapa lama?

billyd1773dz wrote:hmmm penasaran jika penggunaan octane booster beresiko merusak CC...

gmn klw CCnya di lepas aja dari awal? konon performa lebih baik jika CC di lepas... dan pengalaman pribadi uji emisi di ipah tampa cc... tetep lulus aja tuh... hehe :D apa lagi d setidaknya d bdg sih blm ada aturan jelas soal emisi. :D
ide yg bagus xixixixi
kalo gini gimana, ga usah dilepas dulu CC nya, tapi setelah mengalami kerusakan, baru dilepas?

btw, nanya dong om, sebenarnya selain untuk menekan emisi, apa CC itu punya fungsi yg lain? maksudnya apa akan ada perbedaan baik dari performa atau durabilitas antara mobil yg tetap mempertahankan CCnya vs yg dilepas?
"The Power of ren-Dreams"
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by JESKONENG »

Bueuk_32 wrote:kalo ane sih penasarannya, apa ada yg mobilnya sudah pernah mengalami kerusakan2 dimaksud, karena penggunaan oktan booster itu? kalau ada setelah penggunaan berapa lama?

billyd1773dz wrote:hmmm penasaran jika penggunaan octane booster beresiko merusak CC...

gmn klw CCnya di lepas aja dari awal? konon performa lebih baik jika CC di lepas... dan pengalaman pribadi uji emisi di ipah tampa cc... tetep lulus aja tuh... hehe :D apa lagi d setidaknya d bdg sih blm ada aturan jelas soal emisi. :D
ide yg bagus xixixixi
kalo gini gimana, ga usah dilepas dulu CC nya, tapi setelah mengalami kerusakan, baru dilepas?

btw, nanya dong om, sebenarnya selain untuk menekan emisi, apa CC itu punya fungsi yg lain? maksudnya apa akan ada perbedaan baik dari performa atau durabilitas antara mobil yg tetap mempertahankan CCnya vs yg dilepas?
sekedar inpoh :
sejak mulai digunakan awal 2012 y.l. blom pernah ada crita Norival merusak CC atau fuel pump atau menyumbat injector, atau bikin mesin berkerak atau prothol ... kalok misalnya Norival memang ada efek samping negatif, ya pastilah sudah terjadi dalam 3-6 bulan pertama sejak mulai dipake gak perlu nunggu dua taun... dan kalok sudah terjadi, ya pastinya sudah rame disebarluaskan di dunia maya (karna faktor kompetitor dan faktor orang2 yg suka aja nunjukin ke teman dia yg pake aditif yg terbukti berbahaya : "nah..lo.. liat tuh, efeknya pake aditif yg elo pake ... elo gak takut mesin elo prothol ?")

Alhamdulillah, blom pernah ada berita ttg efek negatif Norival pada mesin
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by billyd1773dz »

Bueuk_32 wrote:kalo ane sih penasarannya, apa ada yg mobilnya sudah pernah mengalami kerusakan2 dimaksud, karena penggunaan oktan booster itu? kalau ada setelah penggunaan berapa lama?

billyd1773dz wrote:hmmm penasaran jika penggunaan octane booster beresiko merusak CC...

gmn klw CCnya di lepas aja dari awal? konon performa lebih baik jika CC di lepas... dan pengalaman pribadi uji emisi di ipah tampa cc... tetep lulus aja tuh... hehe :D apa lagi d setidaknya d bdg sih blm ada aturan jelas soal emisi. :D
ide yg bagus xixixixi
kalo gini gimana, ga usah dilepas dulu CC nya, tapi setelah mengalami kerusakan, baru dilepas?

btw, nanya dong om, sebenarnya selain untuk menekan emisi, apa CC itu punya fungsi yg lain? maksudnya apa akan ada perbedaan baik dari performa atau durabilitas antara mobil yg tetap mempertahankan CCnya vs yg dilepas?
yg jadi masalah tu, klw CC mampet oleh endapan komposit tadi..... klw sampai mampet bisa kemana2 termasuk ngerusak mesin.

jadi y jangan di tunggu rusak...... mostly ketauan CC rusak klw efeknya uda sampai ke mesin. klw di diesel sih, biasanya pas d bejek asepnya item bngt, tanda endapan karbon nya terbang waktu d bejek. performa jg mungkin uda turun

ummm ntah di mobil bensin blm pernah coba copot, klw d diesel.............. performa naik......
d gasoline mestinya ada improvement juga.



setau nubie ini yg harus di perhatiin beberapa mobil ada yg menggunakan o2 sensor pre dan after cc, bwat ngemonitor emisi. jika pre dan after sensor g memenuhi standar emisi karna d cc uda g baik, atau cc d cabut MIL bisa nyala.

ada alat bwat ngakalin ini, tp where about nya.... ane g ngerti.....


unek2 juga soal fungsi CC. stw nubie ini sih, CC ya bwat emisi aja. dan untuk tujuan emisi mesin jadi nyesuaikan settingnya agar cc bisa kerja optimal. yg berdampak ke performa dan keiritan

kaya soal irit... terpaksa harus d AFR stochiometris 14.7:1 agar cc bisa kerja optimal, dan g di AFR leanburn >30:1 yg jauh lebih irit.namun bisa ngasilin NOX yg butuh cc khusus + directinjection untuk neken nox ini..

header makin pendek makin dikit yg bikin 4-2-1,sampai di bikin mesin integrated exhaust header agar CC Warm UP lebih cepet bwat neken cold start emission.

some CC punya restriction flow berlebihan... jd ada yg bikin CC aftermarket highflow bwat yg tinggal d daerah regulasi emisi ketat tp pingin ngacir...

and for turbo engine....gw baca straightpipe masih yg terbaik. dgn ada CC tentu jadi penghambat flow nya.

cmiiw banget mohon d koreksi


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by artoodetoo »

Nubi menyimak ah.
Lagi mempertimbangkan mau pake produk2 beginian juga sih soalnya :ungg:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by Bueuk_32 »

@om billy; owh jadi malah bahaya ya kalo nunggu mampet, rembet kemana2. tapi menarik juga tuh ipahnya tetep lolos uji emisi padahal CC nya dilepas :mrgreen: soalnya pernah baca dg melepas CC justru malah nambah tenaga karena dg melepas CC maka gas buang akan cepat keluar tanpa hambatan udara lagi dan ini menyebabkan efesiensi power tetap maksimal. BBM lebih efisien, dan temperatur mesin lebih dingin karena tanpa CC gas buang akan keluar dengan bebas, hal ini akan memperkecil hambatan bagi sistem pembakaran, meringankan kerja mesin. enak dong ya? apalagi meskipun dilepas ternyata tetap lulus uji emisi :e-dance: cmiiw
btw, TFS :beer:

@om jes; thx infonya, no offence ya, bukan bermaksud pro atau kontra, atau nunjuk ke satu merk, cuma penasaran aja, ingin dengar argumentasi2 dari berbagai sudut pandang.
kadang2 ane berpikir kalo advice dari penjual, ada faktor subyektifnya, tapi kalau ingin fair, baca2 dari berita hasil guling2 singkat ttg bahaya OB, bisa jadi ada faktor subyektifnya juga, misal anjuran dari kementerian ESDM untuk menghindari OB, bisa saja subyektif juga, jangan2 kalo "membolehkan", bisa tekor pemerintah, karena ga ada lagi yg mau pake non subsidi :drinking:
jadi pengen juga denger dari user sekalian, kalau memang buruk untuk mesin, kali aja ada yg berkenan sharing, kalau pernah mengalami.

btw, kalo dari artikel ini http://bisnis.liputan6.com/read/629447/ ... -berbahaya sepertinya "bahaya" nya itu lebih kepada faktor lingkungan ya, bukan ke mesin? itu pun yg non-oxygenate karena mengandung beberapa unsur logam seperti besi (Fe), timbal (Pb), dan mangan (Mn). Nah, pertanyaannya kalau yg nabati gimana? (seandainya yg nabati itu memang terbukti tidak mengandung logam ya)

sekali lagi maaf loh kalau ada yg tersinggung ya, ga ada maksud.
gimana SMers?
"The Power of ren-Dreams"
Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by billyd1773dz »

Bueuk_32 wrote:@om billy; owh jadi malah bahaya ya kalo nunggu mampet, rembet kemana2. tapi menarik juga tuh ipahnya tetep lolos uji emisi padahal CC nya dilepas :mrgreen: soalnya pernah baca dg melepas CC justru malah nambah tenaga karena dg melepas CC maka gas buang akan cepat keluar tanpa hambatan udara lagi dan ini menyebabkan efesiensi power tetap maksimal. BBM lebih efisien, dan temperatur mesin lebih dingin karena tanpa CC gas buang akan keluar dengan bebas, hal ini akan memperkecil hambatan bagi sistem pembakaran, meringankan kerja mesin. enak dong ya? apalagi meskipun dilepas ternyata tetap lulus uji emisi :e-dance: cmiiw
btw, TFS :beer:
yaaa ntah euro brp standar uji emisi di indo yg d pke... hehehe :D dan gtw ntarnya akan naik atw di perketat atw tidak... yg pasti skrng sih masih aman2 aja.

di gasoline n.a sering butuh backpressure juga terlalu plong blm tentu baik. jd sya gtw itung2nya gmn jika cc dilepas yg pasti klw uda kotor jadi hambatan y jelek juga. mungkin backpressure dari muffler uda cukup ada yg bilang jg signifikan bedanya imho yaaa ini spesifik masing2 mobilnya

klw d mesin turbo... yg nubie ini baca backpressure uda d provided turbinnya. dari situ straightpipe plong juga gpp... makanya drag diesel truck d amrik dri turbo langsung keluar exhaustnya straight pipe.


terakhir nyabut cc urusan k garansi atpm gimn..... wkwkw :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by doq »

Bueuk_32 wrote:kalo ane sih penasarannya, apa ada yg mobilnya sudah pernah mengalami kerusakan2 dimaksud, karena penggunaan oktan booster itu? kalau ada setelah penggunaan berapa lama?

Seinget sy oom esh pernah ngalamin hal buruk pada mobil nya saat menggunakan octane booster berbentuk pil, walau "hanya" rusak di busi nya aja.......
Klo ga salah kejadian di GL saat pake merk griffon hot pills cmiiw sangad :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by nugroho bagor »

twa wrote:
Turboman wrote:Ya tinggal dilihat MSDS nya aja toh

Yg mengandung MMT / Ferrocene / organo metals ya bisa berisiko ninggalin ash di ruang bakar dan meracuni Katalikc
MSDS yg buat perusahaan yg bersangkutan ? kalo diindo bisa disulap yg baik2 aja om :mrgreen:
Money Talk.................. :ngacir:
User avatar
TikusTampan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by TikusTampan »

Bueuk_32 wrote:-CUT-
@om jes; thx infonya, no offence ya, bukan bermaksud pro atau kontra, atau nunjuk ke satu merk, cuma penasaran aja, ingin dengar argumentasi2 dari berbagai sudut pandang.
kadang2 ane berpikir kalo advice dari penjual, ada faktor subyektifnya, tapi kalau ingin fair, baca2 dari berita hasil guling2 singkat ttg bahaya OB, bisa jadi ada faktor subyektifnya juga, misal anjuran dari kementerian ESDM untuk menghindari OB, bisa saja subyektif juga, jangan2 kalo "membolehkan", bisa tekor pemerintah, karena ga ada lagi yg mau pake non subsidi :drinking:
jadi pengen juga denger dari user sekalian, kalau memang buruk untuk mesin, kali aja ada yg berkenan sharing, kalau pernah mengalami.
setuju dengan om bueuk_(33-1)..
ane juga dulu sempet mikir kalo semua pake OB, bensin non subsidi bakal gak laku..makanya kalo di tanya ke pemerintah (ESDM) pastinya tidak menganjurkan..malah ada temen ane yang nanya knp produsen OB gak kerjasama aja ama Pertamina mengenai penggunaan OB ini..maksudnya premium langsung dicampur OB sebelum didistribusikan ke masyarakat..dan ane pernah dibuat kaget di salah satu SPBU karna abis ngisi premium ditawarin sebotol kecil OB sama operatornya dengan harga yang tergolong sangat murah menurut ane dibandingkan dengan norival..namun ane tolak karna pada waktu itu ane masih ada stok norival buat motor..dan OB nya itu dipajang di atas pompa bensinnya secara terang2an..
"Supermouse Use No Pedals..."
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by VanzMatic »

TikusTampan wrote:
Bueuk_32 wrote:-CUT-
@om jes; thx infonya, no offence ya, bukan bermaksud pro atau kontra, atau nunjuk ke satu merk, cuma penasaran aja, ingin dengar argumentasi2 dari berbagai sudut pandang.
kadang2 ane berpikir kalo advice dari penjual, ada faktor subyektifnya, tapi kalau ingin fair, baca2 dari berita hasil guling2 singkat ttg bahaya OB, bisa jadi ada faktor subyektifnya juga, misal anjuran dari kementerian ESDM untuk menghindari OB, bisa saja subyektif juga, jangan2 kalo "membolehkan", bisa tekor pemerintah, karena ga ada lagi yg mau pake non subsidi :drinking:
jadi pengen juga denger dari user sekalian, kalau memang buruk untuk mesin, kali aja ada yg berkenan sharing, kalau pernah mengalami.
setuju dengan om bueuk_(33-1)..
ane juga dulu sempet mikir kalo semua pake OB, bensin non subsidi bakal gak laku..makanya kalo di tanya ke pemerintah (ESDM) pastinya tidak menganjurkan..malah ada temen ane yang nanya knp produsen OB gak kerjasama aja ama Pertamina mengenai penggunaan OB ini..maksudnya premium langsung dicampur OB sebelum didistribusikan ke masyarakat..dan ane pernah dibuat kaget di salah satu SPBU karna abis ngisi premium ditawarin sebotol kecil OB sama operatornya dengan harga yang tergolong sangat murah menurut ane dibandingkan dengan norival..namun ane tolak karna pada waktu itu ane masih ada stok norival buat motor..dan OB nya itu dipajang di atas pompa bensinnya secara terang2an..
Redex kah...?
:big_think:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by Turboman »

Naekkin oktan dgn cara yg pasti dan aman bagi mesin dan CC = campur dgn BBM Oktan tinggi
BBM Oktan tinggi menggunakan HOMC (High Octane MoGas Component) yang full hidrokarbon

Alternative lain (resiko ke CC dan emisi) = campur AvGas 100 LL (Low Lead)

Alternative lain yg aman bagi CC tapi berisiko buat tangki dan fuel lines = campur Ethanol (hrs disertai additive anti korosi)

memang sih zat yg paling efektif menaikkan Oktan adalah unsur2 logam spt Pb / MMT / Ferrocene, tapi resikonya ya bikin residu di ruang bakar dan meracuni CC. Utk MMT ditandai endapan merah bata pada busi

Dulu ramai digunakan MTBE, tapi konon skg MTBE udah gak dipakai lagi krn konon efeknya buruk thd lingkungan (katanya)
http://en.wikipedia.org/wiki/Methyl_tert-butyl_ether

MTBE = 100% hidrokarbon juga

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by Salvanost »

bukannya premium juga bisa nimbulin kerak?

kalau premium bisa nimbulin kerak,
gimana cara buat tahu octane booster yg jadi penyebabnya bukan premium yg jelek?
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by Penikmat_Kopi »

antena TV gue pake booster :ngacir:

Mungkin disharing aja kalau ada yang punya hasil uji lab, kalau octane booster atau cetane booster itu bener-bener naikin octane/cetane number, tidak ada efek negatif terhadap mesin dll. Tentunya labnya adalah pihak netral dan cukup ternama lho ya.
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by twa »

Turboman wrote:Naekkin oktan dgn cara yg pasti dan aman bagi mesin dan CC = campur dgn BBM Oktan tinggi
BBM Oktan tinggi menggunakan HOMC (High Octane MoGas Component) yang full hidrokarbon

Alternative lain (resiko ke CC dan emisi) = campur AvGas 100 LL (Low Lead)

Alternative lain yg aman bagi CC tapi berisiko buat tangki dan fuel lines = campur Ethanol (hrs disertai additive anti korosi)

memang sih zat yg paling efektif menaikkan Oktan adalah unsur2 logam spt Pb / MMT / Ferrocene, tapi resikonya ya bikin residu di ruang bakar dan meracuni CC. Utk MMT ditandai endapan merah bata pada busi

Dulu ramai digunakan MTBE, tapi konon skg MTBE udah gak dipakai lagi krn konon efeknya buruk thd lingkungan (katanya)
http://en.wikipedia.org/wiki/Methyl_tert-butyl_ether

MTBE = 100% hidrokarbon juga

CMIIW
yang atas gw setuju banget om, kalo ethanol di NLC banyak makan korban tuh sampai akhirnya di black list di club ybs.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by VanzMatic »

Salvanost wrote:bukannya premium juga bisa nimbulin kerak?

kalau premium bisa nimbulin kerak,
gimana cara buat tahu octane booster yg jadi penyebabnya bukan premium yg jelek?
Setau ane, selama proses pembakaran masih menganut sistem pembakaran dalam, dan bahan bakarnya juga pakai bahan bakar hidrokarbon/fossil/hasil pembakaran, selama itu pulalah pasti terbentuk jelaga.
Octane booster yang baik, seharusnya hanya menghambat pembentukan kerak, tapi TIDAK dengan jelaga.

Tidak mungkin sebuah piston kaliber motoGP sekalipun akan bersih dari jelaga.

Ini piston motor motoGP sehabis dipakai:
Image

Image

Salah satu cara mengetahui octane booster nya bagus atau tidak menurut sepengalaman ane doank, dengan asumsi campuran bahan bakar setelannya sudah pas dengan karakter pemakaian sehari hari (pemakaian sehari hari stop and go, sangat berbeda settingannya dengan kalau jalur rutin sehari hari bisa mengembangkan kecepatan sampai 80kpj), adalah dengan membuka kop silinder mesin saat servis rutin, setelah sebelumnya dibersihkan dulu keraknya.

Apabila memakai premium dan octane booster ternyata jelaga nya bisa dihapus dengan tissue saja, berarti octane booster tersebut mampu memperlambat penumpukan kerak yang biasanya akan terjadi secara cepat bila tanpa OB. Periksa juga bersih tidaknya busi.

Secara mudah, tanpa harus effort lebih untuk membuka kepala silinder, adalah dengan melihat penampakan busi.
IMHO, itu cara paling mudah, cepat dan murah, untuk mengetahui kinerja mesin di dalam.

Tapi, semua itu kembali kepada settingan karbu / setting CO pada ECU nya.
Mau pakai OB dengan MSDS sebagus dan seramah lingkungan seperti apapun, kalau settingan nya tidak pas, ya tetep aja businya mampus duluan akibat kebasahan/ malah kekeringan.

Hal tersebut terjadi, biasanya karena setting untuk high speed (rpm motor diatas 6000) tapi malah dipakai untuk jalur jalur neraka macet haram jadah. Ya pasti busi mampus duluan. Tandanya, si busi akan kebasahan dulu, dengan gejala pada saat menyentak di rpm rendah, akan mbrebet. Harus tambah angin.

Begitu juga sebaliknya, settingan untuk jalan sehari hari macet, tiba tiba dipakai geber pol di jalan raya Cakung, ya jelas aja rpm atas akan kekeringan, tandanya di rpm atas mbrebet. Buka busi, pasti putih pucat seperti p*ktay.

Demikian kira kira yang bisa ane share, mohon ditambah dan dikoreksi..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by dubz »

Sebaiknya mobil jangan diisi macem2...pill...booster...minyak urut...dll. Kalo saya sih kepikiran mobil dikasi macem2, gak mau balepan juga.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Ini Akibatnya Jika Memakai Octane Booster di Mobil

Post by madcat015 »

dubz wrote:Sebaiknya mobil jangan diisi macem2...pill...booster...minyak urut...dll. Kalo saya sih kepikiran mobil dikasi macem2, gak mau balepan juga.
Setuju om, tangki mobil selayaknya hanya di isi bahan bakar...

Kalo di isi minyak goreng, aroma ayam goreng nanti... :ngacir:

Kalo di isi pil, bisa ga tidur2 mobil nya, tegak terus.. :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat: