klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT ???
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Transmisi F1 kalau dipakai sehari-hari pasti lebih awet bro, karena transmisi mobil sehari-hari nggak seberat beban di F1 , akselerasi dan kecepatan standard saja.
Rantai juga bisa dibuat kuat bro, coba aja lihat rantai forklift.
Rantai juga bisa dibuat kuat bro, coba aja lihat rantai forklift.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
.
This page is (not) intentionally left blank
.
This page is (not) intentionally left blank
.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Nah, jd ni semua adlh trid ttg metik
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
setuju omPenikmat_Kopi wrote:Nggak nahan ngedennya kalau mau nyalip-nyalip angkot OmUnta_item wrote:Cocok nih Manual LoversPenikmat_Kopi wrote:gue suka pakai yg manual
Pake Matic ntar kakinya gede sebelah (karena yang kerja cuman kaki kanan, ngak imbang)Bawa matic mau diperlakukan ala manual, nggak tega. Jadi ya belinya balik lagi ke selera asal, manual, maklumlah gaya nyopirnya juga mirip sopir angkot
![]()
Kalau yg matic buat dipake bini gue aja


ga ada yang bisa ngalahin manual


dan entah kenapa, CVT membuat semuanya geblek. Elgrand 3.5 CVT bego banget respon bawahnya, bawa atas malah aneh, kaya pedal kiri ga sengaja keteken setengah


kalopun manual nanti hanya tersedia di sports car dan econo box yang level jongkok(mulai seperti begini di Indonesia), saya lebih prefer torque converter daripada belt driven transmission. alesannya simpel, beli cvt mahal" digas tetep kaya vario


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Kok ane ga bermasalah dengan CVT ya... Sewaktu pake GD8 tidak ada masalah, malah cukup seneng dgn kehalusannya...
Enak buat dibawa halus
Enak buat dibawa halus

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
amfibi wrote:Kok ane ga bermasalah dengan CVT ya... Sewaktu pake GD8 tidak ada masalah, malah cukup seneng dgn kehalusannya...
Enak buat dibawa halus

CVT sepertinya lebih cocok untuk pengemudi yang non tempramental, makanya begitu dikenalin sama saya, langsung nolak mentah mentah

dan lebih cocoknya lagi sebagai mobil di hari minggu bawaan santai...jadi pulang ibadah bisa diresapi hasil kotbahnya dengan maksimal, tanpa intervensi pedal kopling dan hentakan halus A/T konvensional

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
pemakai CVT karna penasaran, dan setelah ini jika CVTnya g ada mode manualnya/Paddle shift atw dedicate sport mode kya d forester .. ogah ah............
meski hard choice jg klw 4AT dan CVT sih.... 4AT klw enginenya kenceng oke gpp... tp klw 4AT d mesin lemot.. errr mending CVT sekalian, bwat nyantai n ngirit low -mid rpm enak pisan....... selama g deket2 redline aja.
dan yg jarang di ungkapin orng2... bwat nanjak terjal masih lebih enak CVT d banding 4AT........ g ada hunting gear khas geared AT ber ratio dikit..... naik ke 3 ga kuat, turun ke 2 over rev...... sampai d XJ aja masih suka gini klw nanjak terjal.. d CVT manteng aja d torque maksimal g ada gejala ngeden percepatan nambah terus.. dan lucunny bgtu inget ini 1200cc 3cyld 78ps wkwkw... yaaa asal tetep d torque maksimal, klw uda turun rpmny karna cvtnya uda mentok low rationya y drop juga.
4AT unggulnya yah karna masih bisa ngerasain reving ke redline aja, meski di adu 0-100 blm tentu lebih kenceng dari CVT. dan gap ratio jg cukup jauh saat shift pasti kerasa turun rpmnya banyak dan keluar atw mepet dri sweet spot/peak torque. tp klw enginenya powerfull g masalah sih
MT enaknya bwat having fun aja hehe

meski hard choice jg klw 4AT dan CVT sih.... 4AT klw enginenya kenceng oke gpp... tp klw 4AT d mesin lemot.. errr mending CVT sekalian, bwat nyantai n ngirit low -mid rpm enak pisan....... selama g deket2 redline aja.
dan yg jarang di ungkapin orng2... bwat nanjak terjal masih lebih enak CVT d banding 4AT........ g ada hunting gear khas geared AT ber ratio dikit..... naik ke 3 ga kuat, turun ke 2 over rev...... sampai d XJ aja masih suka gini klw nanjak terjal.. d CVT manteng aja d torque maksimal g ada gejala ngeden percepatan nambah terus.. dan lucunny bgtu inget ini 1200cc 3cyld 78ps wkwkw... yaaa asal tetep d torque maksimal, klw uda turun rpmny karna cvtnya uda mentok low rationya y drop juga.
4AT unggulnya yah karna masih bisa ngerasain reving ke redline aja, meski di adu 0-100 blm tentu lebih kenceng dari CVT. dan gap ratio jg cukup jauh saat shift pasti kerasa turun rpmnya banyak dan keluar atw mepet dri sweet spot/peak torque. tp klw enginenya powerfull g masalah sih
MT enaknya bwat having fun aja hehe


-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
still vote geared A/T w/ sequential mode
....
gimanapun tetep lebih menyenangkan dan tetap nyaman di kemacetan....
ex user xtrail T31 2.5 CVT... ane cukup terkesan dengan tenaganya sayang CVTnya mengganggu... raungannya kurang laki
dibanding CR-V gen 3 yang masih geared 5-speed.... sensasi nya lebih mantap CRV 

gimanapun tetep lebih menyenangkan dan tetap nyaman di kemacetan....
ex user xtrail T31 2.5 CVT... ane cukup terkesan dengan tenaganya sayang CVTnya mengganggu... raungannya kurang laki


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
gw lebih suka Dual Clutch AT atau konvensional AT lah setidaknya, masih bisa ngerasain shift up and down..plus wajib ada mode manualnya..
satu2nya CVT yang gw suka cuma di Forester 2.0 XT yang baru..pengen nyobain CVT yang di Legacy GT 2.0DIT tapi gak ada barangnya..
satu2nya CVT yang gw suka cuma di Forester 2.0 XT yang baru..pengen nyobain CVT yang di Legacy GT 2.0DIT tapi gak ada barangnya..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
saya sih matik apa aja gak masalah..yang penting model mobilnya bagus...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Waaaah, ane sudah terlanjur beli yg CVT, gimana dong? 

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Gw pilih matic konvensional yg halus kek Mazda2, alasannya:
1. Lebih tahan banting & mudah direparasi (walo tdk menutup kemungkinan CVT bakal lebih reliable drpd matic biasa)
2. Tarikan enak, klo CVT tarikan bawahnya ngeden
1. Lebih tahan banting & mudah direparasi (walo tdk menutup kemungkinan CVT bakal lebih reliable drpd matic biasa)
2. Tarikan enak, klo CVT tarikan bawahnya ngeden
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Ane milih geared matic buat dapat sensasi perpindahan yang kayak manual. CVT buat ane mati rasa meski ada sensasi gas pesawat.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Jelas matic.
Paling sebel kalo traffic light di belakang nya mobil manual atau bebek manual.
Yang sini maunya jalan teruuus....eeh...kudu ngerem gegara depan kudu oper gigi....
Akselerasi cepat darimane kalo kayak gitu? Wong yang matic ngga pake jeda, yang manual sibuk oper persneling kok./..


Paling sebel kalo traffic light di belakang nya mobil manual atau bebek manual.
Yang sini maunya jalan teruuus....eeh...kudu ngerem gegara depan kudu oper gigi....

Akselerasi cepat darimane kalo kayak gitu? Wong yang matic ngga pake jeda, yang manual sibuk oper persneling kok./..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Fanboy matic nih...VanzMatic wrote:Jelas matic.
![]()
Paling sebel kalo traffic light di belakang nya mobil manual atau bebek manual.
Yang sini maunya jalan teruuus....eeh...kudu ngerem gegara depan kudu oper gigi....![]()
Akselerasi cepat darimane kalo kayak gitu? Wong yang matic ngga pake jeda, yang manual sibuk oper persneling kok./..


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Enakan CVT lah nggak jedak jeduk pindah gigi. Apalagi jaman bus tingkat volvo tahun 90an 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Apalagi kalo diesel. Banyak yang bilang takutnya CVT bakal ambrol pas dikasih diesel.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
amfibi wrote:Fanboy matic nih...VanzMatic wrote:Jelas matic.
![]()
Paling sebel kalo traffic light di belakang nya mobil manual atau bebek manual.
Yang sini maunya jalan teruuus....eeh...kudu ngerem gegara depan kudu oper gigi....![]()
Akselerasi cepat darimane kalo kayak gitu? Wong yang matic ngga pake jeda, yang manual sibuk oper persneling kok./..



ada ada saja....

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Fri Dec 06, 2013 1:14
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
sebagai pemakai cvt saya vote cvt donk.


secret make a woman woman
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Demen yg nyaman2 , vote CVT dah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
pilih cvt kalo lg pilih mobil yg mengutamakan kenyamanan
pilih gear kalo mau yg sporty dan asik disetir
pilih gear kalo mau yg sporty dan asik disetir
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
setau ane..cmiiw..
CVT :
pros : lbh halus, bensin lbh irit
kons : klo rusak ribet & mahal, tarikan agak ngeden
konvensional matik :
pros : klo rusak lbh gampang & murah, tarikan lbh galak
kons : agak boros, perpindahan gigi kasar
pilihan ane :
klo utk mbl baru ambil CVT (kecuali mau tarikan yg responsive)
klo 2nd & udh agak berumur pilih AT konvensional
imho..
CVT :
pros : lbh halus, bensin lbh irit
kons : klo rusak ribet & mahal, tarikan agak ngeden
konvensional matik :
pros : klo rusak lbh gampang & murah, tarikan lbh galak
kons : agak boros, perpindahan gigi kasar
pilihan ane :
klo utk mbl baru ambil CVT (kecuali mau tarikan yg responsive)
klo 2nd & udh agak berumur pilih AT konvensional
imho..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Geared matic aje kalo ane..
Kalo CVT tarikan rada bolot
Kalo CVT tarikan rada bolot
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
At konvensional saja klo ane tp 5 at w/tripronik, bs g y. Wkwk.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Krn punya nya mobil dengan 4AT konvensional, jadi vote itu aja deh heheh... Kalau dikasih kesempatan punya mobil kedua sih ya pilih manual... Jalur tol lancar sama lukot ane demenan manual sebetulnya sih...