Hasil ngobrol ringan dengan teman saya yg punya bengkel (kebetualan orangnya sudah official/licensed HKS tuner)Turboman wrote:So mengenai performa, yang saya amati sejauh ini
Hasil akhir :
Disain (Development) mesin dan kombinasi dengan Powertrain yang tepat adalah faktor sgt penting......bahkan jenis BBM nya apa bisa menjadi faktor nomor 2
Terbukti ada Diesel yg capable utk speed, ada mesin2 Gasoline yg Torsi-nya juga bisa spt Diesel
Tuning :
Tuning suatu mesin baik Gasoline / Diesel either NA or Turbocharged, akan lebih mudah bila sudah tersedia paket2 upgrade-nya (yg proven) or tuner sudah bisa mengerjakan mesin yang dimaksud (udah makanan sehari2 buat si Tuner)
Technical challenge :
Nah tapi apabila misal kita dihadapkan kpd 2 mobil yg belum pernah kita tune, yg 1 Diesel CRD Turbo, satunya Gasoline Turbo, sama2 belum pernah kita pegang nich yah, trus kita disuru pasang Piggyback, sudah ada wiring diagram dan MAP dasar utk benchmark saat tuning, serta tools lengkap baik software / tuning pot / sensors wideband lambda / boost meter / AFR meter Innovate / Dynamometer dll
Nah trus sama2 naik Dyno dah
Biasanya si TurboDiesel bisa kelar duluan proses tuningnya
Si Gasoline Turbo lebih "technically challenge" since kita hrs perhitungkan knock factor...........maka itu ada bbrp Piggyback yg bisa baca knock sensor spt Greedy E-manage Ultimate contohnya yg dia akan otomatis adjust settingan begitu dia ngedetek knock
yah seru sih......semakin challenging semakin asik rasanya...........heheheheeh
Just sharing ajah
Untuk mobil2 "biasa", maksudnya bukan high-performance factory tuned, kalau mau oprek/naikkin tenaga & torsi, lebih mudah (dan murah) mesin diesel (common rail) dibanding gasoline.
Secara umum, dia bilang, sektor oprekannya:
Diesel: 30% hardware (mekanikal), 70% software
Gasoline: 30% software, 70% hardware (mekanikal)
Kesimpulannya, dengan effort yg lebih rendah (biaya & waktu), lebih mudah naikkin performa mesin crdi dibanding gasoline, dgn kenaikan % yg sama dari spek stock
Tapi ya...ini cuma ngobrol lho ya...
