maskopat wrote:Turboman wrote:maskopat wrote:mesin bensin dan diesel kalo dah sama2 turbo beda2 tipis lah torsinya... malah enakan bensin turbo dituning.... 4B11T aja tuning dikit 500Nm lebih torsinya... dijual production di UK..
Udah pernah lihat proses tuning Gasoline Turbo vs Diesel CRD di atas Dyno om ?
Hanya baca di review atau sering lihat lgs saat tuning di atas Dyno misal di REV / Lestari / Sigma / KSN ?
Kalau yg saya lihat tuning Diesel CRD utk naekkin Hp itu lebih simple, di installer2 Dastek standard pasang Dastek set komplit + tuning biasa 2 jam selesai dgn kenaikan Hp signifikan, utk mobil2 yg ada panduan wiring set dan MAP data tuningnya dah komplit serta mesinnya sehat.
Tuning Gasoline Turbo ada lebih banyak parameter yg mesti diperhatikan, terutama menyangkut AFR dan Timing pengapian, otherwise mesin knocking dan jebol
memang ada bbrp Piggyback Plug n Play utk Gasoline Turbo, utk 1.4 TSI / MB CGI, tapi kenaikannya gak banyak, mungkin spy gak berisiko thd mesin.
Kalau tuning Diesel di Dyno cukup pasang :
- Boost meter
- AFR meter / wideband lambda sensor / EGT sensor di ujung knalpot
Tuner lgs bisa kerja dgn Notbuk
Mesin Diesel bisa bekerja dgn rentang AFR yg luas, ini yg memudahkan saat tuning, paling utk bantuan safety kita hanya monitor EGT dan asap aja.
kita gak usah ngomong power deh. diesel pasti kalah dengan bensin. bicara torsi aja. diesel 2000cc berapa sih torsi max nya? dari yang standar pabrikan, "tuning" ringan, dan "tuning" berat versi jalan raya?
evo FQ400, amg a 45.. bisa torsi "standar" nya aja dah tinggi.
point ane, untuk tuning ginian, 2 m itu dah berani dijual ke umum dengan torsi sedemikian besar dengan garansi 3-5 tahun.
klw gw sih... klw memang mw performance pure g mikir duit, g mikir efisien, g mikir irit...
tetep bensin.... ngomong torsi putaran bawah bwat narik2 juga gasoline V8 n.a berani di adu.. apalagi d kasih turbo...
sensasi highrev juga g bohong lebih nikmat....
diesel juara d lemans juga kunci juaranya ya karna lebih efisien, orng lain berhenti refuel... dia masih bisa jalan berhenti lebih dikit........ jadi juara deh. performa memang uda g jauh juga bedanya.
nah klw kembali ke dunia nyata, maunya kan beli mbl relatif murah... irit tetep kenceng,durable, multifungsi one car for all.....
ya pilihanya diesel... innova d4d 200jtan... modalin 20-30jt dpt 300hp 700nm.................. irit pasti jauh lebih irit dri evo std dan pke biosolar juga g ngambek, puter piggynya ke eco/pff bisa irit bngt kembali ke innova std... accelerasi.... imho mungkin masih kalah dgn evo yg uda d tune lagi,apalagi klw uda liat ratio gb, bobot dan Cd... tp cukup lah 0-100 7s an pke MPV....... topspeed ya pasti kalah rationya, dan bakal jadi death trap klw 200kph>..... multifungsi nganter2 bisa.. ngambring 8orng masuk, lagi bete gegeberan burn out juga bisa......
klw evoX uda 200jtan sih beda lagi wkwkwkw
gasoline uda lebih banyak yg ngembangin utk performa... factory tuned uda banyak..
diesel jarang, d eropa sekalipun orang beli diesel karna alasan irit, bukan karna kenceng. jadi boro2 ngeluarin versi factory tuned, yang d produksi juga prioritas nya masih di irit dan emisi baru performa...
jadi pabrikan selalu ngeposisiin pilihan performa d gasoline, pilihan irit ddiesel. klw d urutin prioritas irit dan emisi, dgn performa terbalik. gasoline performa dulu, diesel irit/emisi dulu. sekalipun skrng trend nya bmw Mseries uda bikin diesel juga. sepertinya saat ini dgn performa berimbang lagi di *wait n see* buyernya bakal bnyk pilih mana. klw diesel marketnya naik terus y bukan g mungkin factory tuned diesel dgn prioritas performa muncul.
g heran dgn biaya tuning murah atw sebatas remap % kenaikan tenaga nya besar.
meski soal highrev masih jarang diesel yg bisa nyamain racing gasoline apalagi d F1 yg rev nya d10K ...
bgtu juga soal efisiensi dan jumlah komponen, rasanya gasoline blm bisa nyaingin diesel, kec GDCI itu hadir... komponen bisa dikit tampa pengapian.. dan ketemu deh diesel dan gasoline, meski baca2 highrev nya hilang juga.
oyah satu lagi.. Suara....... diesel khasnya hembusan turbonya cuiiitttttttt .. mesinnya sendiri.. ya gtu deh imho plain.. kec mitsu 4N11 first diesel with VVT/ Mivec kli yah atw toyota V8 1VD juga ada rumblingnya klw g salah dgr
klw gasoline turbo suara turbo tadi + suara desingan khas VVT, atau suara khas masing2 engine kya rumbling subaru boxer flat 4,longlongan boxer flat6 porsche , suara V12 lambo, lengkingan lexus LFA .....geraman bently bnyk deh masing2 nambah rasa khas sendiri.
oyah biaya 10-20jt evo X bisa naikin tenaga 150% engga? innova bisa 102hp jadi 250hp........ on MPV stock block n internal g buka mesin...
