CX-5 Diesel versi Thai

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

ola_comoesta wrote:Misal om turbo, klo ditune dengan alat yg sama, cc sama..budget dll gasoline and diesel besar mana ya outputnya?

Pngn tau aja om turbo hehe
Scr umum TurboDiesel lebih cost effective dan lebih signifikan bedanya (before and after tuned)........krn AFR yg flexible intinya, ditambah konstruksi blok cast iron yg udah robust

Juga yg terpenting :
Setelah Power naik, bagaimana reliability mesinnya..........apa jadi harus perawatam khusus atau perawatan biasa aja

Yg jelas dr pengamatan sejauh ini di D4 D, after Piggyback, paling ya oli aja minimal semi synth, sedangkan BBM pakai Biosolar + racun ga masalah sama sekali, no need engine oil cooler

Kit Turbo AXT utk 1TR-FE Ipah ppt-i 2.0 hasil outputnya :
Power Dan Torsi naik 50%....means Hp ke sekitar 200 dan Torsi ke sekitar 300 Nm

Ini mempertimbangkan faktor keamanan mesin & BBM aja minimal RON 92

Selain Turbo dan FMIC, ini juga termasuk penggantian Injector dgn volume yg lebih gede, juga perlu BoV dan engine oil cooler.

Suhu oli mesin :
Pada Diesel turbo dgn Piggyback (D4 D), ketika jalan santai suhu oli mesin sekitar 83 - 85 deg C, kalo jalan cepat barulah naik ke atas 90 deg C, en kalo ngebut long range + nanjak Cipularang bisa ke 97 - 99 deg C, begitu jalan santai suhu oli mesin lgs drop lagi

Pada Gasoline Turbo spt Golf 1.4 TSI, jalan santai Dalkot aja suhu oli mesin udah di 92 deg C, jalan cepet dikit udah 96 deg C, jalan ngebut + nanjak Cipularang yah bisa dibayangkan dah.......heheheeheh
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by billyd1773dz »

ola_comoesta wrote:@om billy : rasanya bakalan legend si tsi golf ketimbang ecoboost ford
sejujurnya, lebih prefer approach nya ecoboost sih.......

gimanapun supercharge ngambil tenaga dari mesin, efisien pasti kalah....uda gtu ecoboost dgn twinscroll turbo bisa ngail torsi di rpm lebih rendah dari supercharge + turbo nya tsi (1400rpm vs 1750rpm *on 1.4 TSI*)......... hehehe :D
klw ngadu output.. golf mk7 1.2 TSI 4cyld 105hp 175nm @1550-4100 ecoboost 1.0 3cyld 125hp 170 @1400-4500

blm lg soal cost efective single turbo dibanding multi forced induction..

err klw g salah baca 1.2TSi uda g pke supercharge deh

klw legend2 an sih, yg duluan ya yg punya nama duluan juga.. apalagi orng liatnya *wuihh supercharge + turbo!!*

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by maskopat »

Turboman wrote:
maskopat wrote:mesin bensin dan diesel kalo dah sama2 turbo beda2 tipis lah torsinya... malah enakan bensin turbo dituning.... 4B11T aja tuning dikit 500Nm lebih torsinya... dijual production di UK..
Udah pernah lihat proses tuning Gasoline Turbo vs Diesel CRD di atas Dyno om ?

Hanya baca di review atau sering lihat lgs saat tuning di atas Dyno misal di REV / Lestari / Sigma / KSN ?

Kalau yg saya lihat tuning Diesel CRD utk naekkin Hp itu lebih simple, di installer2 Dastek standard pasang Dastek set komplit + tuning biasa 2 jam selesai dgn kenaikan Hp signifikan, utk mobil2 yg ada panduan wiring set dan MAP data tuningnya dah komplit serta mesinnya sehat.

Tuning Gasoline Turbo ada lebih banyak parameter yg mesti diperhatikan, terutama menyangkut AFR dan Timing pengapian, otherwise mesin knocking dan jebol

memang ada bbrp Piggyback Plug n Play utk Gasoline Turbo, utk 1.4 TSI / MB CGI, tapi kenaikannya gak banyak, mungkin spy gak berisiko thd mesin.

Kalau tuning Diesel di Dyno cukup pasang :
- Boost meter
- AFR meter / wideband lambda sensor / EGT sensor di ujung knalpot

Tuner lgs bisa kerja dgn Notbuk

Mesin Diesel bisa bekerja dgn rentang AFR yg luas, ini yg memudahkan saat tuning, paling utk bantuan safety kita hanya monitor EGT dan asap aja.
kita gak usah ngomong power deh. diesel pasti kalah dengan bensin. bicara torsi aja. diesel 2000cc berapa sih torsi max nya? dari yang standar pabrikan, "tuning" ringan, dan "tuning" berat versi jalan raya?
evo FQ400, amg a 45.. bisa torsi "standar" nya aja dah tinggi.

point ane, untuk tuning ginian, 2 m itu dah berani dijual ke umum dengan torsi sedemikian besar dengan garansi 3-5 tahun.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

Kalo buat ane pribadi mah utk Gasoline Turbo yg asik yg cc cc kecil, maksimal 1600 cc Turbo dah......buat Daily drive.......kalo dah cc cc gede sih udah gak efisien lagi

EP 16 CDT / CDM aja kalo di tuning larinya dah cukup gila

Ekoboost 1.0 ini menarik

GM di Eropa juga bikin 1400 cc Turbo, sayang gak masuk sinih

Nti Onda mau bikin 1.5 GDI Turbo.....mantap dah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:
ola_comoesta wrote:
maskopat wrote:mesin bensin dan diesel kalo dah sama2 turbo beda2 tipis lah torsinya... malah enakan bensin turbo dituning.... 4B11T aja tuning dikit 500Nm lebih torsinya... dijual production di UK..
Alasan bensin turbo jarang di mobil yg terjangkau karena pajaknya kan?
imho... karna ongkosnya jadi lebih mahal untuk masang turbo di gasoline....................

EGT gasoline lebih tinggi = komponen turbo harus lebih baik,ini jg penyebap blm bisa pke VGT secara luas.

blok gasoline umumnya pke alumunium.... harus d perkuat klw mw pke turbo boost tinggi factory safe, diesel.....kebanyakan sudah iron block g jarang versi turbo dan n.a d diesel cuma beda turbo dan injector, ruang bakarnya sama aja.

gasoline d haruskan memiliki AFR yg di jaga pada 14.7:1 most of the time, untuk neken emisi karna klw terlalu lean bisa ngasilin NOX dan EGT terbang, dgn direct injection hal ini konon bisa di teken *sebapnya gasoline turbo modern kebanyakan GDI*, dan membantu kerja cc lebih efisien... diesel..... AFR nya lebih bebas dan bisa jalan lebih lean...

AFR hubungannya jadi perlu sensor MAP/MAF khusus d intake dan wideband o2/lambda sensor d exhaust utk jaga AFR tadi... selain semprotan fuel.. timing pengapian juga harus nyesuakikan saat boost mulai. d tambahlagi sistem VVT/Mivec...

diesel.......... krng apal ada sensor apaaja d CRD map/maf kyanya ada. o2 pre cc d downpipe kyanya engga. VVT g ada, pengapian g ada juga... diesel jadul ya apalagi injector boost compensation aja pling..

rev diesel yang kebanyakan mentok d 4000rpm pada kapasitas mesin yang sama dgn gasoline.....jd cukup dengan turbo yang lebih kecil.....

cmiiw
:beer:
blok aluminium di bensin juga baru beberapa tahun ini koq. diesel juga mulai ke aluminium. mesin 4N1x misalnya.
ke depan ane yakin untuk mesin motor bakar akan beralih ke aluminium baik untuk blok maupun lainnya.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by maskopat »

Turboman wrote:Kalo buat ane pribadi mah utk Gasoline Turbo yg asik yg cc cc kecil, maksimal 1600 cc Turbo dah......buat Daily drive.......kalo dah cc cc gede sih udah gak efisien lagi

EP 16 CDT / CDM aja kalo di tuning larinya dah cukup gila

Ekoboost 1.0 ini menarik

GM di Eropa juga bikin 1400 cc Turbo, sayang gak masuk sinih

Nti Onda mau bikin 1.5 GDI Turbo.....mantap dah
waduh, balik ke "pendapat ane pribadi"... :e-doh:
kek waktu ngomong transmisi cvt gak bisa torsi besar... :e-doh:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

maskopat wrote: kita gak usah ngomong power deh. diesel pasti kalah dengan bensin. bicara torsi aja. diesel 2000cc berapa sih torsi max nya? dari yang standar pabrikan, "tuning" ringan, dan "tuning" berat versi jalan raya?
evo FQ400, amg a 45.. bisa torsi "standar" nya aja dah tinggi.

point ane, untuk tuning ginian, 2 m itu dah berani dijual ke umum dengan torsi sedemikian besar dengan garansi 3-5 tahun.
Oo jadi point om maskopat ini utk mobil tuned packaged yg dijual tuning house or divisi sport dr pabrikan toh ? Sip sip :frm_tumbright:

Kalo keyakinan saya sih cuman 1 = sejauh mana pabrikan mau keluarin biaya utk develop, soal BBM adalah faktor kedua

Kalo bicara budget R&D unlimited....contoh ya R 10 / R 15 TDI di Le Mans.................itu udah bicara Podium......heheheheh

IMHO :
Kalo saya sebagai tuning house, utk membuat mobil sport custom kelas premium dan dijual dgn harga tinggi, maka saya juga akan garap mobil mesin Gasoline + upgrade scr besar2-an, dilihat dari :
- Demand pasar
- Mesin gasoline relative lebih enteng, weight distribution lebih mudah
- Dari segi suara mesin, suara mesin & exhaust Diesel "nggak s3xy" buat ukuran sports car (subjective)

Dimana pasar lebih prefer ke suatu segment yah kita main di situ

Tapi spt nya lately pasar Diesel Performance cars sudah mulai tumbuh, krn BMW sudah berani keluarin M 550 D dgn Triple Turbo, Maserati juga ada yg versi Diesel, Audi bikin Q7 V12 TDI.......tapi spt nya masih di kisaran wilayah Eropa aja

Cuman scr Global utk Performance cars pasar masih prefer Gasoline High Performance........heheheh.......it's about choice and opportunity ajah :mrgreen:

Just IMO & CMIIW

Utk info :
1KD-FTV dgn 3000 cc di HiLux teman saya Torsi 970 Nm utk Daily Drive.......kapasitas cuman 3000 cc dan tuning-nya lokal (di REV) pakai komponen2 dr Thai

Cuman skg mobilnya dah di standarin lagi........mau dijual......heheheheheh

VW Caravelle / Amarok TDI mesin 2000 cc dgn Twin turbo, Torsi 400 Nm std pabrik, mesin utk keperluan narik beban lagih...... mesin ini di export ke banyak negara termasuk Indonesia (caravelle)......cukup salut juga dgn R&D nya si VW ini
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

maskopat wrote:
Turboman wrote:Kalo buat ane pribadi mah utk Gasoline Turbo yg asik yg cc cc kecil, maksimal 1600 cc Turbo dah......buat Daily drive.......kalo dah cc cc gede sih udah gak efisien lagi

EP 16 CDT / CDM aja kalo di tuning larinya dah cukup gila

Ekoboost 1.0 ini menarik

GM di Eropa juga bikin 1400 cc Turbo, sayang gak masuk sinih

Nti Onda mau bikin 1.5 GDI Turbo.....mantap dah
waduh, balik ke "pendapat ane pribadi"... :e-doh:
kek waktu ngomong transmisi cvt gak bisa torsi besar... :e-doh:
Lah......pilihan mobil yg disukai kan emang pendapat pribadi aja om

Emangnya salah

Knp lagi dgn CVT ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

Nah daripada ributin soal mana yg lebih unggul antara Diesel vs Gasoline Turbo.......lebih baik kita analisa aja deh Gasoline Turbo modern ini yg canggih2

Setuju banget dgn tulisan om billy, Gasoline butuh blok yg kuat jika ingin pakai Forced Induction dgn boost gede

Nah kecurigaan ane selama ini, apakah mesin mesin Audi / VW - TSI / TFSI itu pakai blok yg sama atau konstruksi blok yg sama with their TDI counterparts ?

Juga konstruksi Cyl Head-nya

Soalnya Gasoline Turbo era 15 - 10 tahun yg lalu dibanding GDI Turbo masa kini, yg skg ini rata2 boostnya lebih besar, bahkan boost-nya nggak sedikit yg setinggi boostnya Turbo Diesel modern.

Udah itu kompresi ruang bakarnya juga tinggi2 lagi......

Buat produsen yg selama ini banyak bikin TurboDiesel high spec, spt nya mudah saja bagi mereka utk ngembangin mesin2 GDI Turbo High spec, krn sudah terbiasa bikin blok mesin yg massive, biarpun blok Aluminium tapi Linernya cast iron - Graphite misalnya.

Bagaimana menurut om billy dan rekan2 ?
:mky_01:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by mr-saga »

trit news tentang Skyactive D:
Mazda siap menurunkan Skyactive DIESEL utk pasar Amerika http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =5&t=17518
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
Turboman wrote:
maskopat wrote:mesin bensin dan diesel kalo dah sama2 turbo beda2 tipis lah torsinya... malah enakan bensin turbo dituning.... 4B11T aja tuning dikit 500Nm lebih torsinya... dijual production di UK..
Udah pernah lihat proses tuning Gasoline Turbo vs Diesel CRD di atas Dyno om ?

Hanya baca di review atau sering lihat lgs saat tuning di atas Dyno misal di REV / Lestari / Sigma / KSN ?

Kalau yg saya lihat tuning Diesel CRD utk naekkin Hp itu lebih simple, di installer2 Dastek standard pasang Dastek set komplit + tuning biasa 2 jam selesai dgn kenaikan Hp signifikan, utk mobil2 yg ada panduan wiring set dan MAP data tuningnya dah komplit serta mesinnya sehat.

Tuning Gasoline Turbo ada lebih banyak parameter yg mesti diperhatikan, terutama menyangkut AFR dan Timing pengapian, otherwise mesin knocking dan jebol

memang ada bbrp Piggyback Plug n Play utk Gasoline Turbo, utk 1.4 TSI / MB CGI, tapi kenaikannya gak banyak, mungkin spy gak berisiko thd mesin.

Kalau tuning Diesel di Dyno cukup pasang :
- Boost meter
- AFR meter / wideband lambda sensor / EGT sensor di ujung knalpot

Tuner lgs bisa kerja dgn Notbuk

Mesin Diesel bisa bekerja dgn rentang AFR yg luas, ini yg memudahkan saat tuning, paling utk bantuan safety kita hanya monitor EGT dan asap aja.
kita gak usah ngomong power deh. diesel pasti kalah dengan bensin. bicara torsi aja. diesel 2000cc berapa sih torsi max nya? dari yang standar pabrikan, "tuning" ringan, dan "tuning" berat versi jalan raya?
evo FQ400, amg a 45.. bisa torsi "standar" nya aja dah tinggi.

point ane, untuk tuning ginian, 2 m itu dah berani dijual ke umum dengan torsi sedemikian besar dengan garansi 3-5 tahun.
klw gw sih... klw memang mw performance pure g mikir duit, g mikir efisien, g mikir irit...
tetep bensin.... ngomong torsi putaran bawah bwat narik2 juga gasoline V8 n.a berani di adu.. apalagi d kasih turbo...

sensasi highrev juga g bohong lebih nikmat....

diesel juara d lemans juga kunci juaranya ya karna lebih efisien, orng lain berhenti refuel... dia masih bisa jalan berhenti lebih dikit........ jadi juara deh. performa memang uda g jauh juga bedanya.


nah klw kembali ke dunia nyata, maunya kan beli mbl relatif murah... irit tetep kenceng,durable, multifungsi one car for all.....

ya pilihanya diesel... innova d4d 200jtan... modalin 20-30jt dpt 300hp 700nm.................. irit pasti jauh lebih irit dri evo std dan pke biosolar juga g ngambek, puter piggynya ke eco/pff bisa irit bngt kembali ke innova std... accelerasi.... imho mungkin masih kalah dgn evo yg uda d tune lagi,apalagi klw uda liat ratio gb, bobot dan Cd... tp cukup lah 0-100 7s an pke MPV....... topspeed ya pasti kalah rationya, dan bakal jadi death trap klw 200kph>..... multifungsi nganter2 bisa.. ngambring 8orng masuk, lagi bete gegeberan burn out juga bisa......

klw evoX uda 200jtan sih beda lagi wkwkwkw :D


gasoline uda lebih banyak yg ngembangin utk performa... factory tuned uda banyak..

diesel jarang, d eropa sekalipun orang beli diesel karna alasan irit, bukan karna kenceng. jadi boro2 ngeluarin versi factory tuned, yang d produksi juga prioritas nya masih di irit dan emisi baru performa...

jadi pabrikan selalu ngeposisiin pilihan performa d gasoline, pilihan irit ddiesel. klw d urutin prioritas irit dan emisi, dgn performa terbalik. gasoline performa dulu, diesel irit/emisi dulu. sekalipun skrng trend nya bmw Mseries uda bikin diesel juga. sepertinya saat ini dgn performa berimbang lagi di *wait n see* buyernya bakal bnyk pilih mana. klw diesel marketnya naik terus y bukan g mungkin factory tuned diesel dgn prioritas performa muncul.

g heran dgn biaya tuning murah atw sebatas remap % kenaikan tenaga nya besar.

meski soal highrev masih jarang diesel yg bisa nyamain racing gasoline apalagi d F1 yg rev nya d10K ...

bgtu juga soal efisiensi dan jumlah komponen, rasanya gasoline blm bisa nyaingin diesel, kec GDCI itu hadir... komponen bisa dikit tampa pengapian.. dan ketemu deh diesel dan gasoline, meski baca2 highrev nya hilang juga.

oyah satu lagi.. Suara....... diesel khasnya hembusan turbonya cuiiitttttttt .. mesinnya sendiri.. ya gtu deh imho plain.. kec mitsu 4N11 first diesel with VVT/ Mivec kli yah atw toyota V8 1VD juga ada rumblingnya klw g salah dgr

klw gasoline turbo suara turbo tadi + suara desingan khas VVT, atau suara khas masing2 engine kya rumbling subaru boxer flat 4,longlongan boxer flat6 porsche , suara V12 lambo, lengkingan lexus LFA .....geraman bently bnyk deh masing2 nambah rasa khas sendiri.


oyah biaya 10-20jt evo X bisa naikin tenaga 150% engga? innova bisa 102hp jadi 250hp........ on MPV stock block n internal g buka mesin...

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Wed Dec 04, 2013 13:11, edited 4 times in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

mantap analisa om billy :frm_tumbright:

Kalo ane pribadi sih penasaran pengen test drive yg di bawah ini :
http://www.youtube.com/watch?v=sJAbrSWujv4

It's really really sleeper........apalagi mereknya.......tinggal badge 5.0 nya dicabutin aja semua........ekekekekekekekek
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:mantap analisa om billy :frm_tumbright:

Kalo ane pribadi sih penasaran pengen test drive yg di bawah ini :
http://www.youtube.com/watch?v=sJAbrSWujv4

It's really really sleeper........apalagi mereknya.......tinggal badge 5.0 nya dicabutin aja semua........ekekekekekekekek
wkwkw hyundai V8 :D :D mesin hyundai n kia yg gema banyak sharing dgn mitsubishi dan chrysler...

imho real sleeper tetep innovanya rev.................... asal ban blkngny g pke slick aja. hehe... apalagi jaman blm pada ngeh innova bisa dibikin monster...


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote: wkwkw hyundai V8 :D :D mesin hyundai n kia yg gema banyak sharing dgn mitsubishi dan chrysler...

imho real sleeper tetep innovanya rev.................... asal ban blkngny g pke slick aja. hehe... apalagi jaman blm pada ngeh innova bisa dibikin monster...

:beer:
Ipah Kraken dah pensiun.......skg Ipah 1KD ada....milik urang Bandung......pake pompa High Press 3 rotor + toothed belt.........terakhir ngeliat sih Power-nya 320 Hp krn Turbo cuman IHI RHF4 di set 2,1 Bar, tapi dari 2500 ke 4300 RPM nya bengis banget nariknya, di 2500 RPM udah masuk 280 Hp.......2500 ke 4000 dah hampir flat grafik Hp-nya

Btw mesin Hyundai seri Tau 5.0 ada bbrp parameter mirip Mitsu 8A8 - 4.5 V8 yah.........emang sih mesin 8A8 dulu itu kejrasama Mitsu - Hyunde.......jangan2 mesin V8 Hyunde turunan dari Mitsu V8 ini......ehhehehehhehe
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:Nah daripada ributin soal mana yg lebih unggul antara Diesel vs Gasoline Turbo.......lebih baik kita analisa aja deh Gasoline Turbo modern ini yg canggih2

Setuju banget dgn tulisan om billy, Gasoline butuh blok yg kuat jika ingin pakai Forced Induction dgn boost gede

Nah kecurigaan ane selama ini, apakah mesin mesin Audi / VW - TSI / TFSI itu pakai blok yg sama atau konstruksi blok yg sama with their TDI counterparts ?

Juga konstruksi Cyl Head-nya

Soalnya Gasoline Turbo era 15 - 10 tahun yg lalu dibanding GDI Turbo masa kini, yg skg ini rata2 boostnya lebih besar, bahkan boost-nya nggak sedikit yg setinggi boostnya Turbo Diesel modern.

Udah itu kompresi ruang bakarnya juga tinggi2 lagi......

Buat produsen yg selama ini banyak bikin TurboDiesel high spec, spt nya mudah saja bagi mereka utk ngembangin mesin2 GDI Turbo High spec, krn sudah terbiasa bikin blok mesin yg massive, biarpun blok Aluminium tapi Linernya cast iron - Graphite misalnya.

Bagaimana menurut om billy dan rekan2 ?
:mky_01:
kurang ngerti ane om... hehehe :D

mungkin y, ongkos produksi uda lebih murah, jadi uda bisa neken harga jual dan masuk mass product....
didukung proses produksi modern lebih efisien, dan penggunaan material lebih canggih...

ummmm kya timing chain dulu sempet digantiin belt semua karna berisik mahal n berat... skrng balik ke chain lagi tp g berisik tu...bukan karna peredam ruang mesin lebih baik.. imho karna ada material chain baru yg g berisik... ringan dan murah juga karna bisa di pasang d mobil entry level kapasitas kecil.


jaman dulu juga uda banyak gasoline turbo sih..... cuma y g masuk sini... diesel turbo aja g pada masuk.......
selain itu d jaman itu dri pada nambah turbo mending naikin kapasitas dan nambah cyld... g perlu nambah part lebih banyak, reinfoced blok dll juga RnD lg.. untuk mensupport pemasangan turbo.
juga jaman dulu fuel masih murah. g ada tuntutan emisi juga.

jaman skrng regulasi juga mendukung penggunaan turbo lebih luas..



wkwkw iya d taft gw 1.2bar asa uda gede....... d mbl modern 2bar lebih std itu teh...... :mky_01: gtw klw d taft gw ganti turbo kasih 2bar tahan ga.... dan injectornya naikin fuelsuplainya gmn bwat ngimbangin afr nya..

cmiiw :D :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by ak4ng »

kalo buat performa tanpa memperhatikan faktor lainnya, ane lebi milih pake mesin 2 tak, kompresi rendah cuma 5-7an doang jelas ga bakalan rewel sama premium, liat aja contoh mesin 2tak yg masi di jual saat ini, ninin 150cc doang bisa dapet 33hp padahal uda di reduksi performa nya, hmm...... cmiiw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by ola_comoesta »

Hehehhe inilah bagusnya SM menurut ane, every opinion is new information, adding up knowledge, meskipun oot, hahahahh..terima kasih om turbo, om billy dan maskopat atas infonya yg super komplit. Ini 10 informasi baru bagi ane heheh. Ane sampe baca 3x hehe

So far, ane cuman mengikuti berita aja dan dimana kurang lebih kenapa lately diesel berkembang banget..potensinya bagus, dan akhirnya kenapa bensin turbo koq jarang diliat sebagai mobil terjangkau, dan ternyata seperti info diatas cukup kompleks ya untuk bensin turbo. Tpi di sisi lain updgrade untuk performa skrg emang bisa dicapai tanpa biaya yg super2 besar, seperti piggyback hehehe. Ane sendiri juga dastek user koq heheheh, pengen oneday punya turbocharged gasoline juga. (Racun habis TD turbo gasoline) huakkakakak
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by ola_comoesta »

Iya omong2 mitaubishi itu gimana ya kabarnya?..dlu setau ane , emang hyundai ada kerjasama ama mitsu..dia kena krisis ato apa ya?

Paling sakit ati ketika mitsu lancer pake emblem proton
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote: wkwkw hyundai V8 :D :D mesin hyundai n kia yg gema banyak sharing dgn mitsubishi dan chrysler...

imho real sleeper tetep innovanya rev.................... asal ban blkngny g pke slick aja. hehe... apalagi jaman blm pada ngeh innova bisa dibikin monster...

:beer:
Ipah Kraken dah pensiun.......skg Ipah 1KD ada....milik urang Bandung......pake pompa High Press 3 rotor + toothed belt.........terakhir ngeliat sih Power-nya 320 Hp krn Turbo cuman IHI RHF4 di set 2,1 Bar, tapi dari 2500 ke 4300 RPM nya bengis banget nariknya, di 2500 RPM udah masuk 280 Hp.......2500 ke 4000 dah hampir flat grafik Hp-nya

Btw mesin Hyundai seri Tau 5.0 ada bbrp parameter mirip Mitsu 8A8 - 4.5 V8 yah.........emang sih mesin 8A8 dulu itu kejrasama Mitsu - Hyunde.......jangan2 mesin V8 Hyunde turunan dari Mitsu V8 ini......ehhehehehhehe
mesin 1KD brp duit sih harganya........... wkwkwkw :D pengen nemplokin d XJ.....

klw iya bwat suv pingin pke VNT aja, ngejar low rev juga, bwat oprut hehe :D kemarin bisa di custom ya VNT nya toyota biar bisa handle boost lebih gede?



klw g salah Hyundai *dan kia* mitsu dan chrysler sering berbagi platform... kya GEMA platform mesin mitsu 4B12 2.4 ltr itu kembaran dgn theta hyundaisanta fe/kia sorento dan jeep patriot/compass.....

malah Patriot/Compass dbangun dari GEMA Platform... which is termasuk Evo X didalam nya.

Hyundai santafe sport GT n genesis juga ada 2.000cc Turbo gasoline.. tebak basisnya mesin mitsu apa...........

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Wed Dec 04, 2013 14:05, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote:
Hyundai santafe sport GT n genesis juga ada 2.000cc Turbo gasoline.. tebak basisnya mesin mitsu apa...........

:beer:
Turunan dr 4G63
:mky_01:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote:
Hyundai santafe sport GT n genesis juga ada 2.000cc Turbo gasoline.. tebak basisnya mesin mitsu apa...........

:beer:
Turunan dr 4G63
:mky_01:
4B11T EVO X hehehehe :D

pastinya ga plek 100% sama yah......



:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

ola_comoesta wrote: pengen oneday punya turbocharged gasoline juga. (Racun habis TD turbo gasoline) huakkakakak
Test Drive Mini cooper um.........meracunidiri.com
:wkkk:

Tapi so far yg paling terjangkau di Indo sih Proton Suprima.........apalagi kalau Downpipe dan exhaust-nya diperbaiki.........

Tunggu aja 6 bulan lagi, jangan2 Suprima ntar diskon gede kayak Chevy......wkwkwkwkwkwkwkwkw
:mky_01:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by Turboman »

Nice ingpo um Billy :frm_tumbright:

Tapi dr segi kualitas Material sih kayaknya masih lebih robust mesin 4B11T yah drpd sodara Korea-nya

Btw mesin Proton 1.6 Turbo ini basisnya mesin apa yah sebetulnya ?

Apakah mesin Mitsu 1,6 juga yg disempurnakan ama Lotus ?
* Bukan ajakan Beli *
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by ola_comoesta »

Grandis juga 4G63 tpi sayang minus keong huakakakkaka
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: CX-5 Diesel versi Thai

Post by ola_comoesta »

Turboman wrote:
ola_comoesta wrote: pengen oneday punya turbocharged gasoline juga. (Racun habis TD turbo gasoline) huakkakakak
Test Drive Mini cooper um.........meracunidiri.com
:wkkk:

Tapi so far yg paling terjangkau di Indo sih Proton Suprima.........apalagi kalau Downpipe dan exhaust-nya diperbaiki.........

Tunggu aja 6 bulan lagi, jangan2 Suprima ntar diskon gede kayak Chevy......wkwkwkwkwkwkwkwkw
:mky_01:
Waduuhh klo mini cooper masih jauh dari jangkauan rasanya huakakakak..impian koq itu om wakakakkakaka kapanan yg turbocharged gasoline itu forester 2.0xt om..aduh amit2 rpm 5000++ shifting masih narik...mana mobilnya rendah lagi (compared pjs ane), pede dah

Duh, enak ya di jkt komunitasnya buanyak ahhahaha, surabaya masih malu