Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Resale Value wrote:vanz vanz, TSnya bicara Spin atau new GL, lo kemana mana ngomongnya avanza terus.
VanzMatic wrote:Lah? Apanja vvt-i aja sandaran baris kedua bisa direbahin dikit...
Nape? Masalah buat eloe? Trus gw musti bilang WOWW getoh kalo lhu udh poating disini?
iye lu....ini kan therad spin ma new gL napa ngomongin avanza/xenia...avx kan durabilitynya lebih bagus ketimbang spin/gl....buktinya masih laku kok sampe hari ini....gw aja beli tuh, r3 juga...spin ma GL ga beli...tanggung, mending beli freed aja
kalo untuk long term usage, GL tergolong oke ga sebenrnya? soalnya GL kyknya identik dengan mobil cukup rewel kalo uda taun ketiga, kalo emang rewel biasa nya rewelnya cukup mengeluarkan biaya yg gede ato biasa aja?
Ane pernah punya GL 2 tahun km terakhir sebelum dicerai 52 ribu km-an, All New Xenia juga ane punya sampe sekarang 20-rb-an km, ane juga saat ini pake Spin 1.2 LS [paling murah] dan dah ngabisin 20.000 km-an bersamanya...
ini hasil komparasi ane antara Xenia, GL dan SPIN
Eksterior :
- itu masalah selera aja. yaa... kayak kita ngelihat cewek, ada yang bilang cakep orang lain berpendapat bisa beda.
Interior :
- Jok spin dengan busa yang lebih "keras", tapi ternyata malah mampu menopang tubuh dengan baik. ane beberapa kali bolak-balik Jakarta - Surabaya nggak pegel or pantat panas. beda ama GL dulu, nyampe Jogja aja pantat dah tepossss.... buat Xenia jangan tanya deh.. ampyuuunnnnn....
- Waktu duduk di jok depan, seluruh paha ane tertopang tempat duduk sehingga nyaman. GL= paha ane ngangkat dan menggantung, pegel boo...., Xenia = gak mungkin nyaman.... [kalo ada yg bilang Xenia nyaman, ane gantung diri di monas dah...]
- Jok Tengah gak bisa maju mundur, tapi karena bahan joknya kualitas unggul buatan LEAR, posisi tegak-pun gak masalah. ane pernah nyobain dari jogja ke Malang, gak pegel juga, Pake GL = Sakit Pinggang, Xenia = Sakit Jiwa ane...
- Jok baris ketiga. ah itu mah di semua MPV juga cuman kepake pas maksi bareng temen kantor doang kok... [gak usah dipikirin]
- tempat botol akuwa juga banyak kayak xenia. GL? wooow dehigrasi gw naik jarak jauh, bingung mau naruh botol di menong...
- suspensi.
Bantingan SPIN lebih keras tapi empuk. ditekak-tekuk di jalur Bandung - Wangon. atau Wonogiri - Trenggalek, gak geser dari line-nya. kecepatan tinggi gak limbung
GL, empuk banget tapi begitu kena lubang , shock rebond abis alias mentok, trus 1 th doang ke-4 shock Showa-nya pada bocor semua.. di jalan lurus juga limbung.
Xenia. kayak naik gerobak sampah.
- Mesin.
tenaga spin agak lemot dan lebih boros dibanding GL. gak masalah buat ane, emang bisa ngebut sekarang di pulau jawa. jalan sempit motor selalu siaga 24 jam. kaga ada kesempatan lagi buat gas poll....
yang penting nyaman...
naek kereta Argo tentu lebih mahal dibanding kereta Fajar Utama. so kenyamanan memang kita perlu bayar lebih [boros] di bengsinnya..
- AC
dengan tipe LS yang paling mur-mer pun, AC dah ada di 3 baris joknya, so pada menggigil kedinginan.
GL = sepoi-sepoi doang
Xenia = nyetir sendiri aja kalo siang bolong fan AC-nya harus di angka 3....
MASALAH ;
di GL masalah yang ane alami dulu :
- indikator bensin ngaco, ganti 2 kali
- Steer bunyi. ganti joint steer 2 kali
- Mesin ngelitik sepanjang masa. harus turun silinder head buat membersihkannya.
- Shock Breaker, 1 tahun bocor semua.
- Disk brake, 2 kali oleng, harus dibubut berkali-kali
- kampas rem depan kiri pasti lebih cepet abis..
- bun dunl*p nya kejeblos lubang dalem gampang sobek.
- transmisi manual [punya Renault, buatan Chile], bunyi-bunyi melulu.
ane pemake GL 2008 M/T sejauh ini aman2 aja, cuman shock itu emang masalah kalo di GL (bukan ANGL)
yg perlu diwaspadai di GL itu Host kopling, master kopling bawah setelah tahun ke 4 dan ke 5 (80-90k)
untuk perawatan sih gak masalah cukup ganti oli per 5000km (kalo di jadebotabek), 7000 (kalo make fastron di luar jadebotabek)
Fan belt per 20k (kalo ANGL sepertinya udah make besi) jadi gak usah diganti
Saringgan udara per 10k
ban kudu rajin rotasi aja
plus rajin isi air aki , spya awet selama 2 thn)
oli gardan depan perm 120k
untuk busi ama air radiator itu gak masalah jkrn busi kudu per 3 tahun /100.k sedang air radiator setelah 5 tahun
itu pengalaman saya kalo Spin bagusnya ya yg LTZ cuman After salesnya untuk sparesnya ane kurang tau tapi sehrsnya banyak krn thun ini aja udah 1.800 unit terjual, cuman ada beberapa yg komplain mengenai stnk aja
saran ane agan tes drive dulu kedua mobil ini bawa keluarga jadi bisa kerasa , krn kita disini cuman bisa saranin aja, maklum duitnya besar gan ini 150-200 an juta
saran ane kalo mau fitur lebih ke mesin ya Spin krn skrng dikasih bonus rear cam ama touch screen, plus dia mpv yg make tiptronic di 1.5LTZ) tapi kalo untuk mau bawa family ya ANGL krn di belakang
ada DVD rooftop
tapi kalo mau bersabar menunggu tunggu spin facelift aja sapa tau nanti kursi 2nd row bisa maju mundur ama tangki bensin bisa dibuka dr dalam
VanzMatic wrote:Buset, ada yang ngatain mobil orang lain gerobak sampah...
Yaa..yaa.... nggapapa deh
mungkin khusus kondisi mobil dia in case emang seperti gerobak sampah, om
memang selayaknya tetap menghargai dalam review, seperti apapun objectnya. apalagi object yg dibilang gerobak sampah itu (apalagi kembarannya) ternyata lebih laku dari object2 lain yg dibandingkan
kalo xenia varian bawah terus terang aja bawanya memang gak nyaman sekali(peredamnya dikurangi ) beda ama avanza G , mkn yg e juga sama kali ya gubrak2 gitu alias peredamnya kurang. tapi ya kalo duit yg mau beli cuman segitu mau bilang apalagi terima aja toh xenia 1.000 ccc masih laris khan
VanzMatic wrote:Buset, ada yang ngatain mobil orang lain gerobak sampah...
Yaa..yaa.... nggapapa deh
mungkin khusus kondisi mobil dia in case emang seperti gerobak sampah, om
memang selayaknya tetap menghargai dalam review, seperti apapun objectnya. apalagi object yg dibilang gerobak sampah itu (apalagi kembarannya) ternyata lebih laku dari object2 lain yg dibandingkan
Udah keliatan lah dari cara postingannya.
Ngga penting penting amat.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
klo all new xenia bantingannya dibilang gerobak sampah, gimana bantingannya toyota hartop dan suzuki jimny (apalagi yg jimny gen1 alias jimny jangkrik) yak. Ane pernah jg punya pengalaman, nyetir hartop, abis itu nyetir kijang kapsul, langsung terasa nyaman bener nyetir kijang kapsulnya.
VanzMatic wrote:
Santei aja broo....mampunya juga hanya segitu kok ane.. hehehe...
Dia belum ngerasain nyetir macam Futura aja kok, biarin ajah..
Hahaha, pasti bersyukur dia punya xenia kalo nyetir macem futura/katana
Ane juga pernah gitu, sehabis nyetir katana, langsung bersyukur sama mobil yg ada di rumah...
tenang aje brow...avx enak kok... ...yg ga enak tuh mobilnya minjem, punya ortu... ......apalagi beli dr uang korup....ga enak banget....pasti dampaknya ada....digeret KPK...
yang enak tuh jalan jauh disupirin pake mobil apa aja...trus dikawal voorijder, dijamin dah enak, lancar....ga cape pula...mau makan tinggal ngomong....pir....minggir gw mau makan....mau enak lagi, ya pesawatlah
terlepas dr polemik mngenai gaya bahasanya... jd ingin jg baca pendapat2 lain yg lengkapnya at least segitu.
evihusband wrote:siapa bilang Spin kalah nyaman dari GL?
Ane pernah punya GL 2 tahun km terakhir sebelum dicerai 52 ribu km-an, All New Xenia juga ane punya sampe sekarang 20-rb-an km, ane juga saat ini pake Spin 1.2 LS [paling murah] dan dah ngabisin 20.000 km-an bersamanya...
ini hasil komparasi ane antara Xenia, GL dan SPIN
Eksterior :
- itu masalah selera aja. yaa... kayak kita ngelihat cewek, ada yang bilang cakep orang lain berpendapat bisa beda.
Interior :
- Jok spin dengan busa yang lebih "keras", tapi ternyata malah mampu menopang tubuh dengan baik. ane beberapa kali bolak-balik Jakarta - Surabaya nggak pegel or pantat panas. beda ama GL dulu, nyampe Jogja aja pantat dah tepossss.... buat Xenia jangan tanya deh.. ampyuuunnnnn....
- Waktu duduk di jok depan, seluruh paha ane tertopang tempat duduk sehingga nyaman. GL= paha ane ngangkat dan menggantung, pegel boo...., Xenia = gak mungkin nyaman.... [kalo ada yg bilang Xenia nyaman, ane gantung diri di monas dah...]
- Jok Tengah gak bisa maju mundur, tapi karena bahan joknya kualitas unggul buatan LEAR, posisi tegak-pun gak masalah. ane pernah nyobain dari jogja ke Malang, gak pegel juga, Pake GL = Sakit Pinggang, Xenia = Sakit Jiwa ane...
- Jok baris ketiga. ah itu mah di semua MPV juga cuman kepake pas maksi bareng temen kantor doang kok... [gak usah dipikirin]
- tempat botol akuwa juga banyak kayak xenia. GL? wooow dehigrasi gw naik jarak jauh, bingung mau naruh botol di menong...
- suspensi.
Bantingan SPIN lebih keras tapi empuk. ditekak-tekuk di jalur Bandung - Wangon. atau Wonogiri - Trenggalek, gak geser dari line-nya. kecepatan tinggi gak limbung
GL, empuk banget tapi begitu kena lubang , shock rebond abis alias mentok, trus 1 th doang ke-4 shock Showa-nya pada bocor semua.. di jalan lurus juga limbung.
Xenia. kayak naik gerobak sampah.
- Mesin.
tenaga spin agak lemot dan lebih boros dibanding GL. gak masalah buat ane, emang bisa ngebut sekarang di pulau jawa. jalan sempit motor selalu siaga 24 jam. kaga ada kesempatan lagi buat gas poll....
yang penting nyaman...
naek kereta Argo tentu lebih mahal dibanding kereta Fajar Utama. so kenyamanan memang kita perlu bayar lebih [boros] di bengsinnya..
- AC
dengan tipe LS yang paling mur-mer pun, AC dah ada di 3 baris joknya, so pada menggigil kedinginan.
GL = sepoi-sepoi doang
Xenia = nyetir sendiri aja kalo siang bolong fan AC-nya harus di angka 3....
MASALAH ;
di GL masalah yang ane alami dulu :
- indikator bensin ngaco, ganti 2 kali
- Steer bunyi. ganti joint steer 2 kali
- Mesin ngelitik sepanjang masa. harus turun silinder head buat membersihkannya.
- Shock Breaker, 1 tahun bocor semua.
- Disk brake, 2 kali oleng, harus dibubut berkali-kali
- kampas rem depan kiri pasti lebih cepet abis..
- bun dunl*p nya kejeblos lubang dalem gampang sobek.
- transmisi manual [punya Renault, buatan Chile], bunyi-bunyi melulu.
Kaleng wrote:abis nyetir carry pick up pindah ke jazz model lama juga buat jazz rasanya super nyaman LOL
pengalaman pribadi
Kalo abis nyetir mobil ane, terus nyetir carry pu, rasanya jadi bersyukur banget punya mobil mpv. Waktu make pickup hujan, pulak. Kaca ditutup bikin pengap (gak ada acnya). Kaca dibuka yg di dalem basah kuyup. Mana mbuka tutup kaca musti ngengkol, beda ama mpv yg tinggal colek/pencet tombol. Pokoknya dah ngerasain penderitaan supir pickup, lah.
Kaleng wrote:abis nyetir carry pick up pindah ke jazz model lama juga buat jazz rasanya super nyaman LOL
pengalaman pribadi
Kalo abis nyetir mobil ane, terus nyetir carry pu, rasanya jadi bersyukur banget punya mobil mpv. Waktu make pickup hujan, pulak. Kaca ditutup bikin pengap (gak ada acnya). Kaca dibuka yg di dalem basah kuyup. Mana mbuka tutup kaca musti ngengkol, beda ama mpv yg tinggal colek/pencet tombol. Pokoknya dah ngerasain penderitaan supir pickup, lah.
Jadi ingat waktu nguli 7 taon lalu.
Bawa panther pick up, angkut semen 20zak, tutup terpal, keujanan... setir ringan bener gegara beban di bak, ga ada AC, jendela power hand, dan ane ngos2an baru angkat itu semen.
Abis itu nurunin semen, setir jadi berat lagi, plus tangan pegel... dan masih ujan...
Beuhhh...
Pengalaman berharga banget bagi ane. nyari duit itu sebuah perjuangan...