Tarikan Berat dan Enteng

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by fastering »

hputama07 wrote:Maap nubie mau ikutan komen
Ane pake FD1 biasa ngisi shell super
Waktu itu pernah mobil ane dipake nyokap dan diisi bensinnya
berasa bener beratnya, trus ane tanya lah diisi apa ni mobil, ternyata diisi pertamax sama nyokap
Jd dalam keadaan objektif bgt itu ane karna ga tau mobilnya diisi apa dan emang bener pertamax lebih kerasa berat tarikannua drpd super di fd ane
Iya om, mobil saya pas pakai pertamax itu berasa berat bgt tarikannya.. Suara mesin meraung tapi lari nya gak ada
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by fastering »

VanzMatic wrote:Mungkin ini penyebabnya om...

Image

Itu pertamax semua. Tapi mutu beda semua.

Yang paling terang adalah yang paling bagus... Yang paling gelap, yang paling buruk.

mungkin om TS dapet yang agak item... CMIIW...
:big_peace:
Bisa jadi saya dapet yg busuknya om :big_biglaugh:
Tapi kok bisa beda2 begitu ya om??? serius, baru tau saya om :e-think:
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by fastering »

ilhami wrote:jadi kesimpulannya...
kalau pertamina belilah di SPBU yang terpercaya / ramai.
kalau shell rasanya standarnya bagus semua.
siaaap om..
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by fastering »

VanzMatic wrote:
ilhami wrote:jadi kesimpulannya...
kalau pertamina belilah di SPBU yang terpercaya / ramai.
kalau shell rasanya standarnya bagus semua.
Betul om...

Ane aja yang udah pake aditif bbm, pernah isi motor di pom yang rada sepi karena lagi agak buru buru.,...
Ealaa...power rada mlorot.. Biasanya 90kpj gampang, ni kok ke 80 rada berat...? Wah nda beres nih bensinnya
:big_chicken:

Buka jok, coba tambah aditifnya 1 tetes, lumayan menolong dikit. :mky_08:

Beli bensinya di tempat yang ramai aja om. Ngantri nggapapa, tapi perputarannya kenceng, so insya Allah bensinnya juga masih bagus.

IMHO, CMIIW ya..
:big_peace:
hmmm iya om.. saya waktu itu bbrp kali isi bbm nya di spbu yang agak sepi.. maklum om, namanya juga org indo, gak mau antri lama2 :big_peace:
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by fastering »

forumiklanbola wrote:waduh ane cuma bawa motor gan wkwkwkwkw :big_peace:
Motor kan beli nya juga pakai uang om. hehehehehe
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by fastering »

Jambangan wrote:Ane jg ngerasa gitu kalo pake pertamax tarikan jadi berat & ngelitik
Kalo pake total 92 ngelitiknya berkurang jauh & bertenaga. Kalo pake shell v-power 95 tarikan enak bgt & ga ada ngelitik
Kirain cuma perasaan ane doang. Tapi ane coba pertamax di 2 mobil berbeda pasti tarikan jadi berat & ngelitik. Udh beberapa kali ane coba emang pertamax yg bikin tarikan berat & ngelitik
Tarikan berat terutama dari kecepatan 80 kpj ke 100 kpj. Gas harus dibejek dalam2. Kalo pake v-power enteng bgt dari 80 kpj ke 100 kpj
Kalo dulu di mobil lama ane yg ngelitik parah cocoknya pake petronas primax 92. Ngelitiknya hilang pake BBM itu. Sayangnya petronas udh angkat kaki dari sini sih :shrug:
Di mobil ane sekarang pake shell v-power terus :D
Bukannya ga cinta produk dalam negeri tapi ada yg lebih baik ya ane pilih yg lain :mky_01:
Kalo saya ngerasa banget tarikannya berat pas lagi macet om. Mobil saya manual pula, takut berimbas ke komponen kopling mobil kalo tarikan berat gitu.
Pas digeber dijalan kosong, suaranya aja yg gede om tapi tarikannya gak ada(Mungkin suara mobil saya udah duluan didepan, sedangkan mobil saya masih dibelakang ketinggalan :big_biglaugh: )
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by fastering »

JESKONENG wrote:
fastering wrote:Maaf om jes, saya tidak paham ttg rasio :big_peace:
Saya awam ttg mesin om.
Mobil saya ANJ om jes..
All New Jazz kompresinya 10.5 : 1 dan utk performa maksimal musti pake bbm oktan 95 (PertamaxPlus atau Shell VPower). Kalok Pertamax atau Shell Super (bbm oktan 92) itu cocoknya utk mesin dng kompresi sekitar 9 koma sekian : 1
oke om jes, terima kasih masukannya om :D :D
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by fastering »

kompresorz wrote:mnrt saya antara shel n pertamina sama aja..barang jg dr pertamina kan(cmiiw)..saya isi di spbu 31..

saya tes hampir tiap hari isi kmaren lebaran kmaren..terkadang pake shel berasa enteng besok berat begitu sebaliknya pake pertamina...

ya tp sugesti orang beda2..
Dari awal mobil saya selalu pakai sh*ll super om, baru pas liburan kmrn pakai pertamax, berasa bgt tarikannya beda om. Apalagi saya bbrp kali gonta ganti antara sh*ll super dan pertamax utk membandingkan krn tidak yakin. Dan kesimpulannya memang pertamax yg bikin tarikan nya jadi berat om :big_peace:
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by fastering »

ibar78 wrote:itu terjadi di scoopy ane juga...berat bo kalo abis isi shell trus diiisi pertamaks....kalo diiisi shell lagi ngejos.... :mky_03:
hehehehe mio butut saya juga merasakan hal yg sama dgn scoopy nya si om
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by andy1800 »

fastering wrote:
VanzMatic wrote:Mungkin ini penyebabnya om...

Image

Itu pertamax semua. Tapi mutu beda semua.

Yang paling terang adalah yang paling bagus... Yang paling gelap, yang paling buruk.

mungkin om TS dapet yang agak item... CMIIW...
:big_peace:
Bisa jadi saya dapet yg busuknya om :big_biglaugh:
Tapi kok bisa beda2 begitu ya om??? serius, baru tau saya om :e-think:

loh iya nih
gimana ceritanya sih?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by JESKONENG »

andy1800 wrote:
JESKONENG wrote:mobilnya apa ya, berapa angka rasio kompresinya ?
dlm hal ini, hubungan/relevansi nya dg rasio kompresi nya gimana om?
bukannya dlm hal ini yg diperbandingakan adlh sama2 bensin RON92 ?
atau memang ada perbedaan RON yg signifikan antara Pertamax 92 dg Shell Super 92 ? ....atau ada perbedaan nol koma, dan perbedaan no koma tsb secara efeknya mnjdi sangat signifikan?
amat sangat berhubungan, om ....

Image

atau ada juga di link ini :

http://www.google.com/imgres?sa=X&rlz=1 ... =108&ty=65

chart/tabel-nya ini :

Image

Honda Jazz / Freed / City basis mesinnya sama, dng rasio kompresi 10.5 : 1

Jazz pake bbm oktan 92 oke aja, cuma performa (akselerasi) enggak maksimal. Jika mau performa maksimal, ya pake bbm oktan 95 (itu oktan maksimal yg tersedia di spbu)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Tarikan Berat dan Enteng

Post by JESKONENG »

jadi sebaiknya setiap pengguna kendaraan bermotor meliat buku panduan pemilik kendaraan (owner's manual), di bagian technical specs ada "compression ratio" ..... karna masing2 mesin bisa berbeda angka rasio kompresinya satu sama laen...

Dialog di beberapa group fb :
T : Apakah pake Pertamax atau Pertaplus pasti bagus utk mesin kendaraan kita ?
J : Tidak selalu. Jika rasio kompresi mesin kita di bawah 9 : 1 cukup pake Premium. Jika pake Pertamax atau Pertaplus, memang mesin enggak akan rusak, cuma performa (akselerasi) jadi lemot, dan pembakaran kurang sempurna karna ada bbm yg tidak terbakar, rawan kerak, dan berat di kantong.
T : Jika rasio kompresi mesin misalnya di atas 10 : 1 lalu dikasih Premium, apa akibatnya ?
J : Nah, itu yg bahaya bagi mesin. Performa menjadi lemot, terjadi gejala mesin ngelitik (knocking) akibat pembakaran yg terjadi sebelum waktunya, dan merugikan dayatahan komponen internal mesin dalam jangka panjang. Memang faktanya sangat banyak pengguna kendaraan dng kompresi di atas 10 : 1 (Jazz, Yaris, BMW 323i, March, Serena, Avanza/Xenia, dll) tapi mengisi tanki-nya dengan Premium. Mungkin mereka tidak menyadari akibatnya, atau sudah tau tapi berprinsip "yg penting mobil enggak mogok karena kehabisan bensin"
T : gimana patokan pemilihan oktan bensin yg benar ?
J : ini patokannya (berlaku internasional) :
- utk kompresi 8 s/d 8.8 : 1 = pake Premium 88
- utk kompresi 9 s/d 9.8 : 1 = pake Pertamax 92 (atau Premium + Norival Gold)
- utk kompresi 10 s/d 10.8 : 1 = pake Pertaplus 95 (atau Premiium + Norival Platinum)
- utk kompresi di atas 11 : 1 = pake bbm oktan 97 (atau Premium + Norival Titanium)
T : Bagaimana caranya kita mengetaui angka kompresi mesin kendaraan kita ?
J : Ada di buku panduan pemilik kendaraan (owner's manual), dan jika buku itu sudah hilang, sebutkan saja merk/type dan taun keluaran kendaraannya di sini, nanti saya akan carikan datanya ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999