baruhut wrote:SMers,
Saya minta ijin numpahin uneg2 yg lagi bingung pilih avanza veloz baru ato innova 2.5 V matik (2010) second ex bos.
Kondisi ipah sbb :
- KM 60ribuan,
- servis rutin astrido (uda cek buku servis).
- oli transmisi belum pernah diganti apalagi di flush Cuma diperiksa aja sesuai buku servis.
- hasil interview 2 driver yg rutin bawa, mesin ga ada keluhan semua fungsi panel & kaki kaki normal, kembang ban msh bagus. FC dalkot 1 : 9 lukot gak tau
- minuman bio solar gak pernah kenal yg lain ato ditambah yg macem2.
- interior & exterior mint condition
- blm pernah test drive jarak jauh. Cuma muter di pom bensin doang.
- Waktu pindah dari P ke N ke D hentakan ga ada keluhan. Dari N ke R hentakannya bikin kaget. Dibandingin samaGL 2010 matik yg pernah saya bawa, GL hentakannya minim banget malah hampir gak terasa. Apa krn beda teknologi ?
Profil pemakaian saya, paling mobil dipakai buat pergi klo weekend bareng keluarga. Jadi nanti jam terbangnya mungkin ga banyak sehingga pertimbangan FC gak terlalu dominan krn dipakenya jarang. Lebih pilih safety & kenyamanan berkendara.
Prefer mobil matik supaya istri bisa pakai dgn nyaman, 7 seater, durability tinggi, dan trauma dgn merawat mobil bekas krn lebih sering ke bangkel drpada dipakai pergi (yg ini emang saya salah pilih mobil second dgn kondisi yg ala kadarnya dan tahunnya ketuaan).
alesan ragu2 ambil ipah 2nd:
- Umurnya yg uda mau 5 tahun. Takutnya baru pake 2 tahun muncul penyakit2nya. Tapi niat saya selama pake akan saya lanjutin servis rutinnya.
- Kondisi ATF yang blm pernah dikuras dan hentakan waktu ke R. Flush ATF akan jd prioritas klo jdnya ambil ipah. Selain utk perawatan apakah penggantian ATF ini akan mengurangi hentakan dari N ke R ?
- Riwayat pakai bio solar dan dari buku servis gak ada riwayat pernah dipurging.
Saya minta saran dari SMers utk uneg2 saya ini. Lebih baik saya beli avanza ato innova second. Klo ipah dgn kondisi diatas, kira2 apa yang perlu saya rekondisi atau healthcheck ke beres.
Thanks.
kebetulan ane user ipah D4D V A/T 2004
60rb km sangat perlu untuk flush ATF..cuman gak tau, ntar habis brp liter..FYI, matic ipah ini sangat badak, ane jamin habis di flush tuh transmisi masih sehat..soalnya ane pernah mengalami, habis 21 botol (21liter), dan sampe skrg maticnya sehat wal afiat
ini penampakan ATF ipah ane waktu flushing (kiri : ATF lama, kanan: ATF baru)
soal hentakan, kalo belum yakin ya coba aja coba unit ipah matic yg lain, ada hentakannya gak, atau seberapa keras hentakannya..kalo di ipah ane, hentakan dari N ke D lebih keras dari N ke R..setau ane ini normal..
kalo masalah solar, biar aman kuras tangki sekalian ganti filter solar sekalian purging aja..jadi betul2 bersih..
oiya, kalo boleh tau itu unit 2010 bulan apa?? kalo gak salah unit 2010 akhir itu udah EDU 3 soket..kalo 2010 awal masih 2 soket..CMIIW
jangan ragu untuk pilih ipah type V D4D A/T, selama mesin masih sehat, kita tau riwayatnya dari baru, ya hajar aja..type V 2010 kalo gak salah udah ada audio steering control nya, sama airbag..kalo buat ane yg paling penting ada ABS nya..apalagi untuk ukuran innova, 5 tahun baru jalan 60rb km itu msh termasuk dikit, secara biasanya ipah dipake buat mobil perang
IMO..