
Ane ndak berani bilang review, ini benar2 cuma TD sebentar banget

Ceritanya siang-siang jam 11an, ane baru saja pulang dari fotokopi dan menyalakan komputer untuk baca2 SM eh, kerja ding


Lalu salah seorang di antaranya berkata: Pak R2D2 (maap, nama aseli saya samarkan

Ane termangu sesaat ....

OK, tancaaaaap.
Exterior
Unit TD yg ane pake warnanya silver. Cukup gagah. Mobil SUV memang keren kalo hitam atau silver menurut ane

Bannya berukuran 265/65/17, merk Bridgestone (ini yg selalu dilupakan metket

Wow, biasanya pake mobil mungil, apa bisa pake mobil segede ini?

Maaf ndak bisa cerita lebih detail, ane langsung gak sabar dan masuk ke dalam kabin


Interior
Ane gak sempat mencoba menyalakan mesin wong sudah dinyalakan. Ya udah, langsung naik saja, duduk di kursi pengemudi. Ternyata setelah duduk di dalam, sama sekali gak terasa kesan mobil besar. Posisi duduk tinggi sehingga pandangan ke depan terasa sangat luas. Jok juga terasa "penuh" memegang tubuh.
Peredaman cukup baik. Meski pake diesel, tak terdengar suara mesinnya, mirip iklan Panther jadul

Material interior bagus, jok kulit, dashboard plastik tapi kualitas bagus, dan ada motif kayu di beberapa tempat.
Sayang setirnya keras, sama kek Mirage ane, gak pake busa empuk.

Speedometer-nya sporty, sayang MID kurang jelas. Apa karena ane sudah kudu pake kacamata baca ya? *eh

Sayang tempat penyimpanan barang di konsol tengah kurang begitu memadai. Tempat botol di pintu ada.
Tombol power window diperlengkapi tombol untuk lock windows, sayang gak ada tombol central lock, persis Mirage ane. Padahal ane berharap lebih, mestinya mobil yg jauh lebih mahal ada dong.

Mohon maaf ane gak sempat mainan AC dan HUnya

Namun audionya relatif bagus di kuping ane. Sudah ada teeternya pula

Kontrol audio juga sudah ada di setir.

Pengalaman Mengemudi
Transmisi matic Pajero Sport Dakar ini menggunakan Tiptronik yg jelas sedikit beda sama CVT Mirage ane. Setelah tanya2 sedikit, langsung masukkan posisi ke D dan injak gas.
Wuih, torsinya mantafff.
Nah, pas belok untuk pertama kali .... wadudududu, setirnya beraaaaat kek gak pake Power Steering. Penyebabnya mungkin karena ban besar dan pake hidrolik, padahal ane sudah terbiasa dimanjakan EPS

Untuk kondisi lalin yg padat cukup nyaman. Cuma ane mesti membiasakan diri pake remnya karena seperti terasa nyelonong. Jadi benar ya, kalo ABS itu memang tidak sepakem rem non-ABS?
Ketika ada kesempatan untuk menaikkan kecepatan, kick down! Yak, responsif. Lebih responsif daripada Mirage ane

Mobil ini stabil banget dikendarai. Sayang ane gak bisa mengembangkan kecepatan tinggi, mentok di 80 km/jam. Tapi cukup untuk merasakan kestabilannya. Pas masuk jalan keriting juga relatif tak terasa. Suspensinya empuk. Pas menikung juga relatif stabil meski ane gak berani kenceng2 nikungnya, maklum bukan driver handal

Sempat mencoba semi manualnya pake tuas yang di setir. Wow, seperti main game saja


Kesimpulan
Agak sulit memberikan kesimpulan karena waktu TD yg relatif pendek. Namun ane pikir mobil ini pasti nyaman banget dipake keluar kota, asal gak banyak belokan saja, power steeringnya itu loh

Disclaimer
Cerita tentang pengalaman TD Pajero Sport Dakar ini tidak berarti menunjukkan bahwa ane adalah penboi Mitsubishi


