Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Salam teman2 semua, perkenankan ane cerita2 pengalaman TD Pajero Sport Dakar. Pokoknya ane nekat nulis karena cemburu sama metket, TD mulu
Ane ndak berani bilang review, ini benar2 cuma TD sebentar banget
Ceritanya siang-siang jam 11an, ane baru saja pulang dari fotokopi dan menyalakan komputer untuk baca2 SM eh, kerja ding tiba-tiba bel rumah berbunyi. Siapa nih, gak biasanya jam segini ada tamu. Ane bukakan pintu. Berdirilah 3 orang cowo kekar, ketiganya badannya lebih gede daripada ane .... duh mau ngapain nih ....
Lalu salah seorang di antaranya berkata: Pak R2D2 (maap, nama aseli saya samarkan ), monggo Pajero Sport Dakarnya sudah siap untuk di TD.
Ane termangu sesaat ....
OK, tancaaaaap.
Exterior
Unit TD yg ane pake warnanya silver. Cukup gagah. Mobil SUV memang keren kalo hitam atau silver menurut ane
Bannya berukuran 265/65/17, merk Bridgestone (ini yg selalu dilupakan metket )
Wow, biasanya pake mobil mungil, apa bisa pake mobil segede ini?
Maaf ndak bisa cerita lebih detail, ane langsung gak sabar dan masuk ke dalam kabin
Interior
Ane gak sempat mencoba menyalakan mesin wong sudah dinyalakan. Ya udah, langsung naik saja, duduk di kursi pengemudi. Ternyata setelah duduk di dalam, sama sekali gak terasa kesan mobil besar. Posisi duduk tinggi sehingga pandangan ke depan terasa sangat luas. Jok juga terasa "penuh" memegang tubuh.
Peredaman cukup baik. Meski pake diesel, tak terdengar suara mesinnya, mirip iklan Panther jadul
Material interior bagus, jok kulit, dashboard plastik tapi kualitas bagus, dan ada motif kayu di beberapa tempat.
Sayang setirnya keras, sama kek Mirage ane, gak pake busa empuk.
Speedometer-nya sporty, sayang MID kurang jelas. Apa karena ane sudah kudu pake kacamata baca ya? *eh
Sayang tempat penyimpanan barang di konsol tengah kurang begitu memadai. Tempat botol di pintu ada.
Tombol power window diperlengkapi tombol untuk lock windows, sayang gak ada tombol central lock, persis Mirage ane. Padahal ane berharap lebih, mestinya mobil yg jauh lebih mahal ada dong.
Mohon maaf ane gak sempat mainan AC dan HUnya
Namun audionya relatif bagus di kuping ane. Sudah ada teeternya pula Yg ngerusak adalah lagu2 yg diputar sama sekali bukan selera ane. Duh.
Kontrol audio juga sudah ada di setir.
Pengalaman Mengemudi
Transmisi matic Pajero Sport Dakar ini menggunakan Tiptronik yg jelas sedikit beda sama CVT Mirage ane. Setelah tanya2 sedikit, langsung masukkan posisi ke D dan injak gas.
Wuih, torsinya mantafff.
Nah, pas belok untuk pertama kali .... wadudududu, setirnya beraaaaat kek gak pake Power Steering. Penyebabnya mungkin karena ban besar dan pake hidrolik, padahal ane sudah terbiasa dimanjakan EPS
Untuk kondisi lalin yg padat cukup nyaman. Cuma ane mesti membiasakan diri pake remnya karena seperti terasa nyelonong. Jadi benar ya, kalo ABS itu memang tidak sepakem rem non-ABS?
Ketika ada kesempatan untuk menaikkan kecepatan, kick down! Yak, responsif. Lebih responsif daripada Mirage ane
Mobil ini stabil banget dikendarai. Sayang ane gak bisa mengembangkan kecepatan tinggi, mentok di 80 km/jam. Tapi cukup untuk merasakan kestabilannya. Pas masuk jalan keriting juga relatif tak terasa. Suspensinya empuk. Pas menikung juga relatif stabil meski ane gak berani kenceng2 nikungnya, maklum bukan driver handal
Sempat mencoba semi manualnya pake tuas yang di setir. Wow, seperti main game saja Kalo pindah gigi, terasa ada sedikit hentakan namun masih bisa ditoleransi. Cuma ane males lama2 pake semi manualnya, udah bisa dimanjakan pake full matik sih
Kesimpulan
Agak sulit memberikan kesimpulan karena waktu TD yg relatif pendek. Namun ane pikir mobil ini pasti nyaman banget dipake keluar kota, asal gak banyak belokan saja, power steeringnya itu loh
Disclaimer
Cerita tentang pengalaman TD Pajero Sport Dakar ini tidak berarti menunjukkan bahwa ane adalah penboi Mitsubishi
Ane ndak berani bilang review, ini benar2 cuma TD sebentar banget
Ceritanya siang-siang jam 11an, ane baru saja pulang dari fotokopi dan menyalakan komputer untuk baca2 SM eh, kerja ding tiba-tiba bel rumah berbunyi. Siapa nih, gak biasanya jam segini ada tamu. Ane bukakan pintu. Berdirilah 3 orang cowo kekar, ketiganya badannya lebih gede daripada ane .... duh mau ngapain nih ....
Lalu salah seorang di antaranya berkata: Pak R2D2 (maap, nama aseli saya samarkan ), monggo Pajero Sport Dakarnya sudah siap untuk di TD.
Ane termangu sesaat ....
OK, tancaaaaap.
Exterior
Unit TD yg ane pake warnanya silver. Cukup gagah. Mobil SUV memang keren kalo hitam atau silver menurut ane
Bannya berukuran 265/65/17, merk Bridgestone (ini yg selalu dilupakan metket )
Wow, biasanya pake mobil mungil, apa bisa pake mobil segede ini?
Maaf ndak bisa cerita lebih detail, ane langsung gak sabar dan masuk ke dalam kabin
Interior
Ane gak sempat mencoba menyalakan mesin wong sudah dinyalakan. Ya udah, langsung naik saja, duduk di kursi pengemudi. Ternyata setelah duduk di dalam, sama sekali gak terasa kesan mobil besar. Posisi duduk tinggi sehingga pandangan ke depan terasa sangat luas. Jok juga terasa "penuh" memegang tubuh.
Peredaman cukup baik. Meski pake diesel, tak terdengar suara mesinnya, mirip iklan Panther jadul
Material interior bagus, jok kulit, dashboard plastik tapi kualitas bagus, dan ada motif kayu di beberapa tempat.
Sayang setirnya keras, sama kek Mirage ane, gak pake busa empuk.
Speedometer-nya sporty, sayang MID kurang jelas. Apa karena ane sudah kudu pake kacamata baca ya? *eh
Sayang tempat penyimpanan barang di konsol tengah kurang begitu memadai. Tempat botol di pintu ada.
Tombol power window diperlengkapi tombol untuk lock windows, sayang gak ada tombol central lock, persis Mirage ane. Padahal ane berharap lebih, mestinya mobil yg jauh lebih mahal ada dong.
Mohon maaf ane gak sempat mainan AC dan HUnya
Namun audionya relatif bagus di kuping ane. Sudah ada teeternya pula Yg ngerusak adalah lagu2 yg diputar sama sekali bukan selera ane. Duh.
Kontrol audio juga sudah ada di setir.
Pengalaman Mengemudi
Transmisi matic Pajero Sport Dakar ini menggunakan Tiptronik yg jelas sedikit beda sama CVT Mirage ane. Setelah tanya2 sedikit, langsung masukkan posisi ke D dan injak gas.
Wuih, torsinya mantafff.
Nah, pas belok untuk pertama kali .... wadudududu, setirnya beraaaaat kek gak pake Power Steering. Penyebabnya mungkin karena ban besar dan pake hidrolik, padahal ane sudah terbiasa dimanjakan EPS
Untuk kondisi lalin yg padat cukup nyaman. Cuma ane mesti membiasakan diri pake remnya karena seperti terasa nyelonong. Jadi benar ya, kalo ABS itu memang tidak sepakem rem non-ABS?
Ketika ada kesempatan untuk menaikkan kecepatan, kick down! Yak, responsif. Lebih responsif daripada Mirage ane
Mobil ini stabil banget dikendarai. Sayang ane gak bisa mengembangkan kecepatan tinggi, mentok di 80 km/jam. Tapi cukup untuk merasakan kestabilannya. Pas masuk jalan keriting juga relatif tak terasa. Suspensinya empuk. Pas menikung juga relatif stabil meski ane gak berani kenceng2 nikungnya, maklum bukan driver handal
Sempat mencoba semi manualnya pake tuas yang di setir. Wow, seperti main game saja Kalo pindah gigi, terasa ada sedikit hentakan namun masih bisa ditoleransi. Cuma ane males lama2 pake semi manualnya, udah bisa dimanjakan pake full matik sih
Kesimpulan
Agak sulit memberikan kesimpulan karena waktu TD yg relatif pendek. Namun ane pikir mobil ini pasti nyaman banget dipake keluar kota, asal gak banyak belokan saja, power steeringnya itu loh
Disclaimer
Cerita tentang pengalaman TD Pajero Sport Dakar ini tidak berarti menunjukkan bahwa ane adalah penboi Mitsubishi
Last edited by artoodetoo on Mon Nov 18, 2013 5:54, edited 1 time in total.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Ninggalin jejak dulu, baca2 nya nanti dilanjut.
Pertamax ga yah?
Pertamax ga yah?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Wahhh mantap reviewnya...
Skrg baru baca...
Skrg baru baca...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
ketigaxxxxxxx
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Foto2nya dikit amat?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11071
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
btw, EPS memang jauh lebih ringan daripada P.S hidrolik.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Makasih om Silver, Om Yun, om Abioso , dan om Hansen
Maaf foto2 memang sedikit, ane ndak diberi kesempatan ambil foto banyak2
Habis gimana, body guardnya 3 orang, kekar semua, ane mengkeret ...
Maaf foto2 memang sedikit, ane ndak diberi kesempatan ambil foto banyak2
Habis gimana, body guardnya 3 orang, kekar semua, ane mengkeret ...
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Iya sih bro Marmut, tapi kalo ini mah kebangetan beratnya.marmut wrote:
btw, EPS memang jauh lebih ringan daripada P.S hidrolik.
Mobil ane dulu2 khan hidrolik semua tapi hampir seperti EPS Mirage ane
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Nice review om...
Stir PJS Dakar ini emang berat bener, Ranger 4WD aja ringan bener...
Stir PJS Dakar ini emang berat bener, Ranger 4WD aja ringan bener...
2021 Fortuner VRZ
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Ripiu yg tendensius...
Nama ane disebut2...
Memang Pajero Semprot Dokar ini driving position nya cukup aneh...
Tapi: powerrrrrr!
Nama ane disebut2...
Memang Pajero Semprot Dokar ini driving position nya cukup aneh...
Tapi: powerrrrrr!
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
pribadi karena ane juga punya PJS..ane lebih demen setir gni, dimana ada weightnya kesannya timbang EPS yang too damn light
nambahin aja :
pjs ada sunrrofnya g enak banget, kesan sempit compared to Exceed. Dan garis plafon turun sampai depan jidat penumpang second row
nice one bro
nambahin aja :
pjs ada sunrrofnya g enak banget, kesan sempit compared to Exceed. Dan garis plafon turun sampai depan jidat penumpang second row
nice one bro
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11071
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
pengaruh dari camber?artoodetoo wrote:Iya sih bro Marmut, tapi kalo ini mah kebangetan beratnya.
Mobil ane dulu2 khan hidrolik semua tapi hampir seperti EPS Mirage ane
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Nampaknya mirage ente bakal jadi DP pasport nih...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Booking Tempat dulu di Pejwan...
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Jangan2 pake EPS?ricz wrote:Nice review om...
Stir PJS Dakar ini emang berat bener, Ranger 4WD aja ringan bener...
madcat015 wrote:Ripiu yg tendensius...
Nama ane disebut2...
Memang Pajero Semprot Dokar ini driving position nya cukup aneh...
Tapi: powerrrrrr!
Hehe, habis ente TD gak bagi2 ke teman
Soal driving position, kok ane malah suka ya
Ah iyaaaa, ada sanrup nya, lupa ane bahasola_comoesta wrote:pribadi karena ane juga punya PJS..ane lebih demen setir gni, dimana ada weightnya kesannya timbang EPS yang too damn light
nambahin aja :
pjs ada sunrrofnya g enak banget, kesan sempit compared to Exceed. Dan garis plafon turun sampai depan jidat penumpang second row
nice one bro
amfibi wrote:Nampaknya mirage ente bakal jadi DP pasport nih...
Jiaaahhh, duite sopo
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
nice repiu om yahya.. err.. R2D2...
potonya banyakin dikit lah..
potonya banyakin dikit lah..
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- SM Specialist
- Posts: 15658
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
nice review oom...
PJS facelift ini tampangnya keker banget yah.... ganti grill mengubah segalanya
setir PJS emang berat tp masih lebih berat setirnya GV... ane abis nyetir PJS Dakar punya om ane pindah ke GV, rasanya GV lebih berat
PJS facelift ini tampangnya keker banget yah.... ganti grill mengubah segalanya
setir PJS emang berat tp masih lebih berat setirnya GV... ane abis nyetir PJS Dakar punya om ane pindah ke GV, rasanya GV lebih berat
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Mana komennyaBetty wrote:Booking Tempat dulu di Pejwan...
Jiaahhh, kelepasanFelixz_Yaris wrote:nice repiu om yahya.. err.. R2D2...
potonya banyakin dikit lah..
Fotonya cuma 2 itu, beneran ane gak sempat (dan tak diberi kesempatan ) ambil foto lagi.
Wah, ane belum pernah TD GV #ehChZ wrote:nice review oom...
PJS facelift ini tampangnya keker banget yah.... ganti grill mengubah segalanya
setir PJS emang berat tp masih lebih berat setirnya GV... ane abis nyetir PJS Dakar punya om ane pindah ke GV, rasanya GV lebih berat
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 335
- Joined: Sun Jun 30, 2013 7:00
- Location: Sin City
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
wah duta besar mitsubishi TD mobil mitsubishi, TD nya pun ampe dikawal 3 org badan gede, ngeri betul
nice repiew om btw
nice repiew om btw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2195
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
owh.....ok
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Mereka takut ane melarikan mobilnya kaliB808BY wrote:wah duta besar mitsubishi TD mobil mitsubishi, TD nya pun ampe dikawal 3 org badan gede, ngeri betul
nice repiew om btw
c_adhi_k wrote:owh.....ok
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
oalah skali tes lgsg dakar...keren
hayuk pak r2d2 jgn kalah review sama madcat..
hayuk pak r2d2 jgn kalah review sama madcat..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Makasih om Kompresorzkompresorz wrote:oalah skali tes lgsg dakar...keren
hayuk pak r2d2 jgn kalah review sama madcat..
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sat May 11, 2013 12:01
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
Saya merasa kalau rem pada PJS D lebih pakem dari pada yang di PJS.Pengaruh booster yang lebih gede atau karena tekanan turbo yang lebih tinggi yah?
-
- SM Specialist
- Posts: 15658
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pengalaman Test Drive Pajero Sport Dakar 4x2
karena disc brake nya 4 om.... exceed blakangnya tromolHouseOfDetailing wrote:Saya merasa kalau rem pada PJS D lebih pakem dari pada yang di PJS.Pengaruh booster yang lebih gede atau karena tekanan turbo yang lebih tinggi yah?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7