Review Honda Civic FD1 2007

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by ola_comoesta »

Oia satu lagi nih civic paling keren handbrakenya, yg skrg malah..:(
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by ChZ »

ola_comoesta wrote:Oia satu lagi nih civic paling keren handbrakenya, yg skrg malah..:(
yup, ane lupa 1 gimmick plg keren di FD : HANDBRAKE :mky_02:

keren banget bentuknya, posisinya juga enak di sebelah driver langsung, bs berlaga kayak pembalap beneran :big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by HouseOfDetailing »

Ama steering wheelnya juga,kecil lingkarnya.Apa lagi kalau ganti dengan carbon dari J's

Itu handbrake sayangnya udah di jiplak dan di sempurnakan Focus...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by ChZ »

HouseOfDetailing wrote:Ama steering wheelnya juga,kecil lingkarnya.Apa lagi kalau ganti dengan carbon dari J's

Itu handbrake sayangnya udah di jiplak dan di sempurnakan Focus...
steering FD ini dipake di beberapa lineup hando yg lain juga.... jazz, city, freed (bentuknya mirip2), stream RSZ juga pake...

enak sih, kecil gitu, siku tangan ga sering mentok :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by pilotgaruda »

@oom chz:
betul oom..kaya suami istri..suami kasih duid belanja..istri juga cepet responnya..jangan dikasih duid belanja banyak makannya tempe tahu doang..
*bukan curcol.. :mky_01:

metic honca dr gigi 1 ke 2 malah yg saya alamin suka ngehentak..dan respon kalo kita kickdown (tanpa paddleshift) kadang suka lemot. injek gas kudu setengah lebih baru ngerespon untuk downshift (ini jg saya rasain di crv 2013 pas testdrive..).

Pernah jalan di tol kecepatan 80an..saya injek gas aga dalem, sama sekali ga ada respon..torsi keluar tp kerasa banget ketahan...begitu injeknya dalem, baru dia pindah gear dan torsi keluar bebas..itupun mesin langsung ngeraung..sepertinya bener transmisi ngebaca bukaan throttle..

Tapi gejala itu semua keluar setelh 1 tahun pakai..waktu masih baru sih respon transmisi ga telat..sesuai injekan gas, dan torsi ngalir sesuai injekan gas..
apa mungkin yah, saya jarang kebut2an pake civic, jadi lama kelamaan ecu ngebaca karakter mengemudi saya yg kalem, makanya respon transmisinya juga jadi lemot?

Dan utk downshift pake paddleshift, kok ane ngerasa ngehentak yah? efek engine breaknya kasar..malah lebih lembut downshift pake avanza at saya (maaf norak, tp itu yg saya rasa).

Satu hal yang saya sesali ketika beli civic FD ini di 2009 lalu..kenapa saya ga ambil manual.. :frm_bang_head: . Karena pertimbangan daily car dll..malah sekarang kepikiran ambil yg second tapi manual..huhu..cm ngenes aja..ganti mobil yg sama, tp second..dan manual pula..huhu...

@Oom ola_comoesta: itulah perbedaan karakter honda & toyota oom..honde lebih rigid & kaku, toyota lebih empuk...disini masalah selera berbicara.. :mky_01: . Saya paham bener maksud oom ola "empuk" itu..saya setuju..
dan soal handbrake..emang pas sekali posisinya, jaraknya dan bentuknya. No offense, beda sama FB..bener kata oom chz, berasa seperti pembalap..

mobil Civic ini menurut saya punya posisi nyetir terbaik yg pernah saa rasakan. Even bukan setelan duduk saya (misal abis dipinjem kakak/oom), posisi duduknya masih bisa saya toleransi, alias adjust ke posisi duduk saya lagi ga sulit nyarinya...

@oom Houseofdetailing: setuju soal setirnya..diameter kecil, pas digenggam..ngga ngeganggu paha..dan yg jelas, feedbacknya muantab. cuma sayangnya dari setir FD ini cm, 1, kosong..alias ga ada tombol2nya.. :mky_01: , cuma tombol klakson doang..hehe...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by artoodetoo »

Kasih penampakan handbrakenya dong, biar ane bisa liat :mky_01:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by ola_comoesta »

Multiplexnya dan desain dashboard ane lebih seneng ini juga timbang penggantinya, yg baru lebih mengkotak..

Sayang banget ya, pdahal kern nih mobil. Coba klo ada tombol start stop, tombol di setir, perfect! Klo untuk mesib 2.0ama 1.8 kerasa bedanya ga ?
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by pilotgaruda »

ola_comoesta wrote:Multiplexnya dan desain dashboard ane lebih seneng ini juga timbang penggantinya, yg baru lebih mengkotak..

Sayang banget ya, pdahal kern nih mobil. Coba klo ada tombol start stop, tombol di setir, perfect! Klo untuk mesib 2.0ama 1.8 kerasa bedanya ga ?
kalo baca forum tetangga katanya sih kerasa banget oom..dohc K20 series vs sohc R20 series..
sayang..yg baru 2.0 nya pun sohc.. :e-wall:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by ChZ »

pilotgaruda wrote:@oom chz:
betul oom..kaya suami istri..suami kasih duid belanja..istri juga cepet responnya..jangan dikasih duid belanja banyak makannya tempe tahu doang..
*bukan curcol.. :mky_01:

metic honca dr gigi 1 ke 2 malah yg saya alamin suka ngehentak..dan respon kalo kita kickdown (tanpa paddleshift) kadang suka lemot. injek gas kudu setengah lebih baru ngerespon untuk downshift (ini jg saya rasain di crv 2013 pas testdrive..).

Pernah jalan di tol kecepatan 80an..saya injek gas aga dalem, sama sekali ga ada respon..torsi keluar tp kerasa banget ketahan...begitu injeknya dalem, baru dia pindah gear dan torsi keluar bebas..itupun mesin langsung ngeraung..sepertinya bener transmisi ngebaca bukaan throttle..

Tapi gejala itu semua keluar setelh 1 tahun pakai..waktu masih baru sih respon transmisi ga telat..sesuai injekan gas, dan torsi ngalir sesuai injekan gas..
apa mungkin yah, saya jarang kebut2an pake civic, jadi lama kelamaan ecu ngebaca karakter mengemudi saya yg kalem, makanya respon transmisinya juga jadi lemot?

Dan utk downshift pake paddleshift, kok ane ngerasa ngehentak yah? efek engine breaknya kasar..malah lebih lembut downshift pake avanza at saya (maaf norak, tp itu yg saya rasa).

Satu hal yang saya sesali ketika beli civic FD ini di 2009 lalu..kenapa saya ga ambil manual.. :frm_bang_head: . Karena pertimbangan daily car dll..malah sekarang kepikiran ambil yg second tapi manual..huhu..cm ngenes aja..ganti mobil yg sama, tp second..dan manual pula..huhu...
yup kalo injek gasnya lebih dari 1/2 dia baru respon untuk downshift... itupun lemot :frm_bang_head: ada delay beberapa detik dulu

soal ECU menyesuaikan sama style mengemudi kayanya ada benernya sih... :ungg: kayanya di SM ini ada yg pernah bilang... ada 1 modul lagi namanya TCU (Transmission control unit), yang sama-sama ngebaca cara mengemudi kita... lama-lama dia menyesuaikan sendiri :ungg: CMIIW

ane soalnya kemaren abis nyetir FD1 A/T 2009 temen.... yg biasa pake bininya sih...

entah respon throttle nya ga bisa seenak punya ane dulu.... punya ane yg dulu udah terbiasa baca karakter mengemudi ane yg agresif mungkin yah.... kalo ini yg bawa bini-bini jd mungkin bawanya alus :big_slap:

even CRV ane kasih velg 20" juga rasanya ga beda jauh ama std tarikannya.... padahal dulu rada takut pake velg 20" soalnya denger gosip kalo ntar nariknya berat.... udah terbiasa mgkn yah :ungg:

efek engine brake pake paddle emang kasar oom... :frm_bang_head: tp kalo A/T konvensional sih biasanya engine brake emang kasar... avanza AT setau ane kalo engine brake agak telat responnya.... :ungg: ane soalnya punya xenia AT di rumah juga...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by pilotgaruda »

@oom chz:
kalo civic ngehentaknya kaya ngagetin oom..ibarat kalo manual, kopling langsung dilepas gitu aja,..
kalo avanza, kaya koplingnya dilepas pelan2...

apa ada yg error yah sama civic saya waktu itu? :ungg:

tapi itulah civic..mungkin komputernya terlalu pinter milah2 mesin dan tenaga..hehehe..
kalo avanza masih aga2 polos milah2nya..
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by HouseOfDetailing »

Kaga om PilotGaruda,memang semua matic Honda seperti itu...dengan pengecualian Accord.CR-V 2.4 juga seperti tidak terlalu menghentak
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by ChZ »

HouseOfDetailing wrote:Kaga om PilotGaruda,memang semua matic Honda seperti itu...dengan pengecualian Accord.CR-V 2.4 juga seperti tidak terlalu menghentak
nyentaknya accord ama CR-V lebih alus sih... faktor gear ratio dan powerband mesin 2.4 yg lebih luas kali yah....

gear ratio panjang biasanya rawan nyentak emang... dan setau ane gear ratio civic cukup panjang untuk mesin 1.8L....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by pilotgaruda »

@oom house of deailing: iya bener..pernah bawa crv 2.4 temen yg lama..gearnya ga senyentak fd..
jazz ge8 kakak saya juga gitu, ga terlalu menyentak..malah paddleshiftnya terasa lebih sigap dan bertenaga daripada civic saya dulu...
mungkin yah karena torsi civic dan jazz kan gedean civic tuh, jadi transmisi lebih berhati2 dalam milah2 tenaga. Sedangkan pada jazz, transmisi lebih "santai" dalam menghadapi serangan torsi mesin...


@oom chz: "Honda, maybe its time for 6 speed auto..for shorter gear ratios" :e-pray:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by azu »

numpang nanya ya.. maaf kalau salah thread :mky_01:


bapak saya ada rencana utk nuker Civic ES 2001nya dengan FD tahun 2007-2008.. yang mau saya tanyain, mending FD1 atau FD2 ya? untuk tarikannya antara 1.8 dan 2.0 jauh ngga? kalau Civic ES dgn D17 setiap kickdown pasti kerasa tendangan jin VTEC, nah kalo FD ini gimana (baik yg 1.8 atau 2.0)? pengennya yg AT..


bapak sudah terlanjur senang dengan Honda, jadi ya gantinya pengen Honda lagi.. :mky_01:


:thanks:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by pilotgaruda »

azu wrote:numpang nanya ya.. maaf kalau salah thread :mky_01:


bapak saya ada rencana utk nuker Civic ES 2001nya dengan FD tahun 2007-2008.. yang mau saya tanyain, mending FD1 atau FD2 ya? untuk tarikannya antara 1.8 dan 2.0 jauh ngga? kalau Civic ES dgn D17 setiap kickdown pasti kerasa tendangan jin VTEC, nah kalo FD ini gimana (baik yg 1.8 atau 2.0)? pengennya yg AT..


bapak sudah terlanjur senang dengan Honda, jadi ya gantinya pengen Honda lagi.. :mky_01:


:thanks:
kalo nyari 'tendangan vtec' sih better FD2...(setelah baca2 forum antara FD1 & FD2)
FC juga ga beda jauh...tergantung kaki..

dan di FD2, dapet DOHC k20, eps, dan esp...fitur yg ga ada di FD1...
kalo FD1 mesin sohc R18..
kalo mau dengerin raungan vtec yg lebih nyaring, ya di dohc..walo ga sebaik tipe R maupun Si..tp stidaknya lebih nyanter dari sohc...

seperti dibahas diatas, FD1 a/t kurang nendang...kalo mau ambil yg manual..better..
cmiiw..kl saya sotoy..
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by madcat015 »

Setuju, VTEC + MT. Dah. Jangan pake AT, ntar jin nya pindah ke otak... jd esmosi gegara ga sabar sama respon nya... :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by HouseOfDetailing »

And much better kalau dapat 1 dari 5 unit FD2 M/T yang dulu "nyasar" oleh HPM itu
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by pilotgaruda »

HouseOfDetailing wrote:And much better kalau dapat 1 dari 5 unit FD2 M/T yang dulu "nyasar" oleh HPM itu
iya..bener..tp jadi rare item bgt pasti sekarang...emang cuma 5 ya?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by azu »

makasih untuk sarannya semua :thanks:

memang FD2 lebih menarik :e-pray: ya, harga beda tipis juga tapi populasinya sedikit banget..

kemaren nemu FD2 di toko online taun 2007, tapi katanya km cuma 20ribuan? menurut saya sih agak mencurigakan. kalau menurut teman2 mencurigakan ga? sayang belum sempet liat langsung :mky_01:

bapak pengennya yg AT karena kondisi Bandung sekarang udah parag macetnya.. kalo MT ga bakal mau nyetir sendiri.. maklum udah diatas 50 taun :mrgreen:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by ricz »

Baiknya cek kondisi kendaraan dl...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by g4ndalf »

azu wrote:makasih untuk sarannya semua :thanks:

memang FD2 lebih menarik :e-pray: ya, harga beda tipis juga tapi populasinya sedikit banget..

kemaren nemu FD2 di toko online taun 2007, tapi katanya km cuma 20ribuan? menurut saya sih agak mencurigakan. kalau menurut teman2 mencurigakan ga? sayang belum sempet liat langsung :mky_01:

bapak pengennya yg AT karena kondisi Bandung sekarang udah parag macetnya.. kalo MT ga bakal mau nyetir sendiri.. maklum udah diatas 50 taun :mrgreen:
Saran saya jangan terlalu ngeliat KM pemakaian, langsung cek kondisi kendaraan. Km itu nggak akurat, jalan 100kms kalo pas macet bisa 7-10 jam. Sebaliknya kalo lancar 2 jam nyampe. Juga kalo drivernya suka ngendon di dalem, ac diidupin di parkiran, biar km gak jalan, pasti ngefek ke mesin, jok, interior. Yg terakhir, kms bisa direwind - biasa sih ada pedagang suka nakal maen km, jadi musti cek servis history. Yg jelas kondisi fisik gak bisa nipu lah... mobil jelek mau direset kmnya tetep aja kondisi jelek.. hehehe
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by HouseOfDetailing »

pilotgaruda wrote:
HouseOfDetailing wrote:And much better kalau dapat 1 dari 5 unit FD2 M/T yang dulu "nyasar" oleh HPM itu
iya..bener..tp jadi rare item bgt pasti sekarang...emang cuma 5 ya?
Kalau tidak salah hanya 5 unit om,bahkan teman sempat pingin embat 1 unit warna bluish silver yang nongol di fjb forum sebelah.Sayang langsung sold dalam sehari...

@Azu
Kalau mobilnya belum pernah ganti magnet clutch dan stator AC,ada kemungkinan itu bom waktu yang siap menghembuskan udara panas di siang bolong wkwkwk.Yang ngga kalah major adalah steering rack,bisa kena 9jt an jadi pastikan ngga ada bunyi saat berbelok.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by ChZ »

azu wrote:makasih untuk sarannya semua :thanks:

memang FD2 lebih menarik :e-pray: ya, harga beda tipis juga tapi populasinya sedikit banget..

kemaren nemu FD2 di toko online taun 2007, tapi katanya km cuma 20ribuan? menurut saya sih agak mencurigakan. kalau menurut teman2 mencurigakan ga? sayang belum sempet liat langsung :mky_01:

bapak pengennya yg AT karena kondisi Bandung sekarang udah parag macetnya.. kalo MT ga bakal mau nyetir sendiri.. maklum udah diatas 50 taun :mrgreen:
kalo bisa sih dicek aja.... banyak yg bisa dilakukan buat ngecek... paling simpel liat kode produksi ban... soalnya mbl Km 20ribu belom waktunya ganti ban....

dan bisa dicek dari record servisnya.... :mky_01: kalo ada buku servis lebih bagus.... dicek di BeRes bisa kok... komputer BeRes bisa ngelacak langsung history servis lewat data2 di STNK :mky_01:

kalo punya kenalan orang BeRes lebih enak lagi.... temen ane ada yg punya kenalan orang BeRes, begitu dia mau beli mbl biasa manggil orang BeResnya diperiksa pake laptop.... :mky_03: tapi jgn lupa dibayar orangnya :big_weee: ... gpp lah bayar agak mahal tp hati ga was-was :mrgreen:

mnurut ane sih KM 20ribu wajar aja kalo mblnya jarang dipake.... FD1 2007 ane juga dulu ane jual taun 2011 dengan KM 12ribu....

jgn terlalu napsu carinya bro yg penting...

ngomong2 tendangan VTEC, kayanya tendangan VTEC civic ES masih lebih berasa dari FD1 1.8 :mky_01: kalo pengen yg mantep emang wajib beli civic FD2
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by azu »

makasih untuk sarannya semua :thanks:

rencana sih akhir minggu ini mau coba lihat mobilnya, pingin memastikan kondisinya gimana..

@HouseOfDetailing
selain itu ada lagi ngga yg harus diperhatiin dari FD? yg saya baca dari forum sebelah sih umumnya diskbrake yg bergelombang :mky_01:
terima kasih untuk advicenya :thanks: harus dicatet nih kalau liat2 nanti..

@ChZ
thanks for your advice :thanks:
nanti kalau udah liat barangnya ane lapor lagi disini :mrgreen: itu FD1 nya Km rendah bgt ya? pasti jarang bgt dipake atau jadi mobil kesayangan :mky_02:

tendangan VTEC itu cuma bonus aja :mrgreen: tapi kalau bisa dapet yg sama atau lebih nendang dari D17 ya lebih baik :mrgreen:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Civic FD1 2007

Post by HouseOfDetailing »

Disc brake sebenarnya gelombang karena di siram waktu cuci mobil ketika masih dalam keadaan panas.Bukan karena faktor masalah pada designnya.Namun yang tidak kalah penting juga adalah memeriksa karet piston kaliper rem.Rem saya pernah macet karena kerembes air di balik piston kalipernya akibat karetnya getas dan pecah...