
=======================
latar belakang beli mobil ini... simply buat gantiin GE8 ane sih... biarpun umurnya baru setaun


1. Exterior

No Doubt! Dari sisi manapun, FD1 ini keliatan proporsional, cakep, ganteng, dst dst.... ga malu kalo dijejerin ama sedan eropa sekelas 3-Series/C-Class sekalipun... kesan mewahnya dapet.

Dari belakang, 2 stoplamp bulet khas Civic ini bener-bener eye catchy... kalo dari jauh mirip GT-R


soal tampang, dibandingin pesaingnya, FD1 ini menurut ane paling proporsional, alesannya :
Altis : cenderung mobil babe-babe... Camry KW Super...
Lancer EX : jujur, EX ini terlalu cingkrang, grillnya aneh IMHO... kenapa ga digabungin kayak Evo aja biar keliatan sangar
Chevy Cruze : kanibalan Accord CP2 + Civic FD1....
2012 Subie Impreza : entah kenapa ga sreg sama model stoplampnya kotak kecil gitu
bahkan dibandingin penerusnya.... Civic FB : tampangnya depan sih sangar... pantatnya bikin ilpiil....
Exterior 10/10... perfect

2. Interior

Multiplex panel meter! Futuristik, keren, dan terkesan eksklusif... salah satu yg bikin ane suka FD1 ini....

steering wheel... mirip jazz, bahkan ada yg bilang setir jazz/civic ini mirip (maaf) bra cewek....


gear lever dan handbrake... jujur ini juga bagian yg menarik dari keseluruhan desain dalemannya... desain gear levernya bagus, keren, handbrake nya kalo narik serasa pembalap, deket banget sama tangan, gampang dijangkau lagi


seperti biasa... kualitas sound system standar nanggung abis...
kabin juga cukup lega... seperti biasa kelebihan dari interior honda.... lapang
sayangnya desain interior sebagus ini ga diimbangi penggunaan material yang bagus... still plasticky.... like other honda
Interior 8/10
3. Driving Impression
Nyetir civic FD1 ini bener-bener kaya sedan sport sejati.... posisi duduk rendah, cukup nyaman, visibilitas luas.
puter kunci dan.... greng!... suara mesinnya halus, startupnya kaya CRV.... cuma lebih halus...

FD1 ini dilengkapi mesin berkode R18A1 SOHC i-VTEC 140PS... dan torsi 174Nm
impresi dari engine ini, jujur aja mesin R honda emang diciptain buat efisiensi, beda sama mesin K yang diposisiin buat jadi penerusnya B series.... jadi soal tenaga ya biasa aja... ga lemot, ga berlebihan... tapi cukuplah buat dalem kota

setidaknya dengan adanya paddleshift cukup menolong ane mengeksplorasi seberapa gede kemampuan mesin R18A ini

yang bagus dari mobil ini, handlingnya!

soal bantingan, agak cenderung stiff, tapi masih lebih nyaman dibanding jazz dan CR-V

Driving Impression 9/10... terlepas dari mesinnya yang kurang greget.... mobil ini bener-bener fun to drive, sayang banget kalo beli FD1 cuma jadi penumpang....
4. Verdict
FD1 ini mobil yang almost perfect di sisi driving impression, buat yang sebodo amat ama fitur canggih yang penting mobilnya menyenangkan, dan saya tidak merekomendasi mobil ini untuk dibawain sopir, karena sangat sayang beli mobil se-fun ini buat dikasih sopir...

Harga seken.... mmm... cukup bertahan... kisaran 200juta untuk taun 2007... diatas itu selisih 20jutaan lah... berkat modelnya yg masih diminati dan juga civic FB yang emang kurang peminat




Pros :
- Superb handling, agile, stability

- High-tech interior
- Mesin biasa aja... cukup baik untuk dalem kota
- Body keren, model timeless, desain luar-dalem mantap
- Roomy interior
Cons :
- GC pendek, rawan mentok apalagi udah ganti velg gede, mentok terus

- "VTEC feel" kurang berasa
- Plastic interior
- Sound system bawaan
- Fitur sedikit, ga ada MID lagi untuk model 2007

=====
Sekian ripiuw nubie
