imsus2c wrote:
Hmm... mirip nih
Odyssey tuwir, gearbox-nya nyerah di km130ribuan atau 150ribuan, lupa...mesti cek
Sekarang lagi turun+overhaul
Padahal servis+ganti oli-nya selalu di honda, dapat dibilang ngga pernah telat.
Gejalanya, ngga mau masuk gigi 3/4
Overhaul belum selesai, tp yg sudah kebeli kopling set-nya, sekitar 8.5jt

gils wrote:
betul om datsu.. crv 2.4L 2007 saya sekarang dah 195rb km. bentar lg pecah telor 200rb km.. service selalu di beres aja, ngikutin beres.. so far gada masalah di transmisinya.. cuman sudah gak sehalus dulu aja..
btw.. kalo mobil matic sering dipake jalan cepet sekitar 150-160.. ada efek samping nya gak ya? apa ada langkah2 biar tetep awet tu matic.. ini buat yaris sy, tiap minggu dipake bolak balik jkt-bdg.. n sering jalan cepat..
Jangan terlalu percaya ama beres. Dapet ilmu, ternyata beres Honda itu sering akal2an. Kalau dia liat pemiliknya cuek, gak ngerti, asal ganti ya ganti aja, dan terlihat rutin ke beres, itu beres akan selalu ganti oli matic yang 3-4 liter aja, gak di kuras sampai 10 liter. Karena mereka justru berharap koplingnya aus dan segera ganti disana. Duitnya lebih besar. Itu terjadi di accord ane. Pemilik sebelumnya selalu ke beres Honda Trimegah BSD, apa yang rusak selalu langsung ganti krn pake biaya kantor, jadi gak peduli, kenapa part rusak dll. Ya akhirnya ketipu pas setelah mobil gw pegang. 1000km dan lsng dol gearnya.
Kalau udah gak halus sudah dijamin pertanda kopling aus. Segera dijual atau ganti deh, daripada kya ane, ada 2-3 kampas aja yang aus, pasti udah loss power di RPM tertentu. Efek lanjutannya, kampas yang aus itu kotorannya muter ke filter yang menyebabkan transmisi gak mau jalan sama sekali kalau mesin udah idup terlalu lama.
@meneer imsus: gak mau masuk gigi 3 atau 4? itu yakin kopling aja? okelah overhaul sayang gak ganti kopling, tapi kalau gak mau masuk gigi tertentu cek solenoid juga. Kalo di beres harga bisa bengkak.
@gils: Matic bukan cara bawanya yang ngefek. Mau seganas apapun, ada komputer yang ngatur perpindahan gigi dan posisi kopling. Yang berperan sama matic itu, reliability bawaan maticnya, dan kerajinan kuras oli. Sepaket. Matic paling reliable kalo gak pernah kuras oli jebol juga. Matic yang gampang rusak, mau kuras oli 5rb KM sekali juga cepet jebol.
Yaris? yah, reliabilitas udah teruji untuk 4 A/T nya toyota. Kuras oli rajin gak?