Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
Bisa dilihat pada gambar sample Matic dr Aisin warner bahwa rata2 Matic utk RWD kemampuan mengnandle Torsi lebih besar drpd rata2 Matic utk FWD
skg bisa dilihat perbandingan dengan CVT utk cc besar yg dibuat Jatco
http://www.jatco.co.jp/ENGLISH/products/cvt/jf010e.html
The 1st in the world* to mass produce what was considered the impossible, a “3.5 liter class” belt CVT.
kemampuan CVT yg terbesar dari Jatco utk mesin 3500 cc itu cuman setara Matic RWD Aisin kelas 3040 yg juga utk sama sama mesin 3500 cc
Yang menarik adalah bahwa mobil mobil Double Cabin dan SUV ladder frame rata rata menggunakan Transmisi otomatis kemampuan tinggi, karena pertimbangan kendaraan2 tsb harus dapat menghela trailer hingga 3 Ton-an, dan yang menarik transmisi otomatis yang digunakan seringkali sama spt yg digunakan sedan mewah cc besar / mobil sport cc besar !!
Seperti Maticnya Chevy Colorado & Trailblazer itu menggunakan GM 6L50 yang notabene sama spt matic-nya Cadillac STS / Camaro V6 dimana kemampuan menghandle Torsi yg besar, krn TB 2.8 spec Torsinya aja udah 470 Nm (stock)
Maticnya Isuzu D-Max / MU-X menggunakan Aisin TB 50 LS yang sanggup menghandle Torsi hingga 450 Nm scr santai (short burst 500 an Nm kayaknya kuat)
AN Ranger dan AN BT 50 menggunakan matic Ford 6R80 (thanks info om billy) yg notabene adalah kembaran ZF 6HP26 yang digunakan di BMW seri 5 dan seri 7 yg cc besar, matic Ford 6R80 ini juga digunakan pada Ford F150......dimana variant tertinggi-nya sanggup menghandle Torsi hingga 800 Nm !!!
Sedangkan Ipah & 42ner D4 D mengggunakan Aisin 3040 / A 304 yang mana matic tsb utk kelas mesin 3500 cc (350 Nm) yang mana bbrp variant zaman dulu pernah digunakan di Toyota Supra Turbo dan Lexus LS 400 generasi pertama (sanggup hanlde Torsi 400 Nm), kapabilitas utk handle 600 Nm scr short burst sudah terbukti.
So bagi para penggemar modif, mempelajari spec matic dr mobil yang dimiliki / hendak dibeli adalah hal yg menarik
Salam 2 pedal
Bisa dilihat pada gambar sample Matic dr Aisin warner bahwa rata2 Matic utk RWD kemampuan mengnandle Torsi lebih besar drpd rata2 Matic utk FWD
skg bisa dilihat perbandingan dengan CVT utk cc besar yg dibuat Jatco
http://www.jatco.co.jp/ENGLISH/products/cvt/jf010e.html
The 1st in the world* to mass produce what was considered the impossible, a “3.5 liter class” belt CVT.
kemampuan CVT yg terbesar dari Jatco utk mesin 3500 cc itu cuman setara Matic RWD Aisin kelas 3040 yg juga utk sama sama mesin 3500 cc
Yang menarik adalah bahwa mobil mobil Double Cabin dan SUV ladder frame rata rata menggunakan Transmisi otomatis kemampuan tinggi, karena pertimbangan kendaraan2 tsb harus dapat menghela trailer hingga 3 Ton-an, dan yang menarik transmisi otomatis yang digunakan seringkali sama spt yg digunakan sedan mewah cc besar / mobil sport cc besar !!
Seperti Maticnya Chevy Colorado & Trailblazer itu menggunakan GM 6L50 yang notabene sama spt matic-nya Cadillac STS / Camaro V6 dimana kemampuan menghandle Torsi yg besar, krn TB 2.8 spec Torsinya aja udah 470 Nm (stock)
Maticnya Isuzu D-Max / MU-X menggunakan Aisin TB 50 LS yang sanggup menghandle Torsi hingga 450 Nm scr santai (short burst 500 an Nm kayaknya kuat)
AN Ranger dan AN BT 50 menggunakan matic Ford 6R80 (thanks info om billy) yg notabene adalah kembaran ZF 6HP26 yang digunakan di BMW seri 5 dan seri 7 yg cc besar, matic Ford 6R80 ini juga digunakan pada Ford F150......dimana variant tertinggi-nya sanggup menghandle Torsi hingga 800 Nm !!!
Sedangkan Ipah & 42ner D4 D mengggunakan Aisin 3040 / A 304 yang mana matic tsb utk kelas mesin 3500 cc (350 Nm) yang mana bbrp variant zaman dulu pernah digunakan di Toyota Supra Turbo dan Lexus LS 400 generasi pertama (sanggup hanlde Torsi 400 Nm), kapabilitas utk handle 600 Nm scr short burst sudah terbukti.
So bagi para penggemar modif, mempelajari spec matic dr mobil yang dimiliki / hendak dibeli adalah hal yg menarik
Salam 2 pedal
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
^^
wkwk menarik
bwat oprut sendiri sebenernya lebih bandel pke matic untuk di siksa, apalagi untuk trek tricky......
pke MT sering clutch nya yg kalah klw disiksa atw d trek tricky, yg suka hrs ngerayap dgn setengah kopling.
matic selama cooling n oil baik dan g ada kebocoran biasanya lebih bandel.
tp ya klw kebeneran maticnya rontok betulinnya sulit mending ganti segeluntung aja.
selain itu efek ke kaki-kaki dan axle, pke AT biasanya lebih sopan g gampang ngerusak kemana2 klw di siksa. pke MT klw kita lagi napsu gampang aja berujung ke axle rontok.
pengalaman pke AW4 kembaran Aisin A340
memang klw bicara unsur *FUN* nya sih MT masih blm tergantikan.
CVT paling kuat sekarang mungkin di forester 2.0 XT dan di Outback 2.0D mungkin CVT di turbo diesel pertama dan punya towing capacity 1.7T.... CVTnya in house subaru,
bukan jatco punya kaya kebanyakan brand lain.
yang jatco pke Metal-Belt. sedangkan subaru pakai Chain. jaman honda jazz masih pke rubber.
cmiiw

wkwk menarik

bwat oprut sendiri sebenernya lebih bandel pke matic untuk di siksa, apalagi untuk trek tricky......
pke MT sering clutch nya yg kalah klw disiksa atw d trek tricky, yg suka hrs ngerayap dgn setengah kopling.
matic selama cooling n oil baik dan g ada kebocoran biasanya lebih bandel.
tp ya klw kebeneran maticnya rontok betulinnya sulit mending ganti segeluntung aja.
selain itu efek ke kaki-kaki dan axle, pke AT biasanya lebih sopan g gampang ngerusak kemana2 klw di siksa. pke MT klw kita lagi napsu gampang aja berujung ke axle rontok.
pengalaman pke AW4 kembaran Aisin A340
memang klw bicara unsur *FUN* nya sih MT masih blm tergantikan.
CVT paling kuat sekarang mungkin di forester 2.0 XT dan di Outback 2.0D mungkin CVT di turbo diesel pertama dan punya towing capacity 1.7T.... CVTnya in house subaru,
bukan jatco punya kaya kebanyakan brand lain.
yang jatco pke Metal-Belt. sedangkan subaru pakai Chain. jaman honda jazz masih pke rubber.
cmiiw

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Bagaimana soal menghadapi tanjakan/turunan curam dan panjang?
Banyak yg melaporkan mobilnya bau sangit
Banyak yg melaporkan mobilnya bau sangit
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Thx udah mampir om billy
sy sgt appreciate member spt om billy ini, berwawasan sgt luas
.....bahkan nengok kolong mobil aja udah tahu gardannya buatan DANA atau bukan......ilmu nubie benar2 masih jauh utk nyampe ke sana.........hwhwhiwhihwihwihwhwiih
ditunggu cerita2 menariknya lagi um

sy sgt appreciate member spt om billy ini, berwawasan sgt luas



ditunggu cerita2 menariknya lagi um


* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Betul, transmisi CVT memang bikin feel mengemudi agak hambar, tidak ada powerloss yang terjadi saat transmisi melakukan shifting.. Geared AT masih lebih menyenangkan...marmut wrote:bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.
*pendapat subyektif seorang nubitol sotoy di SM*

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Boleh tau apakah ini keluhan untuk CVT atau Torque Converter ya?artoodetoo wrote:Bagaimana soal menghadapi tanjakan/turunan curam dan panjang?
Banyak yg melaporkan mobilnya bau sangit
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Transmisi otomatis tidak sperti yg kita pikirkan dulu....
Jauh lebih hemat daripada manual untuk fc
Untuk parts pun juga, hanya tinggal nganti oli,, tdk seperti manual yg sering disc cluth cover cluth ganti..
Dan untuk mobil disel yg di modif, pk matic lebih enak, krn ga selip2 koplingnya...
Ngomong2 om turbo, matic mobil tuwir gwe seri brp yah omm.. udah 200k masih awet aja bawaanya....
Jauh lebih hemat daripada manual untuk fc
Untuk parts pun juga, hanya tinggal nganti oli,, tdk seperti manual yg sering disc cluth cover cluth ganti..
Dan untuk mobil disel yg di modif, pk matic lebih enak, krn ga selip2 koplingnya...
Ngomong2 om turbo, matic mobil tuwir gwe seri brp yah omm.. udah 200k masih awet aja bawaanya....
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
halahhTurboman wrote:Thx udah mampir om billy
sy sgt appreciate member spt om billy ini, berwawasan sgt luas![]()
![]()
.....bahkan nengok kolong mobil aja udah tahu gardannya buatan DANA atau bukan......ilmu nubie benar2 masih jauh utk nyampe ke sana.........hwhwhiwhihwihwihwhwiih
ditunggu cerita2 menariknya lagi um
![]()


owhh jelas gampang kok ngolong di bonggol gardannya kan ada cap tulisan DANA hahahaha

dan desain khasnya jg sih... ada katalog n ciri2nya d inet sih gardan2 populer d amrik.
sebenernya ane pke cherokee n grandcherokee d siksa gmn jg rasanya blm pernah mencium bau sangit dari transmisi. dlu gb bmw e46 jg engga pernah bau.artoodetoo wrote:Bagaimana soal menghadapi tanjakan/turunan curam dan panjang?
Banyak yg melaporkan mobilnya bau sangit
di mirage CVT juga blm pernah deh, meski ada temen yg bilang pernah bau jg sih.....
mungkin dari rem kali....... engga tau engine brake, atau memang engine brakeny minim jadi di teken terus rem nya...
torque converter tu isinya fluida yg di aduk.. tp bisa gerakin mbl puluhan ton ber torsi raksasa.. keren yah.... hahahamarmut wrote:bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.

konon efek dari adukan itu di kondisi tertentu bisa seakan2 naikin torsi hingga 2x, mungkin kaya di tengkep setengah kopling, tp g ada komponen yg rawan aus karna bergesekan *kan isinya fluida* jd aman2 aja g kya clutch d tengkep.. jadi liat aja d mbl matic 4spd gigi 1 nya cuma d ratio 2.8 berbeda dgn yg MT gigi 1 ada di atas 3.0 bahkan 4.0 ... tp pickup start awalnya masih sama2 baik, dan sama2 bisa ngerayap kecepatan rendah. malah soal ngerayap sih enakan matic hehe

efek adukan ini jg yg bikin powerloss dan kurangnya efisiensi d kecepatan menengah tinggi karna selalu ada perbedaan putaran d dalam TC.... jadi dibikin TC yg bisa lockup ngilangin perbedaan putaran dari adukan TC ini, jadi klw kopling kya uda di lepas, g ada selip lagi. dulu lock up cuma terjadi di kecepatan tinggi. nah matic modern mulai di buat biar jalan dikit uda lockup.
hehe memang karakternya CVT gtu om.. ga ada shift dan memang ga ada giginya..... hehe


Jatco CVT-7 di mirage salah satunya, jalan dikit mulai kecepatan 10kmh jeda 1-2s uda lansung kerasa lockup,tandanya rpm turun kya dpt beban setelah d lepas koplingnya dan mbl langsung gerak cepat... imho sih bwat daily driving nyupir santai, atw ngebut halus,*selama setan childish nya g lagi kumat* CVT adalah gb matic pling enak......... haluss minim loss dan slip bwat nanjak jg g ada gear hunting bisa melesat terus d torsi maksimal....enginebrake jg ada terus.. g heran fc nya bisa lebih baik dari MT
tapi bgtu si setan ngehasut n bikin gatel pingin gegeberan,agresif driving, dll... cape deeh...... paling ga enak tuh waktu gaspol... melonglong g karuan,kya orng ga tau kpn shift up... yg ngendaliin akselerasi jd TCM untuk mindahan ratio gb bukan percepatan rev mesin..... jd hubungan driver ke akselerasi uda makin minim,
mending panteng aja rpm d torsi ntar ngacir sendiri, rpm jg masih naik.. ga diam seperti saat d kickdown. tp yah yg namanya lagi napsu maunya bejek abis ehehe

klw orng awam bilang AT geared uda g *Fun* ... maka CVT even worst lagi.....
sebaliknya soal comfort CVT jauh lebih baik dr geared AT jg.
klw d supirin, atw nyupirin nyonya uda pasti mending pke cvt hehehe

untung skrng ada CVT paddleshift hehe

kelemahan CVT lain... ya di perawatan.. harus pke CVTF oil,bukan ATF biasa... dan peggantian yg lebih cepet hingga tiap 40rb KM..
seperti yg om turbo bilang torque capacity nya juga g sebaik geared AT. dan g yakin kekuatannya klw di siksa...
yups setuju om..madcat015 wrote:Betul, transmisi CVT memang bikin feel mengemudi agak hambar, tidak ada powerloss yang terjadi saat transmisi melakukan shifting.. Geared AT masih lebih menyenangkan...marmut wrote:bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.
*pendapat subyektif seorang nubitol sotoy di SM*

suara mesin se cantik apapun runyam klw d bejek pke CVT hehe

kec paddleshift. atau ada mode S# kya forester 2.



-
- SM Specialist
- Posts: 16669
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
setuju banget.... nyetir mobil CVT itu boring...ngantuk...bosen...dst... karena gak ada nyentaknyamadcat015 wrote:Betul, transmisi CVT memang bikin feel mengemudi agak hambar, tidak ada powerloss yang terjadi saat transmisi melakukan shifting.. Geared AT masih lebih menyenangkan...marmut wrote:bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.
*pendapat subyektif seorang nubitol sotoy di SM*

tetep nyetir geared A/T itu lebih enak... meskipun hanya 4-speed


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
mungkin lebih tepatnya, CVT buat orang sepuh yang jantungan...ChZ wrote:.... nyetir mobil CVT itu boring...ngantuk...bosen...dst... karena gak ada nyentaknya![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Saya kurang paham tapi kalo ndak salah Torque Convertersepatupuma wrote:Boleh tau apakah ini keluhan untuk CVT atau Torque Converter ya?artoodetoo wrote:Bagaimana soal menghadapi tanjakan/turunan curam dan panjang?
Banyak yg melaporkan mobilnya bau sangit
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Accord CM5 5 A/T Torque Converter.
Jebol di KM 171rb, harus ganti full clutch set. (dari 23 kampas gak semua sih habis, tapi mumpung overhaul ya baiknya ganti semua kampas).
Jebol di KM 171rb, harus ganti full clutch set. (dari 23 kampas gak semua sih habis, tapi mumpung overhaul ya baiknya ganti semua kampas).
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Wah kena brp tuh om overhaul nya??datsu wrote:Accord CM5 5 A/T Torque Converter.
Jebol di KM 171rb, harus ganti full clutch set. (dari 23 kampas gak semua sih habis, tapi mumpung overhaul ya baiknya ganti semua kampas).
Di beres apa dimana??
Tapi wajarlah odo nya aja udh segitu. Emang udh waktunya mungkin

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
hampir 13 juta. Jasa + spare part. Di ricardo matic om Jambangan...
Hmm,, gak juga,,, kalo pemilik sebelumnya rajin KURAS oli matic, harusnya lebih dr 200rb km sampai lifetime.
Hmm,, gak juga,,, kalo pemilik sebelumnya rajin KURAS oli matic, harusnya lebih dr 200rb km sampai lifetime.
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
sekalian nanya dong kalau matic kayak punya innova sebenarnya ada kopling gak? dan kalau ada brp lama habis dan harus diganti?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
syukurlah transmisi matik saya gak rusak..pdhl kadang klo di tol mendadak saya pindah manual sampe transmisi ganti sendiri...n pernah paksa rem gigi sampe gigi 1 malah rpmnya tinggi meraung...malah bbrp x diposisi netral n gas rpm 3ribuan terus masuk gigi...yang ada lari kaga nyentak ya...deso...
semoga awet aja..

semoga awet aja..

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
A340 kli y om............Turboman wrote:
Sedangkan Ipah & 42ner D4 D mengggunakan Aisin 3040 / A 304 yang mana matic tsb utk kelas mesin 3500 cc (350 Nm) yang mana bbrp variant zaman dulu pernah digunakan di Toyota Supra Turbo dan Lexus LS 400 generasi pertama (sanggup hanlde Torsi 400 Nm), kapabilitas utk handle 600 Nm scr short burst sudah terbukti.
So bagi para penggemar modif, mempelajari spec matic dr mobil yang dimiliki / hendak dibeli adalah hal yg menarik
Salam 2 pedal
owh bru tw rate official nya hanya 350Nm


pernah denger ada aftermarket bwat upgred valve body gb fortuner/ipah bwat handle high torque memang efektif g tu om?

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Inserezing topic…
Sebagai first timer pengguna mobil AT, dulu saya sempet ragu dgn kemampuanya. Setelah pakai beberapa lama, saya takjub dgn performa AT ini dan juga penasaran. Dengan rasa penasaran ini, saya browsing di youtube seputaran torque converter dan nemu ada banyak video yang menunjukkan komponen utama sebuah TC, yaitu impeller, turbine dan stator.
Permisi suhu-suhu SM, nubie sekedar berbagi saja ttg TC…
Sya pernah lihat ada video simulasi cara kerja TC dengan 2 buah kipas angin yang ditaruh berhadapan dan berdekatan. Salah satu kipas dinyalakan dan anginnya digunakan untuk menggerakkan kipas di depannya. Kipas yang dinyalakan seolah2 adalah impeller yang terhubung dengan putaran mesin mobil, dan kipas yang digerakkan oleh angin adalah turbine yang tersambung dengan transmisi entah type geared atau CVT. Angin disini sendiri adalah mensimulasikan oli ATF. Persis seperti yg dijelaskan om billyd sebelumnya.
Yang menarik adalah diantara diantara impeller dan turbine ini ada satu lagi piringan disebut "stator". Jadi jika mesin nyala (artinya impeller berputar) tetapi mobil masih diam (turbine tdk berputar), maka si stator ini akan sedemikan rupa mengarahkan aliran fluida ke bilah turbin dengan sudut tertentu sehingga didapat torsi yang besar pada shaft transmisi, lebih besar dari torsi shaft mesin (dgn kata lain ini adalah efek torque multiplier). Torsi yang besar ini digunakan untuk memicu mobil bergerak dari keadaan diam. Jika mobil sudah mulai berjalan effect torque multiplier ini akan berkurang karena stator akan secara perlahan mengikuti putaran poros turbin. Inilah mungkin kenapa mobil matic tidak perlu tekan gas untuk bergerak maju dari posisi diam, karena memang torsi besar sudah tersedia dari putaran awal.
Maaf kalau ada yang salah.....mohon dikoreksi.
Sebagai first timer pengguna mobil AT, dulu saya sempet ragu dgn kemampuanya. Setelah pakai beberapa lama, saya takjub dgn performa AT ini dan juga penasaran. Dengan rasa penasaran ini, saya browsing di youtube seputaran torque converter dan nemu ada banyak video yang menunjukkan komponen utama sebuah TC, yaitu impeller, turbine dan stator.
Permisi suhu-suhu SM, nubie sekedar berbagi saja ttg TC…
Sya pernah lihat ada video simulasi cara kerja TC dengan 2 buah kipas angin yang ditaruh berhadapan dan berdekatan. Salah satu kipas dinyalakan dan anginnya digunakan untuk menggerakkan kipas di depannya. Kipas yang dinyalakan seolah2 adalah impeller yang terhubung dengan putaran mesin mobil, dan kipas yang digerakkan oleh angin adalah turbine yang tersambung dengan transmisi entah type geared atau CVT. Angin disini sendiri adalah mensimulasikan oli ATF. Persis seperti yg dijelaskan om billyd sebelumnya.
Yang menarik adalah diantara diantara impeller dan turbine ini ada satu lagi piringan disebut "stator". Jadi jika mesin nyala (artinya impeller berputar) tetapi mobil masih diam (turbine tdk berputar), maka si stator ini akan sedemikan rupa mengarahkan aliran fluida ke bilah turbin dengan sudut tertentu sehingga didapat torsi yang besar pada shaft transmisi, lebih besar dari torsi shaft mesin (dgn kata lain ini adalah efek torque multiplier). Torsi yang besar ini digunakan untuk memicu mobil bergerak dari keadaan diam. Jika mobil sudah mulai berjalan effect torque multiplier ini akan berkurang karena stator akan secara perlahan mengikuti putaran poros turbin. Inilah mungkin kenapa mobil matic tidak perlu tekan gas untuk bergerak maju dari posisi diam, karena memang torsi besar sudah tersedia dari putaran awal.
Maaf kalau ada yang salah.....mohon dikoreksi.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
yup....shale shaker wrote:Inserezing topic…
Sebagai first timer pengguna mobil AT, dulu saya sempet ragu dgn kemampuanya. Setelah pakai beberapa lama, saya takjub dgn performa AT ini dan juga penasaran. Dengan rasa penasaran ini, saya browsing di youtube seputaran torque converter dan nemu ada banyak video yang menunjukkan komponen utama sebuah TC, yaitu impeller, turbine dan stator.
Permisi suhu-suhu SM, nubie sekedar berbagi saja ttg TC…
Sya pernah lihat ada video simulasi cara kerja TC dengan 2 buah kipas angin yang ditaruh berhadapan dan berdekatan. Salah satu kipas dinyalakan dan anginnya digunakan untuk menggerakkan kipas di depannya. Kipas yang dinyalakan seolah2 adalah impeller yang terhubung dengan putaran mesin mobil, dan kipas yang digerakkan oleh angin adalah turbine yang tersambung dengan transmisi entah type geared atau CVT. Angin disini sendiri adalah mensimulasikan oli ATF. Persis seperti yg dijelaskan om billyd sebelumnya.
Yang menarik adalah diantara diantara impeller dan turbine ini ada satu lagi piringan disebut "stator". Jadi jika mesin nyala (artinya impeller berputar) tetapi mobil masih diam (turbine tdk berputar), maka si stator ini akan sedemikan rupa mengarahkan aliran fluida ke bilah turbin dengan sudut tertentu sehingga didapat torsi yang besar pada shaft transmisi, lebih besar dari torsi shaft mesin (dgn kata lain ini adalah efek torque multiplier). Torsi yang besar ini digunakan untuk memicu mobil bergerak dari keadaan diam. Jika mobil sudah mulai berjalan effect torque multiplier ini akan berkurang karena stator akan secara perlahan mengikuti putaran poros turbin. Inilah mungkin kenapa mobil matic tidak perlu tekan gas untuk bergerak maju dari posisi diam, karena memang torsi besar sudah tersedia dari putaran awal.
Maaf kalau ada yang salah.....mohon dikoreksi.


paling jelasnya tonton aja ini
http://www.youtube.com/watch?v=leCEmJA0WsI
dijamin langsung ngerti cara kerja torque converter hehehe

dari Torque Converter, ntar ada Viscous Coupling Differential hehehe


-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
mestinya ada......htannis wrote:sekalian nanya dong kalau matic kayak punya innova sebenarnya ada kopling gak? dan kalau ada brp lama habis dan harus diganti?


tergantung sih umurnya... klw ipah std sih kyanya asal olinya bagus, bisa lama.. ya tau sendiri tenaga 2KD std gmn..
nah klw ipah monster




dulu XJ gw yg sama2 a340based ganti clutchset di 140rb km, setelah di siksa oprut berkali-kali, mulai d pke oprut dri km 80rb, termasuk jalan tampa oli karna line ke 2nd transcoolernya bocor, beberapa kali g kapok2....... blm rontok sih, cuma uda rada lemot aja.
pengalaman di XJ, suhu gearbox malah lebih panas dari mesin... biasanya gearbox dulu yg panas, baru mesin. double transcooler sembuh overheating d mesin juga.
d usa bnyk yg nyaranin valve body ganti yg punya supra.
oya XJ *hanya* 190ps 300nm

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Dan efek torque multipliernya ternyata cukup besar untuk menahan mobil tidak mundur ketika kondisi stop & go di tanjakan.shale shaker wrote:.... lebih besar dari torsi shaft mesin (dgn kata lain ini adalah efek torque multiplier). Torsi yang besar ini digunakan untuk memicu mobil bergerak dari keadaan diam. Jika mobil sudah mulai berjalan effect torque multiplier ini akan berkurang karena stator akan secara perlahan mengikuti putaran poros turbin. Inilah mungkin kenapa mobil matic tidak perlu tekan gas untuk bergerak maju dari posisi diam, karena memang torsi besar sudah tersedia dari putaran awal.
Btw sy juga pengguna pertama AT.

Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Whoaaaaa ini diaaaa tulisan menarikbillyd1773dz wrote:[
pengalaman di XJ, suhu gearbox malah lebih panas dari mesin... biasanya gearbox dulu yg panas, baru mesin. double transcooler sembuh overheating d mesin juga.
d usa bnyk yg nyaranin valve body ganti yg punya supra.
oya XJ *hanya* 190ps 300nm



Saya benar2 salut dgn om billy, pengalaman oprek dan research teknikalnya benar2 Ruarrr Biasa


* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 545
- Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
- Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
- Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
betul om datsu.. crv 2.4L 2007 saya sekarang dah 195rb km. bentar lg pecah telor 200rb km.. service selalu di beres aja, ngikutin beres.. so far gada masalah di transmisinya.. cuman sudah gak sehalus dulu aja..datsu wrote:hampir 13 juta. Jasa + spare part. Di ricardo matic om Jambangan...
Hmm,, gak juga,,, kalo pemilik sebelumnya rajin KURAS oli matic, harusnya lebih dr 200rb km sampai lifetime.
btw.. kalo mobil matic sering dipake jalan cepet sekitar 150-160.. ada efek samping nya gak ya? apa ada langkah2 biar tetep awet tu matic.. ini buat yaris sy, tiap minggu dipake bolak balik jkt-bdg.. n sering jalan cepat..
For everything, there is a season, there is a reason...
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31
Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda
Mau tanya om
Bagaimana dengan kekuatan matik dct fiesta sport?
Saya punya diumur menjelang 3 tahun ada 3x balok balik beres masalah transmisi yaitu penggantian tcm, dual clutch, satulagi lupa
Sedih juga dengan reliabilitas dct fiesta...pedahal mobilnya sangat enak dikendarai .....kalo tranmisi tidak bermasalah nilai ffs bagi ane cukup tinggi
Bagaimana dengan kekuatan matik dct fiesta sport?
Saya punya diumur menjelang 3 tahun ada 3x balok balik beres masalah transmisi yaitu penggantian tcm, dual clutch, satulagi lupa
Sedih juga dengan reliabilitas dct fiesta...pedahal mobilnya sangat enak dikendarai .....kalo tranmisi tidak bermasalah nilai ffs bagi ane cukup tinggi