heheheChZ wrote:sebenernya sih frame chassis yang lebih berperan menahan benturan.... sekarang jarang ada mobil pake plat tebel-tebel... hampir semua mobil platnya tipis...billyd1773dz wrote:^^
pingin tau aja nih....... bnyk statement *plat body supir tipis* which is body luar kya fender, plat pintu n pernik2 pembentuk wujud mobil....... yg bisa dinilai dgn menyentuhnya secara langsung...
dalam rancang bangun body mobil yg paling penting dan paling berperan untuk meredam benturan jika kecelakaan...
apakah plat body luar tadi?
atau rangka frame chassis monoque di bagian dalam?
mobil eropa macem merc dan BMW pun, terkesan "tebel" karena peredamnya tebel...
mobil jaman skrg sih dirancang untuk "mobil nya ancur gapapa, yang penting penumpang selamet"....
tapi kalo platnya mobil sejuta umat sih udah terkenal tipisnya.... tipisnya udah ga memenuhi standar... entah si duo LCGC agya-ayla ini... rasanya sama aja....
makanya nyetir mobil apapun, keep safe on the road ajah
yg mobilnya ga memenuhi standar safety, tau dirilah.
yang mobilnya standar safety bintang kejora, jangan songong
bener om...
kan gtw internal framenya ikutan pas-pasan atau uda memenuhi standar........... rasanya aneh aja kok yg di nilai plat luar nya aja, yg cuma cangkang, sedangkan bagian dalam yg harusnya jadi eggshell g dliat.
bagian luar biasanya justru di bikin gampang remuk, karna itu crumple zone sebagai peredam energi benturan saat tabrakan. jd kya g pas klw ngeritik body luarnya aja.........
body luar klw perlu di bikin dri plastik biar ringan..... dalemnya yg g boleh main2 biar safe hehe plastik malah klw kena benturan ga gampang kentop/penyok asal g pecah haha
tp y gtw klw di mbl ini eksekusinya gmn wkwkwkw mesti di buktikan di ancap/encap dulu klw berani......... yg pasti suspensi sepertiny uda g ok bwat highspeed. toh ancap/encap juga hanya di test d speed yg tidak bisa di bilang kencang, sekitar 40mph-an..
yup.. mbl kecil2 jaman skrng memang uda bisa kenceng... sayang kebanyakan suspensinya g di desain bwat highspeed, ujungnya bisa kenceng asal bernyali baja... haha yg miris malah yg ngeliatny.........
yup rasanya g pas klw pada koar2 performa liat topspeed aja, apalagi ngegasny mesti di turunan... haha bgtu ketemu tanjakan stop n bejek to 100 loyo wkwk
jarang lewat tol.. ane lebih appreciate performa akselerasi dan torsi di banding topspeed hehe
d tol juga jarang2 lowong bisa kenceng.
piiss