Nyubie ikutan nimbrung, ya Oom...
Doa dulu sebelum berangkat. Kadang emosi saat macet bikin teori pada berantakan. Berusaha selalu mengingat bahwa skill aja gak cukup utk bikin selamat. Diperlukan attitude dan bantuan dari Yang Maha Menolong supaya diri ini selamat sampe tujuan.
Ini banyak recap dari para master di sini...
Kenali kendaraan. Kalo kendaraan ane sendiri, wajib tahu sifat2nya. Contoh, kepakeman rem, traksi ban, dsb. Berusaha utk tetap di bawah batas kemampuan kendaraan. Kalo mobil pinjeman, main safe aja. Gak mau aneh2.
Berusaha utk konsen ke jalan. Tengok spion dan sikon sekeliling secara periodik. Supaya kalo perlu manuver mendadak, gak bikin celaka orang lain. Sebisa mungkin menghindari distraction, semacam ngoperasiin HP, makan, minum, dsb. Bahkan utk minum, perlu pula beli botol minum model sedotan yg gak ribet. Gak perlu puter2 buka tutup botol, cukup klik dan sedot.
Jarak aman (teoritis) 3 detik, cuaca cerah. Tapi kadang2 cuma 2 atau 2,5 dtk. Kepedean. Kebiasaan bawa motor, nih.

Membiasakan diri utk memprediksi jalanan di depan kendaraan di depan kita. Gak hanya memperhatikan kendaraan yg persis di depan. Menghindari reaksi mendadak, gitu. Makanya kalo pas ada mobil box, truk, dsj, pengennya nyalip aja.
Ane sih kalo di jalan pengennya gak bikin bingung pengendara lain. Jadi, make sign boleh dibilang sering. Mau belok, nyalip, pindah jalur. Intinya supaya TERBACA ama orang lain.
Urusan blank spot, sebisa2nya menghindari nyalip pada posisi blank spot. Tikungan, puncak tanjakan (abis nanjak, terus turun), di belakang mobil lain (gak main ikut kendaraan yg lagi nyalip tanpa tahu kondisi di depan). Pas lewatin blank spot, pencet klakson pendek atau passing beam hanya utk ngasih tahu "I'm here".
Utk jalan luar kota, ane akhirnya harus maklum ama yg namanya truk. Kalo bis, mending hindari aja, tuh benda udah gede kecepatannya gila. Kalo truk, kecepatannya seringnya rendah (kecuali kalo lagi kosong), ngambilnya jalur kanan. Kalo menurut curhatnya si supir, itu karena bobot truk yg super berat. Jadi agar gak sering2 stop & go, maka truk akan ngambil jalur kanan. Akhirnya, kalo nyalip truk luar kota, nyalipnya dari kiri. Sopir truk akan senang hati ngasih jalan di kiri, daripada disuruh minggir ke kiri. Tinggal kitanya aja yg musti lebih hati2 karena nyalip dari kiri.
Segitu dulu, ya. Mohon maaf kalo kebanyakan...
