
Review Honda Brio Satya S MT 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 14, 2013 8:56
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
nice review om madcat...depannya lebih bagus daripada yg lama..sayang belakang masih sama..padahal bagian belakangnya yg paling sering diliat user lcgc lain(if you know what i mean
)

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1172
- Joined: Thu Jul 11, 2013 14:03
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Nice ripiu omm 
Btw, itu lambang na jdi bunga begitu yah ?
Sama kaya agya yang depan na jdi kaya burung garuda
Dan ayla yg depan na kaya lambang merci KW

Btw, itu lambang na jdi bunga begitu yah ?
Sama kaya agya yang depan na jdi kaya burung garuda
Dan ayla yg depan na kaya lambang merci KW

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Nice repiu. Btw apa brio 1.2 matic pake logo belakang bunga + hando prospect motor?
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Nice ripiu bro...
Brio emang ancur price positioningnya... Mbl kecil gt dikasi harga hampir 200 juta...
Brio emang ancur price positioningnya... Mbl kecil gt dikasi harga hampir 200 juta...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Tue Apr 01, 2008 8:38
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Review yang bagus om medket, ga berat sebelah meskipun jualan hando
salut buat ente
btw, berapa duit ya harga emblem hando depan + belakang?

salut buat ente
btw, berapa duit ya harga emblem hando depan + belakang?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
kemaren pas liat di iims untuk yg matic ga pake logo melati dan ga ada tulisan hpm.Felixz_Yaris wrote:Nice repiu. Btw apa brio 1.2 matic pake logo belakang bunga + hando prospect motor?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Wah mantap satya ini ga keliatan mobil murah
Interior sama persis kyk Brio CBU yg ane liat di showroom honda salemba. Mantap dah
Interior sama persis kyk Brio CBU yg ane liat di showroom honda salemba. Mantap dah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Om Madcat..nanya lagi..gimana sensasi nyetir didalam kota, apakah torsi di low rpm cukup galak utk city driving?
kalo perbandingannya ama Jazz idsi utk torsi rpm rendah gimana? kan jazz idsi torsinya manteb tuh, sudah peak 131nm di 2700rpm, manteb untuk dalem kota..nyetir pelan di dalem kota, teken gas dikit udah berasa bgt torsinya..kalo di satya kira2 experiencenya sama ga?
kalo perbandingannya ama Jazz idsi utk torsi rpm rendah gimana? kan jazz idsi torsinya manteb tuh, sudah peak 131nm di 2700rpm, manteb untuk dalem kota..nyetir pelan di dalem kota, teken gas dikit udah berasa bgt torsinya..kalo di satya kira2 experiencenya sama ga?
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
@om ocob: makasih om...
memang urusan bokong Brio ini yg jadi delima... muncung cakep bokong horror...
Meski dari sudut tertentu terlihat lumayan... ancur...
@bro prestige: thank you bro...
Sesuai peraturan LCGC, mobil yg tercelup dlm peraturan itu harus punya logo sendiri dan nama pabrikan harus terlihat lengkap dan jelas.
Entah mengapa Ahond pake Melati... mungkin aroma nya yg rada mistis ya...
@bro wasir: thank u bro wasir...
Brio 1.2 AT tidak masuk LCGC... jd ga boleh pake lambang Satya... 
@bro ricz: thank u uda melipir di marih bro
Urusan pricing memang Ahond kadang mabok... Freed: check! Brio CBU: Check!
@bro cikidingtralala: makasih bro
ane cuman TD dan melaporkan aja. Tentunya tiap orang punya pendapat beda2 mengenai driving exp nya 
@om pilotgaruda: Satya torsi maksimal di 109@4500 rpm...
Jadi mesin harus teriak dulu baru ngacir itu setrika jejadian...
Untungnya, rpm ga malu2 untuk naik ke redline dengan cepat.
Which is bad for fuel consumption
Jd tadi malam, ane ngebut dan menggila di tengah kota Tuban dengan rpm minimum 4000...
*bagi yg ababil, mohon jangan ditiru...*

Meski dari sudut tertentu terlihat lumayan... ancur...

@bro prestige: thank you bro...

Sesuai peraturan LCGC, mobil yg tercelup dlm peraturan itu harus punya logo sendiri dan nama pabrikan harus terlihat lengkap dan jelas.
Entah mengapa Ahond pake Melati... mungkin aroma nya yg rada mistis ya...

@bro wasir: thank u bro wasir...


@bro ricz: thank u uda melipir di marih bro

Urusan pricing memang Ahond kadang mabok... Freed: check! Brio CBU: Check!
@bro cikidingtralala: makasih bro


@om pilotgaruda: Satya torsi maksimal di 109@4500 rpm...
Jadi mesin harus teriak dulu baru ngacir itu setrika jejadian...
Untungnya, rpm ga malu2 untuk naik ke redline dengan cepat.
Which is bad for fuel consumption

Jd tadi malam, ane ngebut dan menggila di tengah kota Tuban dengan rpm minimum 4000...

*bagi yg ababil, mohon jangan ditiru...*

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Kayaknya bisnis jualan emblem honda bakalan laris nih



-
- SM Specialist
- Posts: 16685
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
salah 1 member?bali_juventino wrote:
sya cuma slah satu member doang om![]()
nah pas service kmren di HSC tembalang bikin nyeksek baru lihat harga brio skrng..![]()
bulan april mei di kampus msh di dominasi sama jazz, sekarang brio lebih mendominasi.. apa lagi warna birunya..


ente orang smg yah? kapan ketemuan yuk


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16685
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
janda malah ketemu march... makanya langsung ditebusmadcat015 wrote:Betul om, beberapa unit... makanya super langka...ChZ wrote:accord CM6 3.0 bukannya masuk beberapa unit ke sini yah oom?madcat015 wrote: Setuju om, CM3/5/7, is the best dah untuk Accord... bentuk ga malu2 in, mirip S2000 muncung nya... suka sekali ane...
Pernah liat versi 3.0 V6 nya di Thailand, beghhhh... sunroof dan body kit sangar bikin tambah mupeng...
Di Tuban, ane samakan harga dengan Sby, Brio 1.3 termahal di 188jt something...
Jazz RS AT "masih" 237jt something...
![]()
![]()
![]()
hampir beli brio 1.3 buat adik ane, ngeliat pricelist langsung batal si bokap... mahal bener 190juta![]()
Buset... ga coba cari jandanya om

di semarang susah cari janda fresh kurang dari setaun....


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
@bro ChZ: mungkin karena depresiasi taon 1-2 yg horror, jd orang rada eneg jual janda... errr... mobil muda...
@bro kariage: makasih bro
Soalnya ane merasa ada kewajiban moral utk meng-abuse... errr... meripiu Brio Satya yg ditunggu2...
Akankah baiknya kl SM jadi tempat ripiu pertama Brio Satya...
Jadi ane jabanin TD tengah malam...
@bro kariage: makasih bro

Soalnya ane merasa ada kewajiban moral utk meng-abuse... errr... meripiu Brio Satya yg ditunggu2...
Akankah baiknya kl SM jadi tempat ripiu pertama Brio Satya...

Jadi ane jabanin TD tengah malam...

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Gw nyetir Ipah RPM 3000...tp revline di 4000...madcat015 wrote:@om ocob: makasih om...memang urusan bokong Brio ini yg jadi delima... muncung cakep bokong horror...
Meski dari sudut tertentu terlihat lumayan... ancur...
@bro prestige: thank you bro...
Sesuai peraturan LCGC, mobil yg tercelup dlm peraturan itu harus punya logo sendiri dan nama pabrikan harus terlihat lengkap dan jelas.
Entah mengapa Ahond pake Melati... mungkin aroma nya yg rada mistis ya...
@bro wasir: thank u bro wasir...Brio 1.2 AT tidak masuk LCGC... jd ga boleh pake lambang Satya...
@bro ricz: thank u uda melipir di marih bro
Urusan pricing memang Ahond kadang mabok... Freed: check! Brio CBU: Check!
@bro cikidingtralala: makasih broane cuman TD dan melaporkan aja. Tentunya tiap orang punya pendapat beda2 mengenai driving exp nya
@om pilotgaruda: Satya torsi maksimal di 109@4500 rpm...
Jadi mesin harus teriak dulu baru ngacir itu setrika jejadian...
Untungnya, rpm ga malu2 untuk naik ke redline dengan cepat.
Which is bad for fuel consumption
Jd tadi malam, ane ngebut dan menggila di tengah kota Tuban dengan rpm minimum 4000...
*bagi yg ababil, mohon jangan ditiru...*

Kalo Mazda2 pantengin di 2500 aja, potong mbl baru mentokin 6000...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
nih yg saya bold demen bacanya..madcat015 wrote:
@om pilotgaruda: Satya torsi maksimal di 109@4500 rpm...
Jadi mesin harus teriak dulu baru ngacir itu setrika jejadian...
Untungnya, rpm ga malu2 untuk naik ke redline dengan cepat.
Which is bad for fuel consumption
Jd tadi malam, ane ngebut dan menggila di tengah kota Tuban dengan rpm minimum 4000...
*bagi yg ababil, mohon jangan ditiru...*

Setelah menggila di tengah kota tuban, fun-kah utk mobil 110jt an? or even better?
saya udah tua, jd ga apa2 niru..

penasaran Test Drive ni mobil, tp di diler cm ada 1.3 at...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
another great review om medket
bela2in nyalain laptop buat reply dan liat review nya lebih detil daripada cuman liat di layar hape 4,3"
salah satu produk fenomenal hando lagi nih imho,ane yakin asal price positioningnya pas,ga over kayak pendahulunya yg cbu,bakalan sering liat dijalan sesering liat jazz dan crv
owh baru ngeh jadi yg AT ga ada embel2 satya yah?

bela2in nyalain laptop buat reply dan liat review nya lebih detil daripada cuman liat di layar hape 4,3"

salah satu produk fenomenal hando lagi nih imho,ane yakin asal price positioningnya pas,ga over kayak pendahulunya yg cbu,bakalan sering liat dijalan sesering liat jazz dan crv
owh baru ngeh jadi yg AT ga ada embel2 satya yah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 641
- Joined: Wed Sep 11, 2013 4:50
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Tenang om dharma,amunisiny sudah tersedia.madcat015 wrote:@bro metpoks: terima kasih bro
Bad news untuk market leader? Duo Gay Alay?
Menurut ane efek dari Satya tidak akan terlalu terasa bagi duo itu... pangsa pasar mereka sudah terbentuk, persiapan LCGC uda mulai taon kmrn...
Lg an, penyakit pabrikan bro. Batch awal pasti menyedihkan... Hando mengalami kejadian memalukan dengan Iprit. Tidak lama setelah gen 1 diluncurkan, Iprit di facelift dikasi AC digital menggantikan kompor gas di dashboard... keadaan semakin runyam sama Iprit di diskon 20-40jeteng, pembeli pertama lgs teriak (ane baca di koran), dan akhirnya, SB jadi DB di Iprit terbaru...
Brio juga mengalami hal yg sama, fitur menyedihkan di Brio CBU dgn diskon segede gaban. Penjualan lgs terseok... Skr dikeluarkan Satya...
Jujur, menurut ane, Satya sedikit banyak akan memakan porsi Jazz... Seperti yg terjadi di Tuban. Top seller Honda di sini selama bertahun2 adalah Jazz dan CRV...
Begitu Satya launch, pasar lgs bereaksi... tidak ada satupun SPK Jazz hingga sekarang... yg ada SPK Brio Satya + Mobilinyong dan puluhan prospek yg akan SPK apabila unit sudah tiba... dan mmg td malam unit sudah tiba di Tuban (hari ini lgs pameran dan launching di Supermarket Samudra, Tuban).
Jadi, selama Astra bisa bereaksi thdp Satya dgn melakukan perbaikan dan penambahan ke Gay Alay, ane rasa market leader ttp akan dipegang duo LCGC itu.
Cmiiw![]()

Tinggal tunggu tgl mainny aja.

SLOW BUT SURE
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
@madcat katanya brio satya sm sijuki wagon R blm msk kategori lcgc krn blm d tes, apa bener?
klo ya lcgc, katanya harus pertamax klo nggak garansi hilang, bener gk?
fiturnya satya s ini apa?beda sm yg e apa?beda sm brio biasa apa?
klo ya lcgc, katanya harus pertamax klo nggak garansi hilang, bener gk?
fiturnya satya s ini apa?beda sm yg e apa?beda sm brio biasa apa?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 14, 2013 8:56
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
bikin brio ini bisa minum premios mah gampang..copotin emblem2 pahe di kaca belakang..ganti sama emblem brio regular..jadi dah,,premios ready di spbu 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
wuih keren madcat...akhirnya sesuai jalurnya...bos mafia honda tuban...
tp di tunggu crz nya...
emang benar bagus desain interior honda n bodi luar jg kliatan teknologi buatan mobil mewah..agya masuk level ceria..
buatan honda modelnya bagus tuk tiap kelasnya..

tp di tunggu crz nya...

emang benar bagus desain interior honda n bodi luar jg kliatan teknologi buatan mobil mewah..agya masuk level ceria..
buatan honda modelnya bagus tuk tiap kelasnya..

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
@bro ricz: ipah ente penenggak solar... 
@om pilotgaruda: nah, memang mesin nya cukup bersemangat om... ane suka karakter rpm nya. cuman ya itu, jiwa VTEC yg melegenda semakin ilang di mesin L12B6 atau L12A6 ini... *ane lupa kode tipe nya*
Untuk urusan fun, dengan mengesampingkan EPS terkutuk itu, Brio Satya ini sangat fun... chassis nya mendukung kegilaan ane di Tuban td malam. Sama sekali tidak kerasa ni mobil kedodoran utk manuver2 ala drifter yg nyasar di Pantura.
Ambil yg 1.3 liter, bisa jadi lebih fun karena power dan torsi lebih besar...
The fun is really worth it om.
Harusnya seluruh diler sudah menerima unit Satya. Ane yg terdampar di Tuban uda datang dan memperlihatkan ke warga Tuban dgn lgs pameran hari ini.
@om silver: makasih om
Memang diferensiasi produk Ahond membuat Brio 1.2 AT tidak mendapatkan insentif LCGC... entah mengapa...
@bro metpoks: siap bro, mari kita ramaikan dunia otomotif Indonesia...
@om ecoy: bukan di tes, tapi belum diteken suratnya sm pemerintah. Akan tetapi petunjuk teknis sudah kelar dan Satya sah utk di jual...
Pada dasarnya mmg LCGC mensyaratkan bbm oktan 91+, akan tetapi di beberapa daerah, bbm tsb sulit di dapat. Akhirnya, mentah dah peraturan pemerintah dan garansi agak sulit diterapkan.
O iya, kompresi mesin L12 10.2, sementara L13 10.7
Perbedaan Satya S dengan E terletak pada HU (E double din), velg (E velg alloy), foglamp (E punya), dan bbrp gimmick lain... *ane ga hafal, tp spg ane hafal...*
Perbedaan Brio FL ini dengan Brio CBU gen 1 ada pada kelengkapan. Brio FL memiliki 4 speaker di sebagian besar line up dan 4 powerwindow. Semua line up dilengkapi Airbag sebagai standar. ABS dan EBD terdapat pada line up tertentu... seperti Satya E, CKD S dan E, dan seluruh varian sport.
@om kompresorz: terima kasih om...
Ane akan berusaha menculik SPG.... errr... CRZ untuk ane TD...
Entah kapan tapi akan ane usahakan semaksimal mungkin utk memenuhi permintaan om kompresorz

@om pilotgaruda: nah, memang mesin nya cukup bersemangat om... ane suka karakter rpm nya. cuman ya itu, jiwa VTEC yg melegenda semakin ilang di mesin L12B6 atau L12A6 ini... *ane lupa kode tipe nya*
Untuk urusan fun, dengan mengesampingkan EPS terkutuk itu, Brio Satya ini sangat fun... chassis nya mendukung kegilaan ane di Tuban td malam. Sama sekali tidak kerasa ni mobil kedodoran utk manuver2 ala drifter yg nyasar di Pantura.
Ambil yg 1.3 liter, bisa jadi lebih fun karena power dan torsi lebih besar...
The fun is really worth it om.

Harusnya seluruh diler sudah menerima unit Satya. Ane yg terdampar di Tuban uda datang dan memperlihatkan ke warga Tuban dgn lgs pameran hari ini.

@om silver: makasih om

Memang diferensiasi produk Ahond membuat Brio 1.2 AT tidak mendapatkan insentif LCGC... entah mengapa...
@bro metpoks: siap bro, mari kita ramaikan dunia otomotif Indonesia...

@om ecoy: bukan di tes, tapi belum diteken suratnya sm pemerintah. Akan tetapi petunjuk teknis sudah kelar dan Satya sah utk di jual...
Pada dasarnya mmg LCGC mensyaratkan bbm oktan 91+, akan tetapi di beberapa daerah, bbm tsb sulit di dapat. Akhirnya, mentah dah peraturan pemerintah dan garansi agak sulit diterapkan.
O iya, kompresi mesin L12 10.2, sementara L13 10.7
Perbedaan Satya S dengan E terletak pada HU (E double din), velg (E velg alloy), foglamp (E punya), dan bbrp gimmick lain... *ane ga hafal, tp spg ane hafal...*

Perbedaan Brio FL ini dengan Brio CBU gen 1 ada pada kelengkapan. Brio FL memiliki 4 speaker di sebagian besar line up dan 4 powerwindow. Semua line up dilengkapi Airbag sebagai standar. ABS dan EBD terdapat pada line up tertentu... seperti Satya E, CKD S dan E, dan seluruh varian sport.
@om kompresorz: terima kasih om...

Ane akan berusaha menculik SPG.... errr... CRZ untuk ane TD...
Entah kapan tapi akan ane usahakan semaksimal mungkin utk memenuhi permintaan om kompresorz

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Copaz dr review om Madcat sebelumnya
Pro:
- It's a Honda... dan cukup terjangkau (sekarang)
- Kelengkapan lebih baik dari Brio CBU gen 1.
- Suspensi nyaman, kabin luas, legroom dan headroom berlimpah, jok empuk
- Mesin cukup responsif dan halus
- Kekedapan kabin baik, bahkan lebih baik dari si irit nan kentjankk
- AC dingin... suara blower cukup halus
- Driving position dan visibilitas baik
Cons:
- It's a Honda... ga seharusnya se membosankan ini
- EPS benar2 bikin ane ilfeel... kacau bener...
- Kopling keras, bakalan repot utk stop and go...
- Roh VTEC sudah meninggalkan mesin2 Hando, butuh tumbal dari HPM agar roh VTEC kembali memberkati mesin Hando dengan raungan bertenaganya. Bukan raungan tercekik...
- Spion kecil
- Mekanisme pelipatan kursi baris kedua tidak praktis, penutupan pintu bagasi keras.
Saya ingin tanya yg om Madcat, maksudnya ilfeel dengan EPS itu apa ya? apakah karakter EPS yg memang seperti itu atau EPS di satya yg kurang bagus? coz ada teman yg sdh pake brio 1.2 A/T dia bilang puas dengan driving experiencenya terutama EPSnya. Setau saya transmisi ga berpengaruh ke EPS, jadi harusnya sama aja. Mungkin krn beda yg TD ya hehehe....
Trus masalah VTEC setau saya Satya sdh dilengkapi IVTEC khan.. Apakah om merasakan ada yg kurang krn perbandingannya dengan city atau jazz yg notabene kelasnya emang lebih tingggi?
Untuk mobil sekelas lcgc dan bahkan city car non lcgc, menurut saya brio satya adalah pilihan yg terbaik. Tapi kalo dibandingkan dengan jazz, city, dan mobil honda lainnya memang masih belum mampu menandingi.... Harga emang ga bohong hehehe....
Mudah2an kalau dananya cukup nanti bisa trade in brio satya dgn jazz atau mobilio :-)
Pro:
- It's a Honda... dan cukup terjangkau (sekarang)
- Kelengkapan lebih baik dari Brio CBU gen 1.
- Suspensi nyaman, kabin luas, legroom dan headroom berlimpah, jok empuk
- Mesin cukup responsif dan halus
- Kekedapan kabin baik, bahkan lebih baik dari si irit nan kentjankk
- AC dingin... suara blower cukup halus
- Driving position dan visibilitas baik
Cons:
- It's a Honda... ga seharusnya se membosankan ini
- EPS benar2 bikin ane ilfeel... kacau bener...
- Kopling keras, bakalan repot utk stop and go...
- Roh VTEC sudah meninggalkan mesin2 Hando, butuh tumbal dari HPM agar roh VTEC kembali memberkati mesin Hando dengan raungan bertenaganya. Bukan raungan tercekik...
- Spion kecil
- Mekanisme pelipatan kursi baris kedua tidak praktis, penutupan pintu bagasi keras.
Saya ingin tanya yg om Madcat, maksudnya ilfeel dengan EPS itu apa ya? apakah karakter EPS yg memang seperti itu atau EPS di satya yg kurang bagus? coz ada teman yg sdh pake brio 1.2 A/T dia bilang puas dengan driving experiencenya terutama EPSnya. Setau saya transmisi ga berpengaruh ke EPS, jadi harusnya sama aja. Mungkin krn beda yg TD ya hehehe....
Trus masalah VTEC setau saya Satya sdh dilengkapi IVTEC khan.. Apakah om merasakan ada yg kurang krn perbandingannya dengan city atau jazz yg notabene kelasnya emang lebih tingggi?
Untuk mobil sekelas lcgc dan bahkan city car non lcgc, menurut saya brio satya adalah pilihan yg terbaik. Tapi kalo dibandingkan dengan jazz, city, dan mobil honda lainnya memang masih belum mampu menandingi.... Harga emang ga bohong hehehe....
Mudah2an kalau dananya cukup nanti bisa trade in brio satya dgn jazz atau mobilio :-)
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
@om jekael: memang EPS ga ada hub dgn transmisi... 
Yg ane maksud dengan ilfeel gegara EPS adalah ane ga bs merasakan sensasi ban, arah ban, bagaimana kontur jalan... bener2 dull, hambar, kayak main video game... yg lebih horror, ada beberapa milidetik jeda antara reaksi ane di setir dengan EPS...
Handling memang ane akui fun: drift, slalom, hard turn, hard braking, semua bisa dilewati dengan baik oleh Satya. Hanya saja EPS seakan2 menyunat sensasi berkendara yg fun ala Hando. *hanya pendapat pribadi ya...*
Untuk mesin, ane ga membandingkan dengan jazz atau city yg kastanya lebih tinggi. L15A7 pun tidak semenyenangkan D15A1 series yg ga macam2 dan spartan.
L12 nya Brio Satya ini kerasa sekali range power nya lebih sempit, di rentang 3500-4000rpm, diatas itu ane ga tega dengar suara mesinnya... lain dengan D15A1 yg mulai mengganas di 3700rpm hingga over redline di 7450rpm. Ga habis2 nafasnya...
Apa daya, semua demi penghematan dan efisiensi. Kalo ga, sulit bagi Satya untuk muncul dengan harga semenarik ini...

Yg ane maksud dengan ilfeel gegara EPS adalah ane ga bs merasakan sensasi ban, arah ban, bagaimana kontur jalan... bener2 dull, hambar, kayak main video game... yg lebih horror, ada beberapa milidetik jeda antara reaksi ane di setir dengan EPS...
Handling memang ane akui fun: drift, slalom, hard turn, hard braking, semua bisa dilewati dengan baik oleh Satya. Hanya saja EPS seakan2 menyunat sensasi berkendara yg fun ala Hando. *hanya pendapat pribadi ya...*

Untuk mesin, ane ga membandingkan dengan jazz atau city yg kastanya lebih tinggi. L15A7 pun tidak semenyenangkan D15A1 series yg ga macam2 dan spartan.
L12 nya Brio Satya ini kerasa sekali range power nya lebih sempit, di rentang 3500-4000rpm, diatas itu ane ga tega dengar suara mesinnya... lain dengan D15A1 yg mulai mengganas di 3700rpm hingga over redline di 7450rpm. Ga habis2 nafasnya...
Apa daya, semua demi penghematan dan efisiensi. Kalo ga, sulit bagi Satya untuk muncul dengan harga semenarik ini...

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
makasih oom jawabannya. Tadi juga kepikiran ambil 1.3 mt, tenaga 100ps utk mobil imut gitu saya rasa fun bgt. tp kl pikir2, mungkin resale valuenya akan terdepresiasi lumayan besar. Soalnya kalo andaikan pake 2 tahun dijual 100jt, orang akan lebih prefer ke satya baru, secara level segitu pembelinya ga cari performa, tp utilitas. Jd kemungkinan jualnya sih ada di harga dibawah cepek. Makanya saya ngelirik satya..kemungkinan depresiasinya ga gede2 bgt...krn ga bersaing dgn mobil baru lainnya..kecuali wagon r ama agay yg no power steering yah..itu kayanya bukan lawan...madcat015 wrote:
@om pilotgaruda: nah, memang mesin nya cukup bersemangat om... ane suka karakter rpm nya. cuman ya itu, jiwa VTEC yg melegenda semakin ilang di mesin L12B6 atau L12A6 ini... *ane lupa kode tipe nya*
Untuk urusan fun, dengan mengesampingkan EPS terkutuk itu, Brio Satya ini sangat fun... chassis nya mendukung kegilaan ane di Tuban td malam. Sama sekali tidak kerasa ni mobil kedodoran utk manuver2 ala drifter yg nyasar di Pantura.
Ambil yg 1.3 liter, bisa jadi lebih fun karena power dan torsi lebih besar...
The fun is really worth it om.
Harusnya seluruh diler sudah menerima unit Satya. Ane yg terdampar di Tuban uda datang dan memperlihatkan ke warga Tuban dgn lgs pameran hari ini.
kalo soal eps..kok saya malah seneng eps yah? setir lebih ringan. Emang enak utk parkir/jalan dalem kota macet2an.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013
Setuju om pilotgaruda...
Belum lagi Brio CBU batch awal diskon nya segede gaban... semakin ancur harga seken nya...
Seandainya ada unit seken yg masih menarik dgn harga miring, mungkin bs jadi pertimbangan ya om...
Untuk EPS, tergantung selera ya om... ada yg suka ada yg ga suka... sekali lagi, terlepas dari penilaian pribadi ane thdp EPS, Brio Satya ini cukup fun to drive...
Belum lagi Brio CBU batch awal diskon nya segede gaban... semakin ancur harga seken nya...
Seandainya ada unit seken yg masih menarik dgn harga miring, mungkin bs jadi pertimbangan ya om...

Untuk EPS, tergantung selera ya om... ada yg suka ada yg ga suka... sekali lagi, terlepas dari penilaian pribadi ane thdp EPS, Brio Satya ini cukup fun to drive...

Obey the mahakitteh. 
