
ane akan ngereview impresi pake mobil ini selama 2 taun 7 bulan menemani (hingga akhirnya dijual

==============
pertimbangan awal beli Suzy GV 2.4 ini karena bokap udah capek miara captiva, rewel terus.... akhirnya entah dari mana bokap nemu orang jual Suzy GV 2.4 2011 NIK 2009 seharga 245juta... barang dari jakarta plat B. jadi harus nunggu 3 bulan untuk mutasi plat ke H (Semarang). dan mobil ini merupakan rekor mobil paling lama di garasi dan rekor sebagai mobil di garasi yang jarak tempuhnya paling banyak... 0 - 45ribu dipake sendiri... biasanya mobil baru ga sampe 20ribu udah dijual... bekas pake 10ribu kadang udah dijual... dan akhirnya mobil ini dijual juga demi beliin adik ane mobil....

1. Exterior

Tampilan luar Suzuki GV ini terkesan sangar, kokoh, mobil laki-laki sejati


padahal ane punya CR-V

belakangnya pun masih pake ban serep model gendong... jd makin keliatan lah sebenernya mobil ini "bukan" lawan seimbang CR-V, X-Trail, dan crossover FWD lainnya.... bahkan penggerak RWD, semakin jelas arah suzuki ngebikin mobil ini... the real SUV, bukan sekedar SUV perkotaan.... penerus "tongkat estafet" Suzuki Vitara dari taun '90an....
perbedaan exterior Suzuki GV ini dengan yang 2.0 hanya sebatas velg 18" dan emblem 2.4VVT

exterior : 8.5 / 10
2. Interior
ga banyak bisa ane komentari soal interior.... speechless...
speechless bukan karena bagus... karena terlalu jelek

untungnya di GV ini ketolong ama desain head unit, center console, dan speedo nya yg lumayan menarik

untuk headroom-legroom... GV memberi ruang yang cukup luas baik di row 1 maupun 2.... sayangnya ukuran bagasi sangat kecil...
untuk kualitas audionya sangat bagus....

Interior 6/10... desain kurang menarik, bahan interior busuk...
3. Driving Impression
Suzuki GV ini bermesin J24B VVT dengan power output 166PS (164hp), meningkat cukup signifikan dari yg lawas (J20A, 138HP). dan torsi maximum 225Nm... didukung transmisi automatic 4-speed
Mesin dinyalakan dan suara mesinnya cukup halus

Tenaga yang dikeluarin mobil ini cukup kuat, torsi awalnya gede, power cukup merata di setiap putaran mesin... hanya saja begitu full-throttle respon dari transmisinya agak dodol, ada sedikit "jeda" baru tenaga keluar di RPM 3000an, jarum RPM melesat sampe deket redline dan tenaga berasa agak ngedrop...
quite a great engine though... but not the transmission... ane jamin bakal capek nyetir mobil ini untuk perjalanan luar kota... transmisi sering salah masuk gigi, begitu di full throttle kadang responnya telat, jadi harus bener-bener cermat mainin tuasnya biar dapet tenaga cukup untuk mendahului kendaraan


tapi surprisingly, mobil ini untuk konsumsi BBM dalem kota ngga beda jauh ama yg 2000cc... which means, far more worth

Untuk handling, surprisingly great. bodyroll minim, feedback setir bagus, dan stability pada kecepatan tinggi ane acungin 2 jempol, better than CR-V berkat penggerak belakangnya...
sebagai perbandingan, CR-V memang lebih lincah untuk dalem kota, tapi stability di kecepatan tinggi GV menang.
tapi semua harus dibayar dengan : bantingan keras amit-amit, setir yang beratnya ga masuk akal (lebih berat dari setir pajero sport)....
Driving impression : 8/10
4. Verdict
Suzuki GV adalah mobil yg andal untuk segala medan. mobil yg kuat, tahan banting untuk aktivitas harian. mobil ini diciptakan sebagai SUV sejati, bukan SUV crossover..... andaikan Suzuki masukin tipe 4x4...
Untuk yg terbaru sekarang udah FL dan berstatus CBU japan... yang artinya kualitas interior lebih bagus dan dapet fitur lebih banyak (HU nya bisa multimedia

kalo berminat janda nya... resale value mobil ini hancur...

Pros :
- Tenaga putaran bawah
- Konsumsi BBM
- Handling & stability
- Durability
- Value for money (fitur banyak, harga setara SUV korea)
- Sound system
Cons :
- Stupid transmission
- Ga nyaman
- Interior quality
- Setir ekstra berat.....



- Resale value hancur.....
Sekian ripiuw ane....
